Rekomendasi vinegar terbaik

Cuka apel vinegar merupakan salah satu produk larutan yang terbuat dari hasil fermentasi sari buah apel. Untuk menghasilkan cuka apel vinegar terbaik, proses fermentasinya menggunakan bakteri dan ragi agar kandungan gula dalam buah apel menjadi asam asetat. Proses fermentasi ini pun menghasilkan senyawa bioaktif seperti enzim, asam amino, dan asam organik, yang menghasilkan cuka apel vinegar terbaik.

Sehingga tidak heran pula, kini cuka apel vinegar terbaik kian populer di dunia kesehatan, bahkan kecantikan. Selain sering digunakan untuk bahan pelengkap makanan dan minuman. Manfaatnya pun cukup banyak, seperti menurunkan tekanan darah, untuk deit, dan sebagainya.

Tentu sangat banyak ragam merek cuka apel vinegar tebaik yang bisa menjadi pilihan. Namun agar Sedulur merasa tidak kebingungan dalam memilih cuka apel vinegar terbaik, berikut ulasan beberapa  rekomendasi merek cuka apel vinegar terbaik dan paling laris pada tahun 2023 yang kami rangkum untuk Sedulur.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik untuk Kesehatan

-->

Manfaat Cuka Apel Vinegar

Healthline

Cuka apel vinegar terbaik yang memiliki berbagai kandungan zat yang baik bagi kesehatan serta kecantikan, seperti magnesium, zat besi, asam amino, dan antioksidan tentu memiliki beragam manfaat diantaranya dapat membantu:

  • Turunkan berat badan

Cuka apel vinegar memiliki kandungan asam asetat yang berfungsi untuk mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak pada tubuh Sedulur. Bahkan, menurut penelitian ahli gizi di Chicago, AS, yaitu Debbie Davies, cuka apel vinegar terbaik jika dikonsumsi sebanyak 2 sendok makan sebelum Sedulur memakan makanan berat maka dapat menurunkan berat badan sebanyak 1-2 kilogram. Jadi, jika Sedulur sedang menjalankan program diet, maka cuka apel vinegar ini cocok menjadi salah satu suplemen program diet Sedulur.

  • Mengontrol gula darah

Selain dapat menurunkan berat badan, cuka apel vinegar juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang ada dalam tubuh Sedulur, karena dalam kandungannya yang memiliki rendah gula. Terlebih lagi, cuka apel vinegar pun telah terbukti dapat memperlambat proses pelepasan glukosa (gula) dari makanan ke dalam darah. Hal ini dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang tinggi pada tubuh Sedulur.

  • Sehatkan jantung

Selain itu, cuka apel vinegar sangat baik untuk kesehatan jantung karena terbukti dapat mengurangi kadar lemak lipid darah. Jika Sedulur dapa menjaga lipid darah, maka kerja jantung serta aliran darah ke seluruh tubuh Sedulur akan lancar.

  • Bagus untuk kecantikan

Cuka apel vinegar kini banyak diminati juga sebagai produk kecantikan, terutama sebagai produk perawatan kulit terutama sebagai toner wajah. Hal ini karena cuka apel vinegar terbaik memiliki sifat asam yang dapat membantu untuk menyeimbangkan pH pada kulit Sedulur, hilangkan racun dari kulit wajah, mengurangi minyak yang berlebihan pada wajah, serta dapat membersihkan noda pada pori-pori kulit wajah yang tersumbat.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, namun menurut dokter spesialis kulit penggunaan cuka apel vinegar secara langsung digunakan pada kulit sangat tidak disarankan. Sampai saat ini juga, belum ada studi ilmiah yang benar-benar membuktikan keamanannya hingga manfaat cuka apel vinegar untuk kecantikan wajah. 

Jika Sedulur ingin memakai cuka apel vinegar untuk wajah, cara amannya adalah mengoleskan merata di permukaan kulit, sebaiknya tes terlebih dahulu di punggung telapak tangan Sedulur. Tunggu 1-2 jam dan jika setelahnya kulit menjadi ruam kemerahan dan iritasi, sebaiknya jangan gunkan pada wajah. 

Namun jika ingin benar-benar aman, sebaiknya pilih produk yang memang diformulasikan untuk wajah, saat ini pun memang sudah sangat banyak produk skincare lokal yang menawarkan harga terjangkau.

BACA JUGA: 7 Cara Mengonsumsi Cuka Apel untuk Diet, Hasilnya Memuaskan!

