doa makan kristen

Setiap agama menganjurkan untuk berdoa sebelum beraktivitas, terutama aktivitas makan yang berkaitan dengan energi untuk tubuh. Termasuk dalam hal ini umat kristiani yang juga diwajibkan membaca doa makan kristen sebelum memulai setiap aktivitas makan.

Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar bersama terkait bacaan doa makan kristen, sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas makanan yang diberikan kepada kita. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari kita mulai pembahasannya!

BACA JUGA: Doa Aku Percaya Katolik Lengkap: Panjang dan Pendek

Doa makan dalam kehidupan sehari-hari

doa makan kristen
Kumparan

Di Indonesia, kehidupan beragama merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak aspek dalam kehidupan yang diatur oleh agama dan diperintahkan bagi setiap umatnya untuk mengikuti aturan agama yang telah ada dan ditetapkan.

Termasuk saat memulai dan mengakhiri makan, setiap orang beragama mengakhirnya dengan berdoa. Bagi umat kristen, doa makan kristen singkat, lengkap atau panjang, merupakan sebentuk rasa syukur atas rejeki yang didapatkan dalam bentuk makanan. Doa makan juga berarti bentuk pengakuan seorang uman kepada Tuhan.

Jika doa makan kristen saat ibadah dianggap sebagai sebuah bentuk pengakuan, bakan doa tersebut merupakan sebuah ibadah yang menunjukan umat tersebut merupakan orang beriman.

Apa saja doa makan umat kristen?

Popmama

Setiap agama tentu memiliki bacaan yang berbeda terkait doa yang dipanjatkan saat hendak makan. Penganut Kristen akan melafalkan doa sesuai bahasa ibunya. Jika bahasa ibunya adalah bahasa Indonesia, maka umat kristiani tersebut akan memanjatkan doa dengan bahasa Indonesia.

Tetapi, penggunaan bahasa sifatnya tidak mengikat dalam doa umat kristen. Sehingga umat Kristen yang fasih bertutur dengan lebih dari satu bahasa, bisa memanjatkan doa dengan bahasa lain. Namun, tidak dianjurkan untuk mencampur-campurkan bahasa dalam berdoa. Terdapat juga tata cara berdoa yang perlu diketahui. Yaitu cara berdoa yang umum dilakukan seperti:

  • Menyatukan telapak tangan.
  • Memposisikan diri dalam keadaan duduk atau berlutut.
  • Menundukkan kepala dan memejamkan mata.
  • Memanjatkan doa. Ketika berdoa, umat beriman perlu memandang Allah sebagai Bapa.

Sebagian cara di atas pada dasarnya bukan berasal dari Alkitab, melainkan telah membudaya dalam ajaran Kristen. Ketika hendak makan, sebagian umat Kristen kerap kali cukup berdoa dengan menundukkan kepala dan memanjatkan doa sebelum makan. Hal tersebut merupakan bentuk rasa syukur setiap umat kristian terhadap setiap makanan yang didapatkannya.

BACA JUGA: 50 Ucapan Turut Berduka Cita yang Penuh Doa dan Makna

Lantas apa saja bacaan doa-doa makan ibadah pemuda kristen yang dimaksud? Yuk, mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini:

1. Doa makan kristen dari Alkitab

doa makan kristen
Kumparan

Pertama adalah doa makan kristen yang berasal dari Alkitab Matius 6: 9-13. Bacaannya adalah sebagai berikut:

Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya.

Ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya kerajaan, kuasa, dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.

2. Doa makan kristen bersama keluarga

Popbela

Ya Allah Bapa, dalam nama Yesus dan pertolongan Roh Kudus, kami memanjatkan syukur atas berkat yang Kau berikan secara berlimpah hari ini dan juga berkat makanan serta minuman yang sudah Engkau sediakan bagi kami semua.

