Fiverr

Fiverr adalah aplikasi marketplace yang menyediakan berbagai jasa freelance kepada pelanggan di seluruh dunia. Berbagai jasa yang dapat dikerjakan jarak jauh bisa ditemui pada platform ini. Seperti contoh jasa menulis, mendesain, hingga mengisi suara.

Cara menggunakan Fiverr juga cukup mudah. Seseorang dapat menjadi pembeli jasa maupun penyedia jasa. Bisnis yang dilakukan secara online ini dapat menjadi usaha sampingan yang sangat menggiurkan karena sistem pembayaran dilakukan menggunakan dollar.

Apakah Sedulur tertarik mengetahui informasi seputar Fiverr lebih dalam lagi? Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut, ya!

BACA JUGA: Bidang Pekerjaan Paling Diminati Perusahaan Startup. Fresh Graduate Wajib Tahu!

Fiverr adalah

fiverr
Vocasia

Fiverr freelance adalah pasar online yang digunakan para freelancer dalam menawarkan jasa atau produk mereka kepada pelanggan di seluruh dunia. Layanan yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari penulisan, penerjemahan, pengeditan video, desain grafis, hingga pemrograman.

Fiverr menjadi online marketplace untuk layanan freelance dengan provider yang memiliki biaya rendah dari seluruh dunia. Online marketplace ini tidak menggunakan perantara dalam prosesnya, baik proses perekrutan, pemutusan kontrak, hingga hal-hal yang berhubungan dengan bagian personalia.  

Di samping itu, para freelancer juga memiliki kebebasan untuk menjual layanannya kapan saja dan kepada user dari perusahaan manapun. Secara umum, platform ini digunakan untuk menawarkan layanan digital kepada klien secara global di seluruh dunia.

Kategori utama 

fiverr
time doctor blog

Terdapat 9 kategori utama dalam platform ini, yaitu:

  1. Graphics & Design
  2. Digital Marketing
  3. Writing & Translation
  4. Video & Animation
  5. Music & Audio
  6. Programming & Tech
  7. Business
  8. Lifestyle
  9. Data

Dari kategori masih akan dibentuk lagi sub-kategori. Sebagai contoh pada kategori Digital Marketing, Sedulur dapat menemukan layanan seperti SEO, Social Media Marketing, SEM, dan lain sebagainya.

Layanan terpopuler

fiverr
five dan rich

Dari seluruh kategori tersebut, berikut adalah beberapa layanan terpopuler yang ada di Fiverr.

  • Website Creation
  • Short Video Ads
  • 3D Modeling & Rendering
  • Web Application
  • 2D Animated Explainer
  • Graphic
  • Illustration
  • Website Content
  • Presentation Design
  • Video Editing

BACA JUGA: 15+ Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

Jenis gig yang bisa ditawarkan

fiverr
Teknologiku viral

Gig fiverr adalah portofolio atau pekerjaan yang sudah pernah dikerjakan oleh freelancer. Beberapa gig yang biasa ditawarkan oleh penyedia jasa fiverr Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Menulis artikel
  • Mengambil foto/fotografer
  • Mengelola media sosial
  • Membuat riset sesuai dengan kebutuhan klien
  • Menulis review produk
  • Menjadi asisten virtual
  • Menawarkan jasa desain

Kategori penawaran harga

fiverr
website planet

Di Fiverr, para penyedia jasa dapat menawarkan harga atas hasil kerjanya. Terdapat 3 kategori harga, yaitu basic, standard, dan premium.

  • Basic, merupakan kategori yang paling murah dengan harga 5 dolar AS, atau setara dengan Rp 72 ribu per pekerjaan.
  • Standard, merupakan kategori menengah, yakni sekitar 15-24 dolar AS atau setara dengan Rp 200 ribu hingga Rp 340 ribu per pekerjaan.
  • Premium, merupakan kategori termahal yang dimulai dengan harga 25 dolar AS, atau Rp 360 ribu per pekerjaan.

