Doa tahajud

Selain menjalankan kewajiban sholat lima waktu, umat Islam juga disunnahkan untuk melakukan sholat tahajud. Sholat ini sebenarnya tidak wajib, namun jika dikerjakan akan mendapat pahala yang luar biasa. Ada banyak khasiat jika seseorang menjalankan sholat ini, seperti dimudahkan dalam segala urusan dan rezekinya hingga segala  impiannya dapat terkabulkan. Supaya ibadah ini semakin mabrur, maka Sedulur juga harus memahami doa tahajud itu sendiri.

Doa tahajud dipanjatkan setelah sholat atau ketika sedang menjalankan sholat ini. Tahajud umumnya dilaksanakan pada sepertiga malam, dan diwaktu itu Sedulur dapat memanjatkan doa apa yang sedang diinginkan. Sebab, menurut hadist waktu tersebut merupakan waktu paling mustajab dalam agama Islam.

Penasaran dengan doa tahajud latin dan artinya, yuk simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini Sedulur.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Tahajud: Waktu, Niat, Bacaan & Doanya

Bacaan niat doa sholat tahajud

doa tahajud
Saintif

Sebelum mengawali sholat tahajud, maka Sedulur harus membaca terlebih dahulu bacaan niat dalam menjalankan sholat ini. Berikut adalah bacaan niat yang Sedulur harus tahu.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Aku niat shalat sunah tahajjud dua raka’at karena Allah ta’ala.”

Perlu diketahui bahwa bacaan niat sholat ini dibaca saat hendak menjalankan takbiratul ihram. Kemudian hukum membacanya pun sunnah dan tidak wajib.

Tata cara menjalankan sholat tahajud

doa tahajud
Detik

Setelah tahu bagaimana niat dari sholat tahajud, maka selanjutnya mengetahui beberapa tahapan dalam menjalankan sholat ini. Diketahui bahwa sholat ini tidak dibatasi berapa jumlah rakaatnya. Namun, berdasarkan hadist dari Rasullulah SAW, tidak pernah mengajarkan sholat dengan jumlah 11 rakaat atau 13 rakaat. Yuk simak dan pahami penjelasan lengkapnya.

  • Membaca niat sholat.
  • Melakukan takbiratul ihram ( disertai dengan niat di dalam hati).
  • Berdiri jika mampu.
  • Membaca surat pendek seperti Al Fatihah ( namun akan lebih baik membaca doa iftitah terlebih dahulu) baru kemudian bacalah surat atau ayat tertentu.
  • Melakukan rukuk dengan thumaninah.
  • Melakukan I’tidal disertai dengan thumaninah.
  • Melakukan sujud dua kali dengan thumaninah.
  • Kemudian duduk di antara dua sujud dengan thumaninah.
  • Melakukan duduk tasyahud akhir.
  • Membaca doa saat tasyaud atau tahiyyat akhir di duduk akhir.
  • Baca sholawat saat duduk akhir.
  • Mengucapkan salam.
  • Tertib.

Doa tahajud latin dan artinya

ibadah sunnah
Surya Malang

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : “Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya.  Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Sebelum menjalankan sholat tahajud, Sedulur diwajibkan dahulu tidur beberapa saat. Baru kemudian dapat bangun di antara pukul 03.00 WIB s/d 03.30 WIB. Pada waktu tersebut, Sedulur dapat mengerjakan sholat tahajud dibarengi dengan membaca doa sholat tahajud ringkas di atas.

BACA JUGA: Ketentuan Waktu Sholat Tahajud dengan Tata Cara & Doanya

Doa tahajud rumasyo

doa tahajud
Detik

Penjelasan mengenai sholat tahajud sebagai sholat sunnah dan biasa dikerjakan saat malam hari, juga memiliki penjelasan sama dengan laman berita islami Rumasyo. Dalam laman Rumasyo dijelaskan bahwa jumlah rakaat sholat ini tidak lebih dari 11 sampai 13 rakaat.

Dzikir dan doa sesudah sholat tahajud

Sholat malam
Republika

Apabila Sedulur sudah usai menjalankan sholat sunnah tersebut, maka bisa dilanjutkan dengan membaca dzikir. Adapun bacaan yang perlu dibaca oleh Sedulur meliputi:

  • Pertama membaca istigfar.
  • Kedua membaca tasbih dengan mengucapkan Subhanallah.
  • Membaca doa Alhamdulilah.
  • Membaca kalimat Allahu Akbar.
  • Membaca kalimat Laa Illaaha illallah
  • Baru dilanjutkan dengan membaca sholawat nabi.
  • Membaca juga surat pendek seperti Al-Ikhlas.
  • Membaca surat Al-Falaq.
  • Membaca surat pendek lain seperti An- Nas.
  • Membaca surat Al -Fatihah.

Doa setelah tahajud

doa tahajud
NU Online

Berikut adalah bacaan doa tahajud arab dan latin seusai membaca dzikir.

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa’dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa’atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a’lantu, wa ma anta a’lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Bacaan doa tahajud dan witir

doa tahajud
Liputan 6

Sholat witir dan sholat tahajud merupakan sholat malam serta sunnah hukumnya dilaksanakan. Umumnya kedua sholat ini dikerjakan pada waktu sepertiga awal malam hari sampai dengan sepertiga akhir malam. Kedua sholat ini mempunyai keutamaan yaitu kebaikan dan apat meningkatkan derajat lebih tinggi. Hal ini sudah disampaikan pada Qur’an Surat Al Isra : 79. Berikut ini bunyinya:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.”

“Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Bacaan doa sholat witir

Istimewa

Sholat witir dan sholat tahajud merupakan sholat malam dan sunnah dikerjakan. Namun banyak anggapan bahwa sholat witir dikerjakan setelah sholat tahajud. Witir merupakan sholat sunnah muakkadah dann jumlahnya selalu ganjil (1,3,5,9 dan 11) dan menjadi penutup sholat sunnah seseorang pada waktu sehari semalam.

Dalam hadist riwayat Muslim  dijelaskan, bahwa sholat ini sangat baik dikerjakan.

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman,

Wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.”

Artinya:

“Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus,

Kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami,

Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Sementara itu, Said bin ‘Ali bin Wahf al-Qahtjani dalam Ensiklopedia Shalat menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah (2006: 450) juga menjelaskan bahwa barang siapa mengerjakan salat pada malam hari maka hendaklah dia menjadikan salat terakhirnya sebagai witir (sebelum Subuh) karena sesungguhnya Rasulullah SAW telah memerintahkan hal tersebut.

Demikian ulasan mengenai doa sholat tahajud yang wajib diketahui. Sedulur menjalankan sholat tahajud dan witir hukumnya sunnah, namun buat Sedulur yang menjalankannya akan mendapat nikmat dan rezeki melimpah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!