Ingin rumah Sedulur indah dan nyaman, gunakan tanaman indoor sebagai hiasan. Sedulur bisa simak daftar jenis tanaman hias indoor di bawah ini.

Beberapa jenis tanaman indoor bisa membuat penampilan rumah semakin nyaman dan menenangkan. Sedulur akan merasakan kesegaran setelah seharian beraktivitas, dengan beberapa tanaman hias daun indoor. Bagi Sedulur yang memiliki rumah dengan pendingin ruangan atau AC, terdapat juga tanaman hias dalam ruangan AC yang bisa digunakan.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan beberapa jenis tanaman interior atau pohon indoor yang bisa Sedulur jadikan hiasan di dalam rumah Sedulur, agar rumah semakin indah dan nyaman untuk dihuni. Sedulur bisa semakin betah berada di dalam rumah dengan menggunakan beberapa tanaman dalam ruangan. Apa saja jenis? Yuk, langsung saja simak ulasannya.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam di Rumah

-->

Daftar Tanaman Indoor yang Bisa Bikin Rumah Nyaman!

1. Kadaka

1. Kadaka
tribunnews.com

Jenis dan contoh tanaman indoor yang pertama adalah kadaka, mungkin bagi sebagian orang, termasuk juga Sedulur, kadaka merupakan tanaman yang masih asing dan jarang mendengar namanya. Kadaka merupakan tanaman berjenis paku-pakuan yang banyak ditemui di tempat sejuk dan lembab.

Biasanya kadaka akan menempel pada tanaman lainnya, sejenis tanaman parasit, namun kadaka juga bisa hidup sendiri dan ditanam dalam pot, dan digunakan sebagai hiasan dalam rumah. Bentuk daunnya yang menyerupai lidah merupakan keunikan tanaman tersebut.

2. Philodendron

2. Philodendron
kompas.com

Philodendron merupakan tanaman pot dalam rumah yang bisa Sedulur gunakan sebagai hiasan. Philodendron termasuk jenis tanaman talas-talasan yang terdiri dari dua jenis, pertama yang merambat kedua yang tidak merambat. Untuk digunakan sebagai tanaman di dalam ruangan, Sedulur bisa menggunakan jenis philodendron yang tidak merambat.

Philodendron sendiri merupakan tanaman hias dalam rumah yang sedang menjadi tren di tahun 2021 ini, selain itu philodendron merupakan tanaman yang sangat cocok dijadikan hiasan di dalam rumah, karena philodendron merupakan tanaman yang tidak kuat dengan cahaya matahari.

Baca Juga: 11 Cara Jitu Budidaya Tanaman Obat di Rumah

3. Monstera

3. Monstera
pikiran-rakyat.com

Tanaman atau bunga hiasan dalam rumah selanjutnya adalah monstera, tanaman satu ini memiliki bentuk daun yang sangat unik, dalam daunnya, di bagian tengah daun terdapat lubang panjang. Monstera merupakan tanaman dengan nama lain Janda Bolong, Sedulur pasti sangat akrab dengan naman tanaman Janda Bolong, kan?

Salah satu tanaman yang digunakan sebagai hiasan di dalam rumah yang telah sejak lama digunakan, hal tersebut karena Monstera memiliki bentuk yang unuk dan warna yang tidak kalah cantik dengan bentuknya. Cocok digunakan sebagai hiasan di dalam rumah

4. English Ivy

4. English Ivy
kompas.com

Jika Sedulur mengingat tanaman indoor besar dengan fungsi yang bisa menjadi mood booster, English Ivy adalah jawabannya. Tanaman indoor satu ini memiliki fungsi membuat ruangan tetap bersih dan terhindar dari debu, Sedulur bisa menempatkan tanaman satu ini di dalam pot atau juga digantungkan di dalam rumah. Tergantung dekorasi dari interior rumah Sedulur itu sendiri.

