indigofera adalah

Istilah indigofera mungkin masih terkesan asing bagi sebagian besar orang awam. Siapa sangka, ternyata tanaman indigofera adalah tumbuhan yang mengandung banyak nutrisi. Salah satu keunggulannya adalah bisa dijadikan pakan ternak.

Bagi yang penasaran, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang tanaman indigofera serta manfaatnya. Kamu bisa semakin tahu dan lebih aware dengan keberadaannya di sekitar.

BACA JUGA:

1. Mengenal tanaman Indigofera

tanaman indigofera adalah
sinautani

Indigofera sudah lama dikenal di Indonesia. Informasi dari berbagai sumber menjelaskan jika utmbuhan ini dibawa oleh bangsa Eropa ke Indonesia sekitar era 1900-an. Sekarang, tanaman ini mulai tumbuh subur di beberapa daerah di Indonesia. Tanaman indigofera adalah salah satu genus legum pohon terbesar dengan sekitar 700 spesies dan 45 jenis yang tersebar di seluruuh wilayah tropis.

-->

Indigofera adalah tanaman legum  biasanya digunakan untuk konsevasi untuk perbaikan lahan. Sebab, tumbuhan legum mempunyai kandungan Nitrogen, Kalium, dan Fosfor yang sangat baik untuk membantu menyuburkan tanah dan tumbuhan di sekitarnya.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai tumbuhan peneduh tanaman lain seperti karet, kopi, tebu, hingga teh. Indigofera  kebanyakan berupa semak meski ada beberapa lainnya membentuk pohon kecil dengan tinggi mencapai 5-6 meter.

Ciri utama tanaman indigofera adalah memiliki daun menyirip dengan ukuran 3-25 cm. Selain itu, panjang bunga kecilnya berbentuk raceme dengan ukuran 2-15 cm

2. Jenis tanaman Indigofera

indigofera sp adalah
harapan rakyat

Walaupun ada kurang lebih sekitar 700 spesies dan 45 jenis yang tersebar di seluruh Indonesia, hanya 3 yang saat ini dicoba untuk dikembangkan. Jenis tanaman indigofera tersebut di antaranya adalah indigofera sp, indigofera zollingeriana, dan Indigofera arrecta. Terkait penjelasan lebih lanjut, mengenai ketiga jenisnya dijelasakan dalam uraian di bawah ini.:

  • Indigofera SP

Tanaman indigofera sp adalah tumbuhan hijauan pakan jenis leguminosa pohon yang memiliki kualitas nutrisi yang tinggi. Spesies ini tahan terhadap kekeringan sehingga dapat dijadikan sumber pakan untuk ternak pada musim kemarau. Indigofera SP merupakan alternatif sumber pakan yang menjanjikan untuk mendukung pengembangan ternak ruminansia di berbagai agroekosistem. Selanjutnya, tanaman ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan toleran dengan musim kering.

  • Indigofera zollingeriana

Tanaman indigofero zollingeriana adalah legume yang dapat digunakan sebagai pakan ternak dan relatif baru dikembangkan di Indonesia. Tanaman ini mempunyai kandungan protein kasar yang tinggi setara (25-23). Kandungan mineral yang sangat ideal bagi ternak perah. Meskipun dapat dijadikan pakan ternak, banyak peternak belum melirik penggunaan jenis ini karena tanaman ini masih terbatas ketersediaanya akibat belum diproduksi.

  • Indigofera arrecta

Tanaman indigofera arrecta adalah yang bisa digunakan sebagai pewarna alami. Pasalnya, tanaman indigofera arrecta ini bisa menghasilkan warna nila yang bagus dan memiliki ciri-ciri permukaan atas maupun bawah daun kering berwarna keabu-abuan hingga abu-abu gelap.

BACA JUGA: 

3. Kandungan nutrisi Indigofera

indigofera zollingeriana adalah
Star farm

Sebagai tanaman yang banyak digunakan sebagai pakan ternak dan perwana alami, Sedulur harus tahu apa saja kandungan nutrisi Indigofera. Protein yang terdapat dalam tanaman ini sangat baik dan bagus untuk pakan ternak sapi maupun kambing.

