Sedulur sedang mengalami masalah dalam percintaan, terutama perihal komitmen? Simak seluk beluk terkait arti kata komitmen di bawah ini. Sedulur wajib memahami!

Menjalin hubungan percintaan bisa memberikan kedewasaan bagi setiap orang yang melakukannya. Saling mengerti satu sama lain, saling berbagi dan saling berkorban. Namun, menjalin hubungan percintaan tidak seindah yang dibayangkan. Banyak hal yang akan dialami, termasuk beberapa konflik.

Berbicara tentang hubungan percintaan tidak bisa terlepas dari pembahasan terkait ikatan yang menjalin hubungan tersebut. Ikatan yang merekatkan antara satu orang dengan satu orang lainnya. Menyatukan dua insan yang memiliki perbedaan sekaligus juga kesamaan. Lantas seperti apa baiknya memaknai hubungan percintaan? Sedulur bisa mengetahuinya dengan menyimak artikel yang akan dibahas oleh Superapp.id dalam kesempatan kali ini.

Baca Juga: 14 Kiat Sukses Jadi Keluarga Bahagia, Poin Terakhir Paling Penting!

Arti Komitmen Dalam Hubungan Percintaan

Arti Komitmen Dalam Hubungan Percintaan
limone.id

Hubungan percintaan tidak akan pernah lepas dari arti kata komitmen. Komitmen adalah tanggung jawab diri kepada pasangan dalam menjalin hubungan percintaan. Namun, penjelasan tersebut merupakan pengertian dalam konteks menjalin hubungan, sedangkan pengertian secara umum merupakan gambaran tentang pengabdian diri seseorangan dalam suatu hal.

Pengabdian tersebut memiliki jangka waktu tertentu dan dalam konteks ruang tertentu juga. Dalam hubungan percintaan, pengabdian diberikan kepada pasangan satu sama lain, yang perlu dijaga dan dirawat sebagaimana yang telah disepakati dan dijanjikan di awal. Lantas seperti apa saja bentuknya? Simak pembahasannya di bawah ini

Bentuk dan Contoh Komitmen dalam Hubungan Percintaan

1. Menjalin Hubungan dengan Serius

1. Menjalin Hubungan dengan Serius
madjongke.com

Apa itu komitmen dalam hubungan percintaan bisa dilihat dari keseriusan menjalin hubungan. Menjaga perasaan satu sama lain, mengerti perasaan satu sama lain dan memiliki cita-cita bersama yang akan diwujudkan bersama. Cita-cita bersama bagi pasangan yang telah serius adalah perihal pernikahan.

Pernikahan merupakan suatu gerbang kehidupan baru yang akan dijalankan oleh dua orang berbeda. Menjalin hubungan percintaan bisa dijadikan sebuah pelajaran untuk lebih saling mengenal satu sama lain. Agar jalinan pernikahan bisa seiring berayunan dalam menghadapi setiap permasalahan.

2. Membicarakan Masa Depan Bersama

2. Membicarakan Masa Depan Bersama
sociolla.com

Pengertian komitmen dalam hubungan percintaan juga bisa dilihat dari pembicaraan saat menjalin hubungan. Jika ada pembicaraan mengenai masa depan, ketika menjalani rumah tangga dan juga memiliki anak, hal tersebut merupakan wujud dari keseriusan. Entah pembicaraan bermula dari pasangan laki-laki atau perempuan.

Hal tersebut mengindikasikan adanya keinginan untuk hidup bersama di masa depan, mengarungi kehidupan di masa depan yang masih misterius dan mencoba untuk menggapainya bersama.

Baca Juga: Doa Pernikahan Untuk Pengantin Baru Dalam Islam + Artinya

3. Setia dan Terbuka Satu Sama Lain

3. Setia dan Terbuka Satu Sama Lain
merdeka.com

Komitmen dalam hubungan percintaan juga bisa dimaknai dengan saling terbuka satu sama lain. Kesetiaan dalam hubungan percintaan tidak akan terbangun jika dar salah satu pasangan tidak adanya keterbukaan. Baik itu dalam membicarakan permasalahan, atau pilihan hidup. Setiap orang akan mengalami titik di mana mereka gamang dan bingung menentukan pilihan hidup, terbuka pada pasangan merupakan salah satu opsi dan menunjukan keseriusan dalam sebuah hubungan percintaan.

