apa itu toxic

Apakah Sedulur pernah mendengar istilah toxic people? Apa itu toxic yang sebenarnya? Suatu kepribadian dalam diri seseorang yang sifatnya cenderung menyusahkan orang lain adalah definisi singkatnya. Istilah ini berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu toxic yang berarti racun. 

Sama seperti racun, seseorang yang mempunyai kepribadian toxic bisa mengakibatkan orang lain merasa terganggu bahkan akan segera menjauhinya. Seseorang dapat dikatakan sebagai “racun” ketika ada banyak dampak negatif yang diterima dari lingkungan dan orang disekitarnya. Simak selengkapnya tentang toxic di bawah ini, ya.

BACA JUGA: 10 Tanda Tanda Sifat Pacar Clingy, Bikin Hubungan Tidak Sehat

1. Apa itu toxic?

toxic itu apa
idxchannel

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa toxic memiliki artian sifat dan pribadi seseorang yang banyak merugikan orang disekitarnya. Baik dunia nyata maupun dunia maya, orang toxic pasti akan dengan mudah ditemukan. Hidup seorang toxic bisa dikatakan penuh dengan iri dengki dan terus memiliki bayangan akan ketidakpuasan dalam hidupnya sehingga yang terdampak adalah orang disekitarnya baik secara emosional maupun fisik.

Egois adalah salah satu ciri dominan yang ada dalam kepribadian seseorang yang “beracun”. Seseorang ini akan mementingkan kepentingannya sendiri dan cenderung suka memanfaatkan orang lain. Dikutip dalam Walden University yang didasari Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM) edisi ke 5, disebutkan bahwa kepribadian tersebut adalah salah satu tanda adanya gangguan pada kepribadian seseorang yang merugikan dan mementingkan kepentingan terhadap dirinya sendiri tanpa peduli perasaan orang lain.

Apa itu toxic bahasa gaul bisa dihubungkan dengan kepribadian narsistik yang tujuannya hanya untuk kepentingan pribadinya. Perilaku keduanya bisa diakibatkan oleh stres atau trauma pada masa lalu dan jika tidak diatasi malah akan menyakiti lingkungan sekitarnya. Adapun beberapa contoh perilaku toxic yang bisa kita ketahui ciri-cirinya berikut ini.

a. Suka memanipulasi dan mengontrol orang lain

bahasa gaul
popmama

Salah satu contoh dari apa itu toxic dan perilakunya adalah suka mengontrol dan memanipulasi orang sekitarnya. Orang toxic akan membuat sekitarnya melakukan apa yang diperintahkan dan juga diinginkan. Hal itu digunakan untuk mencapai tujuannya yaitu mementingkan kepentingannya sendiri. Berkelit dengan sejuta alasan adalah salah satu tindakan yang bisa dilakukan seorang toxic jika tindakannya terkuak.

Lebih dari itu, sifat orang toxic ini bisa juga menyakiti perasaan Sedulur. Sebagai contoh adalah orang tersebut menghina fisik seseorang sebagai gendut dan berdalih dan beralasan agar yang disebut gendut tersebut lebih giat lagi untuk melakukan diet. Hal ini tentu saja sangat menyakiti perasaan.

BACA JUGA: Memahami Apa Itu Komitmen Dalam Hubungan Percintaan

b. Tidak mau atau susah meminta maaf

apa itu toxic relationship
Unsplash

Sikap dari pengertian apa itu toxic selanjutnya adalah tidak bisa meminta maaf dan susah mengucapkannya meskipun sudah jelas kesalahan terdapat pada diri mereka. Orang yang toxic bahkan berdalih bahwa kesalahan bukan pada mereka, namun melemparkannya kepada orang lain.

Tidak mau meminta maaf adalah suatu tindakan yang jelas merugikan orang lain. Tindakan ini disebut juga playing victim yaitu tindakan yang seolah-olah memposisikan diri sebagai korban dan menyalahkan suatu masalah kepada orang lain yang tidak bersalah. Seberapa sering Sedulur meminta maaf ketika membuat kesalahan kepada orang lain? Minta maaflah, jangan gengsi, ya. 

c. Merasa dirinyalah yang paling benar dan hebat

apa itu hubungan toxic
womensweekly

Selanjutnya, sikap dari definisi apa itu toxic adalah merasa bahwa dirinya adalah yang paling hebat dan yang paling benar. Hal ini disebut juga sebagai sindrom thanos yang memiliki arti menganggap dirinyalah yang paling hebat. Sindrom ini memiliki arti yang dikutip dari sebuah film berjudul The Avengers yang salah satu pemainnya bernama Thanos dan berkarakter begitu kuat dan tak terkalahkan.

Sebenarnya Thanos sendiri memiliki niat dan kepribadian yang baik, namun orang dengan sindrom ini jadi merasa bahwa mereka seperti karakter fiksi tersebut yang tak terkalahkan. Orang yang memiliki sindrom thanos berkaitan erat dengan toxic, karena mereka mengira dan merasa bahwa semua hal dan masalah akan menjadi tidak terselesaikan jika tanpa mereka.

BACA JUGA: 12 Tanda-tanda Melahirkan Yang Sudah Dekat, Wajib Tahu!

d. Tidak memiliki rasa simpati dan empati

apa itu toxic relationship
beautynesia

Sikap yang dimiliki oleh seseorang yang toxic lainnya adalah tidak punya rasa empati dan simpati. Mereka enggan memiliki kedua hal tersebut dikarenakan sibuk untuk menghakimi dan juga menyalahkan seseorang yang sedang tertimpa musibah.

