film biografi

Film biografi menjadi salah satu hiburan yang bisa Sedulur jadikan media untuk mendapatkan inspirasi sekaligus informasi. Terutama biografi terkait tokoh terkenal dan Sedulur menyukai tokoh tersebut, film-film tersebut bisa jadi media pembelajaran.

Nah dalam kesempatan kali ini, akan diberikan rekomendasi beberapa film biografi tentang tokoh terkenal dunia. Tokoh yang tentu memberikan perubahan terhadap kehidupan umat manusia di dunia. Lantas apa saja rekomendasi filmnya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 20+ Rekomendasi Film Action Terbaik, Sayang Buat Dilewatkan!

1. Amadeus (1984)

Taste of Cinema

Mozart adalah komposer Vienna muda yang sangat berbakat. Ia adalah seorang musikus jenius gila dan kekanak-kanakan yang sebagian besar karyanya memberi perasaan riang bagi para penggemarnya.

-->

Tanpa disadari, namanya yang semakin tenar dan dipuji membuat rivalnya Antonio Salieri, menyimpan kebencian yang sengit padanya. Terpancing oleh rasa iri karena gaya hidup hedonis dan, meski berat diakui, Mozart memang hebat maka dari Salieri menjadi terobsesi ingin menjatuhkan Mozart.

Saleri melakukan segala cara, dan parahnya, berakhir buruk bagi keduanya. Mozart sendiri diperankan oleh Tom Hulce sementara Salieri di perankan oleh F. Murray Abraham.

2. Pirates of Silicon Valley (1999)

film biografi
Salon

Mendengar judul film ini mungkin membuat Sedulur mengira bahwa film ini bukan film tentang biografi, melainkan film tentang bajak laut dengan kapalnya. Namun hal tersebut salah besar, film yang dirilis tahun 1999 ini berkisah tentang persaingan pemimpin sekaligus pebisnis tingkat dunia.

Film yang menjelaskan tentang persaingan antara Bill Gates dengan Steve Jobs. Bill Gates membuat kapal yang diberi nama Microsoft, sedangkan Steve Jobs membuat kapal yang diberi nama Apple. Keduanya sangat serupa seperti bajak laut dengan kapalnya masing-masing yang selalu bersaing, berinovasi serta berubah dengan cepat hingga kita tahu seperti saat ini.

Persaingan keduanya justru memberi dorongan satu sama lain untuk semakin sukses. Film ini merupakan film wajib Sedulur tonton untuk mendapatkan pasokan motivasi berbisnis, terutama bisnis dalam dunia teknologi dan startup.

3. The Pianist (2002)

Primevideo

Film biografi ini menceritakan tentang kehidupan pianis dan komponis keturanan Yahudi-Polandia bernama Wladyslaw Szpilma. Naskah film ini pun disusun berdasarkan karya memoarnya yang berjudul “The Pianist: The Extraordinary True Story of One Man’s Survival in Warsaw, 1939-1945” yang telah diterbitkan pada tahun 1946.

Film ini tayang pada tahun 2022 yang lalu dan merupakan salah satu film drama biografi yang menarik untuk ditonton. Kota Warsaw menjadi saksi perlawanan rakyat Polandia setahun kemudian. Szpilma berhasil bertahan di kota yang hancur dengan bantuan teman-teman dan orang-orang asing yang ia temui termasuk Wilm Hosenfeld (Thomas Kretschmann), kapten pasukan Jerman yang mengagumi permainan piano-nya.

4. The Mototcycle Diary (2004)

film biografi
Roger Ebert

Pada liburan menjelang semester terakhir kuliah kedokterannya, Ernesto Guevara (Gael García Bernal) bepergian naik motor dari Brazil ke Peru bersama temannya Alberto Granado (Rodrigo De la Serna).

Menjelajahi seluruh Amerika Selatan, mereka menjadi saksi kehidupan sengsara para petani miskin dan mengamati eksploitasi buruh yang dilakukan pemilik-pemilik industri yang kaya raya.

Suatu hari mereka mencapai perkampungan penderita kusta di Peru dan menjadi relawan penyembuh disana. Pengalaman itu mempengaruhi penilaian Ernesto hingga ia selalu menjadi sosok yang membela kaum lemah, meninggalkan kenyamanan hidupnya.

