1 ringgit berapa rupiah

Bagi Sedulur yang sering bolak-balik dari Malaysia ke Indonesia atau sebaliknya, pasti sering bertanya-tanya 1 ringgit berapa rupiah. Pertanyaan tersebut sangatlah wajar untuk dilontarkan, pasalnya memang mata uang yang dipakai setiap negara berbeda-beda dan juga nilainya yang selalu fluktuatif.

Sama halnya seperti ringgit dari Malaysia dan rupiah dari Indonesia, nilai kurs kedua mata uang tersebut setiap waktu pasti berubah-ubah. Terkadang nilai ringgit lebih kuat daripada nilai rupiah, terkadang juga nilai rupiah lebih kuat daripada ringgit.

Maka dari itu, simak dulu informasi berikut ini tentang 1 ringgit berapa rupiah 2022, beserta sejarah dan jenis uangnya.

BACA JUGA: Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Termasuk?

Ringgit Malaysia

1 ringgit berapa rupiah
Depositphotos

Ringgit adalah nama mata uang milik negara tetangga kita, yaitu Malaysia. Kode dari mata uang tersebut adalah MYR dengan simbol RM. Ringgit Malaysia dapat dipecah menjadi 100 sen, dengan beberapa jenis uang kertas yang memiliki nilai beragam, seperti RM1, RM5, RM10, RM20, RM50, RM100. Terdapat juga beberapa nilai uang kertas yang agak jarang digunakan, seperti RM2, RM60, dan RM600.

Nama “ringgit” ternyata berasal dari era Kolonial, dimana pada saat itu Malaysia diduduki oleh Spanyol. Kata “ringgit” mengacu pada sisi bergerigi dari koin-koin abad ke-18 yang diedarkan secara luas oleh Spanyol di Malaysia.

BACA JUGA: Fungsi Uang Beserta Pengertian, Jenis, Syarat, & Sejarahnya

Sejarah ringgit Malaysia

1 ringgit berapa rupiah
Depositphotos

Awalnya, Malaysia tidak secara langsung menggunakan mata uang ringgit sebagai mata uang utama di negaranya. Malaysia memiliki sejarah negara yang panjang, begitu pula dengan sejarah mata uangnya. 

Dari abad ke-16 hingga ke-19 akhir, Malaysia menggunakan dolar perak Spanyol-Amerika (silver dollar) yang dibawa oleh Spanyol ke Negara Semenanjung tersebut. Pada 1837, mata uang rupee dari India sempat digunakan sebagai mata uang resmi di Malaysia, hingga akhirnya kembali ke dolar perak lagi di tahun 1867. 

Kemudian di tahun 1903, pada saat Malaysia masih berada di bawah naungan Britania Raya (Inggris), mata uang Malaysia disebut sebagai Dolar Malaysia yang ditetapkan sebesar dua shilling dan empat pence

Lalu dari tahun 1953 dan 1967, muncul Malaya and British Borneo Dollar yang dikeluarkan oleh Board of Commissioners of Currency, Malaya and British Borneo. Pada saat itu, bank-bank swasta dilarang untuk mengedarkan uang kertas, kecuali Board of Commissioners of Currency, Malaya and British Borneo. Namun, masyarakat Malaysia dan sekitarnya pada saat itu tetap menyebut uang dolar tersebut dengan kata “ringgit”. Penggunaan Malaya and British Borneo Dollar sempat terhenti ketika Jepang datang ke Malaysia.

Hingga akhirnya pada Agustus 1975, Malaysia resmi mengadopsi ringgit sebagai mata uang utama dan satu-satunya dari negara tersebut. Malaysia pun mendaftarkan nama “ringgit” sebagai nama mata uangnya ke International Organization for Standardization di bawah kode ISO 4217. Walaupun sudah didaftarkan ke ISO, tetapi penggunaan simbol dolar ($) masih tetap ada beberapa tahun setelah 1975 tersebut. Barulah pada sekitar tahun 1990-an, Malaysia dengan tegas menggunakan simbol RM untuk merujuk pada simbol mata keuangannya.

BACA JUGA: 10 Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia, Rupiah Nomor Berapa?

1 ringgit berapa rupiah?

