Mobil teririt di Indonesia 2022 menjadi salah satu topik yang paling dicari akhir-akhir ini pasca keputusan pemerintah Indonesia menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu yang lalu. Mulai dari tanggal 3 September 2022, harga BBM yang didistribusikan oleh Pertamina mengalami kenaikan.

Baik itu BBM subsidi maupun non-subsidi, keduanya mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. BBM berjenis Pertalite yang awalnya hanya Rp7.650 per liter, sekarang menjadi Rp10.000 per liter. Sedangkan untuk BBM berjenis Pertamax kenaikan terjadi sekitar Rp2.000, dari Rp12.500 per liter menjadi Rp14.500. Selain itu, BBM subsidi berjenis solar juga mengalami perubahan harga, dari Rp5.150 menjadi Rp6.800.

Fenomena kenaikan harga BBM yang sempat menghebohkan masyarakat akhir-akhir ini terjadi karena harga minyak dunia yang sedang tidak pasti. Hal tersebut secara tidak langsung berdampak besar terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Nominal subsidi dan kompensasi energi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia ternyata juga terus merangkak naik dari tahun ke tahun. Di tahun 2022 ini saja, anggaran tersebut telah membengkak dari Rp152 triliun menjadi Rp502 triliun.

Maka dari itu, mencari pilihan mobil teririt di Indonesia 2022 agaknya masih menjadi solusi alternatif paling utama dalam menyikapi keadaan ini. Walaupun era mobil listrik (EV) sudah masuk ke Indonesia sekarang, tetapi jenis mobil tersebut belum dapat menarik perhatian masyarakat dengan maksimal karena berbagai keterbatasan yang dimiliki.

Lantas, apa saja kira-kira mobil teririt di Indonesia 2022? Berikut merupakan daftar mobil paling irit BBM di Indonesia 2022 dengan 20 lebih pilihan model mobil dari berbagai produsen kenamaan seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Nissan, dan lain-lain.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Biografi Tentang Tokoh Terkenal Dunia

1. Toyota Corolla Cross Hybrid – 23,25 km/liter

Autos.id

Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan salah satu mobil hybrid yang diperjualbelikan di Indonesia. Mobil hybrid sendiri merupakan sebutan untuk suatu jenis mobil yang memiliki dua sistem tenaga utama, BBM dan listrik.  Di Jepang, jenis mobil seperti ini sangat lazim ditemui di jalanan karena mobil hybrid ternyata dapat menghasilkan performa di atas rata-rata ketimbang mobil konvensional yang ditenagai BBM saja.

Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi satu dari sekian mobil di Indonesia yang menggunakan teknologi tersebut. Ketika mobil tersebut menggunakan BBM sebagai bahan bakar penggeraknya, tercatat bahwa ia dapat menempuh jarak sekitar 23,25 km/liter! Dengan kapasitas cc 1800, Toyota Corolla Cross Hybrid dibanderol dengan harga Rp540.900.000.

2. Datsun GO – 23,5 km/liter

Datsun

Walaupun merek Datsun sudah tidak beroperasi lagi di Indonesia sejak 2019 lalu, akan tetapi keberadaan produk mereka, seperti Datsun GO, tetap dapat Sedulur jumpai di jalanan. Ya, Datsun GO merupakan salah satu mobil pentolan produsen tersebut yang masuk ke dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC).

Dengan bentuknya yang kecil serta kapasitas mesin yang rendah, Datsun GO sempat menjadi favorit beberapa kalangan masyarakat Indonesia yang ingin beralih ke mobil ‘ramah lingkungan’ tersebut. Terlebih lagi karena konsumsi BBM yang sangat irit, sampai 23,5 km/liter, Datsun GO pun menjadi alternatif tepat bagi Sedulur yang mencari mobil teririt di Indonesia 2022.

