Saat sedang terlelap tidur, biasanya seseorang akan mengalami mimpi. Selain sebagai bunga tidur, mimpi juga biasanya hadir karena seseorang terlalu lelah saja dan bahkan tidak memiliki arti apapun. Lalu, bagaimana jika mimpi tersebut adalah mimpi ketemu mantan?

Banyak orang berkata bahwa jika kita mengalami mimpi bertemu mantan, maka itu adalah sebuah tanda bahwa kita sedang kangen atau rindu dengan sang mantan. Padahal, seseorang mungkin tidak pernah memikirkan mantan walaupun hanya sekelebatan saja. Namun, tiba-tiba bisa memiliki mimpi bertemu dengannya. Yuk kita cari tahu mengenai arti bertemu mantan di dalam mimpi berikut ini.

BACA JUGA: 10 Tanda Tanda Sifat Pacar Clingy, Bikin Hubungan Tidak Sehat

1. Ada perasaan yang belum terselesaikan

mimpi ketemu mantan
tribunnews

Adanya perasaan yang belum diselesaikan di masa lalu adalah salah satu arti mimpi ketemu mantan. Sedulur mungkin sedang menantikan adanya permohonan maaf dari sang mantan karena telah memberikan luka yang cukup mendalam atas suatu masalah, ataupun berbagai perasaan terpendam lainnya. Hal tersebut kemudian akan mengganggu pikiran Sedulur dan terngiang ngiang di dalam otak. Sehingga, Sedulur akan memimpikannya. Indikasi masalah negatif yang terpendam selama berpacaran ini akan membuat Sedulur menjadi marah dan terus kepikiran tentang masalah tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk menyelesaikan emosi negatif tersebut dengan mencari tahunya.

2. Pertanda kehilangan sosoknya

mimpi ketemu mantan
tribunbogor

Jika sang mantan meninggalkan kenangan di masa lalu yang membuat pikiran masih membekas tentang ingatan tersebut, mungkin bisa menjadi salah satu penyebab dan arti mimpi ketemu mantan. Mungkin, Sedulur sedang memikirkan beberapa kenangan yang masih tersimpan di dalam otak dan merasa bahwa hubungan pada saat ini tidak lebih baik dari bersama mantan pacar dahulu. Hal ini menjadi suatu pertanda bahwa Sedulur kehilangan sosoknya.

BACA JUGA: Memahami Apa Itu Komitmen Dalam Hubungan Percintaan

3. Mengalami trauma dan ketakutan

mimpi ketemu mantan
pixabay

Melupakan hubungan di masa lampau itu cenderung sulit oleh sebagian besar orang. Bukan hanya memori baik saja, memori yang menyakitkan juga membuat suatu hubungan belum terselesaikan dengan baik. Sehingga, akan timbul trauma serta ketakutan akan kejadian di masa lampau. Tak hanya dalam konteks percintaan saja, trauma dan ketakutan juga bisa dialami oleh seseorang entah itu di masa kanak-kanak dan lain sebagainya. Masalah yang belum selesai tersebut akan mengikuti Sedulur dan akan terus tersimpan dalam memori. Maka dari itu, salah satu arti ketemu mantan pacar bisa disebabkan karena adanya trauma di masa lalu yang cukup membekas. Sebagai contoh adalah ketika Sedulur dikhianati oleh mantan, maka akan menimbulkan mimpi yang mengulang kejadian tersebut. Cobalah untuk introspeksi secara emosional dan melakukan sesuatu yang bisa mengubah arah hubungan.

4. Akan mendapatkan keberuntungan

mimpi ketemu mantan
pixabay

Meskipun arti mimpi ketemu mantan pacar identik dengan hal-hal yang bersifat negatif dan kurang menyenangkan, namun bisa jadi itu menjadi sebuah pertanda bahwa Sedulur akan mendapatkan suatu keberuntungan. Sedulur sedang mencoba untuk meraih kesuksesan ketika sedang menjalani hubungan yang baru. Tak hanya keberuntungan soal asmara, mimpi tersebut juga bisa jadi keberuntungan dalam masalah keuangan, pekerjaan, atau langkah kehidupan yang lainnya.

BACA JUGA: 11 Aplikasi Cari Jodoh yang Lagi Hits di Kalangan Para Jomblo

5. Cerminan masa lalu

mimpi ketemu mantan
grid

Cerminan masa lalu yang masih muncul dalam pikiran kita merupakan salah satu arti mimpi ketemu mantan selanjutnya. Bisa jadi, bayangan dalam diri kita saat ini sama dengan mantan yang ditemui dari dalam mimpi. Sehingga, Sedulur harus melakukan introspeksi pada diri sendiri dengan berbagai cara, agar bisa menjadi seseorang yang lebih baik dari masa lampau. Jika Sedulur memiliki beberapa perilaku buruk yang pernah dilakukan ketika saat bersama sang mantan, mungkin itu adalah sebuah tanda untuk segera mengakhiri perilaku tersebut. 

6. Belum menikmati hidup saat ini

mimpi ketemu mantan
sehatq

Jika Sedulur merasa ada kekosongan dalam hati dan raga yang terjadi pada saat sekarang, mungkin itu sebuah pertanda dan arti ketika bermimpi ketemu mantan pacar yang sudah menikah. Mungkin, Sedulur sedang mengalami kerinduan yang cukup berat atas semua kenangan indah yang terukir bersama sang mantan. Emosi tersebut kemudian terluapkan dalam bentuk mimpi.

