Cara mengonsumsi cuka apel untuk diet

Cuka apel merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak fungsi. Tak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa makanan, tapi ada khasiat lain dari cuka apel yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah menjaga dan mengkontrol berat badan tubuh. Belakangan ini, banyak ahli gizi dan pakar kebugaran menyarankan cara mengonsumsi cuka apel untuk diet sehari-hari. Namun, untuk bisa mendapatkan hasil maksimal harus mengikuti aturan dan cara pakai yang tepat.

Kandungan cuka apel yang cukup keras dan bisa memberikan dampak buruk jika dikonsumsi berlebihan jadi alasan kenapa Sedulur tidak boleh sembarangan menggunakannya. Untuk itu, kita akan membahas bersama bagaimana sih cara mengonsumsi cuka apel untuk diet yang benar dan efektif. Penasaran? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Kalori Pisang Rebus yang Perlu Diketahui, Cocok Untuk Diet!

1. Khasiat cuka apel sudah ditemukan sejak dahulu kala

cara mengonsumsi cuka apel untuk diet
iStock

Cara mengonsumsi cuka apel untuk diet telah dikenal sejak zaman dahulu. Bahkan, dalam beberapa refensi, sari cuka apel konon kabarnya digunakan sebagai minuman kesehatan selama ribuan tahun. Khasiatnya tidak hanya untuk membuat badan sehat saja, tapi juga membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para ahli.

-->

Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam situs Healthline, dari 39 orang dewasa, ditemukan hasil bahwa peserta yang mengonsumsi satu sendok makan cuka sari apel saat makan siang dan malam memiliki penurunan kalori sebesar 250 kalori per hari, dan kehilangan 4 kg dalam 12 minggu.

Penelitian lainnya, melibatkan 144 orang dewasa dengan obesitas, diminta secara acak untuk minum satu hingga dua sendok makan cuka sari apel setiap hari selama 12 minggu. Pada akhir penelitian, mereka yang minum dua sendok makan kehilangan hampir 1,8 kg. Sementara mereka yang minum satu sendok makan kehilangan 1 kg.

Dari hasil penelitian di atas menunjukan bahwa cuka apel memang ampuh untuk mengurangi berat badan dan dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk diet.

2. Encerkan sebelum dikonsumsi

cara mengonsumsi cuka apel
iStock

Cuka apel memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Maka dari itu, untuk mengkonsumsi cuka apel Sedulur wajib mengencerkannya terlebih dahulu. Selain itu, jika tidak diencerkan dan dikonsumsi secara langsung bisa sangat berbahaya dan merusak enamel gigi dan membuat perut sakit.

Sedulur wajib menghindari mengkonsumsi secara langsung dalam bentuk pekat dan encerkan terlebih dahulu. Pastikan mengencerkannya menggunakan air. 1 sdm cuka apel bisa diencerkan dengan menggunakan satu gelas air.

3. Konsumsi sebagai saus

cara mengonsumsi cuka apel
iStock

Sedulur juga bisa mengkonsumsi cuka apel sebagai saus salad. Bahkan, Sedulur dianjurkan untuk mengonsumsinya hanya sebagai saus salad. Sedulur bisa mencoba mencampur cuka apel yang dicampurkan dengan sedikit minyak zaitun.

Sedulur bisa menggunakan salad apapun, bisa salad buah atau salah sayur tergantung keinginan Sedulur. Menu diet Sedulur bisa semakin lengkap dengan menggunakan cuka apel sebagai saus untuk salad.

4. Jangan konsumsi setelah makan

iStock

Ada beberapa hal juga yang perlu Sedulur perhatikan sebagai cara mengonsumsi cuka apel untuk diet, salah satunya yaitu untuk tidak langsung dikonsumsi setelah makan. Tidak disarankan mengonsumsi cuka apel untuk diet langsung setelah makan berat.

Ini bisa menimbulkan masalah pada pencernaan Sedulur jika memaksakan mengonsumsi cuka apel setelah makan. Lebih baik jika Sedulur menunggu sekitar 20 menit usai makan untuk mengonsumsi cuka apel. Tentu kesehatan perut juga perlu Sedulur jaga ‘kan?

5. Konsumsi cuka apel secukupnya

iStock

Minum cuka apel terlalu banyak bisa berbahaya bagi kesehatan Sedulur. Karena jika meminum terlalu banyak cuka apel dapat menyebabkan sensasi terbakar, mengiritasi tenggorokan, dan menyebabkan efek samping lainnya.

Jadi Sedulur harus mengingatnya dan bisa meminum cuka apel secukupnya saja, hanya untuk mengonsumsinya dalam jumlah kecil. Jangan minum melebihi 2 sendok makan sehari dan pastikan sudah diencerkan terlebih dahulu.

6. Jangan minum tepat sebelum tidur

iStock

Minum cuka apel untuk diet sebelum tidur tidak akan bermanfaat. Sebaliknya, bisa berbahaya bagi tenggorokan dan kerongkongan Sedulur. Hal yang disarankan dan yang terbaik mengonsumsi cuka apel untuk diet sebelum makan terakhir Sedulur pada hari tersebut.

Jika sudah mengonsumsinya maka berikan jeda 20-30 menit sebelum makan berat. Hal ini juga mempertimbangkan kesehatan perut, utamanya kesehatan sistem pencernaan Sedulur.

BACA JUGA: 12 Tips Menu Sahur Untuk Diet, Tentunya Sehat dan Enak

7. Takaran minum cuka apel

iStock

Berikut ini adalah hasil yang akan didapatkan jika Sedulur menggunakan takaran minum cuka apel yang disarankan. Pertama untuk yang mengonsumsi 1 sendok makan (15 ml) cuka apel per hari, rata-rata menunjukkan hasil seperti berikut:

  • Penurunan berat badan sekitar 1,2 kg
  • Persentase lemak tubuh menurun sebesar 0,7 persen
  • Lingkar pinggang berkurang 1,4 cm
  • Kadar trigliserida berkurang 26 persen

Untuk yang mengonsumsi 2 sendok makan (30 ml) cuka apel per hari, rata-rata menunjukkan hasil seperti berikut:

  • Penurunan berat badan sekitar 1,7 kg
  • Persentase lemak tubuh menurun 0,9 persen
  • Lingkar pinggang berkurang 1,9 cm
  • Kadar trigliserida berkurang 26 persen

Demikian ulasan lengkap tentang tips dan cara mengonsumsi cuka apel untuk diet yang bisa Sedulur lakukan di rumah. Bahan makanan satu ini tak hanya baik untuk menciptakan masakan yang lezat, tapi juga bisa dimanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh khususnya mengkontrol berat badan. Semoga dengan penjelasan di atas, Sedulur yang ingin diet menggunakan cuka apel bisa mendapatkan berat badan ideal ya!