Pembayaran platform ini menggunakan PayPal. Jika Sedulur ingin mentransfernya ke rekening bank Indonesia, maka Sedulur akan dikenakan potongan biaya 4,4 persen.

Cara kerja 

fiverr
Cara vektor

Cara kerja Fiverr adalah mengharuskan pembeli atau klien untuk membayar terlebih dahulu “gig” atau layanan freelance yang diinginkan. Setelah itu, pesanan akan diselesaikan dalam rentang waktu satu atau dua hari. Namun waktu pengiriman ini juga bisa ditentukan kembali oleh penjual dan bahkan bisa memakan waktu lebih lama jika penjual memiliki banyak antrian pesanan.

Setelah pembeli menyelesaikan pesanan, seller akan menerima 80% dari total nilai pesanan. Sebagai contoh, Sedulur akan menerima delapan dolar jika nilai gig atau layanan Sedulur adalah seharga sepuluh dolar.

BACA JUGA: Procurement adalah: Pengertian, Jenis, Proses & Tahapannya

Nah, jika Sedulur tertarik untuk bergabung bersama Fiverr, maka Sedulur dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Membuat akun

fiverr
Inwepo

Langkah pertama sebelum menawarkan gig pada klien adalah memiliki akun. Sedulur dapat membuat akun Fiverr dengan akun lain seperti Google atau Facebook atau menggunakan alamat email. Setelah itu, isi nama pengguna dan kata sandi. Jika akun sudah jadi, Sedulur dapat membuka kotak masuk email untuk mengaktifkan akun dan mulai mengisi profil. 

2. Mempersiapkan profil

Setelah memiliki akun, Sedulur harus mengisi profil terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal ini penting dilakukan karena sebagian besar klien akan melihat profil penyedia jasa sebelum memesannya. 

Beberapa persyaratan yang harus ada dalam profil adalah foto, keahlian, pendidikan, kursus, dan bahasa yang dikuasai. Informasi penting tersebut digunakan klien untuk mengetahui latar belakang yang Sedulur miliki.

3. Buatlah gig baru

Selesai profil selesai, langkah berikutnya adalah membuat gig pertama. Sedulur dapat langsung menuju pilihan menu “selling” pada sisi atas layar, lalu pilih opsi “Gig” dalam menu. Setelah itu, klik tombol “Create New Gig” untuk membuat gig baru dan memulai proses penjualan.

4. Membuat overview gig

Hal penting lain yang harus dilakukan adalah menulis overview atau ringkasan gig yang akan dijual. Beberapa kotak yang harus diisi adalah:

  • Gig title (Judul)
  • Kategori gig
  • Label (tag) pencarian yang relevan

Jangan lupa juga untuk menentukan harga gig. Para freelancer dapat menawarkan harga gig-nya sendiri yang dikategorikan dalam tiga macam paket, yaitu dasar, standar, dan premium. 

BACA JUGA: Pengertian Detail Oriented Beserta Keuntungannya

5. Memberikan deskripsi dan FAQ pada gig

FIVERR
Glints

Tak hanya sampai disitu, gig juga harus ditambahkan deskripsi dan FAQ untuk membantu klien memahami layanan yang ditawarkan. Sedulur dapat memberikan informasi lengkap mengenai tawaran yang disediakan dengan minimal 120 huruf dan maksimum 1200 huruf.

Sedulur juga perlu memberikan detail yang akurat untuk membantu calon pembeli mengetahui informasi secara rinci dengan mengisi FAQ atau pertanyaan umum yang sekiranya berhubungan dengan gig. Selain itu persyaratan juga perlu dijelaskan sesuai keinginan penjual dengan menekan tombol “+ Add Another Requirement”.

6. Menambahkan galeri pada gig

Langkah selanjutnya adalah menambahkan berbagai dokumentasi dalam galeri gig. Dokumentasi tersebut dapat berbentuk foto, PDF, hingga video. Galeri ini berfungsi untuk menarik perhatian klien sehingga mau menggunakan layanan yang Sedulur tawarkan. 

