Contoh CV Fresh Graduate

Contoh CV fresh graduate penting untuk diketahui oleh Sedulur yang baru saja menyelesaikan pendidikan. Sebab, CV merupakan salah satu dokumen yang wajib disertakan ketika Sedulur melamar suatu pekerjaan.

Secara sederhana, CV adalah dokumen yang berisikan riwayat hidup seseorang. Umumnya CV akan dikirim kepada perusahaan yang membuka lowongan bersama surat lamaran dan dokumen pendukung lainnya, seperti ijazah dan portofolio. Namun bukan tidak mungkin pula bagi Sedulur untuk melamar pekerjaan hanya dengan mengunggah CV di situs pencari kerja.

Lantas, apa sebenarnya CV itu? serta apa saja informasi yang harus ditulis di dalam CV? Berikut ini Super sudah merangkum penjelasan mengenai pengertian CV serta contoh dan tips membuatnya.

BACA JUGA: Perbedaan Resume & CV: Pengertian, Tujuan & Cara Menyusun

Apa itu CV?

contoh cv fresh graduate
Freepik

Telah diketahui bersama bahwa CV adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup seseorang. CV sendiri merupakan singkatan dari bahasa Latin curriculum vitae, yang memiliki arti perjalanan hidup saya atau jalan hidup.

Sesuai namanya, CV berisikan informasi mengenai riwayat hidup seseorang, mulai dari informasi pribadi seperti tanggal lahir, alamat domisili, dan kontak pribadi yang biasanya berupa nomor ponsel dan alamat email. Di samping itu, CV juga diisi dengan informasi tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dimiliki.

Dalam kaitannya dengan melamar pekerjaan, CV dianggap sebagai dokumen yang dapat memberikan gambaran secara ringkas tentang seorang pelamar. Selain itu, CV juga kerap dijadikan bahan pertimbangan awal bagi rekruter apakah seorang pelamar memiliki kualifikasi yang sesuai dengan lowongan yang dibuka. Apabila sesuai, pelamar akan dihubungi untuk melanjutkan proses rekrutmen.

BACA JUGA: 16 Contoh Tentang Saya di CV yang Profesional & Menarik HRD

Tips membuat CV untuk fresh graduate

contoh cv fresh graduate
Freepik

Sebelumnya sudah disinggung bahwa CV berisikan informasi pribadi hingga riwayat pendidikan dan pengalaman kerja seseorang. Lantas, bagaimana dengan seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja? Apakah artinya CV yang dibuat akan dianggap tidak lengkap?

Dirangkum dari berbagai sumber, bentuk hingga substansi atau isi sebuah CV sebenarnya cukup fleksibel. Artinya Sedulur dapat menyesuaikan isi CV yang dibuat dengan kondisi diri sendiri. Termasuk apabila Sedulur merupakan seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips cara membuat CV untuk fresh graduate.

1. Tulis deskripsi diri secara ringkas

Salah satu komponen yang perlu Sedulur cantumkan dalam CV adalah deskripsi diri yang biasanya diletakkan di sisi atas. Bagian ini berisikan informasi singkat mengenai diri Sedulur termasuk minat hingga prestasi yang pernah dicapai.

Sebagai seorang fresh graduate tanpa pengalaman kerja, Sedulur dapat menuliskan bidang pendidikan yang diambil saat duduk di bangku kuliah serta prestasi yang diperoleh seperti lulus dengan predikat cum laude. Perlu dicatat bahwa penjelasan pada bagian deskripsi diri sebaiknya disampaikan secara singkat, sebab informasi tersebut dapat dipaparkan lebih jelas di bagian berikutnya.

Berikut contoh deskripsi diri untuk fresh graduate.

Merupakan lulusan S1 Sastra Indonesia, Universitas Indonesia dengan predikat cum laude (IPK 3.7). Memiliki ketertarikan pada tata bahasa dengan kemampuan di bidang penulisan dan penyuntingan bahasa.

Selain menuliskan informasi tentang pendidikan formal, Sedulur juga dapat mengisi bagian deskripsi diri dengan karakter yang menjadi kelebihan Sedulur, seperti berikut.