4. Rela Berkorban

4. Rela Berkorban
winnetnews.com

Hubungan yang serius juga bisa dilihat dari pengorbanan pasangan. Jelaskan pengertian komitmen dalam dilihat dari sejauh apa pasangan mampu berkorban untuk pasangannya.

Hal ini tentu saja tidak mudah, tidak banyak orang yang rela berkorban, jika seseorang tersebut telah terbukti rela berkorban, hal tersebut menunjukan bahwa seseorang tersebut sangat serius dan rela mati-matian mempertahankan hubungannya. Kenangan dan keindahan yang dialami bersama akan sia-sia jika tidak dibumbui dengan pengorbanan.

5. Tidak Mengekang Pasangan

5. Tidak Mengekang Pasangan
hipwee.com

Cemburu merupakan sesuatu hal yang positif, bisa menjadi bukti bahwa kita sangat peduli terhadap pasangan dan tidak ingin pasangan memperhatikan hal lain kecuali kita. Namun, jika cemburu terlalu akut, akan menyebabkan kita mengekang pasangan itu sendiri, hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi jalannya hubungan.

Tidak usah mengekang pasangan, cukup berikan kepercayaan dan saling terbuka satu sama lain, hal tersebut bisa menunjukan bahwa sebagai pasangan kita telah lebih dewasa dalam memaknai sesuatu. Beberapa bentuk dalam berkomitmen di dalam jalinan asmara di atas hanya merupakan contoh, Sedulur juga perlu melakukan sesuatu untuk mempertahankannya.

Tips Mempertahankan Komitmen dalam Hubungan Percintaan

1. Belajar Kompromi

1. Belajar Kompromi
sociolla.com

Berkomitmen dalam jalinan asmara bisa Sedulur wujudkan dalam berkompromi. Mulai kompromi dalam segala hal yang berkaitan dengan hubungan Sedulur, hal ini sangat baik untuk mempertahankan jalinan asmara yang sedang Sedulur jalani. Jangan sampai hanya karena ego Sedulur yang enggan berkompromi, jalinan asmara yang telah berlangsung lama menjadi korbannya.

2. Selesaikan Konflik dengan Baik

2. Selesaikan Konflik dengan Baik
tirto.id

Untuk apa Sedulur mengetahui komitmen cinta jika Sedulur tidak bisa menyelesaikan prahara atau konflik dalam hubungan percintaan dengan baik. Hubungan asmara atau percintaan bukan hanya seputar keindahan dan kenangan bersama saja. Namun juga seputar masalah dan konflik antar pasangan.

Kedewasaan dalam sebuah hubungan bisa terlihat dalam bagaimana sepasang kekasih menyelesaikan konflik satu sama lain dan menjadikannya sebuah pelajaran berharga untuk lebih siap menghadapi konflik lainnya yang entah kapan akan terjadi di masa depan. Salah satu tips mempertahankan hubungan dapat dilihat bagaimana sepasang kekasih memaknai konflik dan menyelesaikannya dengan baik.

3. Menerima Kekurangan Pasangan

3. Menerima Kekurangan Pasangan
idntimes.com

Jika Sedulur tidak bisa menerima kekurangan pasangan, apa artinya komitmen dalam hubungan itu sendiri. Sebagai manusia, sudah hakikatnya memiliki kekurangan. Setiap manusia itu unik dan berbeda satu sama lain, memiliki kekurangan dan kelebihan. Ketika Sedulur telah siap menerima kekurangan dari pasangan, hal tersebut bisa sangat berdampak baik dalam hubungan yang tengah Sedulur jalani.

Sekian pembahasan terkait berkomitmen dalam jalinan asmara. Semoga penjelasan terkait komitmen dan beberapa hal yang berkaitan dengan hubungan percintaan yang telah diulas di atas bisa memberi masukan bagi Sedulur yang ingin serius dalam menjalin hubungan. Sedulur juga bisa mencoba saran dan masukan dari Superapp.id di atas.

Sebelum artikel ini disudahi, satu hal penting yang perlu Sedulur ketahui. Perihal memenuhi setiap kebutuhan penting harian Sedulur. Sedulur bisa mendapatkannya dari Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super, dan langsung mencoba belanja menggunakan Aplikasi Super. Selamat mencoba!