Cara memilih cuka apel vinegar

vinegar terbaik
iStock

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama terkait daftar merek cuka apel terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Tentu Sedulur harus tahu terlebih dahulu seperti apa tips dan cara memilih cuka apel vinegar terbaik agar tidak salah dalam membeli.

Berikut ini terdapat beberapa tips dan cara memilih cuka apel terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur, yuk mari kita simak!

1. Pilih cuka apel vinegar berdasarkan jenisnya 

Cuka apel vinegar memiliki banyak ragam jenisnya, meskipun semuanya sama-sama disebut cuka apel vinegar namun memiliki kandungan berbeda tergantung pada bahn baku yang digunakan. Beikut jenis-jenis cuka apel vinegar terbaik yang dapat Sedulur perhatikan seksama saat memilihnya:

  • Cuka murni

Cuka apel murni hanya terbuat menggunakan sari apel dan bulirnya. Berhubung tidak menggunakan bahan lain selain apel, cuka vinegar ini kaya akan cita rasa dan aroma dari buah apel. Cuka apel vinegar jenis ini umumnya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan atau dapat diminum langsung dengan tambahan air ataupun madu. 

  • Cuka beralkohol

Karena dalam prosesnya dilakukan dengan cara difermentasikan, cuka apel vinegar memiliki kandungan etanol atau alkohol. Namun  cuka apel vinegar tentu memiliki kadar kandungan yang berbeda-beda, untuk di Indonesia sendiri MUI memberikan aturan bahwa kandungan etanol yang dinyatakan halal jika tidak melebihi kadar etanol dari 0,5%. Jika melebihi batas kadar tersebut, maka cuka apel vinegar tersebut tidak halal.

  • Cuka untuk minuman ringan

Produk cuka apel vinegar juga dapat dikategorikan sebagai produk minuman ringan atau soft drink, bukan cuka apel. Dengan menambahkan pemanis seperti madu dan gula, Sedulur akan merasakan kesegaran minuman berbahan cuka apel. 

Terdapat dua tipe minuman jenis ini, tipe pertama Sedulur perlu mencairkan terlebih dahulu sebelum meminumnya. Kedua, ada juga yang dapat langsung diminum tanpa perlu diencerkan terlebih dahulu. Tentu hal Ini bisa dipilih sesuai selera Sedulur.  

  • Cuka hitam

Produk ini bukan cuka apel, melainkan cuka hitam dengan rasa apel agar Sedulur mudah untuk meminumnya. Kerana jenis ini dijual dengan nama cuka apel hitam (black apple vinegar), Sedulur perlu berhati-hati sehingga tidak salah mengiranya sebagai cuka apel.

Cuka apel hitam kaya akan asam amino, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan ini bisa menetralkan rasa dari cukai hitamnya. Jadi, Sedulur yang baru pertama kali mencobanya tidak akan kaget dengan rasanya sehingga mudah saat meminumnya. Namun, di Indonesia jenis produk ini sangat jarang ditemukan dipasaran. 

2. Periksa kemurnian kandungan cuka

Sedulur perlu melihat komposisi dan kandungan dalam sebuah cuka apel vinegar. Misalnya, cuka apel murni hanya terdiri dari sari buah apel saja. Cuka apel beralkohol mengandung apel dan alkohol dengan kadar etanol yang berbeda-beda. 

Selain itu, minuman cuka apel juga berisi bahan yang bermacam-macam, seperti cuka sari apel, pemanis, madu, lemon, dan lainnya. Disamping itu, cuka apel hitam terdiri dari cuka hitam dan jus apel. Dari informasi komposisi kandungan tersebut, Sedulur jadi bisa menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

3. Coba vinegar with mother

Dalam proses pembuatan cuka apel akan muncul endapan keruh. Endapan ini adalah kumpulan bakteri dan asam asetat. Nah, inilah yang biasanya disebut dengan “mother” di dalam cuka apel vinegar. 

Sedulur mungkin akan menemukan cuka apel with mother. Itu berarti cuka apel tersebut memiliki endapan yang tinggi asam asetat. Jika Sedulur mengutamakan cuka dengan nutrisi tinggi, Sedulur bisa mempertimbangkan cuka apel with mother.

BACA JUGA: Tips Membuat Api Kompor Gas Menjadi Biru Lagi Dengan Cuka

Daftar rekomendasi cuka apel vinegar terbaik

Berikut merupakan rekomendasi produk cuka apel vinegar terbaik yang dapat sedulur pilih berdasarkan cara memilih diatas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan.

