Apakah Sedulur sudah mengetahui daftar 10 kota teraman di Indonesia yang cocok dijadikan destinasi maupun tempat tinggal? Berdasarkan pada survei Ikatan Ahli Perencanaan (IAP), ternyata Indonesia masih memiliki beberapa kota yang dirasa cukup aman sekaligus nyaman untuk menjadi tempat tinggal. Lantas di mana saja kota-kota tersebut?

Daripada penasaran, yuk simak rangkuman informasi berikut ini mengenai kota paling aman di Indonesia yang sangat cocok jadi destinasi wisata bahkan untuk tempat tinggal.

BACA JUGA : 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

Kota teraman di Indonesia

Berikut nama-nama kota teraman di Indonesia yang sangat cocok untuk berwisata hingga dijadikan tempat tinggal 

-->

1. Denpasar, Bali

kota teraman di indonesia
Freepik

Bali memang terkenal dengan destinasi wisata yang mempesona. Namun ternyata, Bali juga menjadi salah satu kota ramah di Indonesia. Bagaimana tidak, masyarakt Bali menjunjung tinggi toleransi antar umat agama. Bukti nyata dari roleransi di Bali sangat tinggi diantaranya adalah Pusat Peribadatan Puja Mandala yang terletak di Kawasan Nusa Dua. Perlu Sedulur ketahui bahwa tempat ini merupakan tempat ibadah dari 5 agama sekaligus lho.

Beberapa keunikan yang hanya dapat Sedulur dapatkan di Bali antara lain adalah upacara Ngebaen yaitu upacara kremasi dan menjadi salah satu upacara penting dalam tradisi budaya Hindu Bali. Apakah Sedulur tertarik untuk pindah ke Pulau Dewat ini?

2. Palembang, Sumatra Selatan

kota teraman di indonesia
Freepik

kota teraman di Indonesia yang selanjutnya adalah Palembang, ibu kota dari Sumatra Selatan. Tak hanya aspek keamannya, kota ini juga mendapat julukan sebagai “Bumi Sriwijaya” dan mendapat gelar sebagai Penataan Kota dan fasilitas Jalan Kaki terbaik kedua di Indonesia.

Selain memiliki makanan khas yaitu Pempek, Palembang juga memiliki Al-Qur’an terbesar di dunia yang juga sebagai tanda bahwa kota ini memiliki keistimewaan di bidang religi. Hal ini juga terlihat bahwa Pelembang memiliki masyarakat yang mayoritas bergama Islam.

3. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

kota teraman di indonesia
Britanncia

Banjarmasin menjadi urutan ketiga kota yang paling aman di Indonesia. Kota dengan julukan Seribu Sungai ini mempunyai banyak keunikan dan juga keistimewaan. Diantaranya yaitu makanan khas yang sudah sangat populer yakni sop Banjar. Banjarmasin juga mempunyai kain adat tradisional yang diwariskan secara turun temurun sejak abad ke-12, yaitu kain Sasirangan. Kain ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin.

Jika berbicara mengenai Banjarmasin, tentu tak lengkap jika membahas mengenai salah satu ulama besar yaitu Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari atau yang lebih dikenal dengan Abah Guru Sekumpul. Salah satu karomah ulama besar dari Banjar yang sudah mashur seantero negeri ini adalah terlihat tawaf di Mekah, padahal beliau tidak sedang menunaikan ibadah haji.

BACA JUGA : 12 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Berikut Daftarnya

4. Balikpapan, Kalimantan Timur

kota teraman di indonesia
IniBalikpapan

Kota Balikpapan masuk dalam daftar kota teraman di Indonesia. Selain menjadi kota teraman, Balikpapan terbersih di Indonesia. Kota yang memiliki maskot Beruang Madu ini memiliki makanan khas seperti bubur gunting, bingka kentang dan masih banyak yang lainnya. Balikpapan juga menjadi kota layak huni ke-3 di Indonesia.

Selain itu, kota ini juga telah menggunakan teknologi terapan yang mana menggunakan alat pengolaan sampah TPA menjadi gas metana. Dengan begitu, kota Balikpapan mendapatkan Environmentally Sustainable City (ESC) Award. ESC Award itu merupakan sebuah penghargaan internasional di bidang lingkungan, dengan tiga indikator yaitu clean land, clean water, dan clean air.

5. Semarang, Jawa Tengah

kota teraman di indonesia
Freepik

Semarang yang merupakan ibu kota Jawa Tengah ini menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia. Kota yang mendapat sebutan kota ATLAS ini bahkan mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak pada Juli 2022 lalu.

Beberapa kuliner Semarang yang perlu Sedulur cova diantaranya adalah Lumpia, Tahu Gimbal , Garang Asem dan masih banyak yang lainnya. Sementara itu, terdapat 8 Wisata Semarang dengan suasana yang cukup menyenangkan, diantaranya Lawang Sewu, Dusun Semilir, Gedong Songo dan yang lainnya. 

