Provider adalah sebuah istilah yang digunakan dalam dunia digital, yang berhubungan dengan jaringan komputer. Istilah ini sering digunakan dalam teknologi komputer, telepon rumah, maupun telepon seluler. Selain itu, istilah ini juga biasanya digunakan untuk melayani penggunanya dalam hal pembuatan website dan akses internet.

Sederhananya, koneksi internet akan dihubungkan dengan internet provider. Sehingga, seseorang bisa mengakses berbagai konten dengan cepat dan mudah. Ingin tahu lebih dalam mengenai apa itu provider beserta jenis dan macamnya secara lengkap? Simak berikut ini.

BACA JUGA: Cara Tes Kecepatan Internet Via Online & Android, Gratis!

Pengertian provider 

provider adalah
pexels

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, provider adalah sebuah jasa yang menyediakan layanan kepada user atau penggunanya. Tak hanya itu saja, istilah ini juga memiliki hubungan dengan perusahaan yang melayani pembuatan website, menyediakan akses internet serta perawatannya, dan mengatur letaknya dalam dunia cyber. Fungsinya adalah untuk membantu dari segi promosi. Sehingga, website yang diinginkan bisa dikunjungi oleh pengguna.

Internet Service Provider

provider adalah
pexels

Internet Service Provider adalah lembaga atau perusahaan yang memberikan pelayanan kepada penggunanya dalam hal akses internet dan berbagai media lainnya yang terkait dengan internet. Dalam bahasa Indonesia, ISP lebih dikenal sebagai PIJI atau provider internet. Dalam penggunaanya, konsumen tidak bisa mendapatkannya secara gratis. Dengan kata lain, ISP merupakan layanan yang berbayar.

Jaringan yang ditawarkan ISP cenderung sangat luas. Itu artinya, ISP bisa digunakan baik secara lokal maupun internasional. Jadi, pengguna atau konsumen bisa terhubung dengan mudah secara global. Data akan mengalir melalui jaringan dan transmisi dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Tak hanya satu, ada beberapa macam jalur untuk mentransmisikan data. Misalnya adalah modem, sinyal radio, kabel, serta berbagai jalur lainnya. Ada beberapa pilihan biaya yang harus dibayarkan pengguna setiap bulannya, dan terbagi menjadi dua kategori broadband dan modem. 

Fungsi provider internet

provider adalah
pexels

Beberapa fungsi dari care provider adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penyedia modem koneksi dial-up.
  • Penghubung antara komputer pengguna dengan gateway terdekat.
  • Perantara dalam menyambungkan koneksi internet.
  • Untuk melindungi virus dengan cara menggunakan sistem layanan antivirus.
  • Agar bisa berkomunikasi secara online dengan cepat dan mudah di mana pun.
  • Agar bisa menghubungkan user atau pengguna dengan World Wide Web (WWW). WWW merupakan kumpulan sumber daya internet. Dengan demikian, maka pengguna akan secara otomatis bisa mengakses web mail service atau email, search engine, web hosting untuk berbagai kebutuhan.
  • Untuk memberikan informasi yang lebih luas dari secara online dengan cepat melalui berbagai macam sumber. 

BACA JUGA: Cara Dapat Penghasilan Tambahan dari Internet Tanpa Modal

Contoh provider

provider adalah
pexels

Ada berbagai contoh yang bisa Sedulur jumpai dan cukup populer di Indonesia. Beberapa contoh provider adalah sebagai berikut:

  • Ozon; keberadaannya mulai populer dan banyak dikenal di Indonesia karena memiliki kecepatan yang baik serta harga yang cukup terjangkau. Kedua hal tersebut membuat Ozon banyak digunakan di berbagai perusahaan.
  • MyRepublic; ada berbagai macam paket yang ditawarkan dari MyRepublic. Tentunya, masing-masing paket yang ditawarkan memiliki kecepatan transfer yang berbeda. Namun, kecepatan rata-rata darinya hingga 300 MB/s.
  • CBN atau Cyberindo Aditama merupakan perusahaan penyedia jaringan internet baik wireless atau fiber optik. Kecepatan dari CBN bisa mencapai 1 GB/s dan biasanya banyak digunakan di mall ataupun perumahan.
  • Indihome; perusahaan yang mempunyai jangkauan internet paling luas serta banyak tersebar di berbagai wilayah Indonesia ini memiliki berbagai layanan internet. Tak hanya internet saja, perusahaan dari Telkom ini juga menyediakan layanan telepon rumah serta TV kabel.

