Meremas Payudara, Apakah Ada Manfaatnya bagi Kesehatan?

Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi wanita. Apabila disentuh dan dirawat dengan benar, maka akan timbul berbagai macam efek positif. Terdapat beberapa manfaat payudara diremas secara teratur yang bisa diketahui. Meskipun demikian, teknik yang digunakan harus tepat, agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal. 

Tak hanya memicu seorang wanita menjadi lebih bergairah saja, masih ada beberapa manfaat lainnya yang harus Sedulur ketahui. Selengkapnya bisa disimak berikut ini. 

BACA JUGA: 10+ Cara Mengecilkan Payudara Secara Alami dengan Aman

1. Berpotensi memperbesar dan mengencangkan ukuran payudara

manfaat payudara diremas secara teratur
unsplash

Banyak orang yang mengatakan bahwa dipijat dan diremas aktivitas yang menyebabkan payudara membesar. Gerakan tersebut akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di jaringan sekitarnya dan memicu pelepasan hormon prolaktin. Akan tetapi, hubungan antara memijat dan pertambahan ukuran buah dada masih terus dikaji dan memerlukan penelitian lebih lanjut.  

Tak hanya berkhasiat bagi kesehatan saja, aktivitas tersebut juga bisa membantu memperbaiki penampilan buah dada secara keseluruhan. Seperti yang telah diketahui bahwa setiap perempuan pasti memiliki bentuk dan karakteristik buah dada yang berbeda. Apabila memiliki bentuk yang kendur, rutin melakukan aktivitas tersebut bisa membuat aliran darah meningkat ke jaringan. 

Sehingga, cara tersebut bisa membantu untuk memperkuat sekaligus mengencangkan elastisitas kulit di kedua buah dada. Supaya lebih mudah, lakukan pemijatan dengan menggunakan bantuan minyak seperti olive oil atau minyak zaitun. Selain bisa mengencangkan, kulit buah dada juga akan menjadi lebih sehat. 

2. Bikin awet muda

manfaat payudara diremas secara teratur
pexels

Manfaat payudara diremas secara teratur berikutnya adalah membuat awet muda apabila dibandingkan dengan yang jarang melakukannya. Hal ini dibuktikan adanya sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan aktivitas seksual secara rutin akan menjadi kelihatan lebih muda jika dibandingkan dengan yang jarang atau bahkan tidak melakukannya sama sekali. 

Penyebabnya adalah hormon endorfin dan serotonin yang terlepas ketika sedang dan setelah melakukan aktivitas seksual dengan pasangan. Kedua hormon tersebut merupakan hormon penghasil rasa bahagia dan nyaman. Tak hanya itu saja, kedua hormon ini juga bisa menjaga kesehatan kulit Sedulur. 

3. Membuat rasa nyaman

manfaat payudara diremas secara teratur
pixabay

Jawaban dari pertanyaan apakah menghisap payudara bisa hamil adalah tidak bisa. Justru, menghisap dan meremas payudara bisa membuat rasa nyaman. Saat melakukan aktivitas tersebut, maka tubuh akan mengirim sinyal saraf ke otak, yang memicu adanya hormon oksitosin yang kemudian terlepas. Hormon oksitosin merupakan sebuah senyawa neurokimia yang disekresikan oleh lobus posterior kelenjar pituitari pada bagian otak.

Oksitosin disebut juga dengan hormon cinta, karena memiliki kaitan dengan perasaan sayang, nyaman, serta cinta di dalam diri seseorang, yang bisa terlihat ketika pasangan suami istri melakukan aktivitas seksual. Produksi hormon ini bisa dipicu dengan memberikan stimulasi dan sentuhan pada buah dada. 

Seorang psikolog klinis bernama Meghan Jablonski mengungkapkan bahwa hal serupa juga terjadi ketika sedang berpelukan, yang bisa melepas hormon rileks. Sehingga, emosi positif dan kenyamanan akan meningkat. 

BACA JUGA: 18+ Cara Mengencangkan Payudara yang Aman serta Penyebabnya

4. Mendeteksi kanker payudara

manfaat payudara diremas secara teratur
pexels

Cara mendeteksi dan mencegah pertumbuhan sel kanker pada payudara bisa melalui tindakan yang sederhana, yaitu meremasnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California at Berkeley and The Lawrence Berkeley National Laboratory telah membuktikannya. Hasilnya adalah menempatkan alat mekanikal pada sel kanker yang ganas bisa mengubah adanya pertumbuhan tidak normal. Sehingga, buah dada akan kembali pada pola pertumbuhan yang normal. 

