Doa sapu jagat merupakan bacaan kebaikan yang mencakup permohonan untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Bahkan Sedulur, doa dunia akhirat ini mampu menjadi lafal yang sering banyak dibaca oleh Nabi Muhammad SAW.

Memanjatkan doa kepada Allah SWT adalah salah satu kebiasaan baik yang harus dijaga. Hal Ini juga merupakan cara dalam menunjukkan keimanan dan kepercayaan, dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta supaya mendapatkan kehidupan yang lancar serta berkah.

Selain doa kebaikan dunia dan akhirat, doa ini juga mampu memantapkan hati seseorang dalam melangkah untuk mengambil keputusan. Berharap bahwa kemuliaan dan kebaikan dari Allah SWT akan bersifat tanazzalul atau berkesinambungan.

Nah berkaitan tentang doa sapu jagat, berikut ulasan lengkap dari tim Aplikasi Super terkait manfaat membaca doa ini.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Jenazah Pria dan Wanita Lengkap, Beserta Doa!

1. Doa sapu jagat beserta artinya

doa sapu jagat
pexels

Tahukah Sedulur, Doa sapu jagat memiliki bacaan yang pendek dan familiar di telinga umat muslim. Selain dibaca setelah menunaikan sholat, doa sapu jagat bisa diamalkan kapan saja dan di mana saja. Disebut doa sapu jagat,  karena di dalam doa ini terkandung nilai-nilai kebaikan yang dapat diambil. Kebaikan tersebut antara lain kesehatan, rezeki, keberuntungan, keamanan dan keridhoan.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar

 Arti doa sapu jagat

“Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.”

Amalan doa ini adalah amalan yang paling banyak dibaca oleh Rasulullah SAW. Bukan hanya menambah pahala, bisa istiqomah menjaga kebiasaan membaca doa ini, diyakini akan meningkatkan keimanan dan dekat dengan Allah.

“Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allāhumma, ātinā fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar.” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain dari hadis, doa sapu jagat dikutip dari ayat yang diambil dari kitab suci Alquran, berikut ini:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: Dan di antara mereka ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Al-Baqarah Ayat 201)

2. Asal-usul doa sapu jagat

doa sapu jagat
pexels

Ternyata asal-usul nama sapu jagat itu sendiri dibuat oleh masyarakat muslim di Indonesia. Secara bahasa artinya mencakup seluruh dunia (jagat) dan akhirat yang  sesuai dengan isi kandungan doanya.  

Mengutip  Imam AS Suyuti di dalam bukunya Asbabun Nuzul menjelaskan : Sebab-sebab turunnya ayat  Al Quran,  sebab diturunkan Surat  Al Baqarah ayat 201 bermula  dari orang-orang jahiliyah saat melakukan wukuf di musim  haji. Seusai menyelesaikan wukuf, mereka selalu membanggakan kebaikan nenek moyang mereka. Seperti saat membagika makanan, meringankan beban dan sebagainya.

Lalu, mereka juga memanjatkan doa dan hanya berfokus pada permintaan di dunia. Maka sebab itu, Allah SWT menurunkan sebuah surat Al-Baqarah ayat 200-201, sebagai panduan untuk umat manusia dalam memanjatkan doa dan berdzikir saat melakukan wukuf di mekah.

BACA JUGA: Tata Cara dan Bacaan Sholat 5 Waktu untuk Edukasi Anak

3. Waktu mustajab membaca doa sapu jagat

doa sapu jagat
pexels

Ternyata ada waktu-waktu tertentu untuk membaca doa ini. Doa sapu jagat memang bisa dilafalkan di mana saja dan kapan saja. Akan tetapi, ada sejumlah waktu yang dipercaya sangat mustajab untuk menyampaikan permohonan kepada Allah SWT. Berikut adalah waktu yang anjurkan untuk membaca doa ini.

Antara Adzan dan Iqomah

Waktu yang pertama adalah, setelah membaca doa sesudah mendengarkan Adzan, Sedulur bisa melantunkan doa sapu jagat ini. Memohonlah kepada Allah SWT supaya mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat, supaya tetap berada dalam lindungan Nya

Setelah sholat fardhu

Sedulur wajib tahu, setelah menunaikan sholat fardhu atau wajib, alangkah baiknya untuk segera meminta dalam doa. Termasuk memanjatkan doa sapu jagat untuk keselamatan dunia dan akhirat.

Setelah sholat sunnah di Sepertiga Malam

Selanjutnya, Sedulur wajib tahu bahwa usai menunaikan sholat sunnah dianjurkan untuk memanjatkan doa. Walau begitu, doa  di sepertiga malam adalah waktu yang mustajab.

Usai mengerjakan sholat malam seperti sholat tahajud, sholat hajat dn  sholat sunnah lainnya. Waktu ini bisa dimulai antara pukul 01.00 dini hari sampai dengan waktu memasuki subuh.

Malam lailatul qodar

Di malam ini, seluruh umat islam berlomba-lomba mencari amal kebaikan pada 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan.  

Nah, diwaktu ini pulalah, kita bisa melakukan i’tikaf di masjid, berzikir, dan bertadarus. Tentu untuk keselamatan dunia dan aakhiran dengan doa ini.

Malam ke-23 Bulan Ramadhan

Terakhir adalah malam ke-23 bulan ramadhan. Seperti kita ketahui, bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Saat memasuki bulan ini, seluruh muslim di dunia mengerjakan puasa wajib. Lalu, untuk malam ke-23 Ramadhan, diyakini banyak orang memberikan banyak keberkahan yang diberikan oleh Allah kepada umatnya.

4. Keutamaan membaca doa sapu jagat

pexels

Banyak sekali keutamaan yang didapat setelah membaca doa sapu jagat. Maka dari itu, perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja keutamannya, yuk simak ulasan berikut ini.

  • Doa yang disukai Rasullulah SAW

Ternyata bacaan doa sapu sagat merupakan doa paling pendek dan paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini sudah tertuang ke dalam hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik disebutkan sebelumnya.

  • Memohon kebaikan di dunia

Dengan membaca doa ini, maka seorang muslim akan terlindungi dari segala macam bentuk keburukan di dunia. Memohon kebaikan Tuhan, sama artinya dengan mengharapkan bahwa hidup yang dialui benar-benar sesuai dengan ketetapan, walaupun dipenuhi segala cobaan.

  • Memohon kebaikan di akhirat

Setiap manusia pada akhirnya memohon kepada allah agar senantiasa selalu diberikan kebaikan di akhirat. Setelah kematian ada kehidupan baru di akhirat. Bacaan doa sapu jagat ini menjadi sebuah harapan dan permohonan, supaya mendapatan kehidupan yang baik di akhir besok.

  • Perlindungan dari panas api neraka

Melalui sebuah doa ini, kita memanjatkan permohonan perlindungan. Sekaligus memohon ampunan kepada Allah, atas segala kesalahan dan juga kekhilafan selama hidup di dunia. Meski demikian, doa ini tetap harus diiringi dengan perbuatan yang dapat mendatangkan pahala.

Demikianlah beberapa kebaikan dan keutamaan dari doa sapu jagat yang bisa Sedulur pahami dan pelajari. Sebagai seorang muslim yang taat, ada baiknya untuk mengetahui doa ini untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.