Apakah Sedulur tahu bahwa ternyata terdapat berbagai manfaat masturbasi? Masturbasi merupakan sebuah aktivitas untuk memenuhi hasrat nafsu seksual seseorang. Pemenuhan tersebut ia lakukan dengan mandiri menggunakan rangsangan tangan ataupun dengan bantuan sex toys.

Penasaran dengan apa-apa saja manfaat masturbasi? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

BACA JUGA: 10 Manfaat Seks untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Manfaat masturbasi bagi tubuh

Perlu diakui bahwa terdapat keterbatasan dalam penelitian tentang manfaat masturbasi bagi kesehatan. Walaupun begitu, aktivitas seksual tetap dapat membuat rileks pikiran dan tubuh seseorang.

Merangkum dari beberapa sumber terpercaya yang ada, di bawah ini merupakan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari aktivitas masturbasi.

BACA JUGA: 7 Manfaat Payudara Diremas Secara Teratur Untuk Kesehatan

1. Mencegah depresi

manfaat mastrubasi
Depositphotos

Manfaat masturbasi yang pertama adalah masturbasi menjadi solusi alternatif ketika seseorang dalam keadaan resah, galau, dan juga  di bawah tekanan yang berat. Merangsang organ seksual untuk kepuasan diri sendiri dapat meningkatkan produksi endorfin. Alhasil, ia dapat mencegah depresi.

Endorfin adalah sebuah hormon yang dapat menimbulkan perasaan bahagia dan juga senang. Sama halnya ketika sedang berolah raga, endorfin dapat muncul dan membuat perasaan bersemangat. Jika dipikir-pikir pun masturbasi memang mirip seperti olahraga, bukan?

2. Mencegah ejakulasi dini

manfaat mastrubasi
Depositphotos

Dengan melakukan masturbasi, seseorang dapat lebih jeli dalam mengukur sejauh mana ia tahan terhadap rangsangan seksual sebelum sampai pada fase klimaks atau orgasme. Oleh karena itu, mastrubasi dapat dijadikan media untuk mengukur seberapa kuat Sedulur ketika di ranjang dan juga menambah keseruan aktivitas malam hari bersama pasangan.

BACA JUGA: 7 Manfaat Cuddling dengan Pasangan Bagi Kesehatan & Pikiran

3. Mencegah flu dan demam

Depositphotos

Sebuah studi akhir-akhir ini mengungkap sebuah fakta manfaat masturbasi yang mengejutkan bahwa ternyata kegiatan tersebut memiliki kaitan dengan sistem pernapasan manusia. Dengan melakukan masturbasi, seseorang dapat mengurangi pembengkakan di pembuluh hidungnya. Tentunya hal ini menjadi kabar baik karena dapat menjadi solusi alternatif pada saat flu atau demam.

4. Mencegah serangan jantung koroner

manfaat mastrubasi
Depositphotos

Penelitian dari dr. Sharon Stills, ND, seorang dokter medis naturopatik, menyatakan bahwa orgasme pada kaum wanita dapat mencegah mereka dari risiko serangan jantung koroner.

BACA JUGA: Fakta Darah Haid Hitam dan Artinya Bagi Kesehatan Perempuan

5. Mengurangi risiko kanker prostat

Depositphotos

Manfaat masturbasi bagi tubuh yaitu mengurangi risiko kanker prostat. Sebuah riset dari American Urological Association menyatakan bahwa kegiatan masturbasi pada pria dapat membantu menghindari risiko kanker prostat apabila kegiatan tersebut dilakukan setidaknya satu kali dalam sebulan.

6. Mengurangi risiko kanker serviks

manfaat mastrubasi
Depositphotos

Tidak dapat dielakkan lagi bahwa pembahasan masturbasi di kalangan wanita lebih tabu daripada masturbasi pada kaum pria. Namun, di balik tabunya hal tersebut, ternyata masturbasi pada wanita dapat membantu mereka untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa gerakan-gerakan pada kegiatan masturbasi wanita dapat melindungi dari infeksi serviks dikarenakan leher rahim yang semakin melentur. Selain itu, dengan melakukan gerakan rangsangan pada organ intim wanita, cairan serviks yang penuh bakteri berbahaya dapat keluar dari tubuh.

BACA JUGA: 12 Film Dewasa Produk Luar Negeri di Netflix, Sudah Nonton?

7. Melatih otot pada organ seks wanita

Depositphotos

Selain mencegah risiko terkena kanker serviks, ternyata gerakan-gerakan rangsangan pada organ intim wanita memiliki segudang manfaat untuk melatih otot-otot vagina, klitoris, dan juga bagian-bagian lain di dalamnya. Hal ini juga tentunya dapat bermanfaat ketika seorang wanita berhubungan intim dengan pasangannya.