Saya adalah lulusan S1 Matematika murni dengan predikat cum laude (IPK 3,7). Memiliki kemauan yang besar untuk terus berkembang, bertanggung jawab, dan cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.

2. Tulis riwayat pendidikan terakhir

Riwayat pendidikan yang telah Sedulur selesaikan bisa menjadi daya tarik di mata rekruter. Oleh karenanya penting bagi Sedulur untuk mencantumkan informasi tentang riwayat pendidikan. Informasi apa saja yang harus dicantumkan?

Pertama, tentu saja nama jurusan dan perguruan tinggi tempat Sedulur mengenyam pendidikan. Kemudian lengkapi dengan tahun lulus dan IPK yang diperoleh. Perlu dicatat, Sedulur cukup menuliskan riwayat pendidikan terakhir. Selain itu akan lebih baik jika pendidikan yang ditempuh relevan dengan posisi yang dilamar.

3. Pengalaman organisasi dan volunteer

Bagi Sedulur yang merupakan fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, riwayat mengikuti organisasi selama duduk di bangku kuliah bisa menjadi keunggulan. Sebab, pengalaman aktif di organisasi dapat menunjukkan bahwa Sedulur terbiasa bekerja sama dalam tim yang mana hal itu sangat diperlukan dalam dunia kerja. Selain riwayat organisasi, Sedulur juga dapat menuliskan pengalaman mengikuti kegiatan sukarelawan atau volunteer.

4. Jelaskan prestasi dan keterampilan yang dimiliki

Meski belum memiliki pengalaman kerja, bukan berarti Sedulur tidak layak untuk bersaing dengan kandidat lain dalam melamar sebuah pekerjaan. Sebab, masih ada hal lain yang bisa menjadi nilai tambah atau keunggulan untuk Sedulur. Misalnya adalah prestasi yang dicapai selama duduk di bangku kuliah, baik prestasi di bidang akademis seperti peroleh IPK hingga non-akademis. Tentunya akan lebih baik jika prestasi yang diunggulkan masih berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Selain prestasi, Sedulur juga bisa menunjukkan keterampilan yang dimiliki, baik soft skill maupun hard skill. Sedulur juga dapat menyertakan sertifikat sebagai bukti konkret dari skill yang dimiliki.

5. Buat CV dengan format yang mudah dibaca

Pada umumnya tidak ada aturan baku mengenai bagaimana format atau desain dari sebuah CV. Sebab, CV dapat dibuat sesuai dengan kepribadian hingga bidang pekerjaan yang digeluti seseorang. Kendati begitu, ada baiknya Sedulur membuat CV dengan format yang mudah dibaca oleh orang lain. Hal ini dikarenakan tujuan membuat CV adalah untuk menyampaikan informasi tentang riwayat hidup kepada orang lain, misalnya pihak perusahaan yang Sedulur lamar.

Adapun belakangan ini tengah populer CV dengan format ramah ATS. Apa itu?

ATS merupakan singkatan dari applicant tracking system. Sederhananya, ATS adalah sebuah software yang digunakan oleh perusahaan dalam proses rekrutmen karyawan. Software ini akan membantu rekruter memilah CV yang sesuai dengan kualifikasi pada posisi yang membuka lowongan. Dengan demikian, pihak rekruter dapat lebih mudah menemukan kandidat yang dianggap cocok untuk mengisi posisi tersebut.

6. Tetap jujur atas informasi yang diberikan

Tips terakhir yang perlu diperhatikan adalah tetap bersikap jujur dalam menyampaikan informasi pada CV. Saat menulis CV, tentu Sedulur akan berfokus untuk menunjukkan keunggulan atau kelebihan yang dimiliki. Meski begitu, jangan sampai Sedulur berbohong ataupun melebihkan pencapaian yang dimiliki. Sehingga cukup tuliskan prestasi maupun berbagai informasi lainnya secara jujur sesuai dengan kondisi Sedulur.

