makanan tinggi kalori

Usaha menaikkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi vitamin atau obat-obatan tertentu saja. Ada banyak makanan tinggi kalori yang bisa Sedulur gunakan untuk membantu menyukseskan tujuan tersebut.

Makanan tinggi kalori seperti telur dan daging merah adalah dua contoh yang mudah dijumpai. Keduanya dapat bertindak sebagai makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan, baik pada anak-anak maupun pada para remaja. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan tinggi kalori dan protein yang bisa Sedulur konsumsi untuk menambah berat badan. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: Apakah Kriteria dari Makanan yang Sehat Beserta Contohnya

-->

1. Telur

makanan tinggi kalori
iStock

Telur merupakan bahan makanan yang sangat mudah dijumpai keberadaannya. Telur menjadi salah satu makanan sehat yang dapat membentuk otot karena menyediakan kombinasi tepat antara lemak sehat dengan protein berkualitas tinggi dan nutrisi lainnya.

Dalam satu butir telur mentah dengan berat sekitar 2 ons, terdapat 74 kalori yang terkandung di dalamnya. Nutrisi pada telur paling banyak berada di bagian kuning telur, dengan begitu sangat penting untuk mengonsumsi telur secara utuh. 

Selama Sedulur tidak memiliki intoleransi terhadap telur, maka konsumsi telur tidak perlu dibatasi. Sedulur bisa mengonsumsi 3 butir telur setiap hari untuk menambah berad badan secara optimal.

2. Susu

makanan tinggi kalori
iStock

Salah satu contoh minuman tinggi kalori adalah susu. Tidak hanya telur, susu juga dipercaya sebagai sumber nutrisi yang tepat untuk menambah berat badan dan membangun massa otot yang kuat. 

Susu mengandung protein, karbohidrat, lemak baik, dan beberapa kandungan nutrisi penting lain seperti kalsium, vitamin, dan mineral. Jika Sedulur berencana menambah otot lebih banyak, maka susu adalah pilihan yang tepat karena menyediakan protein kasein dan whey. 

Susu dapat ditambahkan dalam daftar makanan sepanjang hari saat sedang program menambah berat badan. Jika ingin hasil lebih maksimal, Sedulur dapat mengimbanginya dengan latihan ketahanan, seperti angkat besi sehingga otot lebih kuat. 

BACA JUGA: Pengertian Fermentasi Beserta Manfaat & Contoh Makanannya

3. Buah-buahan kering

makanan tinggi kalori
iStock

Rekomendasi selanjutnya adalah buah-buahan kering yang merupakan makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan anak. Buah-buahan kering merupakan makanan padat kalori yang kaya akan kandungan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan. 

Tak hanya itu, buah-buahan kering juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Buah-buahan kering juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan sebagai makanan tinggi kalori. 

4. Daging merah

makanan tinggi kalori
iStock

Rekomendasi makanan selanjutnya adalah daging merah. Salah satu contoh daging yang memiliki kalori cukup tinggi adalah daging sapi. Hal ini dibuktikan dengan kandungan kalori pada 13 gram daging sapi beserta lemaknya yang mengandung 117 kalori, dan bagian sandung lamur yang mengandung 303 kalori setiap 5 gram. 

5. Kacang-kacangan

makanan tinggi kalori
iStock

Selain buah-buahan, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan kalori. Dalam beberapa genggam kacang-kacangan setiap hari, akan didapatkan ratusan kalori yang dapat membantu menambah berat badan dengan mudah dan sehat.

Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung mineral, vitamin, serat, lemak, dan protein dalam jumlah yang baik. Dua jenis kacang yang bisa dipilih adalah kacang hitam yang mengandung 227 kalori per 172 gram dan kacang macadamia yang mengandung 201 kalori per 28 gram.

BACA JUGA: 21 Makanan Tradisional Indonesia dan Asalnya yang Bikin Ngiler

6. Alpukat

makanan tinggi kalori
iStock

Alpukat tidak hanya menjadi pilihan jus buah yang segar, namun juga bisa digunakan untuk membantu menambah berat badan. Alpukat terkenal mengandung lemak sehat dan kalori yang tinggi. Hal ini karena dalam satu buah alpukat berukuran besar, ada sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, vitamin, mineral, dan sekitar 14 gram serat.