Sayangnya, merek Datsun terus menerus kalah saing dari beberapa produsen mobil kenamaan di Indonesia, seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, dan juga Honda yang sama-sama meluncurkan berbagai varian mobil LCGC. Di tahun terakhir produksinya, tahun 2020, Datsun GO hanya terjual sekitar 215 unit saja. Kalah telak dari Honda Brio yang terjual 29.979 unit.

Apabila Sedulur tertarik untuk memboyong Datsun GO ke rumah, diperkirakan harga bekas dari mobil ini ada di antara Rp112.000.000 hingga Rp 160.000.000-an.

3. Honda Mobilio – 17 km/liter

Mandiri Utama Finance

Honda Mobilio merupakan sebuah mobil multi purpose vehicle (MPV) yang dirilis di Indonesia pada 25 Januari 2014. Kemunculan Honda Mobilio menjadi angin segar bagi pasar mobil MPV yang pada waktu itu mayoritas dikuasai oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Honda Mobilio hadir dengan menggunakan desain yang mirip seperti Honda Brio, namun dengan badan yang lebih panjang. Mobil tersebut menawarkan performa dengan mesin 1.500 cc dan dua tipe transmisi, manual serta otomatis.

Konsumsi bensin Honda Mobilio menjadi salah satu hal yang dibanggakan oleh para pemiliknya. Pasalnya, angka konsumsi BBM Honda Mobilio tidak kalah jauh dengan mobil MPV serupa dari produsen lain. Tercatat, Honda Mobilio mampu menempuh jarak 17 km dengan 1 liter BBM saja. Angka tersebutlah yang membuat Honda Mobilio pantas untuk masuk ke jajaran mobil teririt di Indonesia 2022.

4. Suzuki Ignis – 23,64 km/liter

Arista Group

Mobil paling hemat BBM bensin yang selanjutnya adalah Suzuki Ignis. Suzuki Ignis merupakan penerus mobil subcompact keluaran sebelumnya, yaitu Suzuki Celerio. Pihak Suzuki Indomobil Motor memperkenalkan mobil ini ke khalayak masyarakat pada 17 April 2017 lalu. Berbeda dengan Suzuki Celerio yang sangat berkonsep city car, Suzuki Ignis hadir dengan membawa konsep yang lebih adventurous berkat desain crossover-nya.

Walaupun begitu, Suzuki Ignis tetap sangat cocok digunakan untuk transportasi dalam kota. Begitu juga untuk perjalanan luar kota, Suzuki Ignis dikenal sebagai mobil kecil yang tangguh.

Jika berbicara tentang konsumsi bahan bakar, mungkin Sedulur akan kaget karena ternyata mobil ini sangatlah irit. 23,64 km/liter merupakan angka yang sangat mengesankan bagi mobil subcompact yang tidak terdaftar sebagai LCGC. Efisiensi penggunaan bahan bakar tersebut ternyata berasal dari mesin jenis K12M yang digunakannya.  

5. Suzuki Ertiga – 23 km/liter

Cintamobil

Tidak ingin kalah saing dengan produsen lain, Suzuki meluncurkan sebuah mobil berjenis MPV yang bernama Ertiga pada 22 April 2012 silam. Mobil ini seketika juga langsung diminati banyak orang Indonesia, terutama karena modelnya yang sangat berbeda dari mobil MPV lain.

Pada generasi pertama Suzuki Ertiga, bagian depan mobil tersebut nampak sangat mirip dengan Suzuki Swift. Akan tetapi, perubahan model secara berkala terjadi sebagai bagian dari facelift. Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri, Suzuki Ertiga juga tidak kalah dari para pesaingnya. Suzuki Ertiga mampu menghasilkan angka konsumsi sekitar 23 km/liter.

BACA JUGA: Kisah Bonnie and Clyde, Pasangan Kriminal yang Bikin Heboh!

6. Honda Brio – 20 km/liter

Honda Indonesia

Brio merupakan mobil mungil kategori LCGC yang datang dari produsen Honda. Posisi Honda Brio sendiri berada satu kelas di bawah Honda Jazz (sekarang digantikan Honda City Hatchback), mobil hatchback kelas entry-level yang sangat cocok untuk digunakan di dalam perkotaan.