BACA JUGA: Panduan Membuat CV ATS Friendly agar Lolos Screening HRD

Contoh CV fresh graduate

Setelah menyimak tips membuat CV di atas, kini Sedulur dapat melihat beberapa contoh CV fresh graduate berikut ini. Contoh-contoh berikut bisa menjadi referensi untuk Sedulur membuat CV tanpa pengalaman kerja. Tak hanya itu, Super juga merangkum contoh CV untuk lulusan S1 maupun SMK atau SMA.

1. Contoh CV fresh graduate bahasa Indonesia

contoh CV fresh graduate
Kumparan

2. Contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman desain sederhana

contoh cv fresh graduate
JobStreet

3. Contoh CV fresh graduate S1

contoh CV fresh graduate
Mamikos

4. Contoh CV fresh graduate SMA tanpa pengalaman

Talenta

5. Contoh CV fresh graduate SMA bahasa inggris

99

6. Contoh CV fresh graduate SMK

contoh CV fresh graduate
Mamikos

7. Contoh CV fresh graduate dengan pengalaman magang

Cempaka Putih (Fresh Graduate)

Saya merupakan lulusan jurusan Psikologi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Saya memiliki minat terhadap dunia pendidikan, khususnya psikologi pendidikan. Saya berharap dapat bekerja sesuai bakat dan studi ilmu yang telah saya tempuh di bangku perkuliahan.

Identitas Diri

  • Nama: Cempaka Putih
  • Tempat dan tanggal lahir: Surabaya, 1 Juli 1998
  • Amalat domisili: Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Status: belum menikah
  • Kewarganegaraan: Indonesia

Informasi Kontak

  • Email: cempakaputih@gmail.com
  • Nomor telepon: 081234567890
  • Alamat: Jl. Damai Sejahtera No.45 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pendidikan

  • 2014-2017: SMA Negeri 1 Surabaya
  • 2017-2021: Psikologi – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IPK 3,70)

Pengalaman Organisasi

  • Wakil Ketua Pramuka SMA Negeri 1 Surabaya (2015-2016)
  • Anggota Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2014-2017)
  • Anggota Divisi Sosial Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2017-2018)
  • Ketua Divisi Literasi Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2018-2019)

Pengalaman Magang

  • Relawan Konseling di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta(2017)
  • Guru Honorer di SMP Negeri 1 Yogyakarta (2018)

Prestasi

  • Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tema Psikologi Klinis di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (2019)

Hobi

  • Membaca
  • Menulis
  • Bercerita

Kemampuan Dasar

  • Curriousity
  • Communication skill
  • Critical thinking
  • Problem solving

8. Contoh CV fresh graduate bahasa Inggris

Resume Genius

9. Contoh CV fresh graduate bahasa Inggris tanpa pengalaman

 

 

contoh CV fresh graduate
Resume Genius

Contoh CV fresh graduate bahasa Inggris dalam versi teks:

RESUME OBJECTIVE

Recent college graduate with a degree in Political Science. Designed and led a state-wide polling project in New York to gauge public opinion on tort reform. Seeking to leverage 3.8 GPA and data analysis expertise to obtain the political research assistant position at Win Blue.

EDUCATION

Bachelor of Arts in Political Science / GPA: 3.8

New York University, New York City, Graduated 2020

  • Relevant Coursework: International Politics, Economics, Public Polling, Data Analysis, Electoral Process
  • Honors: magna cum laude

RELEVANT EXPERIENCE

THE ELECTION PROCESS AND PUBLIC OPINION

Senior Seminar, NYU  /  October 2019 – May 2020

  • Developed a thesis proposal for a statewide public opinion poll on tort reform.
  • Awarded a $1,000 grant to expand and execute my polling research.
  • Formulated a series of 10 questions designed to reduce bias.
  • Polled over 1,000 New York residents, reaching the threshold for statistical significance.
  • Organized the resulting data and presented my findings to the NYU Political Science department.

VOLUNTEER

Tom Suozzi for Congress, New York, NY  /  May 2018 – November 2018

  • Made and distributed campaign materials to supporters.
  • Helped lead get out the vote efforts in local neighborhoods, knocking on over 800 doors.
  • Wrote scripts for other campaign volunteers to follow when phone banking.
  • Excelled in a fast-paced, demanding environment.