BACA JUGA: 5 Perbedaan Ciuman Nafsu dan Kasih Sayang, Harus Tau!

7. Takut tersakiti kembali

theasianparents

Kenangan yang buruk bersama mantan kekasih bisa menimbulkan bekas luka serta trauma yang ada di dalam hari. Sedulur bisa jadi sedang merasakan takut untuk menjalin hubungan percintaan lagi karena tidak mau dan takut untuk tersakiti kembali. Hal ini sekaligus menjadi salah satu arti mimpi bertemu mantan pacar karena trauma yang diberikan. Cara terbaik agar bisa terlepas dari jeratan tersebut adalah dengan sebisa mungkin melupakan masa lalu dan mencoba membuka lembaran baru agar luka dalam diri sendiri dapat segera terobati.

8. Mengharapkan hubungan terjalin kembali

tribunmanado

Saat Sedulur mengharapkan suatu hubungan dapat terjalin kembali, maka akan menimbulkan mimpi bertemu mantan pacar. Dalam hati yang paling dalam, Sedulur sebenarnya masih ingin menjalin hubungan bersama mantan dan masih sering memikirkannya.

BACA JUGA: Apa Arti Ghosting? Begini Alasan & Cara Menyikapinya

9. Kesempatan untuk memaafkan

pixabay

Penyebab dari apa arti mimpi ketemu mantan selanjutnya adalah tidak pernah ada kesempatan untuk saling memaafkan. Apalagi jika dalam suatu hubungan tersebut tidak berakhir dengan baik, maka kesempatan untuk meminta maaf akan semakin tertunda. Hal itulah yang menyebabkan Sedulur menjadi kepikiran dan lantan terbawa di alam mimpi. Maka dari itu, cobalah berdamai dengan mantan, dan maafkan segala kesalahannya mulai sekarang.

10. Sedang merasakan kesepian

pixabay

Arti mimpi ketemu mantan pacar yang sudah menikah merupakan suatu tanda bahwa Sedulur sedang mengalami kesepian dan butuh seseorang ataupun teman agar bisa merasa tidak kesepian lagi. Kemudian, kita akan cenderung membandingkan keadaan sekarang dengan masa lalu saat masih bersama mantan. Lalu, hal tersebut akan membuat kita menjadi merenung dan menjadi sangat kesepian. Kesepian tidak hanya dimiliki oleh seseorang yang belum memiliki pasangan, lho. Kesepian juga bisa dirasakan oleh orang yang sudah memiliki pasangan baru.

BACA JUGA: Apa Itu Toxic, Kenali Pengertian & Ciri Orang yang Harus Dijauhi

11. Hanya sebatas bunga tidur belaka

pixabay

Jika kebanyakan mimpi berasal dari kejadian yang belum terselesaikan bersama sang mantan, mungkin arti mimpi bertemu mantan pacar bisa jadi hanya sebatas bunga tidur saja. Jadi, Sedulur jangan menganggapnya terlalu serius, namanya juga bunga tidur. Mungkin, Sedulur melihat kejadian yang mengingatkan pada mantan secara sekilas dan tanpa ada maksud tertentu. Jadi, tidak selalu mimpi tersebut berasal dari kerinduan kepada mantan, ya!

12. Ada suatu hal yang membuatmu mengingat kembali padanya

womantalk

Dalam suatu hubungan, pasti ada berbagai hal yang menyenangkan baik itu tentang kebersamaan, hingga hal yang membuat sedih. Misalnya, ada hobi yang biasa dilakukan bersama, pergi ke tempat makanan yang disukai, menyanyikan lagu yang kemudian menjadi kesukaan bersama, dan berbagai hal menarik lainnya. Mungkin, suatu hal yang membuatmu mengingat kembali kepadanya tersebut bisa membuat terjebak dalam mimpi ketemu mantan. Hal tersebut bisa jadi muncul secara tidak sengaja, misalnya ketika sedang pergi ke supermarket, lalu supermarket tersebut memutar lagu favorit bersama mantan. 

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Teman Meninggal, Pertanda Baik atau Buruk?

13. Belum benar-benar move on

suara

Move on adalah tindakan yang harus dilakukan ketika suatu hubungan percintaan sudah berakhir. Untuk melakukannya, pastinya butuh waktu dan bukan suatu perkara yang mudah. Mungkin, Sedulur sudah merasa move on dari mantan. Namun, coba dipikir kembali, deh. Apakah sudah benar benar move on dengan sang mantan? Jika jawabannya belum, maka itu adalah arti dari mimpi ketemu mantan seperti nyata.

14. Mungkin hanya merasa terlalu sibuk saja

tempo

Bukan hanya karena kangen dengan mantan kekasih, namun apa arti mimpi ketemu mantan pacar mungkin saja hanya merasa sedang terlalu sibuk saja. Sehingga, Sedulur sampai lupa untuk menikmati hidup ini. Apalagi jika merasa kenangan bersama mantan sangat menyenangkan, maka hal tersebut bisa terbawa dalam mimpi. Sedulur hanya merindukan hal menyenangkannya saja karena sudah tidak bisa lagi untuk melakukannya. 

Nah, itu dia beberapa arti serta makna jika Sedulur mengalami mimpi ketemu mantan. Mimpi tersebut bukan hanya berarti Sedulur belum move on atau sedang merindukannya, namun bisa jadi sebatas bunga tidur saja. Sehingga, Sedulur tidak perlu memikirkannya terlalu serius. Jadi, mana nih pertanda yang pas untuk Sedulur?