laptop terbaik 2022

Saat ini laptop menjadi barang yang sangat diperlukan untuk menunjang pendidikan maupun pekerjaan ditambah lagi saat ini banyak yang yang melakukan WFH atau Work From Home. Memilih laptop dengan harga terjangkau namun dengan spesifikasi bagus tentu sangat dibutuhkan. Berikut informasi mengenai laptop terbaik 2022 yang laris di pasaran. 

Sebelum Sedulur memutuskan untuk membeli laptop, simak dulu rekomendasi laptop terbaik 2022 dan harganya yang paling banyak dicari masyarakat berikut ini. 

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Meja Laptop Terbaik untuk Kerja di Rumah

1. Apple MacBook Air M1 2020

laptop terbaik 2022
iBox

Laptop keluaran Apple tahun 2020 ini sangat cocok untuk memenuhi kebuatahn Sedulur. Laptop yang dibanderol dengan kisaran harga Rp16 jutaan ini memiliki banyak sekali kelebihan yang akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, seperti membuat dokumen hingga mengedit video yang ukuran besar.

-->

Aplle MacBook Air M1 2020 ini hadir dengan 3 warna favorit yaitu perak, abu-abu, dan juga emas. Memiliki desain yang tipis dan ringan, serta mempunyai banyak kelebihan seperti  CPU 8-core yang super cepat, tak heran jika laptop ini masih mencari incaran banyak orang meski dengan harga yang terbilang cukup mahal. 

2. Dell Latitude 11 3190

laptop terbaik 2022
Dell

laptop terbaik 2022 untuk mahasiswa adalah Dell Latitude 3190. Laptop ini sangat kebutuhan mahasiwa karena mempunyai kelebihan yaitu layar touchscreen. Tak hanya itu, para pengguna bisa rasakan navigasi yang lebih mudah dibandingkan mouse dan keyboard saja. Laptop ini dilengkapi dengan mode flat, tent, laptop dan juga tablet. Menarik bukan? 

Kelebihan lainnya yaitu, pengguna dapat dengan mudah mengeksplorasi kreativitas debfab membeli Dell MPP Active Pen yang dijual secara terpisah. Laptop ini sangat cocok untuk mahasiswa karena dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni kisaran 5 juta sampai 7 juta saja. 

3. Axioo My Book 14H

laptop terbaik 2022
Laptopmedia

Axioo merupakan merek laptop dalam negeri. Meski bagitu, merek ini tetap konsisten mengeluarkan laptop dengan harga yang terjangkau. Salah satu seri andalan merek adalah laptop Axioo My Book 14H. 

Sebagai laptop entry-level, dengan desainnya yang polos dan minimalis serta tulisan Axioo di tengahnya, laptop ini cukup laris di pasaran.Memiliki warna abu-abu, dengan lapisannya yang tidak gampang kotor ketika pegang. Seluruh bodinya sendiri menggunakan bahan dari polikarbonat. Dimensinya yang cukup nyaman dan ringkas saat dibawa.

Bobotnya sekitar 1 kg lebih sedikit dengan ketebalan 2 cm. Untuk engselnya layarnya bisa dibuka secara maksimal sampai kemiringan sekitar 135°.  Sangat efisien dan fleksible untuk digunakan di mana pun!

BACA JUGA : Daftar 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur Tidak Masuk?

4. Lenovo Ideapad D330 N4000

Laptop terbaik 2022
Softcom

Jika Sedulur sedang mencari laptop terbaik 2022 harga 4 jutaan, Sedulur dapat memilih laptop Lenovo Ideapad D330. Laptop dengan touch screen ini memiliki daya baterai yang mampu bertahan hingga 13 jam lho. Selain itu, desainnya yang detachable untuk memisahkan antara layar dan juga keyboard, sehinga laprop ini juga dapat dijadikan tablet. 

Selain itu terdapat fitur multi taouch yang semakin membuat praktis dan nyaman para penggunanya. Memiliki spesifikasi layar yang full HD membuat tampilan pada gambar semakin jernih dan juga cerah. Laptop Lenovo Ideapad D330 N4000 sudah dapat Sedulur miliki dengan cukup merogoh kantong Rp4.900.000 saja. Cukup terjangkau bukan? 