Jaringan yang terdapat pada buah dada ini akan menyusut, tumbuh, atau berubah sesuai dengan pola yang terstruktur dari kehidupan wanita. Kemudian, pada satu titik akan mengalami penghentian. Kanker bisa ditandai dengan timbulnya gangguan pada pola pertumbuhan. Sehingga, sel kanker akan tumbuh secara tidak terkendali. 

Untuk mendeteksi adanya kanker, Sedulur harus memperhatikan bagaimana cara menyentuh dan memijatnya dengan benar. Cara ini bisa dilakukan sendiri maupun bersama pasangan sah. Berikut adalah langkahnya:

  • Pertama, berdirilah di hadapan cermin atau kaca dan lakukan pemeriksaan visual pada buah dada.
  • Cari apakah ada perbedaan ukuran, perubahan warna, maupun perbedaan bentuk.
  • Kemudian, letakkan tangan pada sisi tubuh, lalu di bagian pinggul, lanjut ke bagian atas kepala agar bisa melihat bentuk dari berbagai sudut.
  • Masih sambil bercermin, letakkan satu tangan ke bagian belakang kepala dan letakkan tiga jari dari tangan lainnya di dada.
  • Setelah itu, gerakkan jari menyerupai lingkaran kecil di atas jaringan buah dada.
  • Kemudian, tekan secara perlahan, lanjut ke tekanan sedang, dan keras ketika menggerakkan jari. Hal ini bertujuan agar bisa menjangkau semua area.
  • Gerakkan juga jari ke arah bawah ketiak dengan gerakan yang sama, yaitu melingkar kecil sembari jari berjalan. Ulangi ke bagian sisi lainnya.
  • Selanjutnya, pijatan bisa diakhiri dengan meremasnya pada setiap puting. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi apakah ada cairan yang akan keluar atau apakah timbul rasa sakit pada bagian tertentu. 
  • Apabila timbul rasa nyeri atau sakit yang tidak biasa dan mengalami salah satu dari gejala tersebut, segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

5. Mengeluarkan racun dalam kelenjar getah bening

pexels

Tahukah Sedulur, apa manfaat payudara diremas secara teratur bagi kesehatan selanjutnya? Yups, khasiat selanjutnya adalah untuk mengeluarkan racun dalam kelenjar getah bening. Jaringan yang dimiliki buah dada akan meluas sampai area bawah ketiak dan hal tersebut bisa menjadi tempat berkumpulnya kelenjar getah bening. 

Dengan memijatnya, maka akan memberikan efek meningkatkan sistem limfatik. Sistem limfatik adalah suatu jaringan yang bertanggung jawab membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Apabila Sedulur pernah menjalani operasi kelenjar getah bening sebelumnya, maka mungkin saja akan mengalami penumpukan cairan yang disebut juga dengan limfedema. 

Memijat buah dada dengan gerakan lembut akan membersihkan getah bening secara manual. 

Tak hanya itu saja, jika Sedulur bukan merupakan penderita limfedema pun, aktivitas ini bisa membantu untuk membersihkan tubuh dari adanya racun yang terperangkap di dalam sistem limfatik atau sistem getah bening.

Langkah yang bisa dilakukan cukup mudah, yaitu dengan memijatnya dengan lembut dimulai di area ketiak di bawah lengan. Lakukan cara yang sama pada kedua sisi. Dengan gerakan ini, mungkin Sedulur dapat merasakan adanya kelenjar getah bening yang berada di bawah kulit. Kemudian, lanjutkan pijatan ke bagian atas searah dengan jarum jam di buah dada kanan, serta berlawanan dengan arah jarum jam pada bagian yang sebelah kiri. 

6. Meredakan stress

pexels

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk bisa meredakan stres. Salah satu metode baru dalam mengatasi dan meredakan stress yang diteliti oleh sebuah universitas di Swedia adalah dengan memijat dada. Dengan melakukannya, maka akan memicu lepasnya hormon oksitosin yang merupakan hormon kesenangan dan kenyamanan. Sehingga, stress dan depresi akan berkurang. Berdasarkan penelitian tersebut, memijat dada berhasil meredakan stress, baik untuk wanita maupun pria. 

Para peneliti telah mempelajari dan meneliti sekitar 100 pria dengan rentang usia 20 sampai 50 tahun. Kemudian, mereka diminta untuk menyentuh dan melihat dada ketika sedang mengalami stress atau depresi. Hasil dari studi tersebut menunjukkan bahwa dengan menyentuh serta memijat dada, akan mengurangi rasa stres yang dialami hingga 70 persen. 

