Detail oriented adalah

Sedulur, apakah kamu termasuk orang yang detail oriented? Nah, detail oriented sendiri merupakan kecenderungan seseorang untuk mengerjakan sesuatu secara lebih mendetail. Biasanya, orang yang detail oriented ini akan sangat memperhatikan hal-hal kecil.

Secara umum, detail oriented adalah karakter di mana seseorang cenderung melakukan pekerjaan dengan memperhatikan detail. Dengan kata lain, seseorang tersebut memberikan perhatian lebih kepada hal-hal kecil terkait dengan tugas atau pekerjaan yang dilakukannya. Ingin tahu lebih jauh tentang apa itu detail oriented? Berikut ini Super sudah merangkum informasi selengkapnya, termasuk mengenai pengertian, ciri-ciri, hingga kelebihan dan kekurangan dari orang berkarakter detail oriented.

BACA JUGA: Mengenal Ciri Kepribadian Introvert dan Cara Mengatasinya

Pengertian detail oriented adalah

detail oriented adalah
Unsplash

Detail oriented merupakan istilah dari bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan secara bebas menjadi “berorientasi pada detail.” Adapun arti kata berorientasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mempunyai kecenderungan pandangan atau menitikberatkan pandangan. Sedangkan arti kata detail menurut KBBI adalah bagian yang kecil-kecil atau yang sangat terperinci.

Sementara itu, Kamus Cambridge mendefinisikan detail oriented sebagai kata sifat atau adjektiva yang berarti sangat tertarik dan memberikan perhatian lebih kepada detail. Di sisi lain, menurut Urban Dictionary detail oriented artinya adalah fokus terhadap detail atau hal kecil yang mungkin tidak diperhatikan banyak orang.

Berdasarkan uraian pengertian di atas, bisa dipahami bahwa detail oriented adalah kecenderungan untuk menitikberatkan pandangan atau memperhatikan hal-hal kecil. Sehingga seseorang dengan karakter detail oriented cenderung memperhatikan hal-hal yang mungkin tidak diperhatikan oleh orang lain pada umumnya.

BACA JUGA: Mengenal Tes DiSC dan Tipe-Tipe Kepribadiannya

Ciri-ciri orang yang detail oriented adalah

detail oriented adalah
Unsplash

Telah diketahui bersama bahwa istilah detail oriented berkaitan dengan kepribadian seseorang. Lantas, bagaimana ciri-ciri seseorang dengan karakter tersebut? Dilansir Fimela, ada empat tanda seseorang memiliki karakter detail oriented. Berikut uraian selengkapnya.

  • Seseorang dengan karakter detail oriented cenderung tidak puas kepada hasil pekerjaan yang dilakukannya. Sebab, ia selalu menemukan kekurangan dari hasil kerjanya padahal ia ingin dapat melakukan yang terbaik sehingga memperoleh hasil yang lebih baik pula.
  • Masih berkaitan dengan ciri sebelumnya, seorang detail oriented dapat dengan mudah menemukan kesalahan atau kekurangannya sendiri maupun orang lain. Padahal bagi orang lain, kesalahan tersebut tidak mudah untuk disadari.
  • Orang dengan sifat detail oriented memiliki kecenderungan untuk mengingat hal-hal secara mendetail. Selain itu ia akan mengingat hal-hal kecil yang mungkin dilupakan oleh orang lain.
  • Terakhir, seorang detail oriented biasanya mudah untuk menghafal wajah orang lain, meskipun baru bertemu sekali dan bahkan tidak pernah berbicara secara langsung.

BACA JUGA: Tes MBTI: Pengertian, Penerapan & Macam Tipe Kepribadiannya

Kekurangan

detail oriented adalah
Unsplash

Salah satu ciri dari seorang detail oriented adalah cenderung tidak puas kepada hasil pekerjaan yang dilakukannya. Hal ini pun membuatnya seringkali harus memakan waktu lebih lama dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Kondisi tersebut tentu dapat membawa dampak negatif seperti pekerjaan yang tidak kunjung selesai hingga menyebabkan pekerjaan lainnya terbengkalai. Di sisi lain, masih ada beberapa kekurangan detail oriented sebagaimana dikutip dari Happier Human.

