doa untuk anak sholeh

Anak sholeh dan sholehah merupakan idaman semua orang tua yang memeluk agama Islam. Maka dari itu, dalam Islam telah diajarkan beberapa doa untuk anak sholeh. Semua orang tua yang sudah menikah dan dikaruniai keturunan, tentunya ingin anaknya dapat bermanfaat bagi keluarga, agama, dan lingkungan sekitarnya.

Terlebih lagi, di dalam ajaran Islam ketika kedua orang tua masih di dunia ataupun sudah tiada, sang anak menjadi penyebab pahala mereka mengalir melalui doa dan amalannya. Seperti yang diungkapkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau doa anak yang shalih.” (HR. Muslim, No. 1631).

Kalau begitu, apa-apa saja doa untuk anak sholeh dan sholehah? Berikut merupakan beberapa doa yang sudah dirangkum untuk Sedulur dari beberapa sumber terpercaya.

BACA JUGA: Doa Sebelum Tidur & Bangun Tidur Beserta Artinya

1. Doa untuk anak sholeh dan sholehah

doa untuk anak laki-laki agar sholeh
Depositphotos

Doa untuk anak laki-laki agar sholeh dan perempuan yang sholehah adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqaha fiddiin mubarokan hayatuhum fid dunya wal akhirah.

Arti dari do’a untuk anak sholeh rumaysho tersebut adalah: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, orang-orang yang hafal Al Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

2. Doa agar anak selalu dilindungi Allah Ta’ala

do'a untuk anak sholeh rumaysho
Depositphotos

Setiap orang tua tentunya berharap buah hatinya selalu dalam perlindungan Allah Ta’ala. Berikut merupakan lafal doanya.

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzukuma bikalimaatillahit taammati min kulli syaithoniw wahaammatiw wamin kulli ‘ainil laammah.

Arti dari doa untuk anak sholeh tersebut adalah “Aku memohon perlindungan baginya (sebut nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk,” (HR. Abu Daud, No. 3371, dishahihkan Al Albani, diriwayatkan oleh Bukhari dan Tirmidzi)

BACA JUGA: 5 Doa untuk Anak Sakit, Amalkan untuk Kesembuhan Si Kecil

3. Doa agar anak selalu diberkahi Allah Ta’ala

doa untuk anak sholeh dalam al qur'an
Depositphotos

Di bawah ini adalah doa untuk anak sholeh  Arab yang dapat orang tua ucapkan di setiap ibadah.

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa barik lana fiihim fid dunya wal akhiroh.

Arti dari doa untuk anak sholeh tersebut adalah: “Ya Allah, perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jemaah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak keturunan kami, harta-harta kami, dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Engkau berikan kepada kami, dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

4. Doa agar anak berbakti kepada kedua orang tua

doa anak sholeh robbi habli
Depositphotos

Berbakti kepada kedua orang tua dengan sepenuh hati adalah kewajiban dari seorang anak. Untuk doa yang dapat dilafalkan orang tua adalah sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma barik li fi auladi, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqni birrohum.

Arti dari doa untuk anak sholeh tersebut adalah “Ya Allah, berilah keberkahan untuk hamba, pada anak-anak hamba, dan janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

BACA JUGA: 8 Bacaan Doa Agar Hati Tenang dari Gelisah & Gundah Gulana

5. Doa agar anak menjadi cerdas

cerdas
Depositphotos

Anak yang pintar dan cerdas tentunya menjadi dambaan ayah dan ibu, selain pribadi anak yang sholeh dan sholehah. Sebagai orang tua, Sedulur dapat mengucapkan doa di bawah ini.

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la’ quluuba aulad inaa nuuron wa hikmatan wa ahlihim liqobuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Arti dari doa untuk anak sholeh dan pintar tersebut adalah “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hambaMu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka juga perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

6. Doa agar anak senantiasa beriman dan bertakwa

beriman dan bertakwa
Depositphotos

Keimanan yang teguh dan juga ketakwaan kepada Allah Ta’ala merupakan beberapa bekal kesuksesan dunia serta akhirat bagi si buah hati. Sedulur dapat melafalkan doa berikut.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Robbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrota a’yun waj ‘alna lil muttaqiina imama.

Arti dari doa untuk anak sholeh dalam Al Qur’an tersebut adalah “Ya Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqon:74).

BACA JUGA: Niat & Doa Sebelum Wudhu Lengkap dengan Arab, Latin & Arti

7. Doa agar anak memiliki pemahaman agama yang lurus

doa untuk anak sholeh dan pintar
Depositphotos

Cita-cita kedua orang tua salah satunya adalah memiliki anak dengan pemahaman agama Islam yang benar dan lurus sesuai Al Qur’an dan Sunnah. Di bawah ini adalah doa yang dapat dipanjatkan untuk si buah hati tercinta.

الّلهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

Allahumma faqqihu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila.

Arti dari doa untuk anak sholeh tersebut adalah “Ya Allah, berikanlah kepahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil.” (HR. Bukhari)

8. Doa Nabi Ibrahim AS untuk anaknya

Doa Nabi Ibrahim AS
Depositphotos

Tokoh keagamaan Muhammad Abduh Tuasikal, M.Sc sering memberikan ilmu-ilmu parenting yang sesuai dengan syariat agama Islam. Salah satunya adalah doa untuk anak sholeh menurut Rumaysho berikut ini yang berasal dari Nabi Ibrahim alaihis salam.

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

Rabbij’alni muqimas sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a.

Arti dari doa untuk anak sholeh tersebut adalah “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim:40)

BACA JUGA: Doa Tahajud Lengkap dengan Arab, Latin & Terjemahannya

9. Doa Nabi Zakariya AS untuk anaknya

Nabi Zakariya AS
Depositphotos

Nabi Zakariya alaihis salam pernah mengucap doa berikut untuk anaknya.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa.

Arti dari doa anak sholeh robbi habli tersebut adalah “Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (QS. Ali Imran:38)

10. Doa supaya keluarga diberi keselamatan dunia dan akhirat

doa keselamatan dunia dan akhirat
Depositphotos

Selain doa untuk anak, orang tua juga sudah sepatutnya memanjatkan doa memohon keselamatan dunia dan akhirat bagi seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali. Berikut adalah lafal doa yang dapat diucapkan.

لَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى

Allahumma inni as-alukal ‘afwa wal ‘afiyah fid dunya wal akhiroh. Allahumma inni as-alukal ‘afwa wal ‘afiyah fii diinii wa dun-yaaya wa ahli wa maali. Allahummas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii.

Arti dari doa untuk keselamatan dunia dan akhirat keluarga tersebut adalah “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga, dan hartaku. Ya Allah, tutuplah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut.”

Itu tadi merupakan 10 doa untuk anak sholeh dan sholehah yang bisa menjadi doa sehari-hari. Doa tersebut dapat dilafalkan setelah shalat, zikir, atau kapan pun saat Sedulur membutuhkannya. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat yang baik.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!