doa untuk anak sakit

Sehat merupakan nikmat dari Allah yang sangat luar biasa. Sebagai orang tua, tentu akan merasa cemas dan khawatir jika sang buah hati sedang menderita sakit. Banyak yang dilakukan orang tua demi kesembuhan sang anak. Rasulullah SAW mengajarkan doa untuk anak sakit dalam Islam supaya cepat sembuh dan kembali beraktivitas normal.

Berikut ini doa untuk anak sakit Rumaysho yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yang dapat Sedulur amalkan. Bakal bermanfaat apabila sudah kamu hafalkan di luar kepala.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik yang Aman & Nyaman

1. Doa saat ada keluarga yang sakit

doa untuk anak sakit dalam islam
Pixabay

Doa yang dipanjatkan Rasulullah ketika ada keluarganya yang sakit menjadi doa yang banyak dibaca dan diamalkan untuk kaum Muslim. Berikut lafal doanya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit, kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR. Bukhari)

Doa kesembuhan untuk anak perempuan dan laki-laki yang pertama adalah doa yang dipanjatkan Nabi Muhammad SAW untuk keluarganya yang sedang sakit.

Dalam sebuah riwayat Rasulullah membaca doa untuk anak sakit yang artinya:

“Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lahkesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya keculai Kau,” (Imam An-Nawawi, Al Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah,1971 M/ 1391]).

2. Doa untuk anak sakit muntah

doa untuk anak sakit muntah
lampung.inews.id

Saat anak sedang sakit, terutama sakit muntah, tentu membuat orang tua cemas. Selain harus pergi ke dokter untuk menghindari keadaan yang mungkin akan semakn parah, Sedulur juga dapat membaca doa.

Doa yang dianjurkan ketika anak sedang mengalami muntah yaitu membaca surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali.  Surat Al-fatihah merupakan surat pertama dalam Al-qur’an yang memiliki banyak sekali fadhilah, dan salah satunya adalah memberi manfaat untuk memberi kesembuhan pada orang yang sakit.

Jika anak sakit muntah, bacalah Al-fatihah sebanyak tuhug jaki dihadapan anak, sembari menyentuh bagian perut. Atau juga dapat dilakukan dengan membaca Al-Fatihah 7 kali kemudian tiupkan pada gelas yang berisi air. Setelah itu anak yang sakit diminta untu meminum air yang sudah didoakan tadi secara perlahan sampai habis.

Doa kesembuhan untuk anak laki-laki dan perempuan yang mengalami sakit muntah pun sama. Meski tidak diterangkan secara jelas dalam kitab, akan tetapi banyak para ulama dan kyai yang melakukan hal tersebut.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Kursi Makan Bayi yang Nyaman & Aman

3. Doa untuk anak sakit kepala

sakit kepala
fimela.com

Banyak faktor yang menyebabkan anak sakit kepala, salah satunya karena kurang istirahat karena terlalu asyik bermain. Solusinya adalah memberi makanan yang bergizi seimbang dan tidak lupa selalu berdoa untuk kesembuhan si kecil. Doa yang diajarkan Rasulullah saat anak mengalami sakit kepala yaitu:

Bismillahil kabiril ‘adzim wa a’uzubillahil ‘adzimi min syarri ‘irqin na’arin wa min syarri harrin nar.

Doa tersebut berasal dari Hadist Imam Tirmizi dari Ibnu Abbas. Dalam riwayatnya ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا مِنَ الأَوْجَاعِ كُلِّهَا ، وَمَنَ الْحُمَّى هَذَا الدُّعَاءَ : بِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ ، أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ، وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Riwayat hadist tersebut dapat Sedulur temukan dalam kitab Ibnu Sunni dari sahabat Ibnu Abbas RA. Hal yang sama juga dikutip oleh Imam An-Nawawi:

روينا في كتاب ابن السني عن ابن عباس رضي الله عنهما، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعلمهم من الأوجاع كلها، ومن الحمى أن
يقول بسم الله الكبير، نعوذ بالله العظيم من شر عرق نعار ومن شر حر النار

“Diriwayatkan kepada kami di kitab Ibnu Sunni dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah mengajari mereka terkait (penyembuhan) segala penyakit, dari demam dengan membaca ‘Bismillāhil kabīri, a‘ūdzu billāhil ‘azhīmi min syarri kulli ‘irqin na‘ārin wa min syarri harrin nāri,’”.

Imam An-Nawani juga menganjurkan orang-orang yang sedang mengalami sakit ringan dapat membeca surat-surat pendek di dalam Alquran, seperti  Surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan juga An-Nas. Setelah itu bisa meniupkan kedua tangan dan diusapkan pada seluruh bagian tubuh, khususnya bagi mereka yang sedang sakit.

4. Doa untuk anak sakit demam

demam
fimela.com

Saat si kecil mengalami demam, selain berikhtiar untuk kesembuhannya, Sedulur juga dapat membacakan doa untuk anak yang sedang demam. Berikut doanya

Bismillahil Kabiri. Naudzu billahil adhiimiim syarri irqin na aarin wa min syarri harrin naari.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Dengan nama Allah yang besar. Saya berlindung kepada Allah yang maha Ahung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan kejahatan panas api neraka.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Masker Anak Terbaik yang Aman & Nyaman

5. Doa ruqyah mengobati tubuh yang sakit

ruqyah
Pixabay

Salah satu doa yang dapat diamalkan saat ada anggota tubuh yang sakit  adalah dengan membaca doa ruqyah sederhana. Doa ini dapat diamalkan untuk sakit keseleo, sakit gigi dan demam. Bacalah tersebut sambari memegang bagia tubuh yang sedang sakit:

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ (7×)

Bismillah (3 x)

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7 x)

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai] (HR. Muslim no. 2202).

Hadist di atas berasal dari cerita ‘Utsman bin Abu Al-Asy’ash Ats-Tsaqafi mengadukan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ada sesuatu yang sakit di tubuhnya sejak dahulu ia masuk Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan doa di atas, sambil memerintah dengan meletakkan tangan di bagian yang sakit pada badannya.

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa disunnahkan meletakkan tangan di bagian yang sakit lalu membaca doa sebagaimana yang disebutkan. (Syarh Shahih Muslim, 14: 169).

Itulah rangkuman doa untuk anak sakit yang diajarkan oleh nabi Muhammad Saw. Selain doa, juga harus dibarengi dengan ikhtiar untuk kesembuhan si Kecil. Dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan agat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!