doa sebelum tidur

Dalam ajaran Islam, terdapat banyak doa yang dianjurkan untuk dilafalkan sebelum beraktivitas, seperti doa sebelum tidur dan doa sesudah bangun tidur. Kegiatan tidur merupakan salah satu jenis istirahat yang terbaik bagi tubuh kita. Setiap hari kita memerlukan setidaknya 8 jam waktu tidur agar istirahat kita berkualitas.

Tidur diibaratkan seperti “mati sejenak” dalam ajaran agama Islam. Hal memang masuk akal, karena kita tidak memiliki kesadaran untuk mengontrol tubuh dan lingkungan sekitar pada saat tertidur. 

Maka dari itu, disarankan untuk membaca doa sebelum tidur agar tidur kita dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Doa bangun tidur pun perlu juga untuk dilafalkan sebagai wujud syukur kita kepada Allah Taala.

Di bawah ini adalah ulasan singkat mengenai doa sebelum tidur dan bangun tidur dalam Islam.

BACA JUGA: Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid Arab, Latin & Terjemahan

Doa sebelum tidur dan artinya

doa sebelum tidur
Depositphotos

Dalam ajaran agama Islam, terdapat sebuah doa yang baik diamalkan ketika kita hendak tidur. Sebagai umat Muslim yang taat, tentunya kita tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melafalkan doa tersebut. Sesuai dengan hadis berikut:

Dari Hudzaifah dan Abu Dzarr bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila akan beranjak tidur, beliau mengucapkan, “Bismika Allahumma ahyaa wa amuut (Dengan nama-Mu Ya Allah, aku hidup dan aku mati).” (HR. Bukhari, No. 6314 dan Muslim, No. 2711)

BACA JUGA: Ternyata Ini Doa Mustajab Meluluhkan Hati Seseorang & Artinya

1. Doa sebelum tidur Arab dan latin

Mengutip dari tulisan Muhammad Abduh Tuasikal, M.Sc, terdapat beberapa lafal doa sebelum tidur menurut Rumaysho. Namun, di bawah ini merupakan satu lafal doa yang paling umum dibaca ketika hendak tidur.

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

Bismika Allahumma amuutu wa ahyaa (HR. Bukhari, No. 6324)

2. Artinya

Arti dari Bismika Allahumma amuutu wa ahyaa adalah “Dengan nama-Mu Ya Allah, aku mati dan aku hidup.”

Imam Nawawi menyebutkan bahwa tidurnya seorang manusia adalah layaknya mati. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk tidak pernah lupa membaca doa di atas karena tidak ada yang tahu apa yang selanjutnya terjadi kepada diri kita setelah tidur.

BACA JUGA: 8 Bacaan Doa Agar Hati Tenang dari Gelisah & Gundah Gulana

Doa sesudah bangun tidur dan artinya

doa sebelum tidur
Depositphotos

Membaca doa sesudah bangun tidur menjadi pembuka amalan baik kita di pagi hari dan juga sebelum beraktivitas. Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, membaca doa sesudah bangun tidur merupakan wujud syukur seseorang terhadap berkah Allah Taala. Seperti penjelasan dari Badaruddin Al ‘Aini di bawah ini:

“Hendaklah seseorang yang telah bangun di pagi hari berusaha mensyukuri nikmat tersebut dengan melaksanakan shalat Shubuh. Itulah bentuk syukurnya pada Allah atas nikmat hidup yang Allah beri serta nikmat dikembalikannya ruh padanya.”

1. Doa sesudah bangun tidur dalam Arab dan latin

Di bawah ini merupakan versi tulisan Arab dan latin dari lafal doa sesudah bangun tidur.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdulillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur (HR. Bukhari, No. 6325)

2. Artinya

Arti dari Alhamdulillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur adalah “Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.”

Imam Bukhari menjelaskan bahwa bacaan doa yang diucapkan pada pagi hari setelah bangun tersebut merupakan pembuka amalan kita dan menunjukkan bahwa sedari pagi kita sudah mengingat nama Allah serta bersyukur kepadanya. Sama halnya pada saat sebelum tidur, kita membaca doa yang mengisyaratkan bahwa kita telah berserah diri sepenuhnya kepada Allah Taala di dalam tidur.

BACA JUGA: Doa Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT untuk Dibaca Setiap Saat

Keutamaan dari doa sebelum tidur dan bangun tidur

Depositphotos

Layaknya lafal-lafal doa yang lain dalam agama Islam, doa sebelum tidur dan doa sesudah bangun tidur memiliki keutamaannya masing-masing. Berikut merupakan penjelasan singkatnya.

BACA JUGA: Niat & Doa Sebelum Wudhu Lengkap dengan Arab, Latin & Arti

1. Manfaat doa sebelum tidur

Pada saat tidur, seseorang tentunya tidak memiliki kesadaran atas apa yang terjadi terhadap tubuhnya atau lingkungan sekitar. Ia tentunya membutuhkan pertolongan dan juga perlindungan dari Allah Taala agar terhindar dari mimpi buruk dan juga tetap bisa bangun di keesokan harinya. 

Oleh karena itu, sebagai Muslim yang taat, sudah seharusnya kita selalu ingat untuk berdoa dan berdzikir memuji Allah sebelum rasa kantuk tiba. Membaca doa sebelum tidur juga dapat menghindarkan seseorang dari perbuatan maksiat saat sudah berada di kasur.

Seperti yang tertera dalam hadis diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah berikut:

“Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan,’ sedangkan setan membisikan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan keburukan.’ Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.” (HR. Ibnu Hibban, No. 5533)

2. Manfaat doa sesudah bangun tidur

Sesudah bangun tidur, seorang Muslim yang baik tentunya tidak akan lupa untuk bersyukur kepada Allah Taala karena telah dibangunkan dari tidurnya dan diberikan kesempatan untuk membuka mata serta menjalani aktivitas sehari-hari. Selalu melafalkan doa sesudah bangun tidur juga dapat melatih seseorang untuk membiasakan kegiatan positif yang membawa pahala di pagi hari.

Itulah ulasan singkat mengenai doa sebelum tidur, doa sesudah bangun tidur, beserta arti dan manfaatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan meningkatkan kebiasaan baik untuk berdoa dan berdzikir sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!