Menanam tanaman hidroponik saat ini sedang menjadi tren, bagi Sedulur yang tertarik. Sedulur bisa simak jenis tanaman atau sayuran hidroponik yang bisa ditanam di bawah ini!

Berkebun atau bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, selain bisa membuat rumah  menjadi lebih asri, tanaman hidroponik juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan beberapa jenis tanaman hidroponik yang mudah ditanam.

Terdapat beberapa contoh tanaman hidroponik sayuran yang bisa Sedulur tanam di rumah. Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk hidroponik tidak terlalu sulit ditanam. Metode menanam hidroponik sangat cocok diterapkan di rumah atau di apartemen, hal tersebut dikarenakan tanaman hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas.

Salah satu siasat yang saat ini banyak dilakukan adalah menanam tanaman hidroponik yang dipadukan dengan vertical garden untuk mengatasi kurangnya lahan. Selain itu, beberapa macam tanaman hidroponik dengan menggunakan kebun hidroponik bisa memanfaatkan peralatan yang sederhana dan juga barang-barang bekas yang tidak terpakai.

-->

Seperti apa jenis tanaman hidroponik di rumah dan juga jenis tanaman hias hidroponik yang dimaksud? Sedulur bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 11 Cara Jitu Budidaya Tanaman Obat di Rumah

Daftar Jenis Tanama Hidroponik yang Mudah Ditanam di Rumah!

1. Cabai

1. Cabai
kompas.com

Salah satu jenis tanaman hidroponik yang sangat mudah ditanam di rumah adalah cabai. Gambar tanaman hidroponik satu ini sudah sering Sedulur lihat, karena merupakan tanaman yang paling sering digunakan untuk setiap makanan. Baik makanan berkuat atau makanan yang berbumbu, seperti makanan balado.

Cabai merupakan tanaman yang bisa ditanam dengan metode hidroponik karena sangat mudah ditanam. Sedulur bisa menanam cabai dengan semai terlebih dahulu biji cabai, lalu bibit cabai yang berusia 7 hingga 10 hari bisa segera Sedulur pindahkan ke dalam media hidroponik yang telah disiapkan. Cabai pun bisa dipanen setelah berusia 60-70 hari.

2. Daun Bawang

2. Daun Bawang
detik.com

Daun bawang merupakan salah satu tanaman yang sangat dibutuhkan untuk beberapa jenis makanan, terutama makanan yang kering dan masakan tumisan. Daun bawang juga bisa menambah makanan menjadi lebih wangi dan memiliki aroma yang merangsang selera makan.

Daun bawang juga merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air, sehingga sangat cocok ditanam dengan metode tanam hidroponik. Selain itu, daun bawah juga membutuhkan cahaya matahari minimal setiap 12-14 jam setiap harinya. Setelah berlalu 6 hingga 8 minggu, tanaman satu ini telah siap panen dan digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa makanan.

Baca Juga: 10 Tanaman yang Dijadikan Obat Darah Tinggi, Sudah Tahu?

3. Tomat

3. Tomat
starfarm.co.id

Salah satu tanaman yang penting dan mengandung vitamin C tinggi adalah tomat. Selain sangat dibutuhkan sebagai bahan makanan untuk makanan olahan tumis dan sayuran berkuah, tomat juga bisa Sedulur konsumsi sebagai buah-buah dengan cara dijus atau dibuat sup buah.

Tomat juga merupakan salah satu tanaman hidroponik yang sangat mudah ditanam. Sedulur bisa menanam dan memanen tomat dengan cara ditanam secara hidroponik. Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang membutuhkan banyak air dan cahaya pada saat proses tumbuhnya.

Hal tersebut membuat tomat sangat cocok ditanami dengan menggunakan metode hidroponik. Sedulur bisa menanam tomat dengan menyangga tanaman tomat menggunakan tali agar tomat dapat tegak lurus ke atas. Sedulur juga harus cek tanaman secara ruti dan memangkas cabang tanaman yang tidak produktif lagi.

4. Kangkung

4. Kangkung
kompasiana.com

Salah satu jenis sayuran yang mengandung zat besi yang sangat tinggi adalah kangkung. Kangkung juga merupakan salah satu tanaman yang bisa ditanam dengan metode hidroponik. Sedulur bisa semai benih kangkung terlebih dahulu hingga tumbuh tunas dan memiliki empat helai daun.