  1. Mudah kewalahan dengan pekerjaan yang dilakukannya. Sebab sering kali ada terlalu banyak hal yang diperhatikan ketika menyelesaikan suatu pekerjaan. Padahal boleh jadi untuk orang lain pekerjaan tersebut tidak membutuhkan waktu maupun usaha sebesar yang dilakukan oleh seorang detail oriented.
  2. Tidak bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Dengan kata lain, seorang detail oriented cenderung tidak bisa melakukan multi-tasking. Sebab ia lebih suka menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu hingga tuntas dan memperoleh hasil yang memuaskan, menurut penilaiannya. Selanjutnya barulah ia melanjutkan ke pekerjaan yang kedua dan seterusnya.
  3. Cenderung mendambakan kesempurnaan. Mengerjakan suatu tugas secara maksimal tentu merupakan hal yang baik. Namun dalam sudut orang dengan karakter detail oriented, hal ini bisa terjadi secara ekstrem. Rasa tidak puas akan hasil pekerjaannya juga bisa menyebabkannya merasa tertekan atau stres. Padahal sebenarnya hasil pekerjaannya sudah cukup baik di mata orang lain.

BACA JUGA: Arti Anak Bungsu Beserta Fakta yang Perlu Diketahui Orang Tua

Kelebihan

Unsplash

Meski terlihat memiliki beragam kekurangan, karakter detail oriented juga bisa membawa keuntungan. Bahkan jika karakter tersebut dikelola dengan baik, akan lebih banyak sisi positif yang diperoleh dari sifat detail oriented. Masih mengutip dari Happier Human, berikut adalah beberapa kelebihan menjadi seseorang dengan karakter detail oriented.

  1. Memiliki ingatan yang baik. Seorang detail oriented cenderung dapat dengan mudah mengingat sesuatu, bahkan hal kecil yang mungkin mudah dilupakan orang pada umumnya.
  2. Perhatian kepada detail atau hal kecil. Sesuai dengan namanya, seorang detail oriented akan memberikan perhatian lebih kepada hal-hal kecil terkait pekerjaan yang dilakukannya. Meski bisa berdampak pada waktu kerja yang lebih lama, hal ini juga bisa membawa dampak baik yakni hasil kerja yang cenderung lebih baik pula. Sebab ia bisa memperbaiki kesalahan yang dilakukannya sendiri bahkan sebelum hasil kerjanya diperiksa oleh orang lain.
  3. Punya persiapan yang matang ketika akan melakukan sesuatu. Selain memperhatikan detail ketika melakukan pekerjaan, seorang detail oriented juga memiliki kecenderungan untuk mempersiapkan sesuatu dengan baik. Misalnya, ketika akan berlibur, ia akan mempersiapkan kebutuhannya maupun orang-orang yang berlibur dengannya secara matang. Mulai dari menyiapkan keperluan transportasi, penginapan, hingga membuat daftar lokasi yang akan dikunjungi.
  4. Bisa menjadi sosok pemecah masalah. Dengan karakternya yang cenderung memperhatikan detail dan penuh persiapan, seorang detail oriented bisa menjadi pemecah masalah bagi dirinya sendiri maupun orang-orang di sekitarnya.

BACA JUGA: Anak Sulung: Pengertian, Sifat, Fakta & Karakteristiknya

Trivia

Unsplash

Sementara, ada beberapa istilah terkait detail oriented yang perlu Sedulur ketahui. Berikut rangkumannya.

  • Detail oriented skill, adalah kemampuan untuk memberikan perhatian secara mendetail dalam sebuah pekerjaan.
  • Detail oriented person, adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki karakter detail oriented.
  • Big picture, adalah idiom untuk sesuatu atau situasi secara menyeluruh. Big picture juga kerap disebut sebagai karakter yang berkebalikan dengan detail oriented.

Demikian pembahasan mengenai apa itu detail oriented hingga kelebihan dan kekurangan memiliki karakter detail oriented. Dapat dipahami bahwa karakter tersebut bisa membawa dampak baik jika dikelola dengan baik pula. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.