Perdagangan internasional adalah salah satu kegiatan jual beli yang sudah tidak asing lagi di zaman yang serba modern seperti sekarang. Kegiatan jual beli yang selama ini kita ketahui, tidak hanya terbatas pada antar individu saja. Namun, lebih daripada itu, kegiatan jual beli dapat dilakukan para pelakunya melintasi batas negara.

Apabila Sedulur mendapati produk-produk impor di supermarket dekat rumah Sedulur, entah itu buah-buahan kemasan kaleng dari Thailand sampai jajanan hype dari Korea Selatan. Maka tersedianya barang-barang tersebut merupakan imbas positif sekaligus contoh perdagangan internasional.

Aktivitas perdagangan internasional tidak terbatas pada mudahnya masyarakat menjangkau barang-barang impor. Banyak seluk beluk yang dapat kita amati di dalamnya, mulai dari pengertian perdagangan internasional adalah dan contohnya, tujuan perdagangan internasional, manfaat perdagangan internasional yang kita dapatkan, hambatan atau tantangan yang dihadapi, serta beberapa contoh aktivitas perdagangan internasional. Dan berikut ini ulasan lengkapnya, Sedulur!

BACA JUGA: 10 Manfaat Lemon untuk Wajah Beserta Efek Sampingnya

Pengertian perdagangan internasional adalah

perdagangan internasional adalah
Everypixel

Mengutip dari situs Investopedia, perdagangan internasional merupakan penjualan atau pembelian barang serta jasa oleh aktor-aktor yang terlibat di negara yang berbeda. Perdagangan internasional dapat memberikan kesempatan bagi konsumen dan negara untuk mendapatkan barang serta jasa yang tidak tersedia atau mahal di wilayahnya.

BACA JUGA: 7 Fakta Menarik & Unik Bunga Lavender yang Perlu Diketahui!

Tujuan perdagangan internasional adalah

perdagangan internasional adalah
Depositphotos

Berikut ini merupakan delapan tujuan perdagangan internasional yang telah dirangkum dari beberapa sumber yang kredibel. Yuk, kita cermati bersama-sama!

1. Menaikkan devisa negara

Tujuan perdagangan internasional yang pertama yaitu untuk menaikkan devisa negara. Devisa adalah alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri.

2. Menumbuhkan perekonomian nasional

Tujuan perdagangan internasional yang kedua yaitu untuk menumbuhkan perekonomian nasional. Sebuah negara tidak akan mampu dengan maksimal menumbuhkan perekonomiannya sendiri tanpa bantuan dari aktor atau negara lain.

3. Menjaga stabilitas harga barang-barang ekspor

Tujuan perdagangan internasional yang ketiga yaitu untuk menjaga stabilitas harga barang-barang ekspor.

4. Menyejahterakan tenaga kerja

Tujuan perdagangan internasional yang keempat yaitu untuk menyejahterakan tenaga kerja. Kegiatan ekspor dan impor membutuhkan sumber daya manusia yang tidak sedikit. Maka dari itu, kesejahteraan tenaga kerja akan meningkat jika mereka terlibat ke dalam aktivitas perdagangan internasional.

5. Memenuhi kebutuhan logistik di negara lain

Tujuan perdagangan internasional yang kelima yaitu untuk memenuhi kebutuhan logistik di negara lain. Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, perdagangan internasional dapat memberikan kesempatan bagi konsumen dan negara untuk mendapatkan barang serta jasa yang tidak tersedia/mahal di wilayahnya.

6. Mendapatkan keuntungan secara internal maupun eksternal

Tujuan perdagangan internasional yang keenam yaitu untuk mendapatkan keuntungan, baik itu secara internal maupun eksternal.

7. Memperluas pangsa pasar

Tujuan perdagangan internasional yang ketujuh yaitu untuk memperluas pangsa pasar. Pasar domestik belum tentu dapat memenuhi target pendapatan produsen. Dengan terlibat ke dalam perdagangan internasional, pangsa pasar produsen tersebut akan menjadi lebih luas. Tidak hanya melayani kebutuhan konsumen dalam negeri, tetapi juga sekaligus luar negeri.

8. Mengikuti perkembangan teknologi

Tujuan perdagangan internasional yang kedelapan yaitu untuk mengikuti perkembangan teknologi yang sangat pesat.