Dalam nama Yesus, kami mohon agar Engkau mau berkenan untuk menguduskan dan menyucikan hidangan ini dengan kuasa dara Putera-Mu Yesus Kristus. Dalam nama Yesus, bersihkan dan kuduskan hidangan ini dari segala macam penyakit dan juga kuasa kegelapan supaya bisa menjadi berkat dan sumber kesehatan tubuh kami sekeluarga, Amin.

Berkatilah kami ya Tuhan atas makanan ini dan semua berkat ini akan kami terima dari kelimpahan yang Kau berikan pada kami melalui Kristus Tuhan kami, Amin.

3. Doa sebelum makan kristen

doa makan kristen
Kumparan

Bapa yang ada di Sorga, terima kasih hari ini Engkau sertakan kepada kami berkatmu yang tak terhingga, berupa makanan dan minuman yang nikmat untuk kami santap untuk memulihkan energi dari tubuh kami dan bisa menjadi sumber tenaga yang luar biasa.

Biarlah seluruh apa yang tersaji di meja makan kami menjadi sukacita, dan semoga, bagi saudara kami yang ada diluar sana, semoga juga diberi berkah serupa sehingga tidak ada kelaparan dan kesengsaraan. Dalam nama Yesus kami mohon, kabulkanlah doa kami ya Tuhan. Amin.

4. Doa sesudah makan kristen

Popbela

Bapa yang baik, Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Surga, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu Bapa, untuk segala cinta kasih-Mu yang masih kami rasakan hingga pada saat ini.

Terima kasih Bapa untuk semua makanan dan minuman yang tersedia di hadapan kami dan akan segera kami nikmati. Semuanya ini tersedia bukan karena kekuatan kami, melainkan karena kasih karunia-Mu ya Bapa.

Setiap butir makanan dan setiap tetes minuman yang masuk ke dalam tubuh kami semoga dapat menjadi berkat yang bermanfaat. Semoga makanan serta minuman yang telah kami santap bisa menjadi pemulih energi, obat dari segala penyakit dan juga racun, serta juga bisamelancarkan pikiran dan meingkatkan fokus dalam melanjutkan aktifitas sehari-hari. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

5. Doa agar makanan menjadi berkat kesehatan dan kepintaran

doa makan kristen
Popmama

Bapa di Sorga, dikuduskanlah namaMu, terpuji selama-lamanya

Terima kasih bahwa sepanjang hidup kami, Engkau tak lalai dalam mencukupi kebutuhan kami. Kami juga bersyukur Tuhan atas makanan dan minuman yang masih Engkau berikan untuk  kami.

Berkatilah makanan dan minuman ini supaya menjadi kekuatan bagi tubuh kami, kesehatan, dan kepintaran sehingga makanan ini tidak berakhir sia-sia tetapi boleh kembali menjadi berkat untuk kemuliaan namaMu.

Hanya di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

6. Doa makan untuk anak

Popmama

Tuhan Yesus, Kami hendak mengucap syukur untuk makanan dan minuman yang hendak kami makan saat ini. Tak lupa juga kami berdoa bagi saudara kami yang belum mendapatkan berkat sebaik apa yang kami terima. Kiranya Engkau mengasihi kami semua dengan sepenuh hati dan memberkati mereka yang kurang mampu memiliki makanan saat ini

Berikan makanan dan minuman yang diperlukan umatMu lainnya, supaya mereka terberkati dengan baik olehMu. Terima kasih Ya Tuhan Yesus, Biar doa ini kami serahkan seluruhnya di dalam namaMu, Amin.

7. Doa makan agar terhindar dari penyakit

doa makan kristen
Popbela

Tak henti-hentinya rahmatmu dan berkatmu yang selalu baru tiap hari. Kami beryukur untuk berkat jasmani yang telah tersedia berupa makanan dan minuman ini.

