ciri ciri orang mau meninggal

Secara medis, terdapat kondisi yang menjadi ciri ciri orang mau meninggal. Namun, seakurat apapun hasil menurut medis, kematian tetap saja misteri. Adapaun ciri yang dimaksud merupakan sebuah gejala yang dapat dipertanggungjawabkan secara medis dan berdasarkan penelitian yang dilakukan.

Ada beberapa ciri ciri orang mau meninggal berdasarkan penuturan medis. Namun, sekali lagi bahwa kematian tidak bisa ditebak secara pasti. Tanda di bawah ini hanya gejala, bukan sebuah kepastian itu sendiri.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Jenazah Pria dan Wanita Lengkap, Beserta Doa!

1. Aliran darah melambat

ciri orang mau meninggal
Freepik.com

Ciri ciri orang mau meninggal perta adalah akan mengalami aliran darah yang melambat. Akibat dari itu akan muncul beberapa gejala seperti kulit akan muncul bintik-bintik dan mengalami perubahan warna. Selain itu juga suhu tubuh akan mengalami penurunan.

Tubuh yang sehat dan normal akan memiliki aliran darah yang normal. Gejala melambatnya aliran darah juga bisa terjadi akibat beberapa penyakit. Biasanya penyakit yang berkaitan dengan kerja jantung. Karena aliran darah yang ada dalam tubuh merupakan tanggung jawab kerja jantung itu sendiri.

2. Menurunnya aliran darah di serebal otak

Menurunnya aliran darah di serebal otak
Freepik.com

Akibat dari menurun dan melambatnya aliran darah bisa menyebabkan ciri orang mau meninggal selanjutnya di area serebral otak. Akibat dari hal ini, timbul beberapa gejala seperti tingkat kesadaran yang akan menurun dan kesulitan berpikir.

Bukan hanya itu, hal yang akan dialami juga seperti mengalami kebingungan dan linglung atau disorientasi. Biasanya kondisi ini juga akan sering dialami oleh manula. Bagi yang memiliki manula, Sedulur bisa menyarankan untuk lebih sering beristirahat dan sambil terus mengontrol kondisinya secara berkala.

BACA JUGA: Bacan Doa Sapu Jagat Lengkap, Keutamaannya & Waktu Membacanya

3. Penurunan output jantung dan volume cairan dalam

ciri ciri orang mau meninggal tanpa sakit
Freepik.com

Dalam pandangan medis, ciri ciri orang mau meninggal tanpa sakit telah mengalami penurunan output jantung dan volume cairan dalam tubuh. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah takikardia atau kondisi detak jantung di atas normal meskipun saat keadaan istirahat.

Orang normal akan memiliki detak jantung 60-100 kali per menit. Namun, orang yang mengalami takikardia akan memiliki detak jantung lebih dari 100 detak per menitnya. Hal ini sangat melelahkan dan bisa menjadi penyebab seseorang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah yang mengakibatkan kegagalan organ.

4. Penurunan fungsi pada sistem kemih

Kelainain saluran kemih
klikdokter.com

Selanjutnya adalah ciri-ciri orang mau meninggal saat sakit adalah penurunan fungsi pada sistem kemih. ada kondisi ini, seseorang mungkin akan mengalami inkontinensia urine atau mengompol. Sedulur perlu menjaga orang terdekat kita agar tetap bersih dan kering.

Pakaikan popok untuk menghindari penggantian celana yang terlalu sering yang mungkin membuatnya tidak nyaman. Karena sistem kemih mengalami gangguan, maka menggunakan popok bisa jadi solusi untuk memudahkan kita sebagai orang terdekat. Sekali lagi, ciri-ciri ini merupakan kesimpulan secara medis, bukan sebuah kepastian. Karena kematian adalah sebuah misteri yang tidak akan bisa diketahui oleh kita sebagai manusia.

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Teman Meninggal, Pertanda Baik atau Buruk?

5. Perubahan selera makan

ciri-ciri orang mau meninggal saat sakit
hellosehat.com

Salah satu kondusi yang menjadi tanda tanda kematian adalah perubahan selera makan. Hal ini disebabkan oleh kondisi seseorang yang hendak mengalami kematian tidak mempunyai selera makan. Berkaitan dengan menurunnya fungsi organ vital dalam tubuh. Berikut ini beberapa gejala perubahan selera makan, yaitu:

  • Tidak mau makan: Kondisi ini bisanya disebabkan karena seseorang tersebut mengalami sakit keras. Ketika sedang sakit, seseorang akan tidak berselera makan. Hal ini juga akan berdampak pada menurunnya berat badan dan terjadinya dehidrasi pada tubuh
  • Mengalami kesulitan makan: Selain tidak mau makan, kondisi yang dihadapi adalah kesulitan makan. Kesulitan yang dihadapi seperti tersendak, kesulitan menelan, dan batuk-batuk saat makan. Jika kondisi ini terjadi, bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan lunak dan makanan yang berkuah agar mudah untuk dicerna

6. Perubahan pada kulit

perubahan pada kulit
liputan6.com

Kita mungkin akan menyadari aura orang yang akan meninggal akan semakin melemah. Hal tersebut juga dapat dilihat dari perubahan warna pada kulit. Perubahan pertama yang terjadi adalah akan muncil bintik-bintik pada kulit dan perubahan warna kulit itu sendiri. Hal ini dipicu karena terjadinya aliran darah yang melambat.

