Saat menjalin hubungan dengan seseorang, kamu dan pasangan pasti ingin saling menunjukkan rasa sayang. Entah dalam bentuk ucapan atau tak jarang sentuhan fisik. Ciuman biasanya menjadi hubungan fisik untuk menunjukkan kasih sayang tersebut. Namun seringkali kamu bingung dibuat perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang.

Walaupun sama-sama melakukan ciuman dengan pasangan, tetapi kamu juga harus paham apa dia benar-benar sayang atau hanya mengedepankan nafsu belaka. Sebab bagi seorang pria, ciuman terkadang memiliki banyak arti. Yuk cek lagi hal-hal di bawah ini untuk tahu apa perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang.

BACA JUGA: 15 Cara Mencegah Kehamilan yang Efektif Setelah Berhubungan

Arti ciuman dan makna di baliknya

Ciuman sebenarnya memiliki banyak macamnya. Mulai dari cium pipi, dahi, bahkan bibir. Dan semuanya tentu memiliki makna yang berbeda. Walaupun terlihat sama saja, tapi dari ciuman yang dia berikan, kamu bisa menilai setulus apa pasanganmu dalam menjalin hubungan denganmu.

Casual Kiss

perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang
Unsplash

Casual kiss merupakan ciuman yang tidak dilakukan secara intens. Dengan kata lain, kamu dan pasangan hanya saling menempelkan bibir, atau mendaratkan ciuman ke pipi atau dahi.  Ciuman ringan ini biasanya dilakukan pasangan kekasih sepulang berkencan atau suami istri yang berpamitan saat hendak berangkat kerja.

French kiss

perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang
Unsplash

Kamu mungkin bertanya-tanya apa sih arti ciuman bibir dan lidah bagi pria? Ada yang bisa diartikan sebagai ciuman kasih sayang, namun ada pula yang bisa diartikan sebagai ciuman nafsu. Walaupun tak dipungkiri, ciuman yang berlandaskan kasih sayang pun bisa dipenuhi dengan nafsu.

Namun ciuman bibir dan lidah bagi pria bisa dibilang hanya nafsu jika usia hubungan kamu dan dia baru sebentar. Tetapi dia sudah berani meminta kontak fisik yang berlebihan. Artinya kamu sudah mulai harus waspada dengan hubungan ini.

Sementara itu, ciuman intens seperti ini bisa dibilang karena kasih sayang jika kamu dan dia sudah di dalam tahap yang sangat serius, misalkan sudah terikat pernikahan. Sebab jika dalam tahap ini, french kiss menandakan hubungan kalian yang semakin dalam dan sudah saling terbuka satu sama lain. Tak hanya terikat secara fisik, tetapi juga emosional.

BACA JUGA: Fakta Nanas Muda Bisa Sebabkan Keguguran Kehamilan, Mitos?

Perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang

1. Berdasarkan kontak fisik yang dilakukan

Unsplash

Ciuman yang hanya berdasarkan nafsu terlihat dari cara yang dilakukan. Dia yang hanya ingin melampiaskan nafsu hanya akan menciummu dengan tergesa-gesa. Ciuman ini akan dilakukan dengan agresif dan kamu pasti akan merasa tidak nyaman. Kalau mulai ada rasa tidak nyaman saat dia melakukan kontak fisik seperti ini, kamu patut segera memberi batasan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara ciuman yang berlandaskan kasih sayang, akan membuatmu merasa nyaman. Dan tentu saja akan dilakukan dengan penuh kelembutan. Bersama dia kamu juga akan merasa aman, karena percaya akan mendapat perlakukan yang manis. Bukan hanya sekadar pemuas nafsu belaka.

2. Momen ciuman

perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang
Unsplash

Perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang juga bisa dilihat dari momen apa yang sedang kamu hadapi. Ciuman nafsu biasanya akan dilakukan tanpa ada momen spesial. Dia akan datang begitu saja tanpa ada alasan yang jelas. Ia juga biasanya akan tiba-tiba melakukan tanpa memikirkan concern dari pasangan.

Sementara ciuman kasih sayang akan datang di momen-momen spesial kalian berdua. Itupun dilakukan dengan lembut dan tanpa paksaan. Dia memberikan ciuman bukan karena dia ingin, tapi lebih karena ingin menunjukkan kasih sayang di hari spesial bagi kalian berdua.

