Apa saja sih bidang pekerjaan paling diminati di perusahaan startup saat ini? Di tengah perkembangan teknologi dan digital saat ini, tentu turut mempengaruhi ketersediaan lapangan kerja. Ditambah lagi, banyak startup yang kini membuka lowongan pekerjaan yang mungkin belum pernah Sedulur dengar sebelumnya.

Bagi Sedulur fresh graduate dan tengah mencari pekerjaan, tentu saja Sedulur harus tahu apa saja bidang pekerjaan paling diminati oleh startup saat ini. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita mulai pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Skill Perusahaan yang Wajib Dimiliki di Perusahaan Startup

1. Web Developer

pekerjaan paling diminati
AECC Global

Bidang pekerjaan yang paling diminati pertama adalah web developer. Web developer sendiri merupakan seorang programmer yang dapat membuat program dan aplikasi untuk web. Profesi ini merupakan salah satu yang penting bagi sebuah startup. Pasalnya, startup harus membangun dan mengembangkan bisnisnya melalui teknologi, dan hal tersebut dapat dilakukan oleh web developer.

-->

2. Data Scientist & Data Analyst

Plat.AI

Bidang pekerjaan yang paling diminati kedua adalah berkaitan dengan pengelolaan data visual. Profesi yang berkaitan dengan hal ini yaitu profesi yang dikenal dengan nama data scientist dan data analyst. Pekerjaan ini akan meningkatkan keterampilan visualisasi data, bersama dengan matematika dasar, probabilitas dan keterampilan statistik.

3. Mobile Developer

pekerjaan paling diminati
Mobile Apps

Selain web developer, bidang pekerjaan paling diminati yaitu mobile developer. Pekerjaan ini muncul seiring dengan banyaknya startup yang hadir memberikan layanan menggunakan aplikasi mobile (smartphone). Oleh karena itu, banyak startup yang membutuhkan jasa dari para mobile developer. Profesi ini berkaitan dengan perubahan dan penambahan fitur baru dalam aplikasi.

4. Sales & Business Development

Zoom on Sales

Selain berkaitan dengan teknologi, startup juga membutuhkan orang-orang yang mengerti dalam bidang bisnis, terutama dalam menyiapkan strategi bisnis. Pada titik ini, bidang sales & business development sangat dicari oleh startup. Bidang ini bertanggung jawab terkait target dan strategi bisnis jangka panjang sebuah startup.

BACA JUGA: 5 Tips Sukses Agar Lolos Wawancara Kerja

5. Marketing & Public Relation

pekerjaan paling diminati
Zip Recruiter

Setiap orang yang ahli dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan startup. Terutama terkait dengan pemasaran produk. Oleh karena itu, bidang marketing & public relation sangat dibutuhkan untuk memasarkan produk hingga membuat campaign yang dapat menarik hati para pelanggan.

Nah itulah tadi beberapa bidang pekerjaan paling diminati yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan startup saat ini. Apakah salah satu bidang di atas ada yang Sedulur kuasai?