Pernahkah Sedulur mendengar cerita Bonnie and Clyde? Atau jangan-jangan Sedulur pernah tidak sengaja menonton film atau serial televisi yang menceritakan kisah romantis pasangan kriminal tersebut?

Ya, Bonnie and Clyde bukanlah sekedar tokoh fiksi yang diceritakan dari mulut ke mulut saja. Bonnie dan juga Clyde merupakan sepasang kriminal sungguhan yang hidup pada era awal 1900-an di Amerika Serikat sana. Keduanya terkenal karena menjadi pentolan geng perampok yang biasa menjarah bank, toko-toko kecil, dan juga beberapa rumah duka di kota-kota kecil.

Walaupun memang pada masa Depresi Besar (Great Depression) tersebut tindakan kriminal seperti perampokan sangat sering terjadi, namun perhatian masyarakat Amerika Serikat sangat tertuju kepada kabar dan berita Bonnie and Clyde. Pasangan tersebut pun sampai-sampai dijuluki ‘musuh masyarakat’ karena berbagai aksi kriminalitas yang mereka lakukan bersama.

Penasaran seperti apa kisah sesungguhnya Bonnie and Clyde dan fakta-fakta menarik seputar kisah asmara mereka? Simak terus pembahasan berikut ini, yuk Sedulur!

-->

BACA JUGA: 120 Kata-Kata Gombalan untuk Cowok yang Bikin Baper

Bonnie and Clyde, siapa mereka?

bonnie and clyde
Texas Highways Magazine

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, Bonnie and Clyde merupakan pasangan sejoli yang kerap melakukan aksi kriminalitas bersama. Mayoritas kejahatan yang mereka lakukan adalah perampokan, mulai dari bank, toko-toko kecil, serta rumah duka. 

Akan tetapi, pasangan tersebut juga tidak segan untuk membunuh orang-orang yang menghalangi rencananya. Tercatat, setidaknya Bonnie bersama dengan Clyde pernah menghilangkan nyawa 9 polisi dan 4 warga sipil.

Pada masa Depresi Besar (Great Depression), nama Bonnie and Clyde memang cukup populer. Hampir setiap orang di Amerika Serikat wilayah tengah mengetahui keberadaan pasangan kriminal tersebut dan juga sangat takut akan mereka dan geng perampoknya. Aktivitas kejahatan mereka aktif sejak tahun 1931 hingga 1934, dimana mereka pada akhirnya harus menemui ajal bersama saat disergap dan hendak ditangkap oleh sekelompok polisi.

Bonnie bersama dengan Clyde memang sudah sepatutnya menerima risiko tersebut atas kejahatan yang mereka berdua lakukan. Walaupun sempat dianggap sebagai ‘musuh masyarakat’, sekitar 30 tahun setelah kematian mereka berdua justru muncul film Bonnie and Clyde (1967) karya Arthur Penn yang meromantisasi kriminalitas pasangan tersebut. Semenjak saat itulah cerita perjalanan keduanya sering diadaptasi dalam berbagai bentuk cerita, novel, film, dan juga serial televisi.

BACA JUGA: 80 Kata Kata Keren untuk Status & Caption Sosial Media!

Bonnie Parker

bonnie and clyde
FBI

Bonnie memiliki nama lengkap Bonnie Elizabeth Parker. Wanita tersebut lahir pada tanggal 1 Oktober 1910, di Rowena, Texas, Amerika Serikat. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Ayah Bonnie meninggalkannya karena meninggal pada saat Bonnie berumur 4 tahun. Mau tidak mau, ibu Bonnie yang menjanda pun harus membawa anak-anaknya kembali ke rumah masa kecilnya di Dallas, Texas.

Pada saat Bonnie menginjak kelas 2 SMA, dirinya bertemu dengan Roy Thornton. Bonnie dan Roy pun berhenti sekolah dan memutuskan untuk menikah. Akan tetapi, pernikahan tersebut menemui berbagai cobaan, salah satunya adalah karena Roy yang ditahan oleh polisi karena suatu tindakan kriminal.

Bonnie dan Roy memang tidak pernah bercerai, akan tetapi keduanya tidak pernah bertemu kembali sejak Januari 1929 setelah Roy masuk ke penjara.

