Bukan hanya sebagai bumbu masak, cuka putih juga mengandung sejumlah manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Selain sebagai penyedap makanan, cuka putih juga dapat melezatkan makanan. Terutama makanan yang berkuah dan berminyak. Namun, banyak yang menghindari penggunaannya, karena takut akan bahaya yang ditimbulkan untuk kesehatan tumbuh. Bahaya tersebut dapat terjadi jika dikonsumsi secara berlebih.

Namun faktanya, jika dikonsumsi secara normal dan takaran yang sesuai, para ahli menyampaikan bahwa terdapat segudang manfaat cuka putih untuk kesehatan tubuh. Bahkan, dari sisi medis terdapat khasiat khusus yang dapat memperkuat kesehatan tubuh.

Dalam kesempatan kali ini, Aplikasi Super akan menjelaskan beberapa manfaat yang dimaksud, agar tubuh Sedulur dapat senantiasa sehat dan bugar. Yuk, tanpa berlama-lama kita langsung simak ulasannya di bawah ini. Namun, Sedulur itu kita simak terlebih dahulu pembahasan cuka putih terbuat dari apa di bawah ini.

-->

Baca Juga: Terbaik! 15 Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan, Wajib Tau!

Apa Itu Cuka Putih?

Apa Itu Cuka Putih?
hellosehat.com

Cuka putih adalah cairan asam hasil fermentasi yang kandungannya terdiri dari 5-10% asam asetat. Berasal dari cairan beralkohol atau juga cairan manis yang telah difermentasi untuk menghasilkan etanol oleh bakteri asam asetat. Bahan yang digunakan biasanya adalah kelapa, beras, kurma, kesemek, madu dan lain sebagainya.

Banyak yang menganggap cuka putih sama dengan cuka makanan, padahal pada dasarnya banyak sekali jenisnya yang biasanya dibedakan dengan bahan dasar pembuatannya. Selain itu, fungsi penggunaannya juga berbeda peruntukannya dari setiap jenisnya. Namun, tentu saja masing-masing dari jenisnya juga memiliki manfaat tersendiri.

Termasuk cuka putih yang akan dibahas dalam kesempatan kali ini oleh Superapp.id. Lantas, apa saja manfaat yang dimaksud untuk kesehatan tubuh? Yuk, kita simak dalam pembahasan di bawah ini!

Daftar Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan Tubuh!

1. Mengontrol Gula Darah

1. Mengontrol Gula Darah
alodokter.com

Manfaat pertama adalah untuk mengontrol gula darah. Sebagaimana yang Sedulur ketahui, jika tubuh telah memiliki kandungan gula dalam darah dalam jumlah yang tinggi, hal tersebut dapat menjadi indikasi penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian.

Dengan konsumsi bumbu penyedap makanan satu ini, Sedulur dapat secara efektif mengontrol gula darah agar terhindar dari penyakit diabetes. Terutama jika dikonsumsi setelah makan, akan secara efektif mengontrol gula darah. Sebagai tambahan informasi untuk Sedulur, terdapat juga manfaat cuka putih untuk baju, terutama bagi baju berwarna putih yang kusam. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam yang terdapat didalamnya.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

2. Menjaga Berat Badan Ideal
hellosehat.com

Manfaat selanjutnya adalah dapat menjaga berat badan ideal. Cuka putih dipercaya dapat menjaga berat badan ideal karena dipercaya dapat memperlambat proses pengosongan lambung. Sehingga rasa lapar dapat ditunda dan kita dapat merasakan kenyang lebih lama. Dengan begitu, kadar kalori yang masuk dalam tubuh dapat berkurang secara efektif dan dapat menyebabkan kita menjaga berat badan tetap ideal.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi | Lifepack.id
Lifepack

Manfaat selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu berbagai macam penyakit kronis dalam tubuh. Kadar kolesterol dalam tubuh dapat diturunkan secara efektif dengan mengkonsumsi cuka putih secara rutin.

Namun perihal manfaat ini memerlukan pembuktian lebih lanjut berdasarkan penelitian ilmiah. Karena sejauh ini, para ahli masih melakukan pembuktian pada seekor tikus yang diberikan cuka secara rutin. Terlihat kadar kolesterol menurun secara signifikan setelah diberikan dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Tepung Kanji untuk Kesehatan, Makanan Penambah Energi!

4. Membasmi Mikroba

4. Membasmi Mikroba
klikdokter.com

Salah satu kandungan dari cuka putih adalah antimikroba. Antimikroba juga dapat secara efektif mengatasi bermasalah kesehatan. Mikroba juga seringkali menyebabkan berbagai masalah penyakit kulit, seperti jamur di kuku, kutil di kulit tubuh, hingga terjadi infeksi telinga.

Dengan mengoleskannya secara rutin kepada bagian kulit yang terkena mikroba, kulit Sedulur akan terhindar dari mikroba yang menyebabkan permasalahan kulit di atas. Untuk hasil yang maksimal, Sedulur juga bisa memanfaatkan produk-produk kecantikan. Cek berbagai produk kecantikan andalan Sedulur di Aplikasi Super. Sebelum itu, Sedulur bisa klik di sini untuk install Aplikasi Super terlebih dahulu.

5. Meredakan Cegukan yang Berlebihan

5. Meredakan Cegukan yang Berlebihan
kumparan.com

Sedulur tentu saja pernah cegukan. Cegukan merupakan gejala yang disebabkan oleh banyak hal, termasuk kedinginan dan karena kondisi cuaca. Selain itu, bagi para penderita kanker yang tengah mengalami kemoterapi, seringkali mengalami cegukan sebagai efek samping kemoterapi.

Dengan menyuntikan cuka putih sebanyak 0,1 mililiter, pasien penderita kanker yang sedang kemoterapi mengalami pengurangan gejala cegukan. Cara yang sama bisa digunakan kepada setiap orang yang seringkali mengalami cegukan, namun tentu saja penggunaan ini perlu pengawasan ahli atau dokter.

6. Meningkatkan Aliran Darah

6. Meningkatkan Aliran Darah
kelaspintar.id

Manfaat selanjutnya yaitu dapat meningkatkan aliran darah dengan mengontrol gula darah. Hal tersebut disebabkan karena kandungan yang terdapat didalamnya dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan kadar trigliserida, juga insulin dalam darah. Penggunaan cuka untuk meningkatkan aliran darah juga lebih efektif dibandingkan dengan obat plasebo yang biasa diberikan untuk meningkatkan aliran darah.

7. Menjaga Kesehatan Gigi

Lesly Juarez from Unsplash

Manfaat terakhir dari cuka beras putih adalah dapat menjaga kesehatan gigi. Meskipun rasa yang sangat asam, dan asam identik sebagai penyebab kerusakan gigi, faktanya cuka dapat menjaga kesehatan gigi secara optimal. Karena dapat membasmi bakteri yang menyebabkan gigi rusak dan berlubang. Biasanya, penyebab gigi rusak dan gigi berlubang adalah bakteri Streptococcus mutans.

Semoga penjelasan terkait fakta manfaat dari cuka yang telah dijelaskan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait manfaat berbagai bumbu dapur untuk kesehatan tubuh. Selain itu, wawasan tersebut bisa menjadi pertimbangan Sedulur saat menggunakan bahan-bahan untuk membuat makanan.

Sedulur bisa mendapatkan cuka putih serta bahan dan bumbu dapur lainnya dengan membeli di Aplikasi Super. Tersedia lengkap barang kebutuhan sehari-hari dan bahan kebutuhan dapur, ditambah dengan harga yang super murah dan kualitas terbaik merupakan keunggulan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk install Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya.