psychological thriller di netflix

Psychological thriller atau thriller psikologis merupakan salah satu genre film yang sedang populer beberapa tahun belakangan. Sesuai namanya, genre ini menyuguhkan cerita yang mendebarkan khas film thriller namun ditambah dengan narasi psikologis. Oleh karenanya, film bergenre thriller psikologis  dianggap memberikan sensasi kengerian yang berbeda jika dibandingkan genre thriller pada umumnya. Adapun Sedulur bisa menyaksikan film-film bergenre psychological thriller di Netflix. Sebab, platform layanan streaming itu menyediakan beragam judul film yang bisa Sedulur pilih.

Tertarik untuk menonton film psychological thriller di Netflix? Berikut ini Super telah merangkum 12 rekomendasi film psychological thriller di Netflix, lengkap dengan sinopsisnya. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya!

BACA JUGA: 22 Rekomendasi Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi film psychological thriller di Netflix beserta sinopsisnya

Berikut ini adalah daftar 12 film psychological thriller di Netflix beserta sinopsis singkatnya yang bisa menjadi pilihan hiburan untuk Sedulur di akhir pekan.

-->

1. Memoir of a Murderer (2017)

psychological thriller di netflix
Viki

Rekomendasi film yang pertama adalah Memoir of a Murderer. Film arahan sutradara Won Shin Yeon ini juga dikenal dengan judul 살인자의 기억법 (Salinjaui Gieokbeob). Film ini menceritakan tentang seorang mantan pembunuh berantai yang kini menderita Alzheimer, Byeong Soo. Ia tinggal bersama putrinya yang kini sudah berusia dewasa.

Suatu ketika, ia mengalami kecelakaan mobil dengan seorang pria yang juga merupakan seorang pembunuh. Tanpa diduga, pria tersebut ingin mendekati putrinya. Namun mengetahui pria itu adalah seorang pembunuh, Byeong Soo pun berupaya melindungi putri dari pria tersebut.

2. 1922 (2017)

psychological thriller di netflix
Netflix

Berikutnya ada 1922 yang merupakan film psychological thriller di Netflix asal Amerika Serikat. Film karya sutradara Zak Hilditch ni diadaptasi dari novel karya Stephen King berjudul sama.

1922 menceritakan tentang pengakuan seorang petani bernama Wilfred James tentang pembunuhan sang istri. Tokoh petani yang diperankan aktor Thomas Jane itu mengaku telah menghabisi nyawa istrinya, Arlette dan kemudian membuang jasadnya di sebuah sumur.

Namun ia mengalami kejadian aneh setelah pembunuhan tersebut. Wilfred mengaku dirinya menjadi sasaran teror sekumpulan tikus dan dihantui oleh arwah sang istri.

3. The Platform (2019), psychological thriller dengan latar penjara

psychological thriller di netflix
Netflix

The Platform merupakan film asal Spanyol yang juga dikenal dengan judul El Valiente. Film garapan sutradara Galder Gaztelu-Urrutia ini menceritakan tentang kehidupan di sebuah penjara berbentuk menara bernama Vertical Self-Management Center atau Pusat Manajemen Mandiri Vertikal.

Sesuai namanya, penjara tersebut menempatkan para penghuni dengan tingkatan secara vertikal. Sistem tersebut menimbulkan konflik antar tahanan yang di antaranya terjadi ketika waktu pembagian makanan tiba. Sebab, makanan akan diberikan melalui sebuah platform yang bergerak dari atas. Hal ini mengakibatkan tahanan yang berada di tingkat atas dapat mengambil makanan sebanyak mungkin. Sementara tahanan yang berada di urutan bawah harus terima hanya memperoleh sedikit makanan yang disisakan oleh tahanan dari tingkat di atasnya.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horor Indonesia & Barat Terbaik 2022

4. Fractured (2019)

psychological thriller di netflix
Netflix

Fractured merupakan film bergenre psychological thriller arahan sutradara Brad Anderson. Film ini dibintangi oleh Sam Worthington, Lily Rabe, Lucy Capri, dan Stephen Tobolowsky.

Kejadian bermula ketika seorang gadis bernama Peri Monroe mengalami luka parah akibat serangan anjing. Ia kemudian dibawa oleh orang tuanya ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan. Namun peristiwa aneh terjadi saat sang ayah, Ray Monroe menunggu Peri menjalani operasi. Kala itu Ray tidak diperkenankan mendampingi putrinya sehingga hanya sang istri yang ikut masuk ke ruang operasi.

Akan tetapi, tiba-tiba istri dan anaknya menghilang begitu saja dari ruang operasi. Bahkan ia tidak menemukan jejak apapun terkait keberadaan keluarganya tersebut. Ray pun mulai menyadari bahwa ada sesuatu yang janggal dengan rumah sakit tersebut.

5. In The Tall Grass (2019)

Netflix

Rekomendasi film selanjutnya adalah In The Tall Grass. Film garapan sutradara Vincenzo Natali ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Stephen King. Film ini menceritakan tentang dua bersaudara bernama Becky dan Cal. Mulanya mereka sedang menempuh perjalanan jauh dengan mengendarai mobil. Saat melintasi padang ilalang tinggi, mereka mendengar suara teriakan seorang anak laki-laki yang meminta tolong dari arah ilalang tersebut. Mereka lantas keluar dari mobil dan masuk ke ilalang tersebut dengan cara berpencar. Tanpa diduga, mereka malah mengalami berbagai kejadian mistis di padang ilalang tersebut.

6. The Call (2020), film psychological thriller di Netflix yang dibintangi Park Shin Hye

Netflix

Selanjutnya ada film asal Negeri Ginseng Korea, The Call. Film garapan sutradara Lee Chung Hyeon ini dibintangi oleh aktris kenamaan, Park Shin Hye dan Jun Jong Seo.

Film ini menceritakan tentang dua perempuan yang hidup di dua masa berbeda. Seo Yeon merupakan seorang perempuan yang hidup di masa kini. Ia secara tidak sengaja terhubung dengan seorang perempuan dari masa lalu bernama Young Sook melalui telepon tua di rumah masa kecilnya.

Mulanya mereka menjalin hubungan baik layaknya dua orang yang menjalin pertemanan jarak jauh. Namun lambat laun panggilan telepon Young Sook berubah menjadi teror yang mengancam Seo Yeon dan keluarganya. Terlebih ketika Young Sook mulai meminta Seo Yeon untuk mencari tahu tentang hidupnya di masa kini.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Film Sad Ending Barat yang Bikin Nyesek

7. The Devil All The Time (2020)

IDN Times

The Devil All The Time adalah film Hollywood yang dibintangi oleh Tom Holland dan Robert Pattinson. Film dengan latar Perang Dunia Kedua dan Perang Vietnam ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Arvin Russell asal Ohio. Suatu ketika, ia mendapat hadiah sebuah pistol dari sang ayah pada hari ulang tahunnya. Tanpa disangka, momen tersebut menjadi titik terjadinya perubahan besar dalam hidup Arvin.

Pasalnya ia harus menghadapi kekuatan jahat yang mengancam dirinya dan keluarganya. Tak berhenti sampai di situ, Arvin mendapati dirinya dikelilingi oleh orang-orang dengan karakter misterius dan mencurigakan.

8. Sightless (2020)

Tribun Manado

Sightless menceritakan tentang seorang biola yang mengalami gangguan penglihatan setelah menjadi korban penyerangan. Peristiwa tersebut menyebabkan ia harus beradaptasi dengan hidup barunya yang kini tidak bisa melihat.

Namun tiba-tiba berbagai kejadian aneh mulai dirasakan oleh gadis tersebut. Ia mendapati banyak kejanggalan di rumahnya sendiri. Mulai dari suara alarm mobil yang selalu berbunyi setiap pukul 11 malam. Hingga pertemuannya dengan seorang wanita yang sekaligus merupakan tetangganya.

9. The Woman in the Window (2021), film psychological thriller tentang agoraphobia

Kumparan

The Woman in the Window merupakan film adaptasi dari novel A. J. Finn yang dirilis pada 2021 lalu. Film yang menampilkan Amy Adams sebagai tokoh utama ini menceritakan tentang seorang perempuan yang menderita gangguan kecemasan agoraphobia. Hal itu membuatnya memilih untuk lebih banyak berada di rumah karena merasa kehidupan di luar sangatlah tidak aman untuknya.

Mulanya kehidupan wanita itu berjalan normal. Hingga suatu ketika sebuah keluarga pindah ke unit di dekat rumahnya. Peristiwa aneh pun mulai ia alami ketika berkenalan dengan keluarga tersebut. Tak hanya itu, ia juga menaruh perhatian pada keluarga yang menurutnya nampak janggan itu. Ia pun mulai mengawasi tetangganya tersebut dari balik jendela.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Sci Fi Terbaik untuk Ditonton Akhir Pekan

10. Deadly Illusions (2021)

Tribunnews Wiki

Deadly Illusions menceritakan tentang seorang penulis buku best-seller bernama Marry Morrison yang mengalami kebuntuan. Padahal kala itu ia sedang dikejar tenggat waktu untuk merampungkan buku terbarunya. Marry Morrison yang baru saja pindah rumah bersama keluarganya lantas menyewa seorang pengasuh anak agar dapat fokus dengan pekerjaan.

Mulanya Marry nampak senang dengan kehadiran pengasuh tersebut. Namun lambat laun ia merasakan adanya kejanggalan dengan perempuan yang menjadi pengasuh anak-anaknya itu. Ia merasa pengasuh tersebut memiliki niat buruk terhadap keluarganya.

11. The Girl on the Train (2021)

CNN Indonesia

The Girl on the Train merupakan film India yang diangkat dari novel berjudul sama karya penulis Inggris, Paula Hawkins. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Mira Kapoor yang baru saja bercerai dari suaminya. Perceraian tersebut mengubahnya menjadi seorang pecandu alkohol hingga menghancurkan hidup dan kariernya.

Suatu ketika, Mira melihat pasangan yang nampak harmonis di kereta yang ditumpanginya. Selanjutnya ia terus bertemu dengan pasangan tersebut ketika naik kereta. Tanpa Mira duga, pertemuannya dengan pasangan itu malah menyeretnya dalam kasus pembunuhan yang rumit.

12. The Weekend Away (2022)

Netflix

Terakhir ada The Weekend Away yang merupakan film thriller asal Amerika Serikat. Film arahan sutradara Kim Farrant ini menceritakan tentang sepasang sahabat yang berlibur bersama ke Kroasia. Mulanya liburan mereka berjalan normal dan menyenangkan. Hingga kemudian Kate, salah seorang di antara mereka menghilang secara misterius.

Demikian tadi 12 rekomendasi film psychological thriller di Netflix beserta sinopsisnya. Film-film di atas cocok menjadi pilihan tontonan Sedulur di waktu luang maupun saat akhir pekan. Sedulur tertarik untuk menonton yang mana dulu, nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.