Sejatinya, pihak Honda telah memproduksi mobil ini sejak tahun 2011. Namun, pemasaran hanya dilakukan di dua negara saja, Thailand dan India. Ketika pemerintah Indonesia menggulirkan regulasi mobil LCGC, Honda Brio pun hadir untuk meramaikan pasar mobil tersebut. Di awal-awal kemunculannya, Honda Brio membawa nama tambahan sebagai salah satu syarat mobil LCGC, menjadi Honda Brio Satya.

Sekarang, mobil ini tetap menjadi salah satu mobil kecil yang terlaris di Indonesia dengan puluhan ribu unit yang terjual di setiap tahun. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat konsumsi BBM Honda Brio yang sangat ramah dompet. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Honda Brio dapat mencetak angka konsumsi BBM hingga 20 km/liter jika digunakan dalam jalanan kota. Sangat mengesankan, ya Sedulur!

7. Toyota Agya – 19,5 km/liter

mobil teririt di indonesia 2022
Autofun

Masih membahas mobil teririt di Indonesia 2022 yang juga termasuk ke dalam kategori LCGC, Toyota Agya sepertinya dari dulu sampai sekarang masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Mobil ini sendiri aslinya diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor. Akan tetapi, Toyota Astra Motor juga turut menjualnya dengan nama Agya.

Karena ia dikategorikan sebagai LCGC, sudah jelas bahwa kapasitas mesin yang dibawanya tergolong kecil untuk ukuran mobil di jalanan Indonesia. Terdapat setidaknya dua varian kapasitas mesin yang ditawarkan, 1.000 cc dan 1.200 cc. Untuk konsumsi BBM, Toyota Agya mampu menghasilkan jarak yang cukup mengesankan, sekitar 19,5 km/liter.

8. Wuling Confero – 15,2 km/liter

Arista Group

Salah satu produsen pendatang baru di Indonesia, Wuling, ternyata juga memiliki mobil teririt di Indonesia 2022 yang berjenis MPV. Mobil tersebut adalah Wuling Confero yang pertama kali dirilis ke pasar Indonesia pada 2 Agustus 2017. 

Wuling Confero langsung menarik perhatian banyak masyarakat karena ia menjadi salah satu mobil MPV berkapasitas 7 penumpang yang memiliki harga jauh di bawah rata-rata mobil MPV pada umumnya. Varian tertinggi Wuling Confero pun hanya dibanderol sekitar Rp205.300.000.

Walaupun tergolong murah ketimbang mobil MPV lainnya seperti Toyota Avanza atau Hyundai Stargazer, akan tetapi fitur dan fasilitas yang bakal Sedulur dapatkan sangat melimpah. Varian tertinggi dari Wuling Confero menawarkan interior yang lega serta captain seat yang beralaskan kulit sintetis. Selain itu, terdapat juga layar 8 inci yang bisa menampilkan kamera parkir di belakang mobil.

Fasilitas dan fitur tersebut semakin lengkap rasanya jika mengetahui mobil ini memakan BBM yang tergolong irit. Berdasarkan hasil test drive, Wuling Confero mampu menghasilkan angka pemakaian BBM sekitar 15,2 km/liter saja.

9. Daihatsu Ayla – 20 km/liter

mobil teririt di indonesia 2022
Cintamobil

Daihatsu Ayla merupakan salah satu mobil LCGC di Indonesia. Mobil tersebut tergolong sangat irit karena hanya membutuhkan 1 liter BBM untuk menempuh jarak 20 km.

10. Daihatsu Sirion – 12,6 km/liter

Motor1

Daihatsu Sirion adalah mobil perkotaan yang berjenis hatchback. Untuk konsumsi BBM sendiri Daihatsu Sirion mencetak angka 12,6 km/liter.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Psychological Thriller di Netflix, Bikin Takut!