7. Mempublikasikan layanan

Langkah terakhir adalah mempublikasikan layanan atau gig yang telah Sedulur buat sebelumnya. Cukup klik tombol “Publish Gig” dan secara otomatis gig akan muncul. Setelah aktif, Sedulur juga dapat mempromosikannya melalui media sosial lain, seperti Facebook dan Twitter. 

BACA JUGA: 10 Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman dan Tipsnya

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan uang dari Fiverr.

1. Memahami tingkatan penjual Fiverr dan cara naik level

fiverr
Quora

Untuk mempertahankan level atau berpindah ke level berikutnya, maka Sedulur harus bisa mempertahankan hal-hal berikut ini. 

  • Nilai rata-rata minimum 4,7 bintang.
  • Tingkat response 90% selama 60 hari.
  • Tingkat penyelesaian pesanan 90% selama 60 hari.
  • 90% pengiriman tepat waktu lebih dari 60 hari.
  • Tidak ada peringatan selama 30 hari.

Fiverr akan secara otomatis memberikan ulasan 1 bintang jika penjual terlambat mengirim dan seseorang membatalkan pesanan. Nah, hal tersebut akan sangat berdampak pada profil Fiverr yang dimiliki seller. Oleh karena itu, penjual harus memberikan layanan terbaik untuk mendapatkan review bintang 5.

2. Buat profil layanan dengan baik

FIVERR
Fiverr Blog

Jika Sedulur ingin mendapatkan klien dengan cepat dan mudah, maka usahakan untuk membuat profil layanan dengan baik. Sedulur juga dapat menambahkan daftar klien terbaik jika Sedulur pernah bekerja sama dengan beberapa nama besar. Tak hanya itu, Sedulur juga dapat mengikuti Tes Keterampilan untuk menunjukkan kemahiran dasar layanan yang Sedulur tawarkan. 

Sedulur harus membagikan detail lengkap mengenai keterampilan terkait, pengalaman pendidikan, dan sertifikasi. Tak hanya itu, Sedulur juga wajib menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti “Apa yang kamu kerjakan?”, “Siapa yang kamu layani?”, dan “Apa yang membuat kamu berbeda dari pesaing kamu?”

3. Optimalkan dan atur gig Fiverr  

fiverr
test-icicles

Selanjutnya adalah membangun dan memulai Gigs dengan optimal. Saat mendaftar menjadi freelancer di Fiverr, Sedulur pastinya akan dibatasi oleh berapa banyak Gigs yang dapat diatur dan berapa banyak Gig ekstra (upsell) maupun Gig multiples yang bisa Sedulur tawarkan ke klien. Semakin tinggi level, maka akan semakin terbatas juga gig yang bisa dipilih.

Nah berikut ini adalah beberapa hal perlu diperhatikan untuk mengatur Gig.

  • Deskripsi of Gig
  • Lakukan Upsell dengan paket dan Gig ekstra
  • Tetapkan harapan dengan persyaratan Gig dan bagian FAQ
  • Tentukan harga Gig 

BACA JUGA: Iklan adalah: Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis & Medianya

4. Selalu ingat bahwa pelanggan adalah raja

fiverr
iDBlogging

Perlu digaris bawahi bahwa pelanggan selalu benar, bahkan ketika mereka benar-benar salah. Hal ini penting diperhatikan karena tidak peduli bagaimana situasinya, jika klien mengatakan tidak menyukai layanan yang diberikan, maka mereka akan mendapatkan pengembalian dana yang akan keluar dari penghasilan penjual. Dengan kata lain, Sedulur telah melakukan pekerjaan yang sia-sia.

5. Buatlah pelanggan senang

fiverr
kabbage

Sesuai poin keempat, maka Sedulur harus bisa membuat klien merasa senang. Klien yang senang akan memiliki potensi untuk royal pada apa yang disukainya. Dengan begitu, Sedulur sudah bisa dihargai lebih tinggi lagi karena pengalaman dan skill yang terus diasah. 

Nah, itulah informasi mengenai Fiverr beserta cara kerja dan cara menggunakannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang mencoba mencari penghasilan sampingan dengan menjadi freelancer. Selamat mencoba! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.