BACA JUGA: Mengenal Bouquet Garni, Bumbu Rempah Penambah Cita Rasa

Manfaat dari perdagangan internasional adalah

perdagangan internasional adalah
Depositphotos

Selain delapan tujuan yang sudah dipaparkan pada poin sebelumnya, ada juga beberapa manfaat yang kita dapatkan dari perdagangan internasional. Apa saja manfaat-manfaat tersebut?

1. Manfaat perdagangan internasional adalah membentuk hubungan diplomatik

Manfaat dari kegiatan perdagangan internasional yang dapat kita peroleh adalah membentuk hubungan diplomatik. Hubungan diplomatik merupakan suatu hubungan yang dijalankan antara negara satu dengan negara lainnya untuk saling memenuhi kebutuhan negaranya masing-masing dalam berbagai bidang yang dibutuhkan oleh negaranya.

2. Menciptakan efisiensi dan spesialisasi negara

Manfaat dari kegiatan perdagangan internasional yang dapat kita peroleh adalah menciptakan efisiensi dan spesialisasi negara. Efisiensi dan spesialisasi yang dimaksud dalam hal ini adalah kemampuan suatu negara untuk memberikan performa maksimal di dalam hubungan kerja sama berdasarkan sumber daya yang ia miliki.

3. Meningkatkan kesejahteraan negara

Manfaat dari kegiatan perdagangan internasional yang dapat kita peroleh adalah meningkatkan kesejahteraan negara. Keuntungan, devisa, pendapatan, dll., akan bertambah seiring naiknya intensitas perdagangan internasional.

4. Mengurangi jumlah pengangguran

Manfaat dari kegiatan perdagangan internasional yang dapat kita peroleh adalah mengurangi jumlah pengangguran di negara.

5. Menjadi sarana pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi

Manfaat dari kegiatan perdagangan internasional yang dapat kita peroleh adalah menjadi sarana pertukaran ilmu pengetahuan sekaligus teknologi. Secara tidak langsung, para aktor yang terlibat dalam perdagangan internasional harus mengupayakan segala cara agar memperoleh keuntungan, termasuk juga meningkatkan ilmu pengetahuan serta teknologi. Dari situ, pertukaran ilmu pengetahuan dan teknologi pun dapat terjadi.

6. Menstabilkan harga

Manfaat dari kegiatan perdagangan internasional yang dapat kita peroleh adalah untuk menstabilkan harga.

BACA JUGA: 12 Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan

Hambatan perdagangan internasional adalah

Depositphotos

Melakukan aktivitas jual beli antar individu tidaklah mudah, terlebih lagi jika aktor yang terlibat mewakili negara tertentu. Banyak hambatan atau tantangan yang akan ditemui pada tiap-tiap prosesnya. Beberapa hambatan dari kegiatan perdagangan internasional tersebut dapat disimpulkan ke dalam poin-poin berikut ini.

  • Nilai tukar mata uang yang berbeda.
  • Kebijakan ekonomi internasional yang rumit.
  • Dapat memicu terjadinya konflik dalam suatu negara, atau bahkan antar negara.
  • Proses impor dan ekspor yang cukup memakan waktu.
  • Negara yang terlibat perdagangan internasional belum tentu memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

BACA JUGA: Kota Teraman di Indonesia dan Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

Contoh dari perdagangan internasional adalah

Depositphotos

Setelah memahami beberapa aspek dalam dunia perdagangan internasional, dalam sesi pembahasan terakhir ini akan kita ulik bersama mengenai contoh-contoh dari kegiatan perdagangan internasional.

Secara garis besar, aktivitas impor dan ekspor antar negara dapat merangkum semua contoh perdagangan internasional. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, impor merupakan pemasukan barang dan sebagainya dari luar negeri. Sedangkan ekspor adalah pengiriman barang dagangan ke luar negeri.

Indonesia sendiri adalah pelaku impor ekspor yang aktif. Salah satu komoditas yang diimpor oleh Indonesia adalah migas (minyak mentah, gas, hasil minyak) yang didapatkan dari negara Timur Tengah seperti Arab Saudi. Per akhir tahun 2021, nilai impor migas yang Indonesia lakukan mencapai US$479,7 juta. Di sisi lain, beberapa komoditas ekspor andalan perdagangan internasional Indonesia adalah udang, kopi, minyak kelapa sawit, serta kakao.

Nah Sedulur, tadi merupakan ulasan singkat mengenai perdagangan internasional adalah beserta tujuan, manfaat, hambatan, dan contoh-contohnya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.