11. Toyota Vios – 18,5 km/liter

mobil teririt di indonesia 2022
Motor 1

Toyota Vios adalah salah satu varian mobil sedan yang sudah lama berkelana di jalanan Indonesia. Mobil tersebut dapat mencapai angka konsumsi BBM yang cukup fantastis, sekitar 18,5 km/liter. Tidak heran apabila Toyota Vios masuk ke dalam mobil teririt di Indonesia 2022.

12. Honda City Hatchback – 27 km/liter

Honda City
Hondatrioraya

Honda City Hatchback adalah salah satu mobil perkotaan yang baru-baru ini muncul di pasaran Indonesia. Mobil tersebut merupakan generasi ketujuh dari Honda City, mobil sedan legendaris produksi Honda. Kehadiran Honda City Hatchback ternyata menggantikan produksi Honda Jazz yang telah berhenti.

Kehadiran Honda City Hatchback di Indonesia menambah ketat persaingan mobil tipe serupa, seperti Toyota Yaris, Suzuki Baleno, dan juga Daihatsu Sirion. Honda City Hatchback termasuk sebagai kompetitor yang kuat, terlebih lagi karena konsumsi BBM yang berkisar 27 km/liter saja.  

13. Daihatsu Xenia – 17,5 km/liter

mobil teririt di indonesia 2022
Cintamobil

Daihatsu Xenia adalah saudara kembar dari Toyota Avanza. Mobil ini juga sama-sama mengusung konsep MPV dan menjadi pilihan mobil keluarga favorit masyarakat Indonesia. Hal tersebut sangat wajar, terlebih lagi jika mengingat mobil ini yang cukup irit dalam penggunaan BBM. Berdasarkan informasi yang beredar, Daihatsu Xenia dapat mencapai angka 17,5 km/liter untuk konsumsi bensinnya.

14. Mazda 2 – 13,8 km/liter

Oto Detik

Mazda 2 merupakan sebuah city car berjenis hatchback. Mobil ini juga secara tidak langsung menjadi saingan dari Toyota Yaris, Honda City Hatchback, dan lain-lain. Uji coba penggunaan bahan bakar dari Mazda 2 berkisar pada angka 13,8 km/liter.

15. Nissan Livina – 16 km/liter

mobil teririt di indonesia 2022
Autos.id

Salah satu mobil MPV yang laku di pasaran Indonesia adalah Nissan Livina. Mobil tersebut tergolong irit dalam konsumsi BBM, sekitar 16 km/liter saja.

BACA JUGA: Sinopsis My Girlfriend is Alien, Kisah Cinta Seorang Alien

16. Hyundai Stargazer – 17,6 km/liter

Moladin

 

Hyundai Stargazer merupakan produk mobil jenis MPV terbaru yang sempat viral di kalangan pecinta otomotif beberapa waktu ke belakang ini. Bagaimana tidak, penampilan mobil keluarga ini sangat menarik perhatian berkat desain yang sangat futuristik. 

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh mobil ini pun juga menjadi poin utama lakunya penjualan Hyundai Stargazer di Indonesia. Tercatat, ia menjadi mobil MPV terlaris dalam ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di bulan Agustus lalu.

Mengutip dari berbagai testimoni pecinta otomotif yang telah mencoba mobil ini, Hyundai Stargazer digadang-gadang mampu menempuh jarak 17,6 km untuk 1 liter BBM yang dipakainya. Jumlah pemakaian BBM tersebut tergolong irit jika mengingat mobil jenis ini merupakan MPV yang mampu membawa 7 penumpang. 

17. Mitsubishi Xpander – 15,1 km/liter

mobil teririt di indonesia 2022
Sun Motor Group

Masih menyambung dari poin sebelumnya, salah satu pesaing berat Hyundai Stargazer dalam menguasai pasar mobil MPV di Indonesia adalah Mitsubishi Xpander. Ya, mobil tersebut memang berada di kelas yang sama dengan Hyundai Stargazer, yaitu mobil jenis MPV berkapasitas 7 penumpang.

