dua kalimat syahadat

Rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Jadi memahami makna syahadat tentu sangat penting bagi umat Islam. Salah satu hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

“Agama Islam berdiri atas lima dasar utama, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat yang bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke Makkah jika mampu.”

Kalimat syahadat juga mempunyai banyak keutamaan. diantaranya merupakan dzikir yang paling utama di mata Allah SWT. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa makna syahadat dan juga keutamaannya, yuk simak artikel di bawah ini. 

BACA JUGA : Niat Sholat Hajat Beserta Tata Cara dan Doa yang Dibaca

Makna arti syahadat

dua bacaan syahadat
Media Indonesia

Berikut lafal bacaan dua kalimat syahadat dan artinya

Dua kalimat syahadat arab

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Dua kalimat syahadat latin:

“Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah”.

Artinya:

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”.

Kalimat syahadat merupakan kalimat yang sakral dalam agama Islam, kerena itu merupakan bentuk kesaksian seorang muslim terhadap Tuhan yang diyakininya. Syahadat artinya adalah ia telah beraksi. Hal ini diambil dari kata bahasa Arab yaitu syahida yang artinya ia telah menyaksikan. 

Dalam syariat Islam, kalimat tersebut adalah sebuah pernyataan kepercayaan dan juga pengakuan atas keesaan Allah dan Muhammad SAW sebagai rasul utusan-Nya. Makna yang terkandung dalam kalimat syhadat adalah menafikan ketuhanan dari siapa pun dan apapun selain Allah SWT. 

Kapan waktu membaca dua kalimat syahadat?

dua kalimat syahadat
pixabay

Dua kalimat syahadat dibaca pada saat pertama kali masuk Islam. Selain it, dua kalimat sydahadat juga dibaca pada saat sholat yaitu pada waktu takbiratul ihram, ketika adzan dikumandangkan dan saat  sakaratul maut. 

BACA JUGA : Arti dan Makna Alif Lam Mim Dalam Pembuka Surat Al Quran

Pentingnya syahadat

dua kalimat syahadat
islampos.com

Syahadat merupakan sebuah pengakuan dan penyaksian dengan sebenarnya baik secara lahir maupun batin. Dua kalimat syahadat artinya : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”. Dua kalimat syahadat yaitu: 

  1. Syahadat Tauhid : Artinya menyaksikan dan mengakui ke Esaan Allah SWT. 
  2. Syahadat Rasul : Artinya menyaksikan dan mengakui ke Rasulan Nabi Muhammad SAW.

Syahadat juga termasuk dalam misi atau prinsip gerakan dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, yang dulunya bersifat monoteisme. Di dalam bacaan-bacaan awal kemudian menjadi teologi dominan yang disebut sebagai pesan sosial. Mulai saat itulah dua sumber kalimat ini disebarkan secara massive dengan terang-terangan setelah bertahun-tahun pola dakwah yang digunakan adalah dengan secara sembunyi-sembunyi (Reza Aslan, 2007:99 ).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa syahadat adalah sebuah pengakuan ke Esaan Allah SWT. 2 kalimat syahadat dalam Al Qur’an yaitu disebutkan dalam surat Al-Imran ayat 18, Allah SWT berfirman:

“Allah menyatakan tidak ada tuhan selain Dia; demikian pula para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.” 

BACA JUGA : Mad Iwad: Pengertian, Ciri, Hukum Bacaan & Contohnya

Keutamaan membaca syahadat

dua kalimat syahadat
Pixabay

Terdapat banyak keutamaan yang terkandung dalam kalimat syahadat, diantara yaitu :

1. Jaminan masuk surga

Nabi Muhammad SAWbersabda : “Barang siapa yang akhir perkataannya sebelum menginggal dunia adalah laa ilaaha illallah, maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud)

2. Menumbuhkan sifat tawakal

Tawakkal merupakan kepercayaan hati terhadap Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Seseorang yang tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT maka akan mendapatkan ketenangan jiwa dan tidak bingung saat menemukan berbagai macam masalah yang di hadapi, karena kita sudah menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Seseorang yang berdzikir setiap hari mengucap kalimat syahadat maka akan tumbuh sifat tawakal di dalam dirinya.

3. Merupakan dzikir yang paling utama

Dzikir adalah salah satu obadah yang wajib dilakukan bagi umat muslim. Sedulur mungkin belum mengetahui bahwa dua kalimat syahadat merupakan bacaan dikir yang paling utama di mata Allah SWT.

4. Kebaikan paling utama

Selain merupakan dzikir yang paling utama, keutamaan kalimat syadat yang lainnya yaitu merupakan kebaikan paling utama. Abu dzar pernah bertanya:

” Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajari aku amalan yang dapat menjauhkanku dari neraka”. Nabi SAW bersabda , “Apabila engkau melakukan kejelekan (dosa), maka lakukanlah kebaikan karena dengan melakukan kebaikan itu engkau akan mendapat sepuluh yang semisal”.

Lalu Abu dzar berkata “ wahai Rasulullah apakah kalimat laa ilaaha illallah merupakan kebaikan? Nabi SAW  bersabda,“kalimat itu merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan”.” 

Syahadat merupakan rukun Islam yang pertama. Mengucapkan dua kalimat syadahat artinya telah berasaksi dan mengakui bahwa tidak ada tuhan selain Allah Swt, dan percaya penuh bahwa nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. 

Demikianlah penjelasan mengenai makna syahadat dan juga keutamannya. Semoga ulasan di atas bisa menambah yakin Sedulur untuk bisa terus berada dalam jalan Keislaman yang sahih.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!