7. Dark chocolate

makanan tinggi kalori
iStock

Dark chocolate atau cokelat hitam juga dapat menjadi salah satu makanan untuk menambah berat badan Sedulur sekalian. Disebutkan bawah dalam 101 gram cokelat hitam batangan dengan 70-85% padatan kakao, ada sekitar 604 kalori, 11 g serat makanan, 43,06 g lemak 46,36 g karbohidrat, 7,87 gram protein, 24,23 gram gula pasir, 12,02 miligram zat besi, 230,00 mg magnesium , dan 3,34 mg seng.

Jika dibandingkan dengan cokelat susu, cokelat hitam tentu saja memiliki kepadatan kalori yang lebih tinggi. Tak hanya itu, cokelat hitam juga mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak antioksidan, mikronutrien, serat dan magnesium. 

Konsumsi cokelat hitam tidak hanya bisa menambah berat badan, namun juga dapat membantu mengurangi stres, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2. Jika Sedulur ingin mendapatkan hasil optimal, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan diatas 70 persen.

8. Nasi

makanan tinggi kalori
iStock

Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Nasi termasuk makanan tinggi kalori rendah lemak yang juga berperan sebagai sumber karbohidrat dalam meningkatkan berat badan seseorang. 

Dalam satu cangkir nasi putih, terdapat sekitar 200 kalori, 44 g karbohidrat, dan lemak 0,2 g lemak. Nasi tidak hanya bisa membantu meningkatkan berat badan dengan nyaman, namun juga ramah di kantong dan mudah didapatkan. 

BACA JUGA: 15 Makanan yang Mengandung Vitamin D yang Baik untuk Anak

9. Ikan Salmon

makanan tinggi kalori
iStock

Hampir sama seperti daging merah, daging ikan salmon juga merupakan sumber protein dan lemak sehat yang sangat baik dan penting. Dari semua nutrisi yang ada, salah satu nutrisi paling terkenal adalah asam lemak omega-3 yang memberikan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan melawan penyakit. 

Dalam satu fillet daging ikan salon seberat 170 gram atau 6 ons, ada sekitar 350 kalori dan 4 gram lemak omega-3. Tak hanya itu, masih ada sekitar 34 gram protein berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk menambah berat badan maupun membangun massa otot menjadi lebih kuat. 

10. Roti gandum

makanan tinggi kalori
iStock

Selanjutnya adalah roti gandum, yakni makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang sangat cocok untuk menambah berat badan. Selain membantu meningkatkan berat badan, makanan yang mengandung gandum juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit kronis. 

Jika saat diet roti gandum termasuk makanan tinggi kalori yang harus dihindari, maka pada saat program penggemukan badan, roti gandum adalah pilihan makanan tinggi kalori yang tepat untuk dikonsumsi.

11. Keju

makanan tinggi kalori
iStock

Keju merupakan makanan olahan yang berasal dari susu. Selama berabad-abad, keju telah menjadi makanan pokok yang lezat. Keju memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, sehingga ketika Sedulur mengonsumsi dalam jumlah yang banyak, keju dapat menjadi sumber protein yang baik untuk menambah berat badan.

BACA JUGA: 15 Makanan Penambah Sperma, Agar Pasangan Cepat Hamil

12. Kentang

makanan tinggi kalori
iStock

Rekomendasi makanan tinggi kalori yang terakhir adalah kentang. Kentang merupakan makanan yang mudah didapat dengan harga yang cukup murah untuk digunakan dalam program menambah berat badan.

Sedulur dapat menambahkan kentang ke dalam hidangan apapun sehingga menambah kandungan kalori lebih banyak. Oleh karena kentang kaya akan karbohidrat, Sedulur dapat mengonsumsinya bersama dengan suplemen protein untuk membantu membangun massa otot. 

Nah, itulah rekomendasi makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan dan bukan makanan tinggi kalori untuk diet. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang dalam program meningkatkan berat badan menjadi ideal. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.