8. Meningkatkan kualitas sperma

Depositphotos

Terdapat beberapa penelitian yang telah menyatakan bahwa pria yang melakukan masturbasi sebelum berhubungan seksual dengan pasangan dapat meningkatkan kualitas spermanya. Hal tersebut terjadi karena pada saat ejakulasi dari mastrubasi, sperma yang sudah “tua” keluar lebih dahulu. Kemudian pada saat berhubungan seksual, sperma yang keluar nantinya merupakan sperma yang berkualitas baik.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Depositphotos

Tahukah Sedulur bahwa masturbasi dapat meningkatkan imunitas tubuh? Ya, masturbasi memang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Hal tersebut terjadi karena pada saat melakukan masturbasi, kadar kortisol dalam tubuh ikut meningkat. Kortisol sendiri merupakan hormon yang dapat mengatur fungsi kekebalan tubuh walaupun dalam dosis kecil.

10. Mengurangi nyeri perut akibat haid

Depositphotos

Manfaat masturbasi selanjutnya bagi wanita adalah untuk mengurangi nyeri perut akibat haid. Selama periode menstruasi, rahim wanita secara terus-menerus tanpa henti berkontraksi untuk melepaskan lapisan di dalamnya. Tidak heran apabila para wanita sering merasakan nyeri perut pada saat haid. 

Orgasme hasil dari mastrubasi dapat membantu meningkatkan aliran darah ke organ intim wanita dan melepaskan endorfin, sehingga nyeri perut pun agak sedikit berkurang. Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, endorfin lah yang menjadi alasan mengapa olahraga rutin juga dapat membantu menghilangkan rasa kram pada saat haid datang. 

11. Membantu mengatasi masalah sulit tidur

Depositphotos

Sedulur memiliki masalah sulit tidur pada malam hari? Coba atasi dengan masturbasi. masturbasi dapat menurunkan tekanan darah seseorang dan membuat diri jadi lebih santai. 

Dengan kondisi tubuh yang santai dan rileks akibat endorfin yang dihasilkan pada saat masturbasi, Sedulur dapat lebih cepat merasakan kantuk dan kemudian tertidur. Oleh karena itu, waktu yang paling tepat untuk melakukan masturbasi adalah sebelum tidur, bukannya setelah bangun tidur.

12. Memenuhi hasrat seksual dengan aman

Depositphotos

Gejolak hasrat seksual merupakan suatu hal yang lazim. Perasaan untuk ingin memuaskan diri atau bersama orang lain memang bisa sewaktu-waktu muncul. Tetapi, untuk menyalurkan hasrat tersebut, Sedulur perlu berhati-hati. 

Jangan sampai karena nafsu yang membludak, Sedulur melakukan seks bebas yang tidak bertanggung jawab dengan orang asing, yang mana riwayat kesehatannya tidak dapat diketahui secara pasti. Nah, masturbasi hadir sebagai salah satu solusi untuk melampiaskan kebutuhan seksual dengan aman karena dapat terhindar dari penyakit menular seksual yang berbahaya.

Efek samping masturbasi

Walaupun memiliki segudang manfaat, masturbasi juga menyimpan beberapa risiko yang berbahaya. Berikut merupakan penjelasannya.

1. Kecanduan masturbasi

Kenikmatan yang datang pada saat masturbasi memang terkadang dapat membuat kita terlena. Tanpa sadar, kita memuaskan organ vital kita setiap hari tanpa memandang waktu. Disinilah masturbasi menjadi berbahaya untuk seseorang. 

Seseorang dapat mengalami ketergantungan dan juga sulit mencapai orgasme pada saat berhubungan seksual bersama pasangan.

2. Penyakit menular seksual

Memang, masturbasi tergolong lebih aman ketimbang perilaku seks bebas yang tidak bertanggung jawab. Tetapi, risiko tertular penyakit pun masih ada, apabila masturbasi dilakukan bersama orang lain atau dengan bantuan sex toys.

3. Luka pada organ intim

Gerakan merangsang alat kelamin, baik pada pria maupun wanita, jika terlalu kencang dan sering akan menimbulkan lecet, luka, dan juga cedera.

Di atas merupakan sedikit pembahasan dari manfaat masturbasi dan juga risiko yang dapat ditimbulkan. Walaupun memang masih tergolong pembahasan yang tabu, mendiskusikan masturbasi juga menjadi sebuah cara untuk lebih mengenali tubuh masing-masing individu. Jadi, lakukan dengan bijak ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!