1. Bragg Apple Cider Vinegar

vinegar terbaik
Bragg

Brag merupakan salah satu brand cuka apel vinegar terbaik yang paling dikenal. Produk ini cukup istimewa, karena diproses tanpa filtrasi sehingga kaya akan kandungan mother, enzim, dan potasium. Tingkat keasaman dan rasa manis yang memiliki keseimbangan yang sempurna menjadikan produk ini amat disukai berbagai kalangan.

Produk ini pun dapat menjaga kesimbangan imun dan melancarkan pencernaan karena memiliki kandungan probiotik, sehingga menjadi pilihan tepat untuk Sedulur yang ingin menjalani hidup sehat. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp115.000.

2. Dehealth Supplies Cuka Apel Vinega

vinegar terbaik
Vinega

Produk cuka apel vinegar terbaik dari brand Dehalth Supplies Vinega adalah fermentasi alami sari apel yang dilakukan dengan duakali, tanpa proses pemanasan dan zat kimia, serta terbuat dari apel organik bebas pestisida. 

Produk ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh Sedulur, diantaranya membantu menormalkan kadar gula darah, mencegah penyakit jantung, mengatasi gangguan kulit, dan sebagainya. Produk ini cocok bagi Sedulur yang ingin memiliki tubuh yang bugar. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp.30.000.

3. Heinz Apple Cider Vinegar

vinegar terbaik
Heinz

Jika Sedulur mencari cuka apel vinegar terbaik yang jernih serta berkualitas tinggi? Heinz Apple Cider Vinegar bisa menjadi pilihan yang tepat. Prose pembuatannya menggunakan teknologi ultrafiltered menghasilkan cuka apel vinegar yang jernih berkadar keasaman 5% serta tidak mengandung alkohol.

Produk ini cocok untuk Sedulur yang mencari manfaat cuka apel, tetapi tidak menginginkan alkohol di dalamnya. Selain itu, produk ini juga dapat Sedulur kombinasikan dengan berbagai resep makanan sehat seperti salad, marinade, ataupun resep lainnya. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp58.000.

4. Daesang Chung Jung One Apple Vinegar

vinegar terbaik
Daesang

Cuka apel vinegar satu ini berasal dari negeri ginseng Korea, diminati banyak orang karena diyakini memiliki khasiat untuk kesehatan dan bisa menjaga kebugaran tubuh. Produk cuka apel vinegar Daesang memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan, detoksifikasi tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan berbagai khasiat lainnya. 

Selain memiliki manfaat yang cukup melimpah, produk ini juga dapat menjadi pilihan Sedulur yang sedang mencari cuka apel vinegar yang memiliki kandungan etanol atau alkohol. Dengan kandungan alkohol 0,13% Sedulur bisa menjadikannya bumbu pelengkap salad atau digunakan sebagai campuran bumbu daging panggang. Adapun harganya di bandrol mulai dari Rp15.500.

5. Natusari Food Indonesia Makkata Cuka Apel Batu

vinegar terbaik
Makkata

Merupakan cuka vinegar yang terbuat dari apel batu organik ini hasil fermentasi dengan tanpa menggunakan bahan pengawet. Sehingga dapat mengoptimalkan kandungan enzim dan asam amino yaang terkandung didalamnya.

Bagi Sedulur yang mengkonsumsi ini secara rutin setiap harinya, diyakini akan memberikan manfaat untuk detoksifikasi tubuh dan pencegahan berbagai penyakit. Jadikan produk ini menjadi salah satu cuka apel yang kaya manfaat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp35.000

6. S&W Premium Apple Cider Vinegar

S&W

Produk S&W Apple Ciger Vinegar terbuat dari campuran air dan 100% apel. Cuka apel vinegar ini juga cukup terkenal di kalangan beauty blogger. Kandungan asam didalamnya berfungsi sebagai antibakteri sehingga produk ini dapat digunakan Sedulur sebagai toner alami untuk wajah.

Dengan Sedulur menggunakan cuka apel vinegar ini sebagai toner, maka Sedulur akan merasakan efek positif yang melimpah terhadap kulit. Misalnya adalah wajah lebih halus dan jerawat akan lebih teratasi, bahkan noda hitam di wajah pun bisa berkurang sehingga warna kulit akan lebih merata. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp44.800

7. Pure & Simple Apple Cider Vinegar

PURE & SIMPLE

Produk ini diolah dari cuka sari apel Malang organik dan berkualitas, diolah dari campuran air, gula, 100% sari apel organik yang berkualitas diproduksi di Bali.  Cuka apel ini juga mengandung zat –zat yang menyehatkan tubuh Sedulur, seperti asam asetat, enzim, dan vitamin.