Selain itu, perubahan pada kulit yang terjadi lainnya adalah luka dekubitus. Ini adalah kondisi nyeri yang muncul pada tubuh akibat tekanan yang terlalu besar yang terjadi pada satu area tertentu. Bintik-bintik yang muncul tersebut merupakan tonjolan tulang dan hal ini adalah gejala luka dekubitus.

Meringankan tekanan pada luka dengan memiringkan tubuh pasien bisa menjadi solusi. Jika orang tercinta Sedulur mengalami peningkatan rasa sakit atau ketidaknyamanan dengan perubahan posisi, Sedulur bisa menanyakan padanya posisi mana yang membuatnya nyaman. Hal ini merupakan gejala medis bagi setiap orang yang akan berpulang, bukan merupakan kepastian bahwa seseraong tersebut akan meninggal.

BACA JUGA: 13 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Pertanda apa?

7. Gangguan sistem pernapasan

ciri-ciri orang mau meninggal menurut al quran
klikdokter.com

Tanda tanda orang mau meninggal selanjutnya adalah adanya gangguan pernapasan. Merupakan serangkaian kejadian dari menurunnya organ vital dalam tubuh. Sistem pernapasan merupakan salah satu bagian organ vital. Menjelang kematian, akan terjadi adanya retensi sekret pada faring atau saluran pernafasan bagian atas.

Seseorang yang menghadapi waktu kematiannya akan sering mengalami sesak nafas dan akan mengalami cheyne-stokes respirations. Cheyne-stokes respirations merupakan pola pernapasan yang sangat tidak teratur, biasanya kondisi akan berlangsung antara 30 detik hingga 2 menit.

8. Lebih sering tidur

lebih sering tidur
freepik.com

Tanda seorang yang hendak mendinggal akan sering tidur. Bahkan ketika orang meninggal sudah mendekati waktunya, akan memiliki waktu tidur dengan durasi yang sangat lama. Hal ini juga bersamaan dengan kehilangan nafsu makan. Perasaan yang tidak jelas dan kendati banyak kegiatan pun yang dipilh adalah berisitirahat tertidur dengan waktu yang sangat lama. Kondisi ini terjadi akibat perubahan fisik yang dialami oleh orang yang hendak meninggal.

BACA JUGA: 14 Arti Mimpi Bertemu Mantan Pacar, Pertanda Apa Itu? Simak!

9. Menurunnya kondisi kesehatan

tanda tanda kematian
health.detik.com

Ciri-ciri orang mau meninggal menurut Al Quran adalah adanya penurunan kondisi kesehatan. Setiap orang pernah memiliki penurunan kondisi kesehatan, namun berbeda dengan orang yang hendak meninggal. Tubuh akan merasa menggigil dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Namun kembali lagi, siapa yang bisa mengetahui kematian seseorang? Hanya Tuhan yang mempunyai kehendak atas itu. Ciri-ciri ini pun diketahui dan disadari ketika seseorang tersebut telah meninggal. Kita sebagai manusia dan hamba-Nya hanya perlu menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sesuai dengan arahannya.

10. Tidak ingin bersosialisasi

tidak ingin bersosialisasi
klikdokter.com

Ciri ciri orang mau meninggal selanjutnya adalah kehilangan gairah untuk berkegiatan sosial. Kehilangan nafsu makan dan kegiatan diisi hanya dengan tidur mendukung seseorang yang hendak memasuki waktu berpulang untuk tidak bergairah untuk berkegiatan sosial.

Malas berinteraksi dengan orang-orang, terutama orang asing yang bukan berasal dari lingkungan tetanggan dan lingkungan keluarga. Kondisi ini juga disebabkan oleh kondisi fisik yang kian melemah tanpa disadari, serta terjadi terut peneurunan energi yang terjadi menjelang kematian.

BACA JUGA: 20+ Makna Mimpi Menggendong Bayi Paling Lengkap & Akurat

11. Penurunan suhu tubuh

aura orang yang akan meninggal
ibupedia.com

Selain terjadinya perubahan warna kulit, ciri ciri orang mau meninggal juga akan terjadi penurunan suhu tubuh yang drastis. Ternyata kondisi ini juga berkaitan dengan penurunan nafsu makan, meningkatnya durasi tidur dan juga malas beraktivitas sosial. Akibat itu, suhu tubuh akan menurun drastis.

Secara medis, hal ini dapat dilihat dari aliran darah yang tidak tersalurkan dengan normal, hanya foksu pada bagian-bagian vital saja. Secara perlahan kemampuan untuk mengalirkan darah terus berkurang, hingga kemudian pada akhirnya akan meninggal. Oleh karena itu, wajar belaka jika terjadi penurunan suhu tubuh yang drastis.

12. Kesulitan berpikir

kesulitan berpikir
lemonilo.com

Ciri ciri orang mau meninggal terakhir adalah kesulitan berpikir. Hal ini berkaitan dengan penjelasan pada poin kedua, menurunnya pasokan darah ke otak. Kondisi tersebut secara otomatis dapat membuat kesulitan berpikir dan mengingat akan sesuatu. Meskipun otak masih bekerja, namun fungsinya menurun dengan drastis.

Sekian penjelasan terkait ciri ciri orang mau meninggal, meskipun memang tidak ada yang dapat mengetahui dengan pasti waktu kematian seseorang. Namun ciri-ciri di atas dapat dimaknai sebagai sebuah gejala meskipun pada akhirnya memang tidak ada seseorang pun yang dapat mengetahui dengan pasti waktu kematiannya. Tidak terkecuali siapapun, karena kamatian merupakan sebuah misteri abadi di kehidupan ini.