5. Toshiba Portege X20W

Laptop terbaik 2022
Pricebook

Rekomendasi laptop terbaik 2022 dibawah 10 juta selanjutnya yaitu Toshiba Portege X20W. Dibanderol dengan harga Rp7.900.000, Sedulur sudah bisa memiliki laptop dengan fitur yang canggih ini. Laptop ini dilengkapi dengan prosesor intel Core i7-75OOU yang sudah dijamin cepat dan juga stabil.

Tak hanya itu, laptop ini memiliki layar dengan ukuran 12,5 inci yang juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 4 sehingga sangat nyaman digunakan untuk mereka yang waktunya lebih banyak dihabiskan untuk menatap layar laptop.

Laptop Toshiba Portege X20W sangat cocok untuk Sedulur yang sering bekerja menggunakan laptop. Laptop yang mempunyai komponen dan fitur canggih ini mampu bersaing di kelas atas karena harganya yang terbilang cukup terjangkau, yaitu kisaran 7 jutaan saja.

6. HP ENVY 13-aq1016tx

Laptop terbaik 2022
Pricebook

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan laptop merek HP atau Hewlett-packard. Merk ini memang sering mengeluarkan laptop dengan kualiatas yang sudah tidak diragukan lagi, seperti tipe HP ENVY 13-aq1016tx ini.

Laptop ini hadir dengan chipset Intel® Core™ i5-8265U dengan internal storage SSD yang sudah terjaminsangat mumpuni untuk mendukung pekerjaan berat seperti mengedit video.Tak hanya itu, performa booting serta kecepatan transfer data juga tak kalah cepat.

Meskipun termasuk laptop dengan kualitas grafis yang sangat tinggi,akan tetapi berat laptop ini termasuk cukup ringan, hanya dengan 1,17 kg saja. Sedulur dapat memiliki laptop ini mulai harga Rp 15.000.000.

BACA JUGA : 6 Fungsi Airplane Mode pada Smartphone yang Jarang Diketahui

7. Asus VivoBook Flip 14

Pricebook

Rekomendasi laptop terbaik dengan fitur canggih selanjunya yaitu Asus VivoBook flip 14. Laptop dengan fitur touch screen ini juga didesain dengan cukup ramping. Memiliki layar full HD 14 inci sehingga membuat layar menjadi jernih.

Selain itu, laptop ini mempunyai prosesor inter core17 memudahkan penggunanya untuk mengerjakan tugas dengan sangat mudah. Laptop ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu star grey dan juga galaxy blue.

Dengan kecanggihan fiturnya, laptop ini dibanderol dengan kisaran harga Rp10 juta hingga Rp12 juta. Masih terjangkau dan tidak begitu mahal ‘kan?

8. MSI GF63 Thin

Harapanrakyat

Apakah Sedulur merupakan seorang gamer yang sedang mencari laptop? Sedulur dapat memilih laptop gaming dari MSI ini memiliki performa yang cukup bagus di kelas entry-level dengan dukungan prosesor Intel Core generasi ke 11. Ditambah lagi dengan spesifikasi layar thin bezel yang terlihat lebih tipis dan juga ringkas.

Tak hanya itu, laptop gaming ini juga mempunyai  fitur anti-glare yang mempu meningkatkan kenyamanan saat bermain game. Laptop ini juga menjadi pilihan terbaik buatSedulur yang suka bermain game di malam hari dengan suasana tenang.

Hal ini karena terdapat mode silent untuk menghilangkan suara bising kipas laptop. Sedulur dapat membelinya mulai dari harga Rp 15.600.000. Laptop ini bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur yang ingin kualitas baik namun dengan harga laptop yang masih terjangkau.

9. ASUS ROG Zephyrus G14

laptop terbaik 2022
ROG Asus

Laptop keluaran Asus ini menjadi salah satu merek laptop yang cocok untuk para gemers. Hal ini dikarenakan laptop ini mempunyai performa yang sangat cepat karena didukung dengan prosesor AMD Ryzen 4000 series.

Layarnya pun juga didesain secara khusus untuk gamer profesional dan memiliki tampilan grafis dengan kualitas yang sangat tinggi serta dukungan 3 variasi GPU. Hal yang menarik lainnya adalah terdapat teknologi dedicated video encoder yang memungkinkan penggunanya bermain game sambil live streaming tanpa khawatir menghadapi kendala nge-lag.