Sebelumnya, sudah dilakukan tahap pengujian jika, kadar nila nutrisi yang terkandung dalam tepung daun indigofera didapatkan hasil antara lain protein kasar sebesar 27,97%, serat kasar dengan persentase 15,25%, Ca 0,22%, dan P 0,18%. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mengandung asam amino yang berkolerasi bagus di dalam rumen.

4. Klasifikasi Indigofera

klasifikasi indigofera
Jurnal Asia

Adapun untuk klasifikasi indigofera sudah dijabarkan di bawah ini:

Kingdom

Plantae

Divisi

Magnoliophyta

Kelas

Magnolioppsida

Ordo

Fabales

Family

Fabaceae

Genus

Indigofereae

Spesies

Indigofera sp

 

5. Budidaya Indigofera

budidaya indigofera
jogjagarden

Sebagai tanaman yang sudah banyak tumbuh di Indonesia, tanaman indigofera adalah tumbuhan yang gampang untuk dibudidayakan dan berkembang dengan baik di ketinggian kurang lebih 1200 meter di atas permukaan laut. Selain itu, tanaman indigofera juga dapat dipanen setiap 40-60 hari sekali, produksi hijauan segar tinggi 1—20 ton per panen.

Indigofera adalah tanaman  yang saat ini dipakai  sebagai pakan ternak sapi, kambing, kerbau, domba hingga unggas. Sebab sangat baik dalam meningkatkan kualitas daging, telur, serta menghasilkan pangan hewani yang sehat karena rendah kolesterol dan kandungan vitamin tinggi.

Saat ini, tanaman indigofera sudah banyak dikembangan di berbagai wilayah di Indonesia. Khususnya di Jawa Barat, tanaman ini sudah ditanam oleh masyarakat sekitar 110 hektar tersebar di daerah seperti Bogor, Cianjur, Garut, Kuningan hingga Bandung Barat.

BACA JUGA :  Fakta Menarik Filosofi 11 Bendera ASEAN yang Jarang Diketahui

6. Kekurangan Indigofera

kekurangan indigofera
Trikmerawat

Meski kaya akan protein dan sangat cocok sebagai pakan ternak kambing, kelinci, hingga beberapa macam unggas, nyatanya masih banyak sekali kekurangan indigofera. Indigofera diketahui masih memiliki kekurangan di antaranya mengandung beberapa antinutrisi seperti indospicine, alkaloids, flavonoids, saponins, dan tanin yang jika terkonsumsi secara berlebihan akan memiliki dampak negatif pada hewan ternak.Hal inilah yang menjadi permasalah setelah menggunakan tanaman indigofera sebagai pakan ternak. Jadi, harus diberikan secara seimbang.

BACA JUGA : Fakta Menarik Filosofi 11 Bendera ASEAN yang Jarang Diketahui

7. Perbedaan Indigofera dan Gamal

perbedaan indigofera dan gamal
floradanfauna

Tanaman indigofera adalah yang biasa dipakai sebagai pakan ternak dan pewarna pakaian  alami. Tumbuhan ini juga biasa dikenal dengan tanaman  legum yang kaya akan nutrisi yang baik. Namun, banyak yang mengira jika Gamal memiliki fungsi yang sama. Terkait perbedaan Indigoofera dan Gamal, keduanya memiliki perbedaan. Meskipun sama-sama tanaman leguminosa, Gamal memiliki nama latinnya sendiri yaitu Gliricida Sepium.

Demikian penjelasan mengenai tanaman indigofera, lengkap beserta jenis dan manfaatnya. Semoga penjelasan ini, bisa membantu Sedulur yang memiliki hewan ternak bisa menemukan alternatif pakan alami dan menyehatkan.

Sambil menanam indigofera dan memperhatikan perkembangan hewan ternak, kamu juga tetap harus menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan sembako untuk keperluan rumah tanggamu. Kebutuhan pokok ini bisa didapatkan dengan mudah dan praktis di Aplikasi Super. Rasakan kemudahan berbelanja hanya dalam satu klik segera, yuk!