lavender

Bunga lavender adalah salah satu bunga cantik dari suku Lamiaceae yang berwarna ungu. Selain terkenal sebagai pengusir serangga, bunga ini ternyata juga memiliki manfaat dalam hal kesehatan, kuliner, dan kecantikan. 

Menurut sejarah bunga lavender, pihak kerajaan di Eropa banyak menggunakan warna ungu dari lavender karena dianggap sebagai warna mewah. Bunga ini juga dianggap memiliki filosofi sangat mendalam akan suatu keindahan, kekaguman, kesendirian, dan keanggunan.

Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa fakta lavender yang masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Ingin tahu apa saja faktanya? Simak informasi berikut ini. 

BACA JUGA: Mengenal Arti & Manfaat Bunga Forget Me Not, Bunga Kesetiaan

-->

1. Tanaman hias pengusir serangga

lavender
iStock

Fakta menarik yang pertama adalah lavender sebagai tanaman hias yang biasa digunakan sebagai pengusir serangga. Fakta ini diperkuat dengan aroma lavender yang sangat kuat sehingga membuat serangga kabur.

Selain digunakan secara langsung, bunga ini juga kerap digunakan sebagai campuran produk-produk pengusir nyamuk dan tungau. Sedulur pastinya akan sangat mudah menjumpai produk dengan kandungan lavender pada lotion anti nyamuk di pasaran. 

2. Kandungan zat aktif sebagai aromaterapi

lavender
iStock

Aroma khas pada lavender juga memiliki karakter yang menenangkan. Bunga ini mengandung zat anti neurodpresan yang dapat digunakan sebagai aromaterapi karena memberikan efek relaksasi dan membuat perasaan menjadi tenang.

Sebagai aromaterapi, lavender juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tidur. Bunga atau produk dengan kandungannya juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Sedulur dapat melakukan relaksasi dengan menyalakan lilin aromaterapi, mengoleskan minyak esensial sebelum berendam di kamar mandi, dan meminum teh dari lavender. 

3. Kandungan zat aktif sebagai terapi kesehatan mental

lavender
iStock

Tak hanya digunakan sebagai aroma terapi yang mengarah pada gangguan tidur dan membuat perasaan menjadi lebih tenang, kandungan zat aktif linalool dalam ekstrak bunga lavender juga dipercaya dapat menyembuhkan depresi dengan baik. 

Zat linalool disebut dapat menciptakan perasaan rileks yang cukup panjang. Efek ansiolitik dari zat aktif linalool ini juga dianggap sebagai obat terapeutik untuk terapi kesehatan mental, terutama untuk mengatasi ketakutan akan hal-hal aneh dan mengatasi gangguan kecemasan. 

BACA JUGA: 12 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan, dan Lingkungan

4. Aroma khas sebagai pengharum ruangan

lavender
iStock

Selain digunakan dalam pengobatan, bunga ini juga memiliki aroma khas yang sangat cocok digunakan sebagai pengharum ruangan. Hal ini telah dilakukan sejak abad ke-16, dimana banyak orang yang menggunakan lavender sebagai pengharum ruangan di rumah masing-masing. 

Saat ini, Sedulur tidak hanya bisa menikmati aroma khas bunga ini melalui bunga asli yang masih hidup. Kemajuan teknologi telah membantu semua orang untuk menikmati parfum maupun serum dengan aroma lavender yang sudah banyak beredar di pasaran.  

5. Digunakan dalam perawatan kulit dan rambut

lavender
iStock

Lavender ternyata juga bisa dimanfaatkan dalam perawatan tubuh, khususnya pada perawatan kulit dan rambut. Campuran bunga ini dengan cuka sari apel dipercaya dapat mencegah adanya ketombe dan menyehatkan serta meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Tak hanya itu, dalam hal perawatan kulit, bunga lavender juga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengurangi iritasi dengan jalan menghidrasi kulit. Dengan demikian, bunga ini sangat cocok dijadikan bahan alami alternatif dalam mengatasi permasalahan pada kulit dan rambut. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pot Bunga Terbaik & Tips Memilihnya

6. Memiliki ratusan varietas

lavender
iStock

Fakta unik selanjutnya adalah keberadaan ratusan varietas lavender. Jika selama ini Sedulur hanya mengenal satu jenis saja, ternyata ada lebih dari 45 spesies lavender dengan lebih dari 450 varietas yang berbeda. 

Tanaman ini dapat memberikan toleransi terhadap suhu panas yang tinggi dan mampu hidup di berbagai belahan dunia dengan cuaca berbeda. Salah satu spesies yang paling terkenal adalah Lavender angustifolia

Ciri ciri bunga lavender tersebut adalah memiliki daun kecil berwarna hijau dan bunga berwarna ungu. Spesies ini paling banyak digunakan sebagai bumbu dalam sup dan salad serta digunakan sebagai minyak esensial yang bersifat anti halitosis dan antiseptik.  

7. Memiliki berbagai warna

lavender
iStock

Fakta unik yang terakhir adalah adanya berbagai warna bunga yang dimiliki tanaman ini. Jika sebagian besar orang mengira lavender hanya berwarna ungu, maka anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sedulur dapat menemukan bunga berwarna putih, merah muda, hingga kuning. 

Meskipun warna bunga sangat bervariasi, namun aroma bunga yang dihasilkan tetaplah kuat. Aroma khas pada “White Grosso” misalnya, itu merupakan varietas lavender dengan bunga berwarna putih yang tetap memiliki aroma khas sangat kuat. 

Nah, itulah informasi mengenai fakta unik dan menarik lavender yang perlu diketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang menyukai bunga cantik berwarna ungu ini. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.