3. Tempat mendaratkan ciuman

Unsplash

Ciuman yang nafsu dari pasangan tentu akan mengincar daerah-daerah sensitif seperti bibir dan leher. Tujuan utamanya jelas, yakni membuat kamu juga merasakan nafsu yang sama seperti yang ia rasakan.

Beda halnya dengan ciuman dengan landasan kasih sayang. Alih-alih mengincar daerah sensitif, dia akan lebih memilih mencium kening atau pipi dengan lembut. Tanpa membuat kamu merasa tidak nyaman. Kamu tidak akan merasa dimanfaatkan, sebaliknya malah merasa semakin disayang.

BACA JUGA: Malam Pertama Seorang Muslimah, Ini yang Perlu Dilakukan

4. Sikap setelah berciuman

perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang
Unsplash

Perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang juga bisa kamu lihat dari sikapnya setelah berciuman. Apakah dia langsung bersikap tak peduli atau tetep memberikan perhatian. Jika dia bersikap acuh, hampir bisa dipastikan bahwa dia hanya memberikan ciuman nafsu. Sebab setelah menciummu sesuai keinginannya, ia akan merasa nafsunya sudah tersalurkan.

Berbeda dengan dia yang menciummu dengan kasih sayang. Sikapnya tak akan berubah meski kalian tak lagi melakukan sentuhan fisik. Dia tetap akan menunjukkan kasih sayang, meski bukan dengan ciuman. Bisa memeluk, memberi usapan di kepala, atau hanya sekadar memandangmu dengan tatapan lembut dan sayang. Ia akan tetap memperlakukanmu dengan baik, bahkan setelah kamu dan dia berciuman.

5. Pandangan tentang komitmen

Unsplash

Dia yang menciummu hanya karena nafsu biasanya tak memiliki keberanian untuk memegang komitmen. Hubungan bagi dia bak wahana permainan, yang bisa kapan saja didatangi ketika bosan. Namun ketika keinginannya  sudah terpenuhi, ia akan meninggalkanmu tanpa perasaan bersalah sama sekali.

Sementara dia yang memberikan ciuman kasih sayang akan berani berkomitmen untuk menjalin hubungan yang serius. Dia tak akan meninggalkanmu hanya karena alasan bosan, tapi mau sama-sama berusaha mempertahankan hubungan. Sikapnya pun akan terus tetap hangat padamu, bahkan saat kamu dan dia sedang tak bersama.

6. Kata-kata romantis yang diucapkan

Unsplash

Dia yang menciummu karena nafsu dipastikan akan lebih banyak memujimu secara fisik. Ia bahkan sangat memperhatikan penampilanmu. Jika ada yang berubah, ia mungkin akan melakukan komplain dan menuntut kamu harus sempurna secara fisik.

Sementara dia yang mencium karena kasih sayang, melihatmu sebagai partner, bukan sebagai objek belaka. Dia tak hanya sekadar menilai fisik, tetapi juga jatuh cinta kepadamu karena kepribadian yang kamu miliki. Sebab hubungan yang dimulai hanya karena fisik tak akan bertahan lama. Berbeda dengan hubungan yang dimulai dengan obrolan yang sefrekuensi, kamu dan dia bisa saja bertahan sampai nanti.

Perbedaan ciuman nafsu dan kasih sayang memang terlihat tipis Nafsu bisa datang dengan berkedok ungkapan cinta. Tapi sebagai orang yang menjalani sebuah hubungan, lama-lama pasti kamu akan peka apakah pasanganmu orang yang hanya mengambil keuntungan dan kesempatan untuk kontak fisik atau benar-benar mencintaimu apa adanya dan tanpa alasan apapun.

Orang yang tulus dan sayang padamu juga tak akan memaksakan kehendaknya sendiri. Ia juga akan memikirkan kondisi dirimu. Hubungan ini dijalani dengan banyak diskusi dan berjalan dua arah. Keputusan yang diambil tak akan menguntungkan dia seorang. Pasti ada jalan tengah yang akan diambil, yang bisa sama-sama menguntungkan.

Oleh karena itu, jika kamu banyak tak bahagia dalam sebuah hubungan karena rasa tak nyaman yang ditimbulkan dari sentuhan fisik berlebihan, lebih baik keluar sekarang. Sebelum semuanya terlambat dan kamu hanya bisa menyesalinya. Oleh karena itu, selalu pikirkan segala tindakan dengan matang ya.