5. Marigold

5. Marigold
mommyasia.id

Tanaman hiasan bunga dalam rumah yang memiliki tampilan indah dan sangat cantik, dengan warna yang beragam karena merupakan tanaman tricolor, Marigold merupakan tanaman yang bisa Sedulur gunakan sebagai hiasan dalam rumah.

Selain itu, Marigold sendiri memiliki keunikan, yaitu aromanya yang sangat menyengat, yang membuat serangga seperti lalat dan laba-laba tidak berani masuk dalam ruangan. Sedulur bisa meletakan bunga satu ini di dekat jendela atau ventilasi, meminimalisir aroma dari bunga satu ini yang sangat menyengat.

6. Mawar

6. Mawar
cekinfo.com

Bunga pot dalam ruangan yang merupakan simbol dari kasih sayang dan cinta sejati satu ini bisa Sedulur gunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan, selain itu bunga mawar juga bisa Sedulur gunakan sebagai aroma terapi. Karena bunga mawar sendiri mengandung senyawa penolat yang bisa dijadikan sebagai obat alami.

Senyawa fenol dapat memiliki sifat anti inflamasi, yang dapat melindungi tubuh dari beberapa zat yang berbahaya yang dapat merusak tubuh. Umumnya, bunga mawar seringkali digunakan sebagai obat untuk sakit kepada dan juga antiseptik. Oleh karena itu aroma yang dihasilkan bunga mawar dapat membuat tubuh dan pikiran lebih tenang.

7. Melati

7. Melati
popmama.com

Rekomendasi tanaman hias dalam rumah yang dapat mempercantik rumah selanjutnya adalah bunga melati. Bunga yang memiliki bentuk sangat indah dan juga menawan ini bisa dijadikan sebagai aromaterapi, aroma wangi yang terdapat dalam bunga melati yang mendasari hal tersebut. Wangi dari bunga melati dapat meningkatkan kewaspadaan yang tinggi dan membuat suasana hati membaik.

Banyak produk pewangi ruangan yang menggunakan bunga melati sebagai bahan utamanya. Banyak jenis dari bunga melati dan juga berbagai macam jenis warna yang menghasilkan aroma yang berbeda-beda. Jika Sedulur ingin lebih tenang, sangat cocok untuk menggunakan bunga melati sebagai pewangi dalam rumah.

8. Gelombang Cinta

8. Gelombang Cinta
thegorbalsla.com

Jenis tanaman hias teduh yang sangat cocok dijadikan tanaman hiasan rumah adalah tanaman bernama gelombang cinta. Gelombang cinta juga merupakan salah satu jenis tanaman hias tropis yang sangat cocok dijadikan rekomendasi. Gelombang cinta merupakan tanaman yang paling populer digunakan sebagai tanaman hias. Selain itu, biasanya gelombang cinta juga ditanam di pojok halaman rumah karena bentuknya yang sangat cocok untuk menghiasi pekarangan di area pojok.

9. Lidah Mertua

9. Lidah Mertua
merdeka.com

Dekorasi tanaman yang sangat indah karena motifnya yang unik adalah tanaman lidah mertua. Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria yang memiliki bentuk unik dan menjulur panjang. Sedulur bisa menggunakan tanaman satu ini untuk melengkapi pemandangan halaman rumah agar menjadi semakin indah dan semakin asri.

Lidah mertua merupakan jenis tanaman hias yang memiliki pola daun dengan bentuk memanjang ke atas dengan aksen warna kuning di bagian pinggirnya dan juga pola hitam dan warna hijau yang dominan. Lidah mertua bukan hanya berfungsi sebagai hiasan, tanaman ini dapat mengurangi radiasi dan juga polusi udara.

10. Petunia

10. Petunia
kdngroup.co.id

Jenis tanaman indoor yang bisa menjadi rekomendasi selanjutnya adalah bunga Petunia. Jenis tanaman gantung ini juga selalu menjadi favorit setiap rumah dan digunakan sebagai tanaman gantung. Bukan hanya pada masa sekarang. Namun, sejak dari zaman dahulu, bunga Petunia telah digunakan sebagai tanaman hias yang digantung.

