alif lam mim

Umat Muslim mempunyai pedoman sekaligus petunjuk dalam menjalani hidup yaitu Alquran. Dalam kita suci ini sudah dijelaskan tentang banyak secara detail. Akan teapi, terdapat beberapa ayat Alquran yang maknanya tidak dapat dijelaskan secara pasti karena yang tahu hanya Allah Swt. Salah satu ayat yang maknanya tidak dapat dijelaskan adalah Alif Lam Mim (الۤمّۤ ۚ).

Banyak yang mengartikan alif lam mim artinya adalah hanya Allah SWT yang tahu. Ini merupakan ayat pendek yang menjadi ayat pembuka dalam beberapa surat di dalam Al-qur’an. Misalnya sebagai pembuka surat Al-Baqarah, Ali Imran, Ar-Rum, As Sajadah Al Ankabut dan yang lainnya.

BACA JUGA : Bacaan Niat Ganti Puasa Beserta Tata Cara dan Hukumnya

Makna

arti alif lam mim dalam al quran
Unsplash

Arti alif lam mim dalam al quran dan beberapa huruf lepas lainnya yang menjadi pembuka surat seperti yang sudah dijelaskan di atas masuk ke dalam golongan ayat-ayat mutasyabihat. Ayat mutasyabihat adalah ayat yang tidak dapat ditafsirkan. Sampai saat ini, beberapa ulama dan juga ahli tafsir Al-qur’an berpendapat bahwa hanya Allah yang mengetahui arti dan maksud dari ayat tersebut yang sesungguhnya.

Dikutip dari Al Quran dan Tafirnya yang diterbitkan oleh Departmene Agama Republik Indonesia, terdapat beberapa tafsir tentang ayat tersebut yaitu:

1. Golongan pertama

tafsir
Unsplash

Golongan pertama dalah mereka yang memberikan arti sendiri untuk huruf-huruf lepas tersebut. Menurut sahabat, Abdullah bin Abbas atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibnu Abbas menafsirkan bahwa alif merujuk pada nama Allah, lam untuk Jibril, dan mim untuk Nabi Muhammad SAW.

Tafsir Ibu Abbas juga mengungkapkan bahwa alif adalah ringkasan dari ana (aku), lam dari kata Allah, dan ra dari ara yang jika digabung maka kata Anal Lahu Ara (Aku  adalah Allah, Aku melihat)

Pendapat lain disampaikan oleh Rabi bin Anas bahwa Alif Lam Mim adalah tiga kunci. AdaAlif sebagai kunci dari nama-Nya Allah SWT. Lam berarti kunci nama-Nya Lathif, dan sedangkan mim sebagai kunci dari nama-Nya Majid. Pendapat lain yang dikutip dari Zaid bin Aslam yang menyebutkan bahwa huruf tersebut bermakna nama-nama surat yang terkandung dalam Alquran.

BACA JUGA : Niat Sholat Hajat Beserta Tata Cara dan Doa yang Dibaca

2. Golongan kedua

arti
pixabay

Golongan kedua menyebutkan bahwa huruf di pangkal surat dalam Alquran adalah rahasia Allah S WT dan termasuk ke dalam ayat mutasyabihat.

Sahabat Rasulullah Saw yaitu Abu Bakar As Shiddiq pernah berkata, “Tiap-tiap kitab mempunyai rahasia, dan rahasia Al Quran adalah awal suratnya,” Kemudian Ibnu Mas’ud memiliki pendapat yang senada. Ia lalu berkata “Tiap-tiap huruf awal surat merupakan ilmu yang disembunyikan dan rahasianya tertutup oleh kekuasaan Allah, sehingga banyak para mufasir yang hanya memperkirakan maknanya. Hal ini disebabkan keterbatasan pemahaman dan latar belakang pengetahuan mereka, sehingga untuk makna yang haikiki ayat tersebut dikembalikan pada Allah SWT,”

3. Golongan ketiga

kenapa alif lam mim tidak ada artinya
Unsplash

Golongan yang terakhir menafisrkankannya sebagai sebuah peringatan. Menurut pendapat Al Hubbi, Allah Swt mengetahui ketika nabi Muhammad menjadi seseorang yang amat sibuk. Untuk itu, Malaikat Jibril menyampaikan firman Allah seperti Alif Lam Mim agar nabi Muhammad Saw memperhatikannya. Atau juga dapat menjadi panggilan untuk menarik perharian tentang ayat-ayat yang akan turun mengiringinya.

Berdasarkan dari pemaparan di atas, buku Tafsir al-Azhar Jilid 1 menarik kesimpulan bahwa huruf-huruf hijaiyah pembuka surat Al Quran seperti arti alif lam mim, bukanlah kalimat bahasa yang bisa diartikan. Sebab, bila memang benar-benar mengandung sebuah arti maka bangsa Arab pun tidak akan memiliki keraguan dalam menerjemahkannya.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 2 yang berbunyi:

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Artinya: “Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,”

Pasti Sedulur banyak yang bertanya kenapa alif lam mim tidak ada artinya? Hal itu karena ayat pembuka dalam surat Al-Baqarah ini termasuk ke dalam ayat yang mutasyabihat.

Intinya, ini adalah ayat yang artinya tidak dapat dijelaskan dan hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Terdapat juga alif lam mim shod yang juga termasuk ayat yang tidak dapat diartikan.

Demikian penjelasan mengenai alif lam mim latin dan alasan mengapa ayat ini tidak memiliki arti. Semoga bisa memberi pencerahan atas segala rasa penasaran Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!