Depositphotos

Bagi Sedulur yang membutuhkan informasi kurs ringgit ke rupiah karena ingin bepergian ke Malaysia atau pulang kembali ke Indonesia, Sedulur dapat langsung meluncur ke Google untuk mencari jawabannya dari 1 ringgit berapa rupiah. 

Caranya mudah, buka situs Google melalui laman pencarian di browser smartphone atau laptop, lalu ketik “1 ringgit berapa rupiah”. Kemudian secara otomatis Google akan memberitahu jawaban dari pertanyaan Sedulur tersebut. Saat artikel ini ditulis, per tanggal 23 Juni 2022, 1 ringgit sama dengan 3.373,10 rupiah.

Cara lain untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan “1 ringgit berapa rupiah?” adalah dengan membuka situs resmi Bank Indonesia (BI). Sedulur dapat dengan mudah pergi ke alamat situs resmi Bank Indonesia, buka laman Kurs Transaksi Bank Indonesia, lalu masukkan informasi yang diperlukan seperti kode mata uang.

Setelah itu, data mengenai 1 ringgit berapa rupiah akan segera muncul di layar smartphone atau laptop Sedulur. Informasi Bank Indonesia pun lebih lengkap dibandingkan Google, dimana ia juga menyediakan kurs jual dan kurs beli dari suatu mata uang. Saat artikel ini ditulis, per tanggal 23 Juni 2022, kurs jual 1 ringgit sama dengan 3.391,85 rupiah dan kurs beli 1 ringgit sama dengan 3.355,05 rupiah.

Daftar nilai pecahan ringgit ke rupiah

Depositphotos

Mengingat terdapat beberapa pecahan uang ringgit Malaysia, maka di bawah ini akan dibuat daftar nilai ringgit ke rupiah per pecahan uang dengan patokan nilai kurs beli pada tanggal 23 Juni 2022.

  • 1 ringgit berapa rupiah = 3.355,05 rupiah
  • 2 ringgit berapa rupiah = 6.710,1 rupiah
  • 5 ringgit berapa rupiah = 16.775,25 rupiah
  • 10 ringgit berapa rupiah = 33.550,5 rupiah
  • 50 ringgit berapa rupiah = 167.752,5 rupiah
  • 100 ringgit berapa rupiah = 335.505 rupiah

BACA JUGA: Cara Membuat Buket Uang Mudah serta Langkah-langkahnya

Transaksi antara ringgit dan rupiah

 

Ering

Nah, setelah mengetahui jumlah 1 ringgit berapa rupiah, tentunya tidak lengkap apabila kita tidak membahas bagaimana cara paling mudah untuk transaksi antara ringgit dan rupiah. Ternyata Sedulur sudah dapat dengan mudah bertransaksi hanya dengan menggunakan aplikasi e-wallet, loh! E-wallet tersebut mencakup semua jenis yang sudah mendukung pembayaran via kode QR (quick response), termasuk beberapa aplikasi mobile banking dari bank-bank Indonesia.

Kemudahan ini terjadi berkat Bank Indonesia yang berhasil memperluas kerja sama mengenai pembayaran via QR ke beberapa negara tetangga. Untuk kasus Malaysia sendiri, Bank Indonesia menjalin kerjasama dengan Bank Negara Malaysia (BNM) agar masyarakat Indonesia dapat dengan mudah bertransaksi di Malaysia, begitu juga sebaliknya. Jika di Indonesia kita menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), maka ketika di Malaysia kita akan menggunakan DuitNow QR (DuitNow Quick Response Code).

Tetapi perlu diingat ya Sedulur, tahap integrasi antara QRIS dan DuitNow QR baru akan dikomersilkan pada kuartal ketiga tahun 2022 ini. Tentu saja, kerjasama keuangan antara dua negara bersahabat ini akan terus ditingkatkan dan diperluas cakupannya. Kemungkinan besar, nantinya akan terdapat fasilitas untuk transfer uang secara real-time antara rupiah dan ringgit.

Itu dia informasi ter-up to date dari 1 ringgit berapa rupiah, beserta sejarah uang ringgit Malaysia dan juga jenis-jenis pecahannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang akan melakukan perjalanan ke Malaysia atau pulang ke Indonesia, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.