Ini Manfaat 'Cuddle' atau Berpelukan dengan Pasangan

Cuddling belakangan ini banyak diperbincangkan di media sosial. Istilah ini terhitung baru populer ketika berkembangnya tren dating apps di Indonesia. Pada umumnya orang mengenali aktivitas ini sebagai bagian dari rutinitas romantis dengan pasangan. Padahal, tak hanya dilakukan oleh pasangan, namun  juga biasa dilakukan oleh ibu pada anaknya.

Lalu, sebenarnya apa itu cuddling? Mengapa istilah ini semakin sering kita temui terutama di media sosial? Kemudian, apa hubungannya dengan kesehatan dan pikiran manusia? Untuk mengetahui semua itu dan hal apa yang bisa kita dapatkan dari aktivitas ini, mari kita kupas bersama manfaat cuddle dimulai dari pengertiannya.

Apa Itu Cuddle?

idntimes

Diambil dari Bahasa Inggris, cuddle artinya berpelukan. Selintas terdengar sepele, namun ternyata bukan tanpa alasan pasangan senang melakukan aktivitas ini. Nyatanya, ia memiliki setumpuk manfaat bagi kesehatan dan baik untuk memperbaiki perasaan. Bukan hanya pasangan, orang tua dan anaknya juga melakukan hal yang sama, begitu pula manfaatnya.

Perbedaan cuddle dan cuddling tentu tidak ada. Cuddling hanya bentuk gerund dari cuddle yang sama-sama memiliki arti berpelukan atau merengkuh. Jika Sedulur memikirkan kata hug, keduanya tidak sama. Kata ‘hug’ lebih general sedangkan untuk cuddle sendiri pelukan yang dilakukan lebih terencana dan dilakukan dengan “sungguh-sungguh”.

Nah, manfaat cuddling ini berasal dari rangsangan pada produksi hormon seperti oksitosin, dan neurotransmiter di otak yang berdampak positif pada tubuh. Oksitosin berkomunikasi ke seluruh tubuh dan meningkatkan empati serta mempererat hubungan manusia melalui ketertarikan. Hormon-hormon itu akan menciptakan rasa tenang, sering dikenal juga sebagai hormon cinta.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Toxic Relationship Serta Tanda & Cara Atasinya

1. Mengurangi Perasaan Cemas dan Tertekan

cuddling
beautynesia

Masuk pada manfaat cuddling yang pertama, sesuai dengan deskripsi di atas bahwa kegiatan ini memicu perasaan tenang karena ada beberapa hormon yang terpengaruh. Saat kita tengah berada dalam pelukan seseorang maupun memeluk seseorang yang kita cintai, tubuh akan otomatis melepas hormon endorfin, oksitosin, dan serotonin yang membuat tenang.

Perasaan yang tenang akan berpengaruh pada penurunan tekanan darah menjadi lebih terkontrol dan hormon stres berkurang. Sebenarnya tidak sampai di sana, faktanya dengan terkontrolnya stres manusia, kinerja jantung juga menjadi lebih terkendali.

Terdapat sebuah eksperimen yang dilakukan di University of North Carolina yang menunjukkan bahwa partisipan yang mendapat pelukan jantungnya berdetak lebih tenang dibandingkan dengan yang tidak. Jika dilakukan secara rutin oleh orang tersayang, tentunya akan semakin berdampak baik bagi kesehatan tubuh masing-masing.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

brilio

Seperti dibahas sebelumnya, cuddling tidak hanya dilakukan oleh pasangan kekasih. Orang tua seringkali memeluk anaknya dari bayi dan cuddle-lah yang sedang mereka lakukan. Ketika memeluk sang anak, seorang ibu atau ayah akan mencurahkan kehangatannya pada buah hati dan ternyata hal itu berdampak sangat positif pada anak, terutama di masa yang akan datang.

Salah satu manfaat yang dihasilkan dari cuddling antara orang tua pada anaknya adalah meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa anak yang dulunya sering mendapatkan pelukan dari orang tua, lebih percaya diri.

Tidak hanya di masa kanak-kanak, ketika beranjak dewasa, kenangan atas pelukan tersebut akan terekam dan menemaninya tumbuh. Kenangan tersebut membuatnya merasa lebih spesial dan disayangi. Tentu saja salah satunya karena kasih sayang orang tuanya juga turut dicurahkan dalam sebuah pelukan. Bagaimana, menarik bukan?

BACA JUGA: 25 Panggilan Sayang untuk Pasangan yang Unik dan Romantis

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

cuddling
popbela

Cuddle adalah aktivitas yang sering dilakukan di malam hari, menjelang tidur. Pada umumnya juga kita mengenal pelukan ini dilakukan di atas kasur dalam keadaan nyaman, bisa terjadi di pagi hari saat bangun dari tidur.

Namun tahukah Sedulur bahwa berpelukan juga berpengaruh pada kualitas tidur seseorang? Berpelukan dengan orang yang kita sayang selama 10 menit sebelum tidur terbukti sangat ampuh melepaskan oksitosin. Oksitosin itu yang membantu tubuh melepaskan kepenatan dan rasa stres yang membebani diri.

