manfaat seks

Manfaat seks sangat banyak untuk kesehatan, terutama kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, aktivitas seksual yang sehat terutama dengan pasangan, bukan hanya menghadirkan kebahagiaan. Terutama untuk menurunkan tekanan darah dan membakar kalori dalam tubuh.

Selain untuk tujuan reproduksi, manfaat seks yang dilakukan dengan teratur merupakan salah satu cara untuk bersenang-senang. Melakukan hubungan intim mencakup segala aspek kehidupan, mulai dari psikologis, intelektual, emosional, fisik hingga manfaat sosial.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas apa saja manfaat seks yang bisa dirasakan oleh orang dewasa, terutama yang telah memiliki pasangan. Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 16 Manfaat Air Bagi Kehidupan Manusia Sehari-hari

1. Memperkuat imunitas tubuh

manfaat seks
Head Topics

Manfaat hubungan intim 3 kali seminggu dapat meningkatkan kadar antibodi untuk melindungi tubuh dari infeksi. Terutama untuk hubungan intim yang dilakukan secara rutin. Karena, frekuensi hubungan seks sangat mempengaruhi kadar antibodi. Terutama jika Sedulur melakukan hubungan intim lebih dari 3 kali seminggu.

Kadar antibodi untuk imunitas tubuh akan sama saat ketika tidak melakukan hubungan seksual secara rutin. Karena hal ini akan mempengarhui stress dan kecemasan pada tubuh. Jika manfaat bercinta setiap hari untuk imunitas tubuh, maka ini sangat baik untuk tubuh saat berkegiatan di luar.

2. Membakar kalori dalam tubuh

Shopee

Salah satu manfaat seks untuk tubuh yaitu dapat membakar kalori untuk tubuh, dengan melakukan hubungan seks secara rutin, sama dengan melakukan aktivitas fisik yang setara dengan jalan cepat. Dengan berhubungan intim selama 30 menit, kamu sudah membakar sebanyak 200 kalori untuk tubuh.

Nah, jika Sedulur ingin membakar kalori dan menjaga berat badan ideal, kamu bisa membuat jadwal berhubungan intim secara rutin dengan pasangan. Namun kamu harus perhatikan juga efek samping berhubungan intim bagi wanita. Ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

manfaat seks
Fimela

Jika manfaat hubungan suami istri dalam Islam berkaitan dengan amal pahala bagi kedua pasangan, baik suami atau istri. Namun dalam sisi kesehatan, salah satu manfaat seks untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Terutama bagi pria yang melakukan hubungan seks dua kali seminggu, kecil berisiko kardiovaskular dibanding pria yang jarang.

Selain itu, manfaat hubungan intim juga dapat meningkatkan detak jantung serta menjaga keseimbangan kadar estrogen dan testosteron, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, kamu juga harus tetap memperhatikan efek setelah berhubungan intim bagi pria dan wanita.

4. Memberikan rasa bahagia

Woop

Salah satu manfaat seks untuk kesehatan adalah dapat memberikan rasa bahagia. rutin melakukan hubungan intim mampu meningkatkan rasa bahagia. Hal ini karena, aktivitas seksual memberikan Sedulur dan pasangan kesempatan untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan dan menimbulkan perasaan senang.

Bagi kehidupan pekerjaan yang penuh dengan tekanan kerja, butuh kegiatan yang penting untuk memberikan rasa bahagia bagi mental dan tubuh. Hubungan intim bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk Sedulur.

5. Mendekatkan hubungan dengan pasangan

manfaat seks
Fimela

Orgasme saat berhubungan intim membuat tubuh melepaskan hormon okstitosin atau hormon cinta. Hormon ini bermanfaat dalam mempererat hubungan Anda dan pasangan, serta memberikan ketenangan dan kepuasan. Selain itu, Sedulur dianjurkan untuk tidak bergonta-ganti pasangan saat berhubungan intim.

Setia pada satu pasangan dapat meningkatkan level komitmen dan menurunkan risiko perceraian. Selain itu, setia dengan pasangan juga dapat membuat perasaan lebih bahagia dan lebih termotivasi untuk melakukan pekerjaan lebih baik dan lebih produktif lagi.

6. Mengontrol kandung kemih

Semartara News

Dengan bertambahnya usia, wanita akan mengalami masalah dalam kontrol kandung kemih, yang membuat cairan urin mengalir tidak terkendali. Salah satu manfaat seks adalah membantu mengontrol kandung kemih. Orgasme saat berhubungan intim dapat memicu kontraksi otot, di mana kontraksi otot ini mampu mengencangkan otot panggul bawah.

Selain otot panggul bawah, manfaat hubungan intim lainnya adalah mengencangkan otot perut. Tentu ini berpengaruh untuk setiap wanita dalam berkegiatan. Bukan hanya organ bagian dalam, juga bermanfaat untuk organ bagian luar, terutama bagian-bagian otot yang disebutkan di atas.

7. Menurunkan tekanan darah

Manfaat seks
Head Topics

Manfaat seks selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini karena aktivitas seksual dapat memicu pelebaran pembuluh darah, peningkatan pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, sekaligus penurunan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat memicu beberapa penyakit lain, seperti serangan jantung dan stroke.

BACA JUGA: Pengertian Mastrubasi Beserta Manfaatnya untuk Kesehatan

8. Meredakan nyeri

manfaat seks
Moms Money

Manfaat seks selanjutnya untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri pada tubuh. Nyeri biasanya dan disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu penyebab hubungan intim bisa meredakan nyeri adalah karena saat berhubungan intim otak akan melepaskan cairan hormon.

Cairan hormon tersebut adalah hormon endorfin. Hormon endorfin dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menjadi lebih nyaman. Nyeri seperti migrain atau sakit punggung dapat diredakan oleh hormon endorfin itu sendiri.

BACA JUGA: 8 Jenis Pelumas Seks yang Aman Digunakan & Tips Memilihnya

9. Menurunkan risiko kanker prostat

Warta

Melakukan ejakulasi dalam 21 kali selama sebulan dipercaya dapat menurunkan risiko kanker prostat. Oleh karena itu, manfaat seks sangat beragam untuk tubuh. Para ahli melakukan penelitian terkait manfaat berhubungan intim, salah satu hasil yang didapatkan adalah bisa menurunkan risiko kanker prostat.

Namun, penelitian oleh para ahli terkait manfaat satu ini masih terus dilakukan. Karena penelitian lebih lanjut dan lebih komprehensif dibutuhkan untuk membuktikan sebuah hasil yang lebih valid lagi.

10. Meningkatkan kualitas tidur

GenPI

Manfaat seks terakhir adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Hubungan intim bersama pasangan diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dipicu oleh produksi hormon prolaktin setelah orgasme, yang dapat menimbulkan rasa relaks dan mengantuk, sehingga Sedulur akan tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Jika tidur Sedulur sangat nyenyak dan berkualitas, maka daya tahan tubuh dan energi akan meningkat. Bukan hanya itu, dengan tidur berkualitas dan nyenyak juga dapat membuat otot tubuh terasa ringan untuk beraktivitas, dan Sedulur dapat terhindar dari stress dan kecemasan yang dapat memicu berbagai masalah pada organ vital tubuh, termasuk jantung dan liver. Oleh karena itu, manfaat seks sangat penting untuk tubuh.

Nah itulah daftar manfaat seks yang bisa didapatkan untuk memperbaiki kesehatan tubuh dan mental. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kita terkait setiap kegiatan-kegiatan sehari-hari yang ternyata memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!