SKILLS

  • Problem Solving
  • Adaptability
  • Collaboration
  • Time Management
  • Critical Thinking
  • Interpersonal Skills
  • Leadership

LANGUAGES

  • Native: English
  • Fluent: Spanish
  • Proficient: Farsi

AWARDS

  • Dean’s List: NYU / Last 3 Semesters
  • Tau Sigma Honors Society: NYU / 2019

10. Contoh CV ATS friendly

contoh cv fresh graduate
CakeResume

BACA JUGA: Apa itu Digital Nomad? Berikut Penjelasan dan Tipsnya

Rekomendasi situs pembuat CV gratis

Daily Social

Saat ini telah tersedia berbagai situs yang menyediakan layanan untuk membuat CV secara mudah dan gratis. Ditambah, ada beragam template yang bisa Sedulur pilih sesuai kebutuhan maupun selera. Berikut adalah daftar situs pembuat CV yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Canva

Situs pembuat CV yang pertama adalah Canva. Website yang juga tersedia dalam belum aplikasi ini dikenal sebagai platform desain oleh berbagai kalangan. Pasalnya ada beragam elemen desain maupun template yang dapat dipilih secara gratis, termasuk template untuk membuat CV. Di sisi lain Canva juga memiliki versi premium dengan cara berlangganan untuk dapat mengakses seluruh template dana elemen desain tanpa adanya tanda air atau watermark.

2. ConnectCV

ConnectCV merupakan salah satu website pembuat CV yang banyak direkomendasikan. Sebab, situs ini menyediakan berbagai fitur hingga contoh yang dapat menjadi referensi bagi Sedulur dalam membuat CV. Tak berhenti sampai di situ, website ini juga bisa menjadi panduan bagi Sedulur yang masih pemula dalam hal pembuatan CV. Sebab akan ada petunjuk mengenai apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam membuat CV.

3. Cuuveed

Situs pembuat CV gratis selanjutnya adalah Cuuveed. Selain dapat dimanfaatkan untuk membuat CV, situs ini memiliki kelebihan yaitu terintegrasi atau terhubung dengan aplikasi media sosial pengembangan karier, LinkedIn. Tak hanya itu, Cuuveed juga terhubung dengan situs pencari kerja, Karir.com.

4. Novoresume

Novoresume juga bisa menjadi pilihan Sedulur dalam membuat curriculum vitae alias CV. Di samping menyediakan berbagai template yang bisa dipilih, Novoresume juga dilengkapi oleh fitur Live Content Feedback. Fitur ini akan memeriksa kekurangan seperti kelengkapan identitas dari CV yang Sedulur buat. Tak hanya itu, CV Sedulur juga akan mendapat tanggapan langsung dari pakar untuk memeriksa kelayakannya sebagai dokumen melamar pekerjaan.

5. CV Maker

Rekomendasi situs pembuat CV berikutnya adalah CV Maker. Situs ini menawarkan pembuatan CV yang mudah dan praktis. Sedulur cukup mengisi formulir dengan informasi diri untuk membuat CV pada situs CV Maker. Selanjutnya pilih desain yang diinginkan dan CV telah siap untuk diunduh. 

Di samping menawarkan desain CV yang simple dan ATS friendly, CV Maker juga memiliki fitur untuk mengunduh CV dalam berbagai format. Mulai dari PDF, HTML, hingga TXT yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Sedulur.

BACA JUGA: Template CV Menarik yang Disukai HRD dan Cara Membuatnya

Tips mengirim CV untuk melamar pekerjaan

 
Freepik

Setelah selesai membuat curriculum vitae atau CV, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mengirimkan CV tersebut untuk melamar pekerjaan. Saat ini, Sedulur tidak perlu repot-repot mengirimkan berkas lamaran dalam bentuk fisik melalui kantor pos. Sebab banyak perusahaan yang kini beralih ke sistem online atau daring dalam pelaksanaan proses rekrutmen.

Adapun Sedulur dapat mengirim CV untuk melamar pekerjaan melalui posel atau email. Berikut langkah-langkahnya.

