pernikahan

Bagi sebagian besar orang, menikah merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan dalam hidup. Hal ini karena pernikahan merupakan momen sakral bersatunya dua insan yang saling mencintai. Bagi umat Kristiani, ada beberapa ayat pernikahan Kristen yang bisa dijadikan pedoman untuk memahami arti cinta dan kasih pernikahan.

Pemahaman yang baik mengenai cinta dan kasih akan mengantarkan kedua pasangan mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup. Tidak hanya itu, ayat-ayat Alkitab tersebut juga menjelaskan tentang kemuliaan pernikahan maupun hal yang harus dihindari, seperti perceraian.

Nah, jika Sedulur ingin mengetahui informasi selengkapnya, berikut adalah 35 ayat Alkitab dan quote Kristiani tentang kasih dalam pernikahan. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: 50 Ayat Alkitab Tentang Move On dari Kasih Masa Lalu

Ayat Alkitab tentang kemuliaan pernikahan

ayat pernikahan kristen
iStock

Dikutip dari Pasal 1 Undang–Undang No 1 Tahun 1974, dijelaskan bahwa pernikahan atau perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dari penjelasan di atas, tentu dapat diketahui bahwa pernikahan merupakan hal yang mulia. Kemuliaan pernikahan ternyata juga dijelaskan dalam ayat ayat pernikahan kristen dalam Alkitab yang menjadi panduan hidup umat Kristiani. Dengan memahami betapa mulianya pernikahan, tentu seseorang tidak akan mempermainkannya. 

Pernikahan Kristen menjadi sebuah komitmen seumur hidup yang tidak boleh diruntuhkan oleh apapun dan siapapun dalam kehidupan suami-istri. Hal ini karena pengucapan ikrar pribadi telah dinyatakan oleh setiap pasangan suami-istri di hadapan umum, jemaat dan Allah. 

Ikrar tersebut harus tetap diwujudkan, tidak peduli apapun halangannya. Komitmen inilah yang menjadikan kehidupan antara seorang laki-laki dan perempuan mendapatkan status keutuhan hidup sesuai dengan konsep penciptaan yang telah dirancang oleh Allah. Dalam hal pernikahan Kristen, komitmen yang diucapkan mencakup tiga hal, yakni suami, istri, dan Kristus. Dimana pernikahan merupakan ikatan ilahi dari seorang laki-laki kepada seorang perempuan untuk saling setia. 

Dengan begitu, konsep pernikahan Kristen merupakan sebuah lembaga keluarga yang telah direncanakan Allah sejak penciptaan, yang bertujuan untuk menghormati dan memuliakan Allah, bekerja sama untuk menguasai dan mengelola bumi, menikmati kesatuan fisik dan menghasilkan keturunan yang memuliakan Allah, hidup dalam kesepadanan sebagai suami-istri, dan hidup menjadi berkat bagi sesama.

Berikut adalah beberapa ayat ayat pernikahan kristen dalam Alkitab yang menjelaskan mengenai kemuliaan pernikahan.

1. Kolose 4:6

“Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.”

2. Amsal 20:6-7

“Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? Orang benar yang bersih kelakuannya –berbahagialah keturunannya.”

3. Kolose 3:12

“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”

BACA JUGA: 10 Perintah Allah Katholik pada Manusia yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Kidung Agung 2:7

“Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!”

5. Efesus 5:33

“Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya.”

6. Amsal 3:3-4

“Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia.”

7. Kolose 3:15

“Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.”

8. 2 Korintus 6:14

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”

9. Kidung Agung 2:16

“Kekasihku kepunyaanku, dan aku kepunyaan dia yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.”

10. 1 Korintus 16:14

“Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!”

BACA JUGA: 10 Bahasa Tertua di Bumi, Ada yang Digunakan Sampai Saat Ini

11. Ibrani 13:4

ayat pernikahan kristen
iStock

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

12. Kolose 3:14

“Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.”

13. Efesus 4:2-3

“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.”

14. Amos 3:3

“Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?”

15. 2 Korintus 6:14

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”

16. Kejadian 2:22-24

“Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.”Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

17. 1 Yohanes 4:7-8

“Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.”

BACA JUGA: Doa Makan Kristen untuk Bersyukur Kepada Tuhan

18. Efesus 5:25

“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.”

19. 1 Petrus 3:7

“Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.”

20. 1 Korintus 7:14

“Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.”

21. 1 Korintus 13:4-5

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.”

22. 1 Korintus 7:3

“Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya.”

23. 1 Korintus 13:13

“Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.”

24. Matius 19:4-6

“Jawab Yesus: “Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan? Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” 

25. Ibrani 13:4

“Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.”

BACA JUGA: 10 Perintah Allah Katholik pada Manusia yang Perlu Kamu Ketahui!

