bahasa tertua di bumi

Menurut beberapa teori, bahasa tertua di bumi adalah Bahasa Koptik Mesir. Bahasa ini merupakan warisan dari peradaban Mesir Kuno, yang berkembang pada tahun 6.000 SM. Bahasa ini konon digunakan oleh kelompok manusia yang berada di Lembah Sungai Nil.

Namun baru pada tahun 3.100 SM dinasti Mesir yang pertama mulai berdiri. Lalu adakah bahasa tertua di bumi lainnya selain Koptik Mesir? Mari simak rangkuman informasi mengenai 10 bahasa tertua di dunia yang perlu Sedulur ketahui berikut ini!

BACA JUGA : 10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?

1. Bahasa Koptik Mesir

bahasa tertua di bumi
Detik

Bahasa tertua yang ada di dunia sejauh yang diketahui saat ini adalah bahasa Mesir Koptik. Bahasa tersebut merupakan warisan dari peradaban Mesir Kuno. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa sekelompok manusia yang berburu dan meramu diketahui berada di Lembah Sungai Nil pada 6.000 SM.

-->

Masyarakat Mesir menggunakan Bahasa Koptik sebagai Bahasa untuk berkomunikasi hingga pada sekitar abad ke-17. Setelah itu Bahasa ini digantikan dengan Bahasa Arab. Kini, Bahasa Koptik hanya digunakan sebagai liturgi oleh Gereja Ortodoks Koptik Alexandria dan juga gereja Katolik Koptik. Bukti adanya Bahasa Koptik ini terdapat dalam sebuah ukiran di makam kuno yang berusia 3.200 SM.

2. Bahasa Sansekerta

bahasa tertua di bumi
Amazine

Bahasa Sanksekerta memiliki salah satu jenis bahasa yang tertua yaitu Bahasa Sanksekerta Veda. Bahasa kesusteraan Hindu Kuno ini kira-kira mulai ada sekitar 3500 tahun lalu di India Kuno. Tanpa disadari, Bahasa Sankserta yang berasal dari Indo-Eropa kemudian menjadi asal mula Bahasa Indoensia dan Bahasa Jawa yang dipakai oleh mayoritas penduduk di pulau Jawa. Akan tetapi, berdasarkan pada Prasasti Kawali I diketahui bahwa bahasa tertua di Indonesia adalah Bahasa Sunda.

3. Bahasa Yunani

bahasa tertua di bumi
Pixabay

Keberadaan Bahasa Yunani pertama kali dibuktikan pada sekitar tahun 1.450 SM atau sekitar 3.400 tahun lalu. Bahasa Yunani merupakan Bahasa Indo-Eropa paling tua di dunia dan berakar dari Kreta dan Siprus. Bahasa yang sudah digunakan sejak abad 16 SM lalu ini menjadi akar dari berbagai kara dalam Bahasa modern.

BACA JUGA : Sejarah Ken Dedes: Ratu Singasari & Keistimewaannya

4. Bahasa Cina

iStock

Bahasa Cina Kuno merupakan tahap Bahasa Cina tertua. Contoh paling pertama dari Bahasa Cina adalah adanya prasasti yang berisi ramalan pada tulang oracle dari sekitar 1.250 SM, selama akhir dinasti Shang. Adanya Bahasa Cina Kuno pertama kali dibuktikan pada tahun 1.250 SM atau sekitar 3.200 tahun yang lalu.

Sementara itu, Bahasa Cina modern adalah warisan langsung dari Oracle Bone dan menjadi salah satu Bahasa tertua di dunia yang kini masih banyak digunakan.

5. Bahasa Aram

Rubrik Kristen

Bahasa tertua di bumi selanjutnya adalah bahasa Aram. Selama sekitar 3.500 tahun dalam sejarahnya, bahasa Aram sudah berfungsi sebagai bahasa pemujaan, agama, administrasi kerajaan dan juga sebagai bahasa ibu dari beberapa orang Semit dari Timur.  Sementara itu, orang Aram Kuno menggunakannya sekitar 3.500 SM sejak zaman Perunggu di wilayah Suriah modern. Berdasarkan pada literatur sejarah, bahasa Aram merupakan bahasa orang Aram, yaitu orang-orang yang berbahasa Semit dari wilayah antara Levant utara dan lembah Tigris utara. Jumlah orang yang menggunakan bahasa Aram saat ini diperkirakan mencapai 2 juta orang.