Harga laptop ini kisaran dari Rp 24.000.000. Harganya agak tinggi, karena dari spesifikasi yang dapat Sedulur baca di atas, laptop ini dijamin akan mampu memberikan kenyamanan saat bermain game.

10. Acer Chromebook Spin 713

Acer

Jika Sedulur sedang mencari laptop terbaik 2022 harga 5 jutaan maka Acer Chromebook Spin 713 dapat menjadi solusinya. Laptop inihadir dengan Intel i3 atau Intel i5. Selain itu, laptop ini juga mempunyai ruang penyimpanan 8GB RAM dan 256GB penyimpanan PCIe SSD. Layar 13,5 inci berkemampuan sentuh memiliki resolusi 2256 x 1504 yang membuat tampilan layar menjadi lebih jernih. 

Laptop dengan desain yang elegan dan juga kokoh serta keyboard yang berwarna perak ini memberikan getaran yang agak minimalis. Harga laptop dibanderol mulai Rp5.600.000. Cukup terjangkau bukan?  Sedulur bisa segera membeli laptop ini jika sudah cocok dan pas dengan spesifikasinya.

11. Acer swift 3

Acer

Laptop Acer swift 3 menjadi salah satu laptop incaran mahasiswa karena memiliki desain yang ramping dengan bobot hanya 1 kg saja. Laptop ini  telah menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 5000 dengan series Mobile Processor yang akan membuat laptop ini menjadi lebih powerful. Tak hanya nyaman digunakan untuk bekerja, laptop ini jugacocok dipakai untuk berbagai kegiatan multi-tasking hingga bermain game ringan.

Meskipun memiliki performa yang kencang, dimensi dan bobot laptop ini masih tergolong tipis dan sangat ringan, hanya berada di  kisaran 1.2 kg. Selain itu, Acer Swift 3 Ryzen 5000 ini juga memiliki layar dengan color gamut di 100% sRGB yang sering dicari oleh fotografer dan content creator.

12. Apple MacBook Pro (2021, 16-inch)

Apple

MacBook memang menjadi laptop andalah karena kecepatannya yang sudah tidak diragukan lagi. Kini telah hadir Apple MacBook Pro 2021 16-inci yang memiliki desain sangat elegan. Kelebihan lain dari laptop ini adalah mempunyai penyimpanan atau ruang yang sangat besar hingga 1TB / 16GB.

Tak hanya itu, laptop ini juga memiliki daya tahan lama baterai hingga 14 jam serta layar 16 inci yang membuat penggunanya semakin betah untuk berada di depan laptop ini. Dengan banyaknya kelebihan dan juga fitur di dalamnya, tak heran jika MacBook Pro ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, yaitu kisaran Rp50 juta hingga Rp70 juta. 

Tips memilih laptop yang wajib Sedulur perhatikan

Tosupedia

Setelah Sedulur tahu daftar laptop yang bisa Sedulur beli di atas, terdapat beberapa tip memilih laptop yang wajib Sedulur perhatikan. Hal tersebut diperlukan agar Sedulur tidak salah pilih dan laptop bisa awet serta tahan lama.

Seperti Sedulur ketahui sendiri, saat ini laptop merupakan perangkat penting yang dapat menunjang pekerjaan, kuliah dan aktivitas harian lainnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan saat hendak membeli laptop, yaitu:

1. Ukuran laptop

Hal pertama yang perlu Sedulur perhatikan yaitu ukuran laptop itu sendiri. Ukuran layar yang dipilih, tentunya akan memengaruhi ukuran laptop. Sebaiknya, Sedulur memilih laptop yang paling cocok untuk kebutuhan.

Jika Sedulur membutuhkan portabilitas tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran kecil. Dengan itu, Sedulur bisa leluasa  berpindah dengan mudah karena dimensinya kecil. Laptop yang mobile biasanya memiliki layar berukuran 12,5 inci hingga 13,3 inci.

Laptop semacam ini punya bobot antara 1 kg hingga 1,5 kg. Meski begitu, sangat jarang laptop dengan ukuran tersebut punya spesifikasi yang benar-benar kencang. Sedulur tidak akan menemukan laptop dengan prosesor Intel Core i7 di perangkat sekecil ini.