Ketika oksitosin sudah bekerja, akan muncul perasaan tenang dan nyaman. Pada saat itulah seseorang akan menjadi lebih mudah tertidur dengan kualitas tidur yang lebih baik. Tidur nyenyak akan membuat keesokan paginya lebih bugar dan energi terasa ter-refresh kembali.

4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

popbela

Serotonin yang dihasilkan karena cuddling juga memberikan pengaruh pada sistem pencernaan manusia. Semakin banyak serotonin yang diproduksi, maka kemampuan tubuh dalam mencerna dan mengolah makanan juga akan semakin maksimal.

Ketika makanan yang dicerna masuk melalui aliran darah, serotonin akan tersimpan di usus. Nah, hormon yang sangat memengaruhi perasaan bahagia ini juga akan memberikan kenikmatan pada setiap suap makanan yang Sedulur makan. Itulah mengapa manusia cenderung lahap ketika sedang bahagia dan kehilangan nafsu makan saat sedang bersedih.

BACA JUGA: 11 Cara Move On Dari Mantan Pacar Paling Ampuh Secara Ilmiah

5. Memperkuat dan Memperdalam Hubungan

cuddling
woop.id

Cuddle dengan pacar atau pasangan suami istri merupakan salah satu bentuk komunikasi dalam hubungan. Hal itu dikarenakan pasangan akan menerimanya sebagai sebuah bentuk kasih sayang yang diungkapkan dalam bentuk tindakan. Sentuhan dan pelukan ini merupakan salah satu komunikasi non verbal yang efektif dalam memperdalam suatu hubungan.

Sedulur mungkin sering merasakan penat yang luar biasa ketika beraktivitas di luar sana atau setelah selesai mengurus pekerjaan yang terasa tidak ada habisnya. Di saat itu lah, sudah saatnya Sedulur kembali ke rumah dan menghabiskan waktu dengan pasangan. Sudah pasti satu sama lain bisa saling berbagi ketenangan dan hubungan pun semakin dalam.

6. Meredakan Nyeri

halodoc

Masih dengan fungsi hormon oksitosin, cuddling faktanya bisa membantu meredakan nyeri yang dirasakan baik secara fisik maupun psikis. Ia bekerja dengan menghalangi rasa sakit untuk mencapai otak sehingga rasa sakit bisa berkurang. Istirahat yang cukup juga sangat membantu proses pemulihan.

Berpelukan ini juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Macam macam cuddle misalnya dengan saling berhadapan, memeluk atau dipeluk dari belakang, tidur di pangkuan pasangan, dan lain-lain.

Cuddling juga dapat mengurangi rasa sakit. Ketika Sedulur merasakan sakit, mendapatkan sentuhan dari orang terkais dapat memberikan efek yang signigikan. Para ahli berpendat hal tersebut disebabkan oleh rasa empati yang dapat berfungsi sebagai pencegah rasa sakit.

Dengan begitu, cuddling dapat menghalangi sinyal rasa sakit, hal ini menjadi jelas kenapa banyak pasangan yang selalu rutin berpelukan. Baik pelukan saat bangung di pagi hari, atau berpelukan saat tidur. Tidak jarang setiap pasangan juga menggunakan beberapa posisi berpelukan saat tidur. Berikut ini rekomendasi posisi yang bisa Sedulur terapkan dengan pasangan Sedulur:

  • Posisi the spoon
  • Posisi half spoon
  • Posisi butt cheek-to-cheek
  • Posisi honeymoon hug
  • Posisi sweetheart cradle
  • Posisi leg hug

BACA JUGA: Pahami Trust Issue, Ini Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya

7. Menguatkan sistem imun

cuddling
tribunnews

Cuddling juga sangat bermanfaat untuk menguatkan sistem imun tubuh. Bagi Sedulur yang teratur melakukan berpelukan dengan pasangan, akan mengalami risiko lebih kecil untuk terkena penyakit, terutama flu. Hal tersebut disebabkan sistem imun dalam tubuh Sedulur yang meningkat.

Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, maka dari itu meningkat pula kemampuan untuk melawan penyakit. Terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini, dimana sistem imun merupakan pertahanan terakhir agar virus Covid-19 tidak menyerang tubuh Sedulur.

Kendatipun saat ini telah ada vaksinasi, dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, proses penguatan imunitas tubuh untuk menangkat Covid-19 agar berjalan dengan lancar. Yang pada akhirnya, tubuh Sedulur akan kuat dan kebal terhadap Covid-19. Hal ini juga akan berdampak pada terciptanya herd immunity, yang membuat masyarakat akan kebal terhadap virus Covid-19.

Itulah pembahasan seputar cuddling. Semoga manfaat tersebut bisa segera dirasakan oleh Sedulur bersama dengan orang tersayang. Pastikan agar Sedulur juga senantiasa memperhatikan pasangan yang Sedulur pilih untuk berpelukan bersama karena bahaya cuddle mungkin terjadi apabila dilakukan dengan orang asing. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kenyamanan.

Banyak hal tentunya yang bisa Sedulur lakukan untuk mendapatkan kenyamanan di rumah bersama pasangan. Terutama kenyamanan dalam mengurus rumah tangga. Salah satu rekomendasi agar Sedulur nyaman dan mudah mengurus keperluan rumah tangga adalah dengan menggunakan Aplikasi Super. Klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan rasakan kenyamanan setiap harinya!