Bonsai adalah tanaman hias yang dilakukan dengan mengerdilkan pohon. Tidak ada yang diubah atau dimodifikasi pada sebuah pohon, kecuali ukurannya. Layaknya miniatur, seindah apapun pohonnya, jika dibuat dalam ukuran mini akan bisa disimpan di rumah. Inilah mengapa banyak orang yang tertarik untuk memelihara tanaman cantik ini untuk menghiasi rumah.

Membuat tanaman hias yang satu ini tentunya membutuhkan usaha yang tidak mudah. Maka tak heran apabila harganya bisa melejit. Banyak tanaman yang bisa dikerdilkan dan nilai jualnya pun  beragam. Dari mulai bonsai mahoni, tanaman yang sering kita jumpai hingga tanaman lain yang jarang ditemukan di Indonesia. Nah, berikut ini kita bahas macam-macamnya.

BACA JUGA: Ini Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias, Bisa Jadi Peluang Usaha!

1. Bonsai Beringin

1. Bonsai Beringin
rumahpedia

Apakah Sedulur pernah melihat ukuran pohon beringin asli? Ukuran beringin sangat besar hingga bisa dua kali lipat dari ukuran rumah. Dengan ukurannya yang besar itu, pengerdilan pun dilakukan melalui proses yang panjang. Salah satu prosesnya adalah dengan membentuk batang menjadi sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Pohon beringin sendiri memiliki banyak jenis. Salah satu jenis beringin yang cocok dijadikan tanaman hias adalah ficus microcarpa. Adapun jenis beringin apapun tipenya, termasuk ke dalam jajaran pohon yang populer dikoleksi oleh orang-orang. Harganya bisa mencapai 1 miliar rupiah dan merupakan salah satu jenis bonsai termahal.

2. Sargent Juniper

2. Sargent Juniper
limone

Berikutnya masih tergolong ke dalam tanaman mahal. Ia dikenal sebagai tanaman hasil karya seorang seniman asal Jepang bernama Masahiko Kimura. Bukan tanpa alasan, harga yang melabeli pohon ini salah satunya berasal dari umurnya yang sudah begitu tua, yakni mencapai 250 tahun. Harga jenis tanaman ini ditaksir sekitar US$ 350 ribu atau sekitar Rp 4,9 miliar.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Indigofera: Jenis, Manfaat & Budidayanya

3. Bonsai Serut

3. Bonsai Serut
jejakpiknik

Pohon serut biasanya dapat dijumpai di kawasan Asia Tenggara. Karakter tanaman yang berasal dari pohon serut memiliki karakteristik yang unik. Pada periode tertentu, daun-daunnya bisa berguguran. Kemudian, tunas-tunas baru tumbuh selayaknya pohon aslinya.

Terdapat sebuah batang pada jenis tanaman serut. Batang tersebut membentuk banyak cabang dan ranting. Beberapa batang dibiarkan tumbuh lurus, ada pula yang sengaja dibuat meliuk dan memutar.

4. Bonsai Kelapa

4. bonsai kelapa
kompas

Tidak ketinggalan, pohon yang batangnya menjulang tinggi ini juga bisa loh dibuat menjadi tanaman hias. Jenis-jenisnya banyak, seperti kelapa gading merah, kelapa gading susu, hingga kelapa albino. Cara membuat dan perawatannya perlu diperhatikan karena cukup sulit. Misalnya mereka membutuhkan air yang banyak pada saat kemarau agar tidak kekeringan.

BACA JUGA: Kenali Tanaman Porang, Manfaat & Cara Budidaya Untuk Bisnis

5. Anting Putri

5. anting putri
jurnal asia

Sedulur familiar dengan jenis tanaman melati anting? Jika iya, maka yang satu ini adalah nama lain dari tanaman tersebut. Tanaman ini berasal dari China. Warna bunganya adalah putih dan sangat indah. Keindahannya menjadikan anting putri dijadikan tanaman hias. Biasanya, spesies yang banyak digunakan adalah wrightia religiosa.

6. Bonsai Loa

6. bonsai loa
flickr

Nama latin tanaman ini adalah Ficus Racemosa. Pohon ini sering ditemukan di wilayah Asia Tenggara, Australia, dan Asia Selatan. Sedulur akan lebih mudah menemukannya di rawa, sungai, atau hutan tropis. Pohon ini seringkali memenangkan kejuaraan apabila diikutsertakan dalam kompetisi tanaman hias. Citranya yang paling dominan adalah pohon tua yang kuat.

BACA JUGA: 15+ Tanaman Hias Daun yang Hits & Cocok Untuk Pemula

7. Asam Londo

7. asam londo
mommyasia

Asam Londo atau dikenal juga sebagai Asam Belanda. Di kondisi normal, pohon ini dikenal sebagai tumbuhan peneduh. Kemudian Asam Londo dibuat menjadi tanaman hias karena pertumbuhan batang dan cabangnya yang tidak beraturan. Hal itu yang kemudian memunculkan keindahan pada pohon ini.  Jenis ini juga mudah dirawat dibanding pohon lainnya.

8. Bonsai Waru

8. bonsai waru
bonsaikita

Salah satu jenis bonsai liar yang bisa Sedulur dapatkan adalah terbuat dari pohon waru. Banyak pohon waru yang dikerdilkan untuk dijadikan tanaman hias. Namun, pohon waru lokal sering dibandingkan dengan yang berasal dari luar negeri. Infonya, waru yang berasal dari Brazil memiliki penampilan yang lebih indah dibanding pohon lokal yang daunnya besar.