Namun jika Sedulur membutuhkan laptop dengan tenaga tinggi, baik itu gaming atau desain, Sedulur harus membeli laptop dengan ukuran besar. Pasalnya, laptop dengan bodi tebal dan besar dapat menyimpan komponen bertenaga yang baik untuk performa laptop itu sendiri.

2. Spesifikasi laptop

Hal kedua yang perlu diperhatikan yaitu spesifikasi laptop itu sendiri. Baik itu prosesor, RAM, VAG hingga kapasitas penyimpanannya. Ada dua vendor prosesor yang paling banyak diandalkan saat ini, yakni Intel dan AMD.

Keduanya pun punya berbagai varian produk prosesor yang dibanderol dari satu jutaan hingga belasan juta rupiah. RAM juga merupakan salah satu faktor yang mampu memengaruhi kinerja laptop. Semakin besar RAM, kinerja laptop untuk kebutuhan multitasking akan makin besar. Saat ini, Windows 10 butuh setidaknya RAM 8GB.

3. Desain laptop

Hal ketiga yang perlu Sedulur perhatikan saat memilih laptop yaitu desain laptop, seiring dengan berkembangnya teknologi, desain laptop juga akan berkembang lebih modern. Saat ini banyak desain laptop menarik yang futuristik.

Perhatikan desain laptop seperti ketahanan laptop, terutama bagian engsel dan body laptop itu sendiri. Sedulur juga harus memperhatikan jenis layar yang digunakan, bagaimana resolusinya dan sudut pandangan penglihatan layar itu sendiri.

Seperti misalnya Sedulur membutuhkan laptop untuk mengerjakan grafis dan desain, maka Sedulur bisa memilih laptop dengan panel display jenis IPS (In-Plane Switching) yang punya ketajaman serta akurasi warna yang tinggi, juga sudut penglihatan yang luas. Satu hal yang tak dapat dipungkiri, laptop yang mahal tentu memiliki kualitas layar yang lebih mumpuni.

4. Daya tahan baterai

Hal penting yang harus diperhatikan yaitu perihal daya tahan baterai. Umumnya daya tahan laptop memiliki waktu penggunaan 4-8 jam pemakaian. Namun ketahanan baterai sendiri sangat sulit diukur dan juga tergantung pemakaian itu sendiri.

Apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai. Karenanya, sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasan soal laptop yang ingin Sedulur beli. Jangan lupa juga untuk merawat laptop yang telah dibeli, agar performa baterai bisa bertahan lama. Jangan pernah melakukan charge laptop terus menerus, atau jangan sampai menunggu baterai habis hingga 0%.

5. Konektivitas yang lengkap

Terakhir yang perlu diperhatikan yaitu berkaitan dengan konektivitas, karena di era digital saat ini mustahil untuk tidak terhubung dengan WiFi. Maka pastikan laptop yang dibeli memiliki koneksi WiFi, dan memiliki tiga buah port USB dan port lain seperti LAN dan HDMI/VGA.

Namun, perlahan beberapa konektivitas yang awalnya esensial ini mulai menghilang, sebab desain laptop menjadi semakin tipis kian hari. Mulai banyak produsen yang membuat model laptop ultrabook yang tipis dan minim port, tetapi dilengkapi dengan USB Type-C yang mendukung arus pertukaran data hingga 40Gbps (jika mendukung Thunderbolt 3).

Solusinya, Sedulur masih bisa menggunakan dongle sebagai ekstensi port yang mulai langka. Maka dari itu, perihal konektivitas ini sangat penting untuk diperhatikan dan wajib dipenuhi.

Itulah informasi mengenai 9 merek laptop terbaik 2022 dan harga terbarunya, mulai dari Acer Swift 3, Asus VivoBook flip 14. hingga MacBook Pro.Namun, jika Sedulur sedang mencari laptop terbaik 2022 harga 3 jutaan, maka Sedulur dapat memilih laptop Lenovo Ideapad Slim 3 14ADA05 yang dibanderol dengan harga Rp3,7 juta.

Disertai dengan penjelasan terkait tips memilih laptop yang bisa jadi landasan Sedulur agar tidak salah memilih laptop. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.