6. Yogyakarta

Liputan6

Kota Yogyakarta atau yang terkenal dengan dengan kota pelajar ini menjadi salah satu kota teraman di Indonesia 2022. Kota yang memiliki sejarah Panjang ini memiliki kekayaan akan budaya yang membuat banyak orang berkunjung ke Yogyakarta.

Masyarakat Yogyakarta masih menjujung tradisi diantaranya Upacara Grebeg Maulud. Destinasi wisatanya pun menawarkan berbagai tempat yang sayang jika terlewatkan. Diantaranya seperti Museum Gunung Merapi, Pantai Parangtriris dan masih banyak yang lainnya.

7. Solo

Kompas

Dalam suervei IAP, Solo termasuk ke dalam kota yang paling aman di Indonesia dan layak untuk dijadikan tempat tinggal. Tak hanya itu, kota ini juga disebut mempunyai biaya hidup yang relative terjangkau. Tak heran jika banyak orang yang memilih merantau ke kota Batik ini.

Kota Solo memiliki slogan yang sudah sangat terkenal yaiu “The Spirit of Java” yang jika diartikan kota Solo merupakan jiawanya pulau Jawa. Selain itu, hal menarik lainnya yang membuat kota ini semakin terkenal adalah adanya pusat budaya Jawa yang masih bertahan hingga kini yaitu Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaraan.

BACA JUGA : 60 Kata-Kata Bijak Berkelas, Memotivasi & Bikin Semangat

Kota teraman di dunia

Tribuntravel

Selain kota teraman di Indonesia, artikel kali ini juga akan membahas tentang kota teraman yang ada di dunia. Di mana saja letak kota-kota tersebut? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini. 

1. Kopenhagen, Denmark

Liputan6

Kota Kopenhagen menduduki posisi pertama kota yang paling aman di dunia. Kota ini mempunyai safe cities index sebesar 82,4% dan mempunyai tingkat kriminalitas yang cukup rendah. Hal ini karena pemerintah di kota ini sangat menjamin keamnan seluruh penduduknya.

Mulai dari usia anak-anak hinggga lansia. Bahkan hingga kaum LGBT pun turut dijamin keselamatannya meskipun menjadi kelompok minoritas di kota tersebut.

2. Toronto, Kanada

Britannica

Kota Toronto menjadi salah satu kota teraman di dunia. Bahkan kota ini memiliki sistem yang sangat mendukung kesejahteraan rakyatnya. EUI pada tahun 2019 lalu menobatkan kota Toronto menjadi salah satu kota yang layak huni. Tingkat keamanan kota ini dapat tercapai karena tingginya rasa saling menghormati dan kebersamaan antar elemen masyarakat yang ada di kota ini.

3. Singapura

Kompas

Meski termasuk negara yang kecil, Singapura justru termasuk dalam daftar kota teraman di dunia. Karena memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, penduduknya bahkan berani jalan kaki sendirian di malam hari. Tak hanya itu, Singapura juga memiliki aparat kepolisian yang sudah professional dan sangat terlatih.

5. Tokyo

Unsplash

Tokyo menjadi salah satu kota teraman di dunia. Ibu kota Jepang ini memiliki sistem imigrasi yang sangat ketat serta akses senjata api yang sangat dibatasi. Selain itu, Tokyo juga merupakan kota dengan kualitas Pendidikan yang sangat baik. Tak heran jika Jepang menjadi salah satu negara dengan tingkat IQ tertinggi di dunia.

6. Hong Kong

Kompas

Kota teraman di dunia selanjutnya adalah Hong Kong. Kota ini menjamin kemanan insfratuktur yang membuat penduduknya sangat nyaman untuk tinggal di sini. Salah satu faktir yang membuat kota ini melakukan perencanaan dan keamanan insfratuktur yang baik adalah kepadatan penduduknya. Tak hanya keamanan, Hong Kong juga mempunyai kebijakan dan tatanan kota yang cukup baik sehingga layak untuk ditinggali.

7. Amsterdam

id.hotels

Tak hanya kota Kopenhagen, negara teraman di Eropa lainnya yaitu Amsterdam juga menjadi salah satu kota yang paling aman di dunia. Kota yang berada di Belanda ini tak hanya menjamin keamanan dalam kegiatan fisik saja, akan tetapi juga menjamin keamanan digital. Dengan kemajuan yang dimiliki ini, membuat Amsterdam masuk dalam 10 kota dengan skor smart city terbaik pada periode 2020/2021.

Demikianlah informasi mengenai kota teraman di indonesia 2022. Perlu Sedulur ketahui bahwa kota tidak aman di Indonesia ternyata adalah Jakarta yang merupakan ibu kota negara Indonesia. Hal ini dikarenakan berdasarkan pada situs  Numbeoindeks kejahatan Kota Jakarta mencapai 53.42, sedangkan skor tingkat keamanannya sebesar 46.58 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.