Jenis layanan internet

provider adalah
pexels

Semakin berkembangnya era, tentunya internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat luas. Sekarang, internet sudah semakin mudah untuk mengaksesnya. Tentunya, internet memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membantu berbagai kebutuhan dan pekerjaan yang lebih cepat selesai. Berbagai layanan yang ditawarkan di internet pun dinilai sangat membantu para penggunanya. 

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, serta contohnya, kali ini Sedulur harus mengetahui juga jenisnya. Beberapa jenis provider adalah sebagai berikut:

1. Dial up

theverge

Dial up adalah jenis layanan internet pertama yang bisa digunakan. Internet dial-up menggunakan saluran telepon untuk menyambungkannya. Jenis yang satu ini memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa menggunakan internet dan telepon rumah secara bersamaan. Jenis koneksi internet ini merupakan jenis yang paling lambat dan lemah.

BACA JUGA: Cara Ganti Password Wifi Indihome dengan Praktis & Cepat

2. DSL (Digital Subscriber Line)

computerbild

Selanjutnya adalah DSL atau Digital Subscriber Line. Layanan provider yang satu ini adalah layanan yang berguna untuk menghubungkan internet melalui saluran telepon. Berbeda dengan dial-up, DSL bisa digunakan tanpa harus memiliki sambungan telepon di rumah. Kerjanya juga jauh lebih cepat daripada dial-up karena menggunakan koneksi broadband. Jaringan ini juga bisa digunakan bersamaan dengan saluran telepon. Kelemahannya, DSL hanya tersedia jika penggunanya memiliki TV kabel.

3. Satelit

suara

Jenis layanan internet provider lainnya adalah satelit. Sambungannya menggunakan broadband, namun tidak lagi membutuhkan saluran telepon maupun kabel. Caranya dalam menghubungkan internet adalah dengan melalui satelit yang mengorbit bumi. Jenis yang satu ini bisa digunakan di mana pun dan kapan pun. Namun, kelemahannya adalah sambungan yang dipengaruhi oleh cuaca. 

4. Mobile Internet

itprotal

Mobile internet merupakan jenis layanan internet yang terhubung melalui jaringan ISP secara nirkabel. Akan tetapi, jenis koneksi yang satu ini tidak secepat kabel atau DSL. Selain itu, jumlah data yang bisa digunakan terbatas, tidak seperti kebanyakan paket yang ditawarkan oleh broadband. Beberapa layanan dari kartu provider adalah 3G dan 4G, yang umum digunakan oleh ponsel pintar.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Paling Mudah & Tanpa Syarat!

5. Serat optik

belajarsampaimati

Jenis layanan internet terakhir adalah serat optik, yang memiliki jenis broadband dengan kecepatan yang cukup tinggi. Kecepatan yang tinggi tersebut didapatkan dengan menggunakan kabel serat optik. Keunggulannya adalah bisa mentransfer data lebih baik jika dibandingkan dengan tembaga standar. Maka dari itu, pengguna atau user bisa melakukan berbagai hal yang diinginkan di internet dengan lebih cepat dan mudah. Misalnya adalah streaming film, musik, dan bermain game online. 

Setelah mengetahui pengertian provider adalah dan contohnya, tentunya sekarang Sedulur tidak lagi bingung dengan istilah yang satu ini. Untuk memilihnya secara tepat, Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal seperti kecepatan transfer data, memiliki backbone dan proxy server, serta yang paling utama adalah mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan. Pastikan untuk memilihnya dengan biaya yang sesuai dengan kemampuan, ya. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.