Bapa, kiranya Engkau berkati, kuduskan, sucikan, dan jauhkan makanan kami dari segala penyakit dan kuasa jahat. Biar Engkau patahkan dan musnahkan semua roh jahat, bakteri, virus, kuman, hal kotor dan hal gelap yang mau mengganggu kami lewat makanan ini.

Biarlah makanan kami hanya boleh menjadi kesehatan, kekuatan, kebaikan bagi tubuh kami,sehingga kami boleh selalu memuliakanMu dan terhindar dari yang jahat. Hanya Engkau yang berkuasa atas kami selama-lamanya, amin.

8. Doa makan untuk mendoakan orang lain yang kurang mampu

Popbela

Bapa di Sorga, Tuhan Yesus, kami datang kepadaMu, Mengucap syukur dan terima kasih untuk kesehatan dan penyertaanmu hingga saat ini. Terima kasih juga untuk makanan dan minuman yang telah Engkau sediakan untuk kami makan. 

Berkatilah makanan dan minuman ini untuk kami yang memakannya menjadi kebaikan bagi tubuh kami dan mengenyangkan kami. Terima kasih juga untuk mereka yang membuatkan atau menyediakan makanan ini, kiranya kasih, penyertaan, dan semua berkat boleh tercurah atas hidup mereka.

Tuhan lebih lagi kami jugar berdoa bagi mereka yang belum bisa makan seperti kami dan berkekurangan. Biarlah berkat jasmani terbaik boleh, makanan dan minuman yang baik dan sehat boleh datang atas mereka, seperti kepada kami.

Kiranya mereka bisa makan dan minum, tercukupi dan terberkati segala keperluan hidupnya dengan baik olehMu. Kasih dan penyertaan Tuhan kiranya selalu memenuhi setiap kami semua. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus yang berkuasa di bumi dan di Sorga, kami berdoa, amin.

BACA JUGA: Inilah Doa Untuk Orang Sakit Paling Mujarab Dalam Islam

9. Doa makan untuk mendapatkan kesembuhan

doa makan kristen
Popmama

Bapa di Sorga dan Tuhan Yesus Kristus, terima kasih untuk nafas hidup yang Engkau berikan, dalam keadaan lemah pun berkatMu tercurah bagi kami.

Jika saat ini saya boleh makan dan minum itu semua karena kesempatan dan anugrah serta berkat dariMu. Engkau tahu Tuhan tubuh ini sedang dalam keadaan yang lemah dan terserang penyakit.

Untuk itu Tuhan, saya berdoa kiranya Engkau berkati setiap makanan, minuman, dan obat yang akan saya konsumsi, memberi kesembuhan untuk tubuh saya, memberi kekuatan yang baru dan pemulihan untuk tubuh saya.

Biarlah ini menjadi sarana untuk Engkau menyatakan kuasaMu dalam hidupku serta mujizat ajaib boleh terjadi melalui makan dan minuman ini. Terima kasih Tuhan untuk segalanya, dengan penuh sukacita saya terima makanan ini dan saya panjatkan doa serta syukur ini. Haleluya, amin.

10. Doa makan agar kuat beraktivitas

Popbela

Bapa di Sorga, puji syukur kami panjatkan kepadamu oleh karena segala kelimpahan ini. Tiba saatnya kami akan makan dan minum, biarlah makanan dan minuman ini menjadi kekuatan dan energi positif untuk kami dalam menjalani hari-hari kami.

Biarlah makanan yang sebentar kami akan santap menjadi energi yang baik untuk kami dapat melakukan segala FirmanMu. Terpujilah Tuhan selama-lamanya, Amin.

Nah itulah daftar doa makan kristen atau umat kristiani yang bisa dipanjatkan, baik sebelum makan atau sesudah makan dengan berbagai maksud dan tujuan yang ingin didapatkan. Semoga daftar doa di atas bisa membantu Sedulur dan setiap umat kristiani lainnya lebih taat dan mendapatkan berkah lagi setiap harinya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.