BACA JUGA: 60 Tebak-Tebakan Hewan & Jawabannya yang Bikin Ngakak

Clyde Barrow

History

Clyde memiliki nama lengkap yaitu Clyde Champion Barrow. Pria tersebut merupakan kelahiran 24 Maret 1909 dari sebuah keluarga miskin yang bermukim di Ellis County, Texas, Amerika Serikat.

Keluarga Clyde pindah ke kota Dallas pada sekitar tahun 1920-an. Dari situlah karakter-karakter jahat Clyde muncul. Clyde pertama kali dipenjara pada saat ia berumur 17 tahun, tahun 1926. Setelah itu ia sempat bekerja, namun kembali ditahan karena suatu kejahatan pada April 1930.

Di dalam penjara, Clyde sering menjadi objek kekerasan seksual dari sesama tahanan. Tidak kuat menahan segala pelecehan tersebut, Clyde pun ‘meledak’ dan membunuh pelaku kekerasan seksual terhadap dirinya dengan menghunus pipa leding ke tengkorak pelaku tersebut.

Setelah keluar dari penjara, keluarga Clyde sadar bahwa ia bukanlah Clyde yang seperti dahulu. Clyde berubah dari yang notabene hanya anak sekolahan menjadi orang yang bengis dan kejam.

Beberapa bulan sebelum penahanan Clyde yang kedua di penjara, ternyata Clyde sempat bertemu dengan Bonnie di salah satu rumah kawannya pada Januari 1930. Keduanya pun saling jatuh cinta pada pandangan pertama. Bonnie dengan sabar menunggu Clyde keluar dari penjara.

Setelah keduanya bertemu kembali, Bonnie and Clyde mulai melancarkan aksi-aksi kriminal tersebut. Mengutip dari salah satu sumber, sebenarnya alasan utama dari Clyde mau melakukan kembali tindakan kejahatan itu bukanlah karena mengejar harta atau ketenaran. Akan tetapi, Clyde ingin membalas dendam kepada otoritas hukum Texas yang sudah memperlakukannya sangat buruk selama ia dipenjara.

BACA JUGA: 10 Realita & Fakta di Maldives yang Harus Diketahui Turis

Fakta-fakta menarik Bonnie and Clyde

Dayton Daily News

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik dari Bonnie dan Clyde, pasangan kriminal yang sangat tenar di seantero Amerika Serikat.

1. Tindakan kriminalitas pertama Clyde, terlambat mengembalikan mobil sewaan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Clyde pertama kali masuk penjara pada tahun 1926. Kejahatan pertama yang ia lakukan adalah terlambat mengembalikan mobil yang disewanya.

2. Bonnie ternyata sering menulis puisi

Tahukah Sedulur bahwa Bonnie memiliki kemampuan untuk merangkai kata-kata dengan indah menjadi sebuah puisi? Ya, Bonnie sempat membuat beberapa puisi yang menggambarkan kisah pilu kehidupan remajanya. Judul-judul puisi tersebut adalah The Story of Suicide Sal, The Trail’s End, dan The Story of Bonnie and Clyde.

3. Clyde pernah gagal masuk ke angkatan laut Amerika Serikat

Nama Clyde sempat tercatat dalam daftar remaja yang mendaftar ke angkatan laut Amerika Serikat. Akan tetapi ia tidak diterima karena berbagai riwayat penyakit yang diderita semasa kecil.

4. Merampok berbagai tempat bersama

Bonnie and Clyde merampok berbagai tempat bersama-sama. Mereka juga dibantu beberapa orang yang tergabung ke dalam geng perampoknya.

5. Pada saat ajal menjemput Bonnie and Clyde, masyarakat sekitar sempat menjarah mayat mereka berdua

Pasangan tersebut meninggal pada 23 Mei 1934 di Bienville Parish, Louisiana, Amerika Serikat. Mereka tewas saat diberondong berpuluh-puluh peluru oleh polisi. Pada saat tim medis belum tiba, masyarakat sekitar sempat hendak menjarah dan memotong tubuh keduanya, mulai dari jari, telinga, hingga rambut.

6. Bonnie tetap memakai cincin dari pernikahan suaminya pada saat akhir hayat hidupnya

Di akhir hayatnya Bonnie, ternyata wanita tersebut tetap memakai cincin kawin yang diberikan oleh Roy Thornton.

Nah Sedulur, itu dia sekilas informasi mengenai Bonnie and Clyde. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.