Cosplay artinya gabungan dari kata “Costum” dan “Play”, sehingga orang yang melakukan profesi ini disebut sebagai cosplayer. Biasanya cosplay ini akan merujuk pada hobi berkostum ala karakter animasi, komik maupun dalam video games. Kegiatan ini memang berkembang pesat di seluruh dunia. Bahkan, cosplay anime di Indonesia juga cukup banyak pelakunya.

Banyak banget cosplay kawaii tanah air yang namanya cukup populer, sebut saja seperti Mayumi Reena, Punipun, Matcha Mei, Rian CYD hingga Lola Zieta. Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu soal dunia berkostum ini, berikut ini penjelasan cosplay artinya apa sampai cosplay artinya dalam bahasa gaul. Yuk, kepoin!

BACA JUGA: Belajar Huruf Jepang: Penulisan Hiragana, Katakana dan Kanji

1. Cosplay artinya apa sih?

pexels.com

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, cosplay artinya singkatan dari bahasa Inggris yang dikaitkan erat dengan peragaan kostum. Biasanya peragaan kostum ini akan meniru atau menyerupai tokoh-tokoh kartun, anime, tokoh fiksi, manga, dan seterusnya. Di sinilah tantangan para cosplayer berkreasi dengan kostum dan makeup-nya.

Memahami cosplay artinya apa tentu sangat penting, terutama bagi kamu yang ingin atau memiliki hobi ini. Namun jika merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia, cosplay artinya permainan kostum. Jadi makna kata cosplay adalah peragaan busana atau kostum tertentu.

BACA JUGA: 14 Anime China Terbaik, Tidak Kalah dengan Anime Jepang

2. Cosplay artinya bahasa gaul

pexels.com

Mungkin Sedulur ada yang bertanya-tanya cosplay artinya dalam bahasa gaul. Sebab, istilah cosplay memang sering digunakan di media sosial. Selain itu, arti kata ini juga bisa merujuk pada orang yang sedang melakukan peragaan kostum atau biasa disebut cosplayer.

Nantinya para pelaku cosplayer tersebut akan memperagakan tokoh tertentu dengan kostum dan makeup semirip mungkin. Kemudian akan ditambah aksesori yang bisa menunjang penampilan agar semakin mirip dengan tokoh yang ditirukan.

3. Sejarah cosplay

pexels.com

Bagaimana sih awal mula atau sejarah cosplay? Sebenarnya praktik penggunaan kostum ini sudah dikenal sejak lama. Pada tahun 1960-an, di Amerika sudah populer penggunaan kostum-kostum seperti pesta topeng yang menyerupai tokoh tertentu. Hal ini juga mirip dengan perayaan Halloween.

Kemudian di Jepang, istilah ini dikenal sekitar tahun 1970-an. Dan semakin populer setelah event costume show yang digelar di Ashinoko tahun 1978. Hingga akhirnya, event tersebut menjadi acara tetap yang diselenggarakan oleh Nihon SF Taikai sejak tahun 1980.

Semenjak itu, istilah cosplay pun semakin populer di seluruh dunia. Bahkan beragam artikel atau event cosplay telah dimuat di dalam berbagai media massa. Dari tahun ke tahun, perkembangan dunia peragaan kostum ini pun semakin pesat dan dikenal luas. Bahkan, di Indonesia juga telah mengenal cosplay dan dulu sempat populer dengan Harajuku style.

BACA JUGA: 17 Karakter Cowok Paling Keren di Serial Anime

4. Jenis-jenis cosplay

pexels.com

Selain mengetahui sejarah dan artinya, ada beberapa jenis-jenis cosplay. Nah, daripada penasaran berikut ini beberapa di antaranya:

  • Cosplay Anime atau Manga: Aksesori yang dikenakan identik dengan tokoh anime atau manga.
  • Cosplay Game: Kostum dan aksesori yang dikenakan mirip di dalam tokoh atau karakter sebuah games.
  • Cosplay Dongeng: Kostum atau aksesori yang dipakai sama dengan karakter dalam tokoh dongeng, baik itu kartun, film, atau tokoh fiksi lainnya.
  • Harajuku Style: Kostum dan aksesori yang dikenakan ala Harajuku style atau Jepang.
  • Cosplay Original: Kostum dan aksesori yang dipakai tanpa dipengaruhi karakter anime, tokusastu, dongeng, dan seterusnya.

5. Pendapatan cosplay

instagram.com/lolazieta

Belum banyak yang tahu, ternyata pendapatan cosplayer cukup fantastis. Melansir Detik.com, salah satu cosplayer yang sudah terkenal yaitu Lola Zieta. Dalam satu tahun dirinya bisa mengantongi pendapatan sampai milyaran. Bahkan di tahun 2020 kemarin, meski sedang pandemi Lola bisa meraih 1,2 miliar.

“Penghasilan kalau perkiraan untuk tahun ini (2020) tembus lebih dari Rp 1,2 miliar. Kalau pengeluaran aku ada uangnya sendiri, budget untuk kostum itu ada,” ujarnya kepada Detik.com.

BACA JUGA: 15 Anime Ecchi Terbaik Dijamin Bikin Kamu Ketagihan, Cek Disini

6. Fakta unik tentang cosplay

pexels.com

Bagi Sedulur yang belum tahu, ternyata dunia cosplay itu memiliki beberapa fakta unik. Selain harus memakai kostum dan makeup yang bagus, ternyata cosplayer juga perlu bisa akting. Karena dirinya gak cuma menirukan gaya luarnya saja, tetapi juga harus bisa menirukan sifat atau karakter tokoh tersebut. Wah, multitalenta banget ya!

7. Prestasi cosplayer Indonesia

detik.com

Mungkin belum banyak yang tahu, cosplayer Indonesia ada yang pernah menjadi juara dunia di World Cosplay Summit (WCS) 2016 di Nagoya, Jepang, lho. Mereka adalah Rian Cahyadi dan Marchella. Bersama tim CRUSNIK, ketika itu mereka membawakan karakter serial Trinity Blood. Rian dan Marchella membuat penonton terpukau karena bisa menampilkan efek tubuh terbelah yang mengejutkan.

Itulah tadi penjelasan terkait cosplay yang Sedulur perlu tahu. Saat ini dunia cosplay sangat banyak peminatnya. Sebab, kita bisa melihat bagaimana kreativitas pelaku cosplayer dalam menciptakan busana dan makeup semirip mungkin dengan tokoh yang ditiru. Bahkan, untuk membuat kostum saja bisa habis sampai jutaan, lho. Apakah Sedulur ada yang tertarik mencoba hobi ini?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.