6. Bahasa Ibrani

bahasa Ibrani

Pada sekitar tahun 1000 SM, skrip pertama Bahasa Yunani pertama kali ditemukan. Bahasa Ibrani ini diperkirakan telah berusia lebih dari 3.000 tahun. Bahasa ini juga menjadi salah satu bahaa tertua dan menjadi Bahasa resmi di negara Israel.

Bahasa Ibrani juga dilabel sebagai Bahasa yang suci karena sering dipakai sebagai Bahasa yang digunakan pada beberapa teks-teks agama. Meski sempat hilang pada tahun 200 hingga 400, Bahasa Ibrani kembali muncul dan dituliskan serta dituturkan hingga sekarang oleh hampir seluruh penganut Yahudi yang ada di seluruh dunia.

BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

7. Bahasa Arab kuno

bahasa Arab
iStock

Bahasa tertua di dunia yang selanjutnya adala Bahasa Tamil. Bahasa yang terbilang cukup modern ini, mulai berkembang pada abad ke-4 di wilayah yang kini menjadi Syria. Lantaran Bahasa Arab tumbuh setelah Bahasa-bahasa tertua lainnya di dunia, Bahasa Arab mendapatkan pengaruh dari Bahasa Aram, Yunani, Ibrani dan juga Bahasa Persia.

8. Bahasa Farsi (Persia)

Quora

Bahasa tertua di bumi berikutnya adalah bahasa Farsi. Bahasa Persia atau Bahasa Farsi telah digunakan para penduduk Iran kuno pada tahun 600 SM. Bahasa yang kini lebih dikenal dengan Bahasa Farsi ini terbagi menjadi menjadi 3 periode diantaranya yaitu Persia Kuno (525-300 SM), Persia Tengah (300SM-800M) dan Persia Modern.

9. Bahasa Latin

iStock

Bahasa Latin merupakan Bahasa yang banyak mempengaruhi Bahasa yang ada saat kini. Akan tetapi, Bahasa Latin tidak digunakan untuk percakapan sehari-hari. Bahasa Latin sudah digunakan oleh penduduk di Roma sejak abad 7 SM lalu. Setelah itu Bahasa ini semakin berkembang dan menjadi permulaaan Bahasa Perancis, Italia bahkan hingga Inggris.

10. Bahasa Tamil

iStock

Bahasa Tamil termasuk urutan bahasa tertua di dunia yang terakhir. Bahasa ini digunakan sekitar 78 juta orang di seluruh dunia. Perlu Sedulur ketahui bahwa non Sanskerta tertua yang ada di India, Bahasa ini sudah digunakan pada tahun 300 SM. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya prasasti yang menggunakan Bahasa Tamil di gua-gua dan juga tembikar.

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

Bahasa tertua di dunia menurut Islam

iStock

Bahasa Arab merupakan bahasa tertua menurut Islam. Hal ini berdasarkan karena manusia pertama yang ada di bumi adalah Nabi Adam as. Hal ini juga dipertegas dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Thabrani dan al-Baihaqi yang berbunyi,“Cintailah bahasa Arab karena tiga hal; karena aku adalah orang Arab, dan al-Qur’an diturunkan dengan berbahasa arab, serta bahasa Penduduk Surga adalah bahasa Arab”. (HR. Thabrani dan al-Baihaqi).

Bahasa pertama di dunia menurut alkitab

iStock

Jika berbicara mengenai apa Bahasa tertua di dunia tentu kita akan menemukan berbagai macam teori. Ada yang mengatakan bahwa Yunani menjadi Bahasa yang paling tua di dunia, ada juga yang menyebutkan Bahasa Sansekerta. Akan tetapi, jika menelisik dengan seksama maka Bahasa Arab menjadi Bahasa tertua.

Sebagaimana diketahui bahasa Arab merupakan bahasa yang tergabung ke dalam rumpun bahasa Sam dan Ham (Semit-Hamito/Afro-Asiatic). Sam dan Ham sendiri dan juga Yafits merupakan anak-anak Nabi Nuh as. Dilihat dari segi jarak dengan Nabi Adam as,  Nabi Nuh as tergolong sangat dekat mengingat Nabi Nuh as adalah Nabi yang ketiga setelah Nabi Idris as.

Demikianlah informasi mengenai bahasa tertua di bumi. Perlu Sedulur ketahui bahwa tulisan tertua di dunia adalah aksara Paku yang muncul sekitar 3.000 tahun yang lalu di daerah lembah sungai Efrat dan Trigis yang sekarang menjadi negara Irak.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.