BACA JUGA: 16 Macam Tanaman Indoor, Bikin Rumahmu Semakin Nyaman!

9. Bonsai Soka

9. bonsai soka
bibitonline

Soka atau Asoka adalah tanaman yang memiliki banyak spesies. Tanaman ini merupakan lambang pengusir kesedihan karena memiliki arti bebas, sedih, kedukaan. Daun-daunnya kecil dan bunganya berwarna-warni. Selain disebabkan oleh keindahannya, Asoka banyak dirawat karena merupakan salah satu tumbuhan yang kuat ditempatkan di berbagai kondisi.

10. Bonsai Cemara

10. bonsai cemara
bonsaikita

Tumbuhan selanjutnya yang sering sekali dijadikan tanaman hias adalah cemara. Kemampuan adaptasi Pohon Cemara sudah tidak perlu diragukan lagi karena ia mampu bertahan di lingkungan basa maupun asam. Daunnya yang kecil, memanjang, berwarna hijau keabu-abuan, dan bertekstur membuat Cemara sangat cocok untuk dirawat sebagai tanaman hias.

BACA JUGA: 14 Jenis Tanaman Hias Paling Hits, Bikin Nyaman Hunianmu!

11. Bonsai Wisteria

11. wisteria
bonsaiklasik

Tanaman Wisteria pada awalnya hanya ditemukan di beberapa wilayah, seperti China, Jepang, Korea, dan Amerika. Ciri fisiknya sangat unik dilihat dari warna bunganya yang berwarna ungu, biru, dan putih. Bunganya tumbuh menggantung pada ranting-ranting pohonnya.

Fakta unik lain dari Wisteria adalah umurnya yang panjang, yakni bisa bertahan selama 100 tahun lamanya. Tinggi pohon bisa mencapai 30 meter dan bisa tumbuh dengan semakin indah. Dalam merawat Wisteria, Sedulur harus memberikan perhatian yang sangat besar dan berhati-hati. Hal itu disebabkan oleh racunnya yang bisa berbahaya apabila tertelan.

12. Bonsai Sakura

12. sakura
bonsaikita

Siapa yang tidak tahu asal negara bunga kecil nan indah ini? Ya, Negeri Sakura sendiri atau Jepang adalah negara asal tanaman ikonik ini. Sakura adalah lambang kecantikan, keberanian, dan pembaharuan. Sebagai ikon Negara Jepang, bunga ini dituangkan ke dalam Perayaan Hanami sebagai peringatan mekarnya Bunga Sakura.

Warna Sakura adalah putih dan merah muda. Pada musimnya, bunga ini bisa menghiasi sepanjang jalan. Keanggunan Sakura tentunya tidak bisa diabaikan begitu saja. Banyak orang yang pada akhirnya menjadikan Sakura sebagai salah satu tanaman hiasnya untuk diletakkan di dalam rumah.

BACA JUGA: 9 Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam di Rumah

13. Kawista Batu

13. kawasita batu
budidayatani

Ketika pertama melihat tanaman ini, Sedulur akan melihat betapa unik dan indahnya daun yang dimilikinya. Ia hanya memiliki beberapa helai daun yang berukuran kecil dalam satu dahan. Ketahanannya di berbagai cuaca dan lingkungan membuatnya semakin menarik untuk dirawat.

14. Bonsai Azalea

14. Azalea
bonsaiklasik

Azalea yang masuk ke dalam spesies rhododendron sp. ini adalah tanaman yang masuk ke kelompok perdu yang berasal dari China dan Jepang. Ciri tumbuhan ini adalah daunnya yang kecil berwarna hijau gelap dan cocok dijadikan tanaman hias. Pohon Azalea biasanya bisa tumbuh lebih optimal dan tumbuh dengan cerah jika ditempatkan di iklim pegunungan.

BACA JUGA: 11 Cara Jitu Budidaya Tanaman Obat di Rumah

15. Bougenville

15. bougenville
cantralbonsai

Pohon Bougenville yang dikenal juga sebagai pohon kertas merupakan tanaman yang bisa berbunga setiap tahun. Warnanya beragam dan sangat cantik. Misalnya merah muda, magenta, ungu, putih, keemasan dan ada pula yang terdapat dua warna sekaligus dalam satu kuntum bunga. Keberadaannya saja sudah mempercantik halaman dan bangunan yang ditempatinya.

Tak heran apabila daya tariknya membuat bougenville banyak diinginkan untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Seperti halnya tumbuhan bougenville besar, bougenville kecil pun tumbuh dengan cantik. Bunganya terlihat cerah seperti biasa dan termasuk ke dalam tumbuhan yang bunganya rimbun.

16. Bonsai Adenium

16. adenium
haibunda

Tanaman adenium lebih akrab dikenal dengan nama pohon kamboja. Kontur batangnya yang besar di bagian bawah dan kecil di atasnya membuat adenium kerap dijadikan tanaman hias. Pada umumnya, bunga adenium banyak dijumpai dalam warna merah muda. Namun, warna gradasi bunganya yang semakin dalam bisa semakin gelap menjadi daya tarik tersendiri.

Bukankah semua tanaman di atas tampak begitu indah? Maka tidak heran apabila banyak orang yang berlomba-lomba memeliharanya hingga membawa tumbuhan besar ke dalam rumah. Mengubah ukuran adalah salah satu yang bisa dilakukan oleh manusia. Apakah Sedulur juga tertarik memelihara bonsai?