Sedulur merupakan pemula dalam merawat tanaman hias? Berikut ini daftar tanaman hias yang cocok bagi Sedulur yang masih pemula.

Tanaman hias terbukti membuat rumah kita menjadi nyaman. Selain membuat kita betah untuk menghuni rumah, keberadaan tanaman sebagai hiasan juga membuat tamu yang berkunjung ke rumah kita merasa nyaman dan membuat kita percaya diri dengan dekorasi rumah kita.

Namun, merawat hiasan tanaman memang membutuhkan waktu dan pengetahuan. Tetapi, terdapat sebuah solusi terbaik, yaitu dengan merawat hiasan tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus dan sulit. Berikut ini daftar berbagai jenis tanaman yang sangat mudah dirawat dan bisa menjadi hiasan rumah kita.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam di Rumah

-->

Daftar Tanaman Hias yang Cocok Dirawat oleh Pemula

1. Aglonema

1. Aglonema
kompas.com

Aglonema merupakan tanaman hias daun merah yang dikenal juga dengan nama sri rejeki. Bagi para pemula, sangat cocok merawat tanaman satu ini karena tidak terlalu ribet dalam melakukan perawatan. Kita hanya perlu menyiram tanaman ini sebanyak 3 hari sekali dan cukup dengan membasahi potnya, dan jangan sampai banjir.

2. Monstera

2. Monstera
liputan6.com

Monstera merupakan tanaman yang seringkali dijadikan hiasan rumah. Di Indonesia, monstera dikenal dengan nama janda bolong. janda bolong tanaman hias sangat banyak diminati, karena perawatannya yang sangat mudah. Kita hanya perlu menyimpannya di ruangan yang memiliki pencahayaan cukup dan siram ketika permukaan tanah mulai mengering.

3. Dieffenbachia

3. Dieffenbachia
kompas.com

Nama dari tanaman hias satu ini adalah bunga bahagia atau daun bahagia. Tanaman satu ini memiliki bentuk yang cantik dan indah, cocok digunakan sebagai tanaman untuk menghiasi sudut ruangan. Namun, jangan disimpan di dekat AC, karena tanaman satu ini membutuhkan cuaca yang hangat juga sinar matahari yang cukup.

4. Lidah Buaya

4. Lidah Buaya
idntimes.com

Jika Sedulur mencari tanaman hias yang sangat mudah untuk dirawat, lidah buaya merupakan pilihan yang tepat. Karena tanaman ini merupakan tanaman yang tidak perlu disiram secara rutin dan berkala, namun membutuhkan sinar matahari yang cukup. Maka dari itu, Sedulur bisa menyimpan tanaman ini di dekat jendela

5. Lidah Mertua

5. Lidah Mertua
okezone.com

Lidah mertua merupakan tanaman hias daun outdoor. Lidah mertua memiliki nama latin Sansevieria yang memiliki bentuk unik dan menjulur panjang. Sedulur bisa menggunakan tanaman satu ini untuk melengkapi pemandangan halaman rumah agar menjadi semakin indah dan semakin asri. Perawatannya juga sangat mudah sekali, cocok bagi Sedulur yang masih pemula.

6. Dracaena Warneckii

6. Dracaena Warneckii
creativeplantdesigns.com

Dracaena Warneckii merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk yang unik sekaligus indah. Dengan daun yang panjang, pola daun yang unik dengan guratan yang memadukan warna hijau, kuning dan putih. Kita cukup menyiram permukaan tanah tanaman ini, ketika permukaan tanah kering kita bisa menyiramnya hingga lembab, tapi jangan sampai air banjir memenuhi permukaan tanah tanaman. Hal tersebut akan buruk bagi tanaman ini.

7. Peace Lily

7. Peace Lily
idntimes.com

Selanjutya merupakan tanaman hias termahal, namun dalam daftar harga tanaman hias harga merupakan nilai yang relatif. Terutama jika hobi dan kepuasan jiwa terpenuhi, harga bukan menjadi persoalan. Peace Lily memiliki bentuk yang cantik dengan warna yang indah. Jangan terlalu sering menyiram tanaman ini dengan air, cukup siram air ketika daun terlihat layu atau tanahnya telah kering.

8. Sirih Belanda

8. Sirih Belanda
sentratani.com

Sirih Belanda merupakan tanaman hias dengan harga murah. Tanaman ini sangat mudah untuk dirawat, tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Kita cukup melakukan pemupukan selama 3 bulan sekali, dan menyiram tanaman selama satu kali sehari ketika pagi hari, sebagai perawatan tanaman.

9. Pohon Dollar

9. Pohon Dollar
popbela.com

Tanaman hias satu ini bernama pohon dollar, dengan nama lain Zamioculcas zamiifolia. Sedulur tidak perlu ribet merawat tanaman ini, karena cukup dengan menyiram air satu kali selama 3 hari, dan jauhkan tanaman ini dari sinar matahari secara langsung karena tanama ini tidak kuat dengan suhu panas langsung dari sinar matahari.

Baca Juga: 16 Macam Tanaman Indoor, Bikin Rumahmu Semakin Nyaman!