Kandungan mother-nya bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Dengan ukuran kemasan yang minimalis, maka produk ini mudah untuk dibawa kemana-mana dan cocok untuk Sedulur yang gemar bepergian. Sedulur tinggal tambahkan air, jus, ataupun madu sesuai selera. Adapun harganya dibandrol mulai dari Rp34.900.

8. Dynamic Health Organic Raw Apple Cider Vinegar With Mother

Dynamic Health

Jika Sedulur sedang mencari cuka apel vinegar yang sudah bena-benar terjamin organik, maka sengat tepat Sedulur memilih produk ini. Cuka apel vinegar terbaik ini telah tersertifikasi USDA Organic sehingga Sedulur tidak perlu lagi meragukan kualitasnya.

Produk cuka apel vinegar ini diklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol gula darah, bau mulut, serta dapat meningkatkan imunitas tubuh Sedulur. Tentunya berbagai manfaat baik tersebut didapat dari kandungan mother dalam cuka apel vinegar ini. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp127.000.

9. Kuhne Apple Cider Vinegar

Kuhne

Salah satu produk dari Kuhne yang merupakan cuka apel vinegar yang diimpor dari Jerman. Bahan bakunya terbuat dari satu kilogram sun ripened apples dengan proses fermentasi alami. Selain itu, produk ini juga gluten free, lactose free, dan memiliki rasa buah fruity mild. 

Dengan kandungan didalamnya itu, salah satu cuka apel vinegar terbaik ini sangat cocok disantap dengan sayuran dan dicampurkan  dengan resep makanan sehat lainnya. Adapun harganya mulai dari Rp33.800.

10. Genki Drinks ACV & Honey

Genki Drinks

 Jika Sedulur merasa bosan dengan rasa cuka apel vinegar, produk yang satu ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi Sedulur. Produk Genki Plant ini memadukan sari cuka apel dengan rasa lemon yang menyegarkan. Bahkan rasa dan teksturnya makin terasa unik, karena didalamnya terdapat komposisi jahe merah, madu, dan chia seed.

Sedulur bisa menikmati produk ini pada pagi hari untuk memberikan energi sebelum melakukan aktivitas. Brand cuka apel vinegar ini juga diklaim baik untuk pencernaan dan bisa membantu detoksifikasi tubuh. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp28.000.

BACA JUGA: Mengulik Fakta Tentang Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan

11.  Eden Foods Organic Apple Cider Vinegar

vinegar terbaik
Eden Organic

Produk ini terbuat dari seri apel tanpa pasteurisasi, sehingga nutrisinya diklaim terjaga dengan baik. Selain itu, cuka apel ini pun terbuat dari apel organik, di dalam kandungannya masih ada bakteri alami dengan kandungan asam 5%.

Manfaat penggunaanya bisa diterapkan untuk salah satu kosmetik seperti meredakan kulit yang terbakar matahari, sengatan lebah, gigitan serangga, kutu air, ketombe dan jerawat, serta untuk melembutkan kulit kering, memperkuat kuku hingga mengembalikan kilau rambut yang kusam. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp336.000.

12. M. Busto Apple Cider Vinegar

M. Busto

Cuka apel vinegar dari brand M. Busto termasuk jenis cuka apel organik  yang diproses tanpa melalui filtrasi. Proses ini biasanya dikenal dengan sebutan Apple Cider Vinegar Unfiltered with Mother.  Produk cuka apel ini memiliki tingkat keasaman yang pas, sehingga bisa dijadikan campuran makanan ataupun minuman. Adapun harganya dibanderol mulai dari Rp61.000.

Selain digunakan sebagai bahan masakan, cuka apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga dapat digunakan sebagai produk kecantikan yang bermanfaat untuk kulit. Namun, penting untuk mengkonsumsinya dengan benar agar manfaatnya dapat dirasakan secara optimal.

Perlu diingat bahwa mengkonsumsi cuka apel secara sembarangan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat penggunaan yang tidak tepat antara lain masalah gigi, luka pada kerongkongan, gangguan pencernaan, dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian saat mengkonsumsi cuka apel ini.

Itulah beberapa rekomendasi bagi Sedulur yang sedang mencari cuka apel vinegar terbaik, yang dapat Sedulur pertimbangkan. Namun, sebelum memilih, penting untuk memperhatikan jenis dan kandungan lainnya. Dengan demikian, artikel ini diharapkan dapat membantu Sedulur dalam memilih cuka apel vinegar terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Sedulur.