doa malam pertama

Sebagai pengantin baru, malam pertama menjadi momen yang sangat ditunggu. Akan tetapi, saat ingin melakukan hubungan suami istri, alangkah lebih baik untuk melafalkan doa malam pertama terlebih dahulu supaya diberikan keberkahan dan keturunan yang baik nantinya.

Doa yang dibaca saat akan melakukan hubungan intim juga akan mendatangkan rahmat dari Allah SWT dan terhindar dari godaan setan. Berikut ini adalah doa malam pertama dalam Islam dan beberapa amalan sunnah yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukan “ritual ibadah” untuk kali pertama.

BACA JUGA : 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

1. Memohon keberkahan

doa malam pertama sesuai sunnah
iStock

Doa malam pertama sunnah untuk dibaca adalah meminta keberkahan atas istri. Ketika melafalkan doa ini, suami disarankan untuk meletakkan tangannya di atas ubun-ubun sang istri.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih

Artinya: “Sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Kau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelakan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”

Doa tersebut bertujuan meminta keberkahan dari Allah SWT. Kamu juga berharap sang suami dapat menerima segala kekurangan yang Allah SWT telah tetapkan kepada istrinya. Sehingga pernikahan tersebut menjadi berkah dan langgeng. 

2. Salat sunnah dua rakaat

doa malam pertama dalam islam
Detiknews.com

Salah satu sunnah yang sebaiknya dilakukan sebelum menikmati malam pertama adalah melaksanakan shalat sunah dua rakaat. Habib ‘Alwi Ibn Syihabuddin menerangkan dalam Hadiyah al-‘Arus bahwa:

Suatu ketika ada seorang laki-laki datang kepada Sahabat Abdullah bin Mas’ud. Laki-laki itu kemudian berkata, “Aku baru saja menikahi seorang perempuan perawan. Tapi, aku takut dia tidak mencintaiku.”

Mendengar ucapan tersebut, Sahabat Abdullah bin Mas’ud kemudian berkata, “Sesungguhnya kasih sayang itu dari Allah SWT dan kebencian dari setan. Setan membenci apa yang dihalalkan oleh Allah SWT. Jika istri dipertemukan denganmu, maka suruhlah dia berada di belakangmu, lalu sholatlah dua rakaat.”

Selain itu, Ummu Salamah, istri Rasulullah SAW juga pernah mengatakan, seorang istri yang baru menikah tidak akan melakukan bulan madu di malam pertama sebelum sholat dua rakaat. Maka, istri dibawa ke masjid dan dia melaksanakan sholat sunah dua rakaat.

Setelah melaksanakan shalat sunah dua rakaat, selanjutnya adalah mendoakan kebaikan istri. Doa malam pertama menikah seperti meminta keberkahan dalam pernikahan. Berikut lafal doanya:

Bismillahirrahmanirrahim. Allohumma baarik lii fii ahlii, wa baarik lahum fiyya. Allohummarzuqnii minhum, warzuqhum minni. Allahummajma’ baynanaa maa jama’ta ila khoirin, wa farriq baynanaa idza farroqta ilaa khoirin.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku dan istriku, serta berkahilah mereka dengan sebab aku. Ya Allah, berikanlah rizki kepadaku lantaran mereka, dan berikanlah rizki kepada mereka lantaran aku. Ya Allah, satukanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan dan pisahkanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan.”  (HR. ‘Abdurrazzaq dalam Al-Mushannaf, 6: 191, no. 10460, 10461).

Salat sunnah dua rakaat ini tidak hanya dilakukan saat malam pertama. Akan tetapi dapat dilakukan setiap kali akan berhubungan suami istri supaya Allah segera memberi keturunan yang baik.

BACA JUGA : 20 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Aman & Ampuh

3. Membaca basmallah

sunnah
pixabay

Mungkin masih banyak pengantin baru yang belum hafal tentang doa sunah malam pertama. Jika belum menghafalnya, Sedulur cukup menggantinya dengan membaca basmallah sebelum melakukan hubungan suami istri. Meski hanya membaca bismillah, jangan lupa berdoa untuk keberkahan dalam pernikahan dan diberi keturunan yang soleh dan solehah.

4. Doa malam pertama dan artinya sebelum berhubungan

artinya
pixabay

Setelah melaksanakan amalan yang sudah disebutkan di atas, pasangan suami istri yang sah boleh melakukan hibungan intim. Akan tetapi sebelum melakukanya, hendaklah membca doa malam pertama sesuai sunnah terlebih dahulu.

Doa ini sebaiknya selalu dibaca setiap akan melakukan hubungan suami istri agar selalu terhindar dari gangguan setan dan selalu mendapat keberkahan dari Allah. Berikut doa malam pertama Bahasa Arab:

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

BACA JUGA : 19 Sifat Sifat Malaikat yang Patut untuk Diteladani Manusia

5. Doa mengeluarkan air mani

doa malam pertama bahasa arab
Headtopics.com

Mungkin kebanyakan orang belum mengetahui doa ini. Saat mengeluarkan mani, terdapat doa yang sebaiknya dibaca dengan tujuan agar diberi keberkahan serta mempunyai keturunan yang baik. Berikut bacaannya:

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

Allahummaj’al nuthfatna dzurriyyatan thayyibah.

Artinya: “Ya Allah kadilanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh).

6. Doa setelah selesai berhubungan

Doa setelah selesai berhubungan
islampos.com

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

Alhamdu lillaahi dzdzii khalaqa minal maa i basyaraa.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan).”

Itulah rangkuman dari doa malam pertama yang perlu diketahui oleh para Sedulur.  Menjadi malam yang ditunggu-tunggu oleh pasangan baru, namun kamu perlu tahu bahwa sebelum melakukan hubungan dalam Islam dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu.

Selain itu, adab sebelum melakukan hubungan suami istri adalah melakukan salat sunah dua rakaat. Kemudian berdoalah kepada Allah SWT dan suami mendoakan keberkahan atas istri dan suami juga perlu berdoa agar Allah melapangkannya atas kekuarangan yang Allah tetapkan atas istrinya.

Jika belum hafal doa malam pertama sunah, tidak perlu khawatir. Sedulur dapat menggantinya hanya dengan melafalkan bismillah sebelum melakukan hubungan. Akan tetapi alangkah baiknya jika kamu dapat menghafal doa malam pertama seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!