doa sebelum wudhu

Wudhu adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan sebelum menunaikan ibadah shalat. Gunanya menyucikan diri dari segala najis kecil dan hal lain yang bisa membatalkan shalat, seperti sisa makanan dan minuman di mulut. Tentunya ada tata cara dan adab yang harus ditaati saat berwudhu. 

Salah satunya membasuh bagian tubuh yang disayaratkan sesuai dengan urutan yang sudah ditentukan. Termasuk membaca doa sebelum wudhu sesuai sunnah. Apa saja adab-adab berwudhu, bacaan doa serta apa hukumnya? 

BACA JUGA: 6 Rukun Wudhu Wajib Sebagai Syarat Sah Sholat & Tata Caranya!

1. Kapan seseorang diwajibkan berwudhu? 

Pexels

Wudhu adalah kegiatan menyucikan diri dari hadas kecil guna melakukan suatu ibadah tertentu, misal memegang Quran dan melaksanakan sholat. Namun, ada pula beberapa hal yang ternyata wajib didahului atau bahkan disudahi dengan wudhu. Apa saja? 

-->
  • Setelah mengusung jenazah dan menghadiri pemakaman 
  • Setelah berhubungan intim
  • Usai menyentuh pasien penyakit menular 
  • Sebelum shalat, tawaf, dan menyentuh serta membaca Al Quran 
  • Wudhu juga bisa diambil ketika kita emosi atau marah, menjelang tidur, usai muntah, dan sebelum mandi.

2. Syarat wudhu dianggap sah

Pexels
  • Sebelum melakukan ibadah wudhu, Sedulur perlu tahu beberapa syarat berikut agar wudhu dianggap sah dan tidak sia-sia. 
  • Tidak sedang berhadas besar seperti haid dan nifas 
  • Sudah bisa membedakan mana baik dan buruk, itulah mengapa anak-anak dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tidak termasuk. 
  • Menggunakan air bersih, bila terpaksa bisa menggunakan debu yang bersih 
  • Tidak ada penghalang air masuk ke permukaan kulit seperti tato atau tinta, riasan waterproof, cat kuku, dan getah. 
  • Mengetahui mana yang wajib dan sunnah dalam wudhu

3. Doa sebelum wudhu dan artinya 

doa sebelum wudhu
Pexels

Berikut bacaan doa sebelum wudhu dan lafal latinnya. 

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًاِللهِ تَعَالَى

Nawaitu wudua lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’alaa

Artinya: “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardu karena Allah semata.”

BACA JUGA: Istinja: Ketahui Adab, Niat, dan Tata Caranya Sesuai dengan Syariat

4. Urutan gerakan wudhu 

doa sebelum wudhu
Pexels

Setelah membaca doa sebelum wudhu, Sedulur bisa langsung melakukan wudhu dengan urutan sebagai berikut. 

  • Cuci kedua telapak dan punggung tangan sampai ke pergelangan 
  • Berkumur 
  • Membersihkan lubang hidung dengan memasukkan air dan mengeluarkannya dari lubang hidung
  • Membasuh wajah, mulai dari ujung tumbuhnya rambut hingga bawah dagu 
  • Membasuh kedua tangan sampai siku 
  • Menyapu sebagian rambut di kepala 
  • Membersihkan daun telinga kanan dan kiri 
  • Mencuci kedua telapak dan punggung kaki hingga mata kaki  

5. Doa setelah wudhu

doa sebelum wudhu
Pexels

Berikut bacaan doa setelah wudhu pendek yang bisa Sedulur baca setelah melakukan gerakan wudhu di atas secara komplit. 

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaahah illallaah wahdahuu laa syariika lahuu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rosuuluh. Allaahummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathahhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiin.

Artinya: Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah yang esa, tiada sekutu bagiNya. Dan saya bersaksi Nabi Muhammad adalah utusanNya. Ya Allah, jadikanlah saya orang yang ahli bertaubat dan jadikanlah saya orang yang suci, dan sertakan saya dalam golongan hamba-hambaMu yang sholeh. 

6. Gerakan wajib wudhu 

doa sebelum wudhu
Pexels

Meskipun urutan yang diajarkan seperti itu, sebenarnya Sedulur bisa melakukan gerakan wajib saja. Seperti yang disebutkan dalam situs NU Online menurut buku Safinatun Naja karya Syekh Salim bin Sumari Al Hadhrami, hanya ada enam kewajiban dalam wudhu, yaitu. 

  • Membaca basmallah dan niat
  • Membasuh muka 
  • Membasuh kedua tangan sampai siku 
  • Mengusap sebagian kepala dan rambut 
  • Membersihkan kedua kaki sampai mata kaki 
  • Tertib atau urut 

Selebihnya dianggap gerakan sunnah. Beberapa juga dianggap makruh saat bulan puasa, terutama bila terkait dengan memasukkan air ke mulut dan lubang hidung yang berpotensi membatalkan puasa. Sunnah lainnya termasuk mengulang setiap gerakan sebanyak 3 kali dan mendahulukan tangan kanan. 

BACA JUGA: 15 Hal yang Membatalkan Wudhu Lengkap Dengan Hadistnya

7. Hal yang membatalkan wudhu 

Pexels

Meski sudah dilaksanakan sesuai rukunnya, wudhu bisa saja batal bila terjadi hal berikut. 

  • Keluarnya sesuatu dari dubur atau qubul selain sperma, seperti darah haid, air seni, kentut, ataupun feses.
  • Hilangnya kesadaran karena tertidur maupun mengalami gangguan jiwa. 
  • Bersentuhan sengaja maupun tidak sengaja dengan orang yang bukan muhrim dan sama-sama sudah baligh. 
  • Menyentuh kemaluan dengan jari atau tangan. 

8. Hukum doa sebelum wudhu

doa sebelum wudhu
Pexels

Hukum berwudhu adalah wajib sebelum memulai sholat. Ini sesuai denagn firman Allah dalam surat Al Maidah ayat 6 yang berbunyi demikian. 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang beriman, apabila kamu hendak mengerjalan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai suku, dan sapulah kepalamu dan kakimu sampai kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air, atau menyentuh perempuan (orang yang bukan muhrim), maka jika kamu tidak memperolah air, maka bertayamumlah dengan debu yang bersih (suci), usaplah wajah dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkanmu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-nikmatNya bagimu, agar kamu bersyukur. 

Ayat tersebut adalah dasar hukum yang menyatakan bahwa wudhu adalah kewajiban. Di dalamnya, Allah juga menyertakan tata cara wudhu lewat gerakan wajib sesuai yang sudah dibahas di poin sebelumnya. Namun, dari ayat tersebut tidak ditemukan kewajiban membaca doa wudhu, baik sebelum dan sesudahnya. Ini yang membuat para ulama memastikan bahwa hukum doa sebelum wudhu dan sesudahnya adalah sunnah. 

Doa sebelum wudhu bahasa Arab dan artinya sudah Sedulur baca, nih. Semoga bisa makin menyempurnakan ibadahmu sehari-hari. Silakan baca niatnya sebelum melaksanakan urutan wudhu yang benar berdasarkan pendapat para ahli yang disarikan dari firman Allah langsung. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!