10. Lantana

10. Lantana
lazada.com

Jenis tanaman hias selanjutnya bernama Lantana yang berasal dari benua Amerika di bagian wilayah yang tropis. Yaitu Amerika Latin atau Amerika Selatan. Di habitat aslinya, tanaman ini tumbuh liar yang menjalar ke dinding, pagar hingga pepohonan. Karena tanaman ini merupakan tanaman liar, Sedulur tentu saja tidak perlu melakukan perawatan yang rumit.

11. Petunia

11. Petunia
kompas.com

Jenis tanaman hias yang bisa menjadi rekomendasi selanjutnya adalah bunga Petunia. Jenis tanaman gantung ini juga selalu menjadi favorit setiap rumah dan digunakan sebagai tanaman gantung. Bukan hanya pada masa sekarang. Namun, sejak dari zaman dahulu, bunga Petunia telah digunakan sebagai tanaman hias yang digantung.

Keuntungan menggunakan tanaman gantung satu ini adalah karena di Indonesia yang memiliki iklim tropis dapat membuat Petunia hidup lebih lama, walaupun di tempat asalnya tanaman ini sangat rentang terhadap badai dan hujan. Namun hal tersebut bisa Sedulur akali dengan rajin memberi pupuk dan menyiramnya.

12. Million Bells

12. Million Bells
hipwee.com

Jika melihat namanya, jenis tanaman hias satu ini berasal dari luar negeri. Tanaman gantung yang memiliki nama latin calibrachoa ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang masih merupakan kerabat dari bunga petunia. Bunga dari tanaman ini tidak menghasilkan dan menaburkan benih baru, dan juga tidak membutuhkan perawatan ekstra untuk dapat membuatnya tetap mekar.

13. Fuchsia

13. Fuchsia
kompas.com

Salah satu jenis tanaman yang digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah adalah Fuchsia. Tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah di daerah sejuk dan lembab. Bagi Sedulur yang tinggal di daerah beriklim sejuk dan lembab bisa menyediakan tanaman fuchsia sebagai tanaman hiasan.

14. Hoya Carnosa

14. Hoya Carnosa
fepqep.org

Tanaman gantung hoya carnosa atau yang dikenal dengan nama ‘tanaman tali Hindu’ karena daunnya yang berlilitan mernyerupai tali. Jenis tanaman hias ini merupakan salah satu tanaman unik karena memiliki kelopak daun yang melengkung, tebal dan bertekstur licin seperti lilin.

Selain itu, yang membuat bunga ini semakin indah juga adalah bentuk bunga yang seperti bintang dan memiliki aroma seperti bunga. Menyimpan tanaman gantung ini di rumah, selain dapat membuat rumah semakin cantik, Sedulur juga dapat membuat rumah Sedulur tetap wangi.

15. Tradescantia

15. Tradescantia
idntimes.com

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah tradescantia. Tanaman ini juga memiliki sebutan lain, yaitu hati ungu. Ciri khas dari tanaman hias satu ini adalah warna dari daun yang memiliki warna ungu keemasan dan warna biru indigo, pink dan putih. Kombinasi dari warna daun tersebut yang membuat bunga ini sangat digandrungi untuk dijadikan hiasan rumah.

16. Ekor Kucing

16. Ekor Kucing
klikhijau.com

Tanaman hias yang memiliki bentuk seperti ekor kucing ini memiliki nama latin yaitu Acalypha. Bentuk bunga yang eksotis dan warnanya yang indah membuat tanaman ini sering menjadi pilihan sebagai tanaman gantung untuk mempercantik rumah.

Selain sebagai hiasan, ternyata tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat-obatan, karena tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman herbal dan obat tradisional. Khasiatnya di antaranya dapat menghilangkan asam urat, mengobati luka infeksi dan juga dapat menghilangkan cacingan. Menanam tanaman gantung ini dapat sekaligus memberi dua fungsi, sebagai obat dan juga sebagai hiasan rumah.

17. Begonia

17. Begonia
diadona.id

Rekomendasi tanaman hias terakhir adalah begonia. Begonia merupakan jenis tanaman dan bunga yang berasal dari daerah subtropis dan tropis lembab. Warna bunga dari begonia yang beraneka ragam, mulai dari warna kuning, pink, dan putih membuat tanaman ini sering kali digunakan sebagai tanaman untuk hiasan dan mudah sekali dirawatnya. Pemula sangat cocok menggunakan begonia sebagai hiasan di rumah

Semoga tanaman hias di atas bisa membantu Sedulur yang ingin menanam tanaman dengan mudah perawatan. Tanaman bisa membuat rumah kita menjadi indah dan terawat, terutama jika dipadukan dengan berbagai interior rumah lainnya. Untuk membeli kebutuhan terkait interior dan kebutuhan sehari-hari di rumah, Sedulur bisa cek Aplikasi Super. Karena tersedia banyak barang kebutuhan sehari-hari di Aplikasi Super.

Sedulur bisa langsung mengunjungi website Aplikasi Super dan cek langsung kelengkapan barangnya, dan membaca informasi penting yang telah diulas Aplikasi SUper. Atau Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan cek kelengkapannya di smartphone, agar semakin mempermudah kebutuhan Sedulur, kan? Selamat mencoba!