1. Siapkan dokumen pendukung lainnya

Telah disampaikan sebelumnya, CV merupakan salah satu dokumen yang wajib disertakan ketika melamar pekerjaan. Selain CV, perusahaan juga mensyaratkan untuk melampirkan dokumen lain, antara lain surat lamaran kerja, ijazah, serta portofolio. Ada baiknya Sedulur sudah menyiapkan dokumen-dokumen tersebut sebelum membuat email lamaran kerja. Di samping itu, perhatikan juga jenis file yang disyaratkan mengingat dokumen tersebut akan dikirimkan dalam bentuk softfile.

2. Beri file CV dan dokumen lain dengan benar

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika mengirimkan CV melalui email adalah nama file. Perlu diingat bahwa email lamaran pekerjaan termasuk dalam email resmi atau profesional. Untuk itu Sedulur juga harus menyiapkannya secara profesional, termasuk dalam hal pemberian nama file. Sedulur dapat memberikan nama file menggunakan nama Sedulur disertai judul file, yakni CV. Sehingga dapat dituliskan “(nama Sedulur) – CV.” Aturan serupa juga bisa Sedulur terapkan untuk menamai file lain yang disertakan dalam email lamaran kerja.

3. Isi subject email sesuai ketentuan

Selain nama file, subject email juga perlu untuk diperhatikan. Biasanya, perusahaan memberikan format penulisan subjek email untuk lamaran kerja. Jika demikian, Sedulur dapat mengikuti format tersebut.

Namun apabila perusahaan yang akan dilamar tidak menyertakan informasi mengenai format subjek email lamaran, Sedulur dapat menuliskan keterangan berupa “Lamaran_Posisi yang dilamar_Nama lengkap.” Sebagai catatan, jangan membiarkan subjek email kosong. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa Sedulur tidak bersikap profesional dalam menyampaikan lamaran pekerjaan.

4. Isi badan email

Badan email juga perlu menjadi perhatian ketika mengirim lamaran pekerjaan melalui email. Jika Sedulur memiliki kebiasaan mengirim file melalui email tanpa menulis badan email, ada baiknya kebiasaan tersebut mulai diubah. Sebab membiarkan badan email tetap kosong akan memberikan kesan bahwa Sedulur asal-asalan ketika melamar pekerjaan.

Adapun isi badan email tidak perlu panjang seperti surat lamaran. Cukup sampaikan salam pembuka, informasi singkat tentang identitas diri, dan alasan melamar posisi tersebut. Selain itu beri informasi mengenai berkas atau dokumen apa saja yang dilampirkan pada email.

5. Perhatikan ukuran dan jenis file

Sebelumnya telah disinggung bahwa Sedulur perlu memperhatikan jenis file dari dokumen yang dikirim melalui email. Jika tidak ada ketentuan dari perusahaan yang dilamar, Sedulur dapat mengatur jenis file yang dikirim dalam bentuk Portable Document Format atau PDF. Ini merupakan format file yang paling umum digunakan dalam dunia profesional. Sebab isi file tidak akan berubah ketika dibuka di perangkat lain.

Di samping memperhatikan jenis file, jangan lupa perhatikan pula ukuran file yang dikirim. Untuk memudahkan proses unggah dan nantinya diunduh oleh pihak rekruter, usahakan ukuran file tidak lebih dari 1 MB. Sebab, jika ukuran file terlalu besar akan membuat proses unggah maupun unduh memakan waktu yang cukup lama atau malah gagal.

6. Kirim email lamaran kerja di pagi hari

Meski terlihat sepele, waktu pengiriman email lamaran kerja juga dapat mempengaruhi bagaimana kelanjutan lamaran yang Sedulur kirim. Dikutip dari Zip Job via CNN Indonesia, umumnya HRD akan memeriksa email sebelum jam makan siang. Untuk itu ada baiknya Sedulur mengirim email lamaran kerja pada pagi hari atau sebelum jam makan siang. Hal itu dapat memperbesar peluang email Sedulur dibuka oleh HRD.

Demikian tadi pembahasan mengenai contoh curriculum vitae atau CV fresh graduate beserta tips membuat dan mengirim CV untuk melamar pekerjaan. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.