Ayat Alkitab tentang hal yang perlu dihindari dalam pernikahan

ayat pernikahan kristen
iStock

Pernikahan bukan hanya tentang kebahagiaan saja. Beberapa masalah bisa jadi hadir dan menjadi bumbu-bumbu dalam menjalani bahtera rumah tangga. Namun, setiap masalah yang hadir tentu saja harus diselesaikan dengan baik.

Selain memiliki kontrol diri yang baik dalam menyelesaikan suatu permasalahan, masing-masing pihak juga harus belajar untuk memahami pasangan. Pemahaman yang baik mengenai pasangan akan membuat setiap masalah bisa diselesaikan tanpa keributan berarti.

Perlu diketahui juga bahwa penyelesaian masalah tidak boleh menggunakan kekerasan. Sebisa mungkin, gunakan cara yang lebih baik, seperti duduk berdua untuk menemukan solusi bersama. Tentu saja tidak boleh dibarengi dengan nada tinggi dalam penyampaiannya.

Nah, ayat Alkitab ternyata juga memberikan panduan mengenai beberapa hal yang harus dihindari dalam pernikahan. Hal ini dapat Sedulur jadikan panduan dalam membina rumah tangga yang baik, hingga hanya maut yang bisa memisahkan.

Berikut adalah beberapa ayat ayat pernikahan kristen dalam Alkitab mengenai hal yang perlu dihindari dalam pernikahan.

26. 1 Petrus 3:7

“Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan istrimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.”

27. 1 Korintus 7:1-2

“Dan sekarang tentang hal-hal yang kamu tuliskan kepadaku. Adalah baik bagi laki-laki, kalau ia tidak kawin, tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai istrinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri.”

28. 1 Tesalonika 4:3-5

“Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan, supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi istrimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan, bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah.”

29. Markus 10:11

“Lalu kata-Nya kepada mereka: ”Barangsiapa menceraikan istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu.”

30. Kolose 3:19

“Hai suami-suami, kasihilah istrimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.”

BACA JUGA: 40 Ayat Emas Alkitab untuk Kekuatan Sehari-hari, Penuh Kasih

Ayat Alkitab agar menghindari perceraian

ayat pernikahan kristen
iStock

Dalam memahami cinta dan kasih dalam pernikahan, umat Kristiani juga perlu memahami bahwa perceraian bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Jika seandainya permasalahan yang ada masih bisa diselesaikan dengan baik, alangkah baiknya jika ikatan pernikahan tetap diperjuangkan.

Menghindari perceraian merupakan hal yang baik. Hal ini karena perceraian sama sekali tidak dilegalkan dalam pernikahan agama Kristen. Bahkan, Tuhan Yesus juga sangat jelas sekali dalam menekankan bahwa apa yang sudah dipersatukan Allah tidak dapat diceraikan oleh manusia (Markus 10:9). 

Dengan penjelasan tersebut, maka terjadinya perceraian tidak pernah menjadi keinginan Allah, melainkan selalu merupakan hasil dari dosa. Maka sangat jelas, bahwa perceraian merupakan hal yang tidak dibenarkan atau tidak disahkan dalam agama Kristen.

Berangkat dari penjelasan di atas, ada beberapa ayat ayat pernikahan kristen dalam Alkitab yang menjelaskan mengenai larangan perceraian tersebut. Sedulur bisa menyimak informasi ini dengan baik, agar lebih bijak dalam mengatasi masalah, tanpa sedikitpun berpikir untuk bercerai. 

31. Yeremia 3:1

“Jika seseorang menceraikan istrinya, lalu perempuan itu pergi dari padanya dan menjadi isteri orang lain, akan kembalikah laki-laki yang pertama kepada perempuan itu? Bukankah negeri itu sudah tetap cemar? Engkau telah berzinah dengan banyak kekasih, dan mau kembali kepada-Ku? Demikianlah firman Tuhan.”

BACA JUGA: Bunyi Doa Salam Maria untuk Umat Katolik Beserta Artinya

32. Markus 10: 11-12

”Barangsiapa menceraikan istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu. Dan jika si istri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah.”

33. Markus 10: 6-8

“Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu.”

34. Matius 19:16

“Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

35. Matius 5: 31-32

“Siapa yang menceraikan istrinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi Aku berkata kepadamu:

Setiap orang yang menceraikan istrinya kecuali karena zinah, ia menjadikan istrinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.”

Nah, itulah 35 ayat pernikahan kristen dalam Alkitab mengenai cinta dan kasih pernikahan bagi umat Kristiani. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur semua, terutama agar selalu mengasihi pasangan sehidup semati dan berusaha sekuat tenaga untuk menghindari perceraian.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.