apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak

Apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak? Berkembang biak atau bereproduksi memang menjadi salah satu kebutuhan biologis makhluk hidup, selain respirasi. Tujuan makhluk hidup bereproduksi adalah untuk mempertahankan spesiesnya agar tidak punah. Cara perkembangbiakan ini terbagi menjadi beberapa jenis, secara kawin maupun tidak kawin.

Selain mempertahankan spesies, perkembangbiakan makhluk hidup juga memiliki tujuan lain. Berikut jawaban dari apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak yang ingin Sedulur ketahui. Lengkap beserta cara perkembangbiakannya. Yuk, langsung simak!

BACA JUGA: 12 Ciri-ciri Makhluk Hidup, Penjelasan Lengkap & Gambarnya

Melestarikan spesiesnya

apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak
Unsplash

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak? Salah satunya yaitu untuk mempertahankan spesies. Berkembang biak atau berkembangbiak penulisan yang benar adalah berkembang biak. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan makhluk hidup baru yang sejenis.

Misalnya saja di alam yang penuh dengan predator, untuk mempertahankan spesiesnya, makhluk hidup harus berkembang biak. Ada beberapa hewan yang memiliki banyak keturunan dalam sekali bereproduksi, misalnya kura-kura. Hewan ini dapat bertelur ratusan, namun karena kura-kura muda sangat rentan, hanya beberapa yang dapat mencapai dewasa.

Nah, apabila kura-kura tersebut hanya bisa bertelur 1 butir saja dan tidak melakukan reproduksi, maka kemungkinan jumlah kura-kura akan terus berkurang karena kemampuan mempertahankan diri dan spesiesnya pun berkurang.

Agar tidak punah

apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak
Unsplash

Tujuan ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Apabila makhluk hidup bisa mempertahankan spesiesnya melalui perkembangbiakan, maka spesiesnya akan terus dapat ditemukan di alam. Kepunahan adalah hal yang sangat dihindari oleh makhluk hidup. Cara mencegah agar makhluk hidup tidak punah yaitu dengan berkembang biak.

Hingga saat ini, ada beberapa spesies yang telah dinyatakan punah, misalnya harimau jawa dan monyet merah. Tentunya agar hewan dan tumbuhan tidak punah, perlu campur tangan manusia untuk merawatnya dan mengontrol perkembangbiakannya di alam. Jangan sampai karena tidak bisa mempertahankan diri di alam, hewan dan tumbuhan tersebut tidak dapat dilihat oleh anak cucu kita nantinya.

BACA JUGA: 16 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah & Dilindungi

Memiliki keturunan

Unsplash

Beberapa makhluk hidup, termasuk manusia menganggap keturunan adalah hal yang sangat penting dan menjadi lambang sebuah keluarga. Maka dari itu, jika ditanya apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak? Salah satunya untuk memiliki keturunan.

Meski jumlah makhluk hidup tergolong sangat banyak dan mungkin jauh dari kepunahan, manusia adalah salah satu contoh makhluk hidup yang selalu menginginkan keturunan di keluarganya.

Cara perkembangbiakan hewan

Unsplash

Selain tujuan dari berkembang biak, Sedulur perlu tahu bahwa ada berbagai cara perkembangbiakan makhluk hidup. Pada hewan, perkembangbiakannya bisa secara kawin maupun tidak kawin. Secara kawin disebut sebagai perkembangbiakan generatif. Berdasarkan pembuahannya, berkembang biak secara kawin dibagi menjadi dua jenis yaitu di luar tubuh dan di dalam tubuh.

Pembuahan di luar tubuh merupakan penggabungan sel telur dan sperma yang terjadi di luar tubuh induk, contohnya ikan dan katak. Pembuahan di dalam tubuh merupakan penggabungan sel telur dan sperma terjadi di dalam tubuh induknya, contohnya reptil, unggas, dan mamalia.

Selain itu, berdasarkan jenis perkembangan janinnya, perkembangbiakan pada hewan dibagi menjadi tiga macam, antara lain ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Ovipar berkembang biak dengan bertelur. Vivipar dengan melahirkan. Ovovivipar berkembang biak dengan bertelur serta melahirkan, misalnya ikan pari dan beberapa jenis ular.

Di samping itu, perkembangbiakan secara tidak kawin disebut juga dengan vegetatif. Perkembangbiakan ini terjadi pada hewan tingkat rendah. Contohnya, tunas pada Hydra dan fragmentasi pada cacing planaria.

Cara perkembangbiakan tumbuhan secara kawin

Unsplash

Sama halnya hewan, perkembangbiakan pada tumbuhan juga bisa dilakukan secara kawin dan tidak kawin. Berkembang biak secara kawin pada tumbuhan sangat sederhana. Proses ini terjadi dengan cara penyerbukan antara serbuk sari dengan kepala putik. Serbuk sari akan masuk ke dalam biji, bertemu sel telur dan terjadi pembuahan. Dari pembuahan inilah yang akan membentuk buah dan biji.

BACA JUGA: Tumbuhan Paku, Kenali Ciri, Macam, Jenis dan Manfaatnya

Cara perkembangbiakan tumbuhan vegetatif

Unsplash

Perkembangbiakan tumbuhan secara tidak kawin dengan bantuan manusia disebut perkembangbiakan vegetatif. Beberapa cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan beserta contohnya bisa Sedulur cek di bawah ini.

  • Umbi lapis, contohnya bawang bombai dan bawang putih.
  • Umbi batang, contohnya kentang.
  • Tunas, contohnya pisang dan bambu.
  • Rizoma, contohnya tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, dan kencur.
  • Geragih (stolon), contohnya stroberi.
  • Spora, contohnya tumbuhan paku.

Sampai sini, Sedulur sudah bisa menemukan jawaban dari apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak. Pada dasarnya, berkembang biak menjadi kebutuhan biologis yang sangat penting bagi semua makhluk hidup. Untuk merangkum kembali, berkembang biak bertujuan agar makhluk hidup tidak punah, memiliki keturunan, dan melestarikan spesies sejenis.

Tujuan berkembang biak bisa dibilang saling berkaitan dengan tujuan beradaptasi. Tujuan makhluk hidup beradaptasi adalah untuk bertahan hidup, melindungi diri, dan berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Saat makhluk hidup berkembang biak, maka mereka juga telah berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Lewat artikel ini, semoga wawasan Sedulur tentang makhluk hidup makin bertambah, ya. Semoga ilmunya bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.