Film ini menceritakan bagiamana seorang dokter yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi bisa memberikan dampak yang luar biasa sehingga bisa mengeluarkan sebuah negera dari kondisi terpuruk dan menjadikan masyarakat lebih sejahtera lagi.

5. Nowhere Boy (2009)

Amazon

John Lenon diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson. John merupakan  remaja pemberontak tinggal bersama bibinya Mimi (diperankan oleh Kristin Scott Thomas) di Liverpool, Inggris. Suami bibinya tiba-tiba meninggal dan di pemakaman pamannya, John mengawasi ibunya, Julia (Anne-Marie Duff).

John yang mulai mendekati Julia membuat bibinya khawatir. Julia sempat mengenalkan beberapa musik populer pada putranya dan dari sana, John berkeinginan membentuk bandnya sendiri.

Siapa sangka, seorang remaja pemberontak dengan kondisi keluarga yang complicated, bisa lahir dan tumbuh menjadi seorang musisi yang dapat mengubah industri musik di seluruh dunia. Band yang kelak didirikan John (The Beatles) menjadi band legendari dan paling berpengaruh di dunia hingga saat ini. John pun menjadi sosok yang fenomenal dan banyak diikuti oleh remaja dan pemudia di seluruh dunia.

6. The Social Network (2010)

film biografi
Indie Wire

Film biografi selanjutnya adalah The Social Network. Film ini telah menjadi blockbuster saat pertama kali dirilis di tahun 2010 silam. Tidak heran karena hampir semua orang yang mengenal Facebook ingin mengetahui bagaimana sang penemu media sosial terkemuka di dunia ini.

Mark Zuckerberg memulai perjuangannya menjadi seorang pengusaha startup di usia yang terbilang muda. Berawal dari kesukaannya bermain dengan kode-kode saat masih menjadi mahasiswa Harvard kemudian meluncurkan aplikasi yang diberikan kepada mahasiswa Harvard.

Kekuatan ide, kreativitas, fleksibilitas, daya saing serta inovasi yang luar biasa akhirnya Mark berhasil membuat dan meluncurkan Facebook yang terinspirasi dari aplikasi yang ia buat saat menjadi mahasiswa Harvard.

BACA JUGA: 20+ Film India Terbaik Versi yang Wajib Ditonton, Versi Penggemar Holliwood

7. The Billionaire (2011)

Cinejour

The Billionaire ini terinspirasi dari perjalanan hidup seorang penemu camilan yang terbuat dari rumput laut. Camilan ini bernama ‘Tao Kei Noi’. Tentu, nama camilan ini tidak terlalu asing di telinga kita. Kita juga bisa membelinya di toko atau minimarket terdekat.

Camilan Tao Kei Noi ini diciptakan oleh sang penemunya, yakni Top Aitthipat Kulapongvanich. Ia juga sering dikenal dengan sebutan Top Ittipat. Film tentang bisnis ini menceritakan bagaimana awal mulanya Top menjadi seorang pengusaha sukses.

Semula, Top memiliki hobi bermain game online. Dari hobi bermain game ini kemudian ia bisa menghasilkan uang. Sayangnya, hal ini dianggap ilegal oleh pihak pemerintah sehingga Top memutuskan untuk berhenti.

8. Jobs (2013)

film biografi
Cinema Fanpage

Film biografi ini bercerita tentang sosok brilian, jenius dan fenomenal, yaitu Steve Jobs. Film ini rilis tahun 2013 dan mengangkat tentang kehidupan Steve Jos dari tahun 1971 hingga tahun 2011. Film ini disutradarai Joshua Michael Stern, ditulis Matt Whiteley, dan diproduseri Mark Hulme dan Marcos A. Rodriguez.

Ashton Kutcher berperan sebagai tokoh utamana dan Josh Gad sebagai pendiri pendamping Apple Computer, Steve Wozniak. Film ini dipilih sebagai film penutup 2013 Sundance Film Festival. Film ini awalnya dijadwalkan dirilis di Amerika Serikat pada 19 April 2013, tetapi diundur sampai waktu yang tidak ditentukan.

Film ini mendapat beragam tanggapan di Sundance dan saat ini memegang skor 43% di Rotten Tomatoes. Salah film biografi yang menjelaskan tentang sisi lain Steve Jobs.