Sebagai contoh dari apa itu toxic adalah ketika ada seseorang yang baru saja kehilangan ponsel, orang yang “beracun” akan mengatakan “mangkannya, kamu sih menaruh hp sembarangan, jadi wajar dong kalau dicuri” dibanding dengan menolongnya untuk mencari atau melaporkan ke pihak berwenang. Sikap sibuk menghakimi serta menyalahkan seseorang yang sedang tertimpa masalah inilah yang menjadi salah satu ciri dari toxic people dan jika mengalaminya, sebaiknya Sedulur segera hindari.

2. Apa itu toxic relationship?

pexels

Selain apa itu toxic people dalam sebuah pertemanan, ada juga orang toxic di sebuah hubungan percintaan. Hubungan toxic ini diawali dengan banyaknya sisi negatif dari sebuah hubungan. Dampak negatif tersebut tidak hanya sebentar saja, namun bisa berkepanjangan dan menimbulkan berbagai akibat seperti energi yang terkuras.

Kondisi ini bisa timbul apabila salah satu pasangan memiliki sifat yang cenderung keras dan gemar mengontrol seseorang, sedangkan pihak yang lainnya bersifat suka mengalah dan tidak bisa menolak. Akibatnya, orang yang berwatak keras ini akan mengatur segala hal yang berkaitan dengan pasangannya. Terlebih, seseorang tersebut juga akan bersifat egois serta suka menuntut segala hal kepada pasangannya tersebut. 

Adanya dominasi, sikap terlalu cemburuan, atau manipulasi adalah contoh dari toxic relationship. Perilaku berulang ini bila tidak segera diakhiri akan membawa dampak yang sangat berat bagi pasangan yang disakiti. Apa itu hubungan toxic dan tanda-tandanya bisa disimak berikut ini.

BACA JUGA: Berikut Cara Menggunakan Tespek yang Benar dan Akurat

a. Menghilangkan rasa kepercayaan diri pasangannya

pexels

Salah satu tanda dari apa itu toxic relationship adalah kepercayaan diri pasangannya akan berkurang bahkan hilang. Salah satu cara menghilangkannya adalah dengan memberikan ejekan seperti “Makeup -mu ketebalan tuh.” atau “Rambutmu jelek, dipotong aja karena aku nggak suka”.

Pasangan yang diejek tersebut kemudian akan berpikiran bahwa dirinya belum cukup baik dan selalu kurang di mata pasangannya. Akibatnya, yang dirugikan adalah kepercayaan dirinya menjadi berkurang yang diakibatkan oleh pasangan yang toxic.

b. Selalu menjadi kambing hitam ketika ada sebuah masalah

marriage

Konflik dan masalah dalam suatu hubungan adalah hal yang biasa terjadi. Namun, pada hubungan yang sehat akan selalu ada solusi dalam setiap permasalahan dan masing-masing akan saling introspeksi diri. Pada hubungan yang toxic, Sedulur adalah pihak yang selalu disalahkan dan menjadi sumber kesalahan dari setiap masalah. Kadang pula pasangan yang toxic akan menyertai dengan merendahkan pasangannya ketika ada masalah yang harus diselesaikan.

BACA JUGA: 15 Penyebab dan Cara Mengatasi Telat Haid yang Aman

c. Tidak boleh berteman dengan siapapun dan merasa terisolasi

firstcry

Cemburu itu wajar, tetapi cemburu yang berlebihan bisa membuat seseorang menjadi pasangan yang toxic. Terlalu posesif dengan cara tidak memperbolehkan pasangan berteman dengan siapapun adalah salah satu definisi toxic itu apa dan yang dirugikan akan menjadi tidak nyaman serta tidak bebas. Selain itu, dampak yang ditimbulkan adalah teman akan menjauh karena sifat pasangan temannya tersebut sangat ketara posesifnya.

d. Menerima kekerasan fisik

bonvitastyle

Selain psikis, salah satu contoh dari apa itu toxic relationship adalah adanya kekerasan fisik di dalamnya. Sebagai contoh adalah jika ada suatu permasalahan, maka pasangan yang toxic tidak segan “main tangan”. Hal ini sama sekali tidak diperbolehkan dan segera mengambil tindakan yang tepat untuk melepaskan diri dari hubungan yang tidak sehat tersebut, ya. Karena hal tersebut akan sering diulangi dan sulit untuk berhenti karena sudah menjadi kebiasaan.

Demikianlah rangkuman penjelasan dari apa itu toxic beserta tanda seseorang bisa dikatakan sebagai “racun” baik dari pertemanan maupun di sebuah hubungan percintaan. Ada baiknya untuk mengusahakan keluar dari kehidupan orang yang toxic tersebut meskipun tidak semudah yang dibayangkan. Sedulur harus bisa percaya terhadap diri sendiri bahwa Sedulur lebih pantas ada di lingkungan yang sehat yang berisi orang saling menghargai tanpa adanya maksud tertentu. Semoga bermanfaat!

Jauhkan diri Sedulur dengan cara mencintai diri sendiri atau self love. Self love bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super. Mudah, murah, dan nggak menguras kantong.