mutualan adalah

Mutualan adalah salah satu bahasa gaul yang digunakan dalam bahasa sehari-hari. Terutama saat ini, di tengah pesatnya perkembangan media sosial, banyak istilah yang digunakan dalam media sosial diserap menjadi bahasa umum. Termasuk kata mutualan ini.

Kata gaul mutualan adalah hal lumrah yang muncul di media sosial. Namun, bagi kita yang tidak paham tentu akan kebingungan ketika mendengar istilah tersebut. Nah, agar Sedulur tidak kebingungan dengan istilah ini. Mari kita pelajari bersama istilah mutualan artinya apa.

BACA JUGA: Arti Prik, Bahasa Gaul yang Sempat Viral di Tiktok

Asal muasal istilah mutualan

mutualan adalah
Warta Ekonomi

Mutualan merupakan istilah yang muncul pertama kali di media sosial Twitter. Akar kata istilah mutualan adalah dari kata mutual yang artinya bersama atau timbal balik. Dalam kamus Cambridge Dictionary, mutualan adalah dua orang atau lebih merasakan emosi sama. Oleh pengguna Twitter pada masanya, ditambah dengan akhiran -an yang artinya melakukan.

Kira-kira, pertama kali istilah tersebut muncul ketika fenomena Twitter sangat ramai. Hingga merambat pada media sosial lain. Seperti istilah mutualan WA artinya adalah berteman dan saling berbincang. Berbeda lagi dengan pengertian istilah mutualan IG artinya, saling follow.

Sementara itu, ada pula mutualan Spotify adalah saling menyukai dan mengikuti playlist musik yang dibuat. Berbeda dengan istilah mutualan TikTok artinya saling mengikuti dan melihat FYP yang sama. Dengan adanya media sosial, fenomena kehidupan sehari-hari memang sangat dinamis dan memiliki perkembangan yang sangat pesat.

Pemaknaan istilah mutualan

Pastinet

Berasal dari kata mutual adalah bersama atau timbal balik, istilah mutualan menjadi tumbuh sebagai bahasa gaul di Indonesia. Hal ini membuat istilah mutualan adalah semacam bentuk kebersamaan yang mengarah kepada perilaku saling mengikuti, saling follow, atau saling berteman dan membahas topik sama pada cuitan bersama-sama. Tak hanya sebatas topik, arti mutualan adalah mengarah pada saling berbagi emosi.

Meski awal mulanya arti mutualan adalah hanya populer di media sosial Twitter, kini istilah mutualan adalah sudah banyak diadopsi di berbagai macam media sosial. Mulai dari Telegram, WhatsApp, Facebook, hingga Instagram. Itulah arti mutualan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui.

BACA JUGA: Arti YGY dalam Bahasa Gaul yang Lagi Viral di TikTok

Istilah bahasa gaul lainnya

mutualan adalah
Gif Grabber

Sangat banyak istilah bahasa gaul yang saat ini bertebaran dan mungkin sering membuat Sedulur kebingungan. Berikut ini adalah beberapa istilah lainnya agar Sedulur tidak kebingungan membacanya.

  • Bad mood, istilah bahasa Inggris ketika perasaan sedang tidak baik-baik saja.
  • Curcol, singkatan dari “curhat colongan”.
  • Cans, sebenarnya merupakan plesetan dari kata “cantik”.
  • Caper, kata-kata anak zaman sekarang yang merupakan singkatan dari “cari perhatian”.
  • DM, singkatan dari “direct message”, yang merupakan fitur di sosial media terutama Instagram.
  • FYI, singkatan “for your information“, biasa diucapkan ketika akan memberi sebuah informasi baru.
  • Goks, kata lain dari “gokil”, biasanya menjadi ungkapan dari ekspresi terkejut.
  • Garing, kata yang menggambarkan sesuatu yang tidak lucu.
  • Gans, sama dengan ganteng.
  • Gercep, singkatan dari “gerak cepat”.
  • Gils sama dengan “gila”.
  • GWS, singkatan dari “get well soon” atau yang artinya semoga lekas sembuh.
  • LoL, akronim bahasa Inggris dari “laugh out loud” atau berarti tertawa terbahak-bahak.

Itulah pengertian dari istilah mutualan yang sering kita dengar. Mutualan adalah bahasa gaul dalam penggunaan media sosial. Semoga dengan penjelasan artikel kali ini, Sedulur tidak lagi kebingungan dengan setiap istilah yang ada.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.