Lalu semai benih menggunakan botol dan pindahkan ke wadah yang lebih besar setelah beberapa hari. Setelah 30 hari, kangkung akan siap dipanen dengan cara memotong daunnya.

5. Selada

5. Selada
haibunda.com

Selada juga merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan metode hidroponik. Selain itu, selada juga merupakan salah satu sayuran bisa dimakan dengan berbagai jenis makanan. Terutama ketika Sedulur memakan daging, selada merupakan sayuran yang tepat untuk menemani santap daging.

Saat pertama kali akan menanam selada, biarkan tanaman hidroponik satu ini diletakan di tempat yang teduh agar beradaptasi terlebih dahulu dengan cuaca sekitar. Selanjutnya baru simpan di tempat yang disinari banyak cahaya matahari. Jika cahaya matahari terlalu panas, Sedulur bisa membentangkan paranet di atas selada agar tidak layu dan mati.

6. Timun

6. Timun
bibitonline.com

Tanaman hidroponik selanjutnya adalah timun, Sedulur bisa menanam timun secara hidroponik. Selain sangat mudah, timun hasil panen juga bisa Sedulur gunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat makanan sehat. Selain itu, timun juga bisa Sedulur buat jus dan memiliki rasa yang sangat nikmat.

Ketikan menanam timun secara hidroponik, Sedulur bisa menggunakan media arang sekam saat menanam timun secara hidroponik. Jangan lupa juga untuk memberikan nutrisi secara rutin, dengan telah melarutkan sebelumnya menggunakan air dan dialirkan ke dalam lubang pipa saat menanam timun.

7. Bayam

7. Bayam
bibitonline.com

Tanaman hidroponik selanjutnya yang sangat mudah ditanam di rumah dan juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh adalah bayam. Bayam merupakan tanaman yang sangat mudah ditanam dan juga cepat panen. Selain itu, bayam juga merupakan tanaman yang mengandung zat besi yang sangat tinggi yang sangat baik untuk tubuh.

Sedulur bisa menanam bayam dengan menggunakan bibit bayam yang sudah sangat tua. Saat awal penanaman, siram terlebih dahulu bayam dengan campuran air serta pupuk cai selama 7 hari. Lalu setelahnya Sedulur bisa menggunakan air biasa untuk bayam. Dalam beberapa puluh hari, bayam akan siap panen.

8. Kacang-Kacangan

8. Kacang-Kacangan
klikhijau.com

Jenis tanaman hidroponik selanjutnya adalah kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang seperti kacang hijau, kacang polong, dan kacang panjang dapat ditanam dengan mudah menggunakan metode hidroponik. Kacang-kacangan dapat dipanen setelah 6 hingga 8 minggu. Selain itu, kacang juga bisa terus ditanam hingga 3-4 bulan.

Semakin lama menanam kacang, akan semakin menghasilkan kualitas kacang yang lebih matang dan memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.

9. Kemangi

9. Kemangi
bibitbunga.com

Jika Sedulur sering makan di rumah makan pecel lele, Sedulur akan menemui banyak kemangi sebagai lalapan. Kemangi memiliki aroma yang sangat kuat dan sangat wangi, hal tersebut membuat kemangi sangat cocok disantap dengan sambal pecel. Selain itu, kemangi juga merupakan tanaman yang bisa sangat mudah ditanam dengan metode hidroponik.

Sedulur bisa menanam kemangi dengan hidroponik secara WICK. Daun kemangi bisa dipanen setiap minggu setelah tumbuh secara sempurna. Dan juga tidak membutuhkan cara yang rumit untuk menanamnya.

Semoga daftar tanaman hidroponik di atas bisa menambah wawasan Sedulur yang akan memulai menanam tanaman hidroponik di rumah. Selain mudah, dengan memiliki tanaman hidroponik di atas Sedulur bisa memanennya dan mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan yang menyehatkan.

Hal tersebut juga membuat Sedulur akan lebih irit dengan menggunakan bahan sayuran hasil menanam sendiri. Selain itu, sayuran yang digunakan juga akan lebih segar dan tehindar dari campuran bahan kimia. Cara lain agar lebih menguntungkan, lebih irit dan lebih murah adalah dengan membeli bahan makanan di Aplikasi Super.

Banyak bahan makanan segar dan berkualitas tinggi yang dijual dengan harga super murah di Aplikasi Super. Sedulur bisa langsung cek sekarang juga jika tidak percaya. Langkah pertama, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan langsung melakukan pembelian untuk membuktikannya. Selamat mencoba!