9. The Theory of Everything (2014)

Den of Geek

Pada tahun 1960-an, mahasiswa Universitas Cambridge, Stephen Hawking jatuh cinta pada teman kuliahnya, Jane Wilde. Hawking yang cerdas dan aktif tiba-tiba menderita penyakit motor neuron yang membuatnya sulit beraktifitas saat berusia 21 tahun.

Jane yang akhirnya menikah dengannya tetap setia mendampingi Hawking hingga pria itu memulai kerja ilmiah terbesar dan terambisiusnya meski dokter mengatakan hidupnya tak akan lama lagi.

Bersama mereka melawan kemustahilan, mencetus pengetahuan baru di bidang kedokteran dan sains, dan mencapai lebih dari yang pernah mereka impikan. Stephen Hawking sendiri diperankan oleh aktor papan atas yaitu Eddie Redmayne, sementara Jane diperankan oleh Felicity Jones.

10. The Imitation Games (2014)

film biografi
The Storybook Journal

Film biografi ini menjelaskan tentang kehidupan Alan Turing, seorang pakar matematika Universita Cambridge. Perang memakan banyak korban baik prajurit maupun penduduk sipil. Demi menghentikannya,

Badan Intelijen Inggris MI6 merekrut lulusan matematika Universitas Cambridge yang canggung dan pendiam, Alan Turing diperankan oleh Benedict Cumberbatch, diminta untuk memecahkan kode yang digunakan tentara Nazi melalui mesin pesan Enigma pada 1939.

Banyak ahli pemecah sandi yang meyakini Enigma mustahil untuk dipecahkan. Bersama teman-temannya termasuk Joan Clarke (Keira Knightley), Turing menganalisis pesan Enigma sambil menciptakan mesin untuk mengurainya. Mereka pun berhasil dan menjadi pahlawan bagi Inggris.

11. The Founder (2016)

Bacaekon

Film biografi selanjutnya yaitu tentang pendiri McDonald yang berjudul The Founder. Film ini rilis tahun 2016 yang lalu. Film ini berkisah tentang kehidupan Richard dan Maurice McDonald, pendiri restoran fast food yang memiliki jejaraing terbesar di dunia, yaitu McDonald.

Banyak hal tentang bisnis yang bisa Sedulur dapatkan dengan menonton film satu ini. Pelajaran bisnis mulai dari bagaimana sebuah ide sederhana bisa menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan miliaran dolar, hingga pelajaran tentan cara bernegosiasi bisnis dan mendapatkan tujuan yang menguntungkan dalam berbisnis.

Setiap pelajaran penting dalam berbisnis, bisa Sedulur dapatkan di film satu ini. Termasuk Sedulur yang tertarik menjalankan bisnis di dunia food and baverages.

BACA JUGA: 15 Film Jason Statham Paling Populer dengan Rating Tinggi

12. Hacksaw Ridge (2016)

film biografi
Entertaiment Weekly

Film biografi terakhir adalah Hacksaw Ridge, yang merupakan film biografi tentang Desmond Doss, seorang tentara medis yang menyelamatkan kawan maupun lawan di medan perang. Film ini menceritakan tentang peperangan dari sudut pandang yang berbeda.

yang disutradarai oleh Mel Gibson dan diproduseri oleh Terry Benedict, Paul Currie, Bruce Davey, William D. Johnson, Bill Mechanic, Brian Oliver dan David Permut. Naskah film ini ditulis oleh Andrew Knight dan Robert Schenkkan berdasarkan kisah nyata Desmond Doss menjadi tentara medis Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

Film ini dibintangi oleh Andrew Garfield, Vince Vaughn, Sam Worthington, Luke Bracey, Teresa Palmer, Hugo Weaving dan Rachel Griffiths. Film Hacksaw Ridge ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 4 September 2016 dan dirilis di Australia pada tanggal 3 November 2016 dan di Amerika Serikat pada tanggal 4 November 2016.

Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.Nah itulah rekomendasi film biografi tentang tokoh terkenal di dunia yang bisa Sedulur tontonan untuk mendapatkan inspirasi sekaligus hiburan.

Nah itulah daftar film biografi yang bisa jadi rekomendasi tontonan Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang menginginkan motivasi dan inspirasi dari sebuah tontonan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.