Akan tetapi, Mitsubishi Xpander sudah terlebih dahulu merajai jalan raya dengan pertama kali dirilis di Indonesia pada 17 Juli 2017 silam. Sejak pertama kali kemunculannya, Mitsubishi Xpander sudah mengalami setidaknya dua kali facelift, tentunya untuk menjaga kualitas dan kenyamanan berkendara. Berdasarkan informasi yang beredar, Mitsubishi Xpander hanya menghabiskan BBM sekitar 15,1 km/liter saja.

18. Toyota Avanza – 18 km/liter

Cintamobil

Toyota Avanza juga merupakan salah satu mobil MPV pesaing dari Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander. Toyota Avanza sudah jauh terlebih dahulu menjadi favorit mobil MPV keluarga Indonesia. Generasi pertama dari mobil ini muncul pada 11 Desember 2003. Ia hadir dengan membawa dua jenis kapasitas mesin, 1.300 cc dan 1.500 cc.

Untuk memanjakan para pecintanya, Toyota Astra Motor secara berkala melakukan berbagai facelift dari mobil ini. Sekarang, Toyota Avanza sudah berada di generasi ketiganya dengan tampilan yang semakin futuristik mengikuti perkembangan zaman dan minat konsumen. Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri, Toyota Avanza diperkirakan dapat mencapai angka 18 km/liter.

19. Toyota Veloz – 13,1 km/liter

mobil teririt di indonesia 2022
Mandiri Utama Finance

Toyota Veloz merupakan saudara kembar dari Toyota Avanza. Awalnya, Toyota Veloz masih ‘membonceng’ nama Avanza (Toyota Avanza Veloz) sebagai kategori untuk varian tertinggi mobil MPV itu. Namun, sekarang Toyota Veloz menjadi model mobil MPV sendiri.

Penggunaan bahan bakar mobil ini berkisar pada angka 13,1 km/liter.

20. Toyota Rush – 20,5 km/liter

Carmudi

Mobil teririt di Indonesia 2022 selanjutnya datang dari model mobil SUV mini, yaitu Toyota Rush. Sama halnya dengan Avanza dan Xenia, Toyota Rush juga memiliki kembaran yaitu Daihatsu Terios. Mobil tersebut cukup irit dalam memakan BBM, sekitar 20,5 km/liter.

BACA JUGA: Sinopsis Big Mouth, Kisah Pengacara dengan Nasib Buruk

21. Honda BR-V – 21 km/liter

mobil teririt di indonesia 2022
Ardiantuyogo

Honda BR-V hadir untuk meramaikan pasar mobil SUV mini yang sempat dikuasai Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Honda BR-V sendiri dapat menghasilkan angka konsumsi BBM sekitar 21 km/liter.

22. Suzuki XL 7 – 15,2 km/liter

Autofun

Suzuki XL 7 sendiri awalnya diniatkan sebagai varian crossover dari Suzuki Ertiga. Akan tetapi, Suzuki XL 7 ternyata memiliki peminat tersendiri dan akhirnya dibuat terpisah dengan Suzuki Ertiga. Ia termasuk ke dalam salah satu mobil teririt di Indonesia 2022 karena hanya memakan bensin sekitar 15,2 km/liter saja.

Nah Sedulur, di atas merupakan 20 lebih mobil teririt di Indonesia 2022. Mobil-mobil tersebut merupakan produk dari beberapa produsen ternama, seperti Suzuki, Mitsubishi, Hyundai, dan lain-lain. 

Perhitungan BBM per liter tersebut hanya perkiraan kasar saja karena sejatinya banyak hal yang dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar sebuah mobil. Beberapa di antaranya adalah kecepatan mobil, berapa banyak penumpang yang dibawa, dan lain sebagainya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.