Manfaat payudara diremas cowok maupun cewek ini juga berpengaruh pada ukurannya. Dada yang memiliki ukuran lebih besar akan menyebabkan tingkat stress yang menurun dengan cepat. Daripada melakukan latihan pernafasan secara rutin dan teratur, memijat dan menyentuh dada dinilai lebih efektif untuk dilakukan.

Untuk membuktikan keefektifitasan teknik yang tidak terduga ini, para peneliti kemudian memisahkan para pria menjadi dua kelompok yang akan dijadikan objek penelitian. Kelompok pertama diarahkan untuk menyentuh dada selama lima menit, sedangkan yang kedua melakukan latihan pernafasan dengan nyaman dan rileks. 

Hasil dari penelitian tersebut adalah hormon stress yang dimiliki oleh peserta kelompok pertama cenderung lebih rendah daripada yang kedua. Maka dari itu, khasiat dari memijat dada untuk meredakan stress dan depresi ini sepertinya cukup efektif dan alami, walaupun tidak terduga. Selain meredakan stress, melakukan aktivitas ini selama lebih dari lima menit juga membuat tubuh wanita menjadi lebih santai dan nyaman. Ketika tubuh merasa santai dan nyaman, maka hormon penyebab stress dapat menjadi hancur. 

BACA JUGA: Ketahui Ukuran Payudara Mengikuti Umur, Bunda Wajib Tau

7. Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

pixabay

Terakhir, manfaat meraba dan meremas payudara adalah untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Mengapa hal itu bisa terjadi? Alasannya adalah ketika buah dada diberikan sebuah rangsangan selama beberapa saat, maka ritme nafas serta detak jantung seseorang akan menjadi meningkat dan menjadi lebih cepat daripada biasanya. 

Biasanya, nafas wanita akan menjadi lebih cepat ketika dadanya sedang dipijat. Rata-rata, seorang wanita akan menghirup dan membuang nafas selama 60 kali dalam satu menit. Padahal, dalam keadaan normal hanya 20 kali saja di setiap menitnya. 

Cara tersebut dipercaya berkhasiat untuk menjaga serta melatih organ jantung dan paru-paru. Sehingga, Sedulur bisa terhindar dari berbagai macam penyakit pada pernafasan serta penyakit kardiovaskular. Akan tetapi, cara untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru tentunya akan lebih efektif dan terlihat jika bisa dibarengi dengan aktivitas olahraga kardio yang dilakukan secara rutin. 

Efek samping meremas payudara

pixabay

Pada dasarnya, manfaat payudara yang diremas secara teratur merupakan sebuah tindakan atau aktivitas yang aman untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan terlalu keras, justru nyeri akan timbul. Bahkan, bisa juga jaringan dan otot dalam buah dada akan menjadi memar. 

Pemijatan pada area dada memang bertujuan untuk mengencangkan dan membesarkan area dada. Akan tetapi, pemijatan harus dilakukan dengan lembut. Jangan terlalu kasar atau dengan cara yang tidak wajar. Jika melakukannya secara kasar, justru akan timbul berbagai dampak negatif. Bahkan, bisa juga memiliki dampak yang bersifat permanen.Dada akan terasa nyeri yang disebabkan oleh memijatnya dengan cara yang berlebihan. 

Sebelum melakukannya, jangan lupa untuk memotong kuku terlebih dahulu. Kuku yang tajam bisa menyebabkan luka goresan yang ada di kulit sekitar dada. Apabila dibiarkan, maka akan mengakibatkan cedera pada sel parenkim dan sel yang berguna untuk memproduksi Air Susu Ibu (ASI). Jika tidak segera ditangani, maka juga akan menyebabkan infeksi, peradangan, hingga pembengkakan.

Efek sampingnya adalah dada akan menjadi nyeri dan timbul warna kemerahan. Bahkan, di beberapa kondisi, dada juga akan timbul nanah. Infeksi tersebut juga akan menyebabkan tidak enak badan dan meriang sampai demam. Lakukan pemeriksaan ke dokter terpercaya jika sudah mengalami nyeri maupun gejala lain yang mengganggu.

Selain 7 manfaat meremas payudara seperti yang telah dijabarkan diatas, ada pula manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu untuk stimulasi seksual lebih baik, mencegah kendur, serta mencegah timbulnya penuaan. Beberapa khasiat bisa dibuktikan melalui penelitian, namun beberapa diantaranya masih menjadi mitos. Apapun itu, selalu imbangi aktivitas dengan penerapan pola hidup yang sehat agar khasiat semakin terasa. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.