Keuntungan menggunakan tanaman gantung satu ini adalah karena di Indonesia yang memiliki iklim tropis dapat membuat Petunia hidup lebih lama, walaupun di tempat asalnya tanaman ini sangat rentang terhadap badai dan hujan. Namun hal tersebut bisa Sedulur akali dengan rajin memberi pupuk dan menyiramnya.

11. Fuchsia

11. Fuchsia
id.depositphotos.com

Fuchsia merupakan tanaman indoor yang bisa mempercantik interior rumah Sedulur. Tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah di daerah sejuk dan lembab. Bagi Sedulur yang tinggal di daerah beriklim sejuk dan lembab bisa menyediakan tanaman fuchsia sebagai tanaman hiasan.

Namun, tentu saja merawat tanaman satu ini cukup rumit dibanding dengan mengurus tanaman gantung lainnya.. Namun intinya Sedulur harus rajin memberikan tanaman ini pupuk dan juga harus selalu disiram setiap hari. Tanaman ini memiliki bentuk seperti lonceng dan memiliki warna yang sangat cerah.

12. Anggrek

12. Anggrek
pikiran-rakyat.com

Hampir setiap orang mengetahui bunga anggrek. Tanaman indoor satu ini sudah sering dan menjadi langganan dijadikan sebagai tanaman hias. Baik sebagai tanaman gantung atau tanaman yang ditanam seperti biasa. Bunga anggrek yang memiliki warna yang sangat indah, cocok sebagai tanaman yang ditanam dengan berbagai cara. Selain itu, karena bunganya yang indah, Sedulur tidak akan sulit mencari bibit bunga anggrek dan menanamnya di rumah.

13. Lavender

13. Lavender
popmama.com

Tanaman indoor yang juga sekaligus tanaman aromaterapi yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur selanjutnya adalah lavender. Banyak produk aromaterapi yang menggunakan lavender sebagai minyak essential. Lavender merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki bunga berwarna ungu dan juga merupakan tanaman anti nyamuk. Karena aroma dari lavender sangat tidak disukai oleh nyamuk.

14. Chamomile

14. Chamomile
id.depositphotos.com

Chamomile merupakan tanaman indoor dan juga tanaman aromaterapi selanjutnya. unga dari tanaman ini seringkali digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat teh, hal tersebut dikarenakan aromanya yang sangat wangi dan juga dapat memberikan manfaat untuk mengobati beberapa gejala penyakit.

15. Hibiscus

15. Hibiscus
detik.com

Hibiscus atau tanaman yang dikenal di Indonesia dengan nama kembang sepatu ini merupakan salah satu jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai aromaterapi dan digunakan sebagai tanaman indoor untuk menghias ruangan dalam rumah. Beberapa masyarakat di Indonesia juga memiliki tradisi yang panjang dan menjadikan bunga ini sebagai teh yang dapat memberikan efek baik untuk tubuh.

16. Peppermint

16. Peppermint
klikhijau.com

Tanaman aromaterapi ini sudah sangat terkenal dengan manfaatnya yang dapat memberikan ketenangan. Banyak bahan kosmetik yang menggunakan peppermint sebagai bahan utama, bukan hanya itu, peppermint juga banyak digunakan sebagai bahan untuk beberapa permen dan makanan manis lainnya. Hal tersebut dikarenakan kandungan mentol dalam tanaman indoor yang bisa memberikan ketenangan saat menghirupnya.

Semoga daftar tanaman indoor di atas bisa menambah informasi dan wawasan bagi Sedulur yang ingin menjadi lebih tenang dengan bantuan dari beberapa tanaman yang telah diulas di atas. Sedulur juga bisa mendapatkan beberapa tanaman di atas dengan membelinya di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang penasaran belanja menggunakan aplikasi, Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Selamat mencoba kemudahan belanja kebutuhan sehari-hari secara online, dan mendapatkan keuntungan melimpah dari Aplikasi Super.