Tepung terigu merupakan jenis tepung yang cukup populer dan paling sering digunakan untuk membuat olahan makanan. Mulai dari makanan gurih sampai manis bisa dibuat dengan bahan dasar tepung. Sepertinya susah hidup tanpa tepung terigu, apalagi di Indonesia yang kebanyakan orangnya menikmati gorengan dan kue basah. 

Tepung terigu ternyata punya banyak jenis, Sedulur. Tidak hanya yang serbaguna, tetapi ada pula yang protein tinggi, rendah, semolina, dan lain sebagainya. Untuk tahu lebih lanjut, Sedulur bisa menggulir layar ke bawah dan berkenalan dengan berbagai tepung terigu berikut.

BACA JUGA: Pakai 5 Produk Tepung Protein Tinggi Ini untuk Bakery dan Pastry

Jenis-jenis tepung terigu 

terigu protein sedang
Pexels

1. Tepung terigu protein sedang atau serbaguna 

Tepung terigu ini adalah yang paling sering dipakai dan dicari pembeli. Ia dibuat dari kombinasi gandum yang keras dan empuk sehingga teksturnya khas. Tepung terigu jenis ini bisa dipakai untuk beragam olahan makanan, mulai dari kue, roti, biskuit, hingga pastry. 

2. Tepung terigu protein tinggi, khusus roti 

Jika Sedulur hendak membuat roti yang menggunakan ragi, tepung berprotein tinggi lebih disarankan. Ia banyak dipakai untuk membuat roti pizza dan roti-roti bertekstur keras khas Eropa. 

3. Tepung terigu protein rendah, khusus kue 

Sebaliknya jika hendak membuat kue-kue empuk atau kue kering, Sedulur membutuhkan tepung terigu protein rendah. Ia terbuat dari gandum yang lembut dengan sari pati yang tinggi dan kadar protein rendah. Ini membuatnya ideal untuk membuat kue dan biskuit. 

4. Semolina 

Semolina adalah tepung yang dibuat dari gandum durum dengan kadar protein paling tinggi. Ia banyak dipakai sebagai campuran untuk roti pizza dan pasta karena bisa membuatnya lebih renyah. 

5. Whole wheat flour 

Sedulur pasti pernah menemukannya di toko-toko kue dan roti. Ia ditandai dengan warnanya yang keabu-abuan dan akan berubah jadi cokelat tua saat terkena air. Tepung jenis ini umumnya hanya dicampurkan sedikit di adonan roti yang sudah menggunakan tepung terigu protein sedang dan tinggi. Ia akan memberikan tekstur padat pada roti serta citarasa asin.

BACA JUGA: Ternyata Ini Perbedaan Soda Kue, Baking Soda & Baking Powder

Cara memilih tepung terigu protein sedang untuk dijual  

Pexels

Untuk kebutuhan berjualan di toko kelontong atau sembako, terigu protein sedang memang lebih menguntungkan dan bakal lebih sering dicari. Ia menyasar orang-orang biasa yang membutuhkannya untuk memasak makanan olahan sehari-hari, bukan produsen atau restoran yang butuh tepung untuk kebutuhan spesifik mereka. Untuk itu, mari cari tahu cara memilih tepung terigu serbaguna yang layak dijual. 

1. Warnanya putih atau putih gading 

Merk terigu protein sedang yang berkualitas baik pasti akan berwarna putih bersih atau putih kekuningan. Jangan memilih tepung yang sudah kusam atau putihnya tidak wajar. 

2. Tidak menggumpal 

Tepung yang baik akan bertekstur lembut dan tidak menggumpal atau mengeras sebagian. Tepung yang baik akan menempel pada kulit dan terasa halus, tidak berkerikil. 

3. Tidak berbau

Terigu protein sedang tidak berbau menyengat apalagi apak. Jika sudah ada bau-bau apak, Sedulur wajib curiga dan menghindarinya karena bisa saja sudah terlalu lama disimpan dan tidak segera diolah. 

4. Bebas kutu 

Ini adalah cara terbaik menentukan kualitas sebuah tepung terigu, yaitu bebas dari kutu. Kutu sangat mudah dilihat dengan mata telanjang, jadi pastikan Sedulur menilik tepung dengan baik dan jangan sampai menjual produk yang sudah berkutu. Jika ada beberapa yang berkutu segera buang agar kutu tidak menyebar ke produk lainnya. 

BACA JUGA: 10 Pengganti Tepung Maizena Untuk Masakan dan Gorengan

Rekomendasi merk tepung terigu protein sedang terbaik

terigu protein sedang
Instagram @bibalarilari

Berikut beberapa rekomendasi jenama tepung terigu lokal yang kualitasnya tidak perlu diragukan. 

1. Segitiga Biru

Jenama ini sudah lama kita kenal sebagai salah satu pelopor tepung terigu berkualitas baik dan rasanya terjamin. Ia dijual dalam kemasan 250-1000 gram, jadi sangat cocok dijual di toko kelontong yang pembelinya butuh untuk membuat makanan olahan rumahan sederhana. Mengingat ia sudah lama beredar, harga Segitiga Biru termasuk lebih tinggi dibanding merk-merk baru. 

2. Beruang Biru 

Beruang Biru juga salah satu merek terigu protein sedang yang layak dipertimbangkan. Harganya sama dengan Segitiga Biru dengan bungkus biru yang mencolok. Ia bisa dipakai untuk kue dan gorengan, tetapi hanya dijual dalam kemasan 1 kg. 

3. Sania 

Harga tepung terigu protein sedang yang ini tergolong murah. Sebelumnya Sania dikenal sebagai produsen minyak goreng kelapa sawit, tetapi merambah produksi tepung terigu. Sejauh ini mereka hanya punya varian protein sedang alias tepung terigu serbaguna. Sania dijual dalam kemasan 1 kg saja. 

4. Mila 

Di harga yang sama, Sedulur bisa mencoba tepung terigu Mila yang kabarnya butirannya lebih halus. Ini membuatnya ideal untuk membuat aneka kue, terutama kue empuk dan aneka kue basah yang butuh tekstur tepung yang lembut. Mila juga salah satu produsen baru yang kualitas produknya terjamin. 

5. Bola Salju 

Tepung terigu Bola Salju juga cocok untuk membuat kue yang lembut dan empuk. Ia didesain untuk membuat aneka makanan gurih dan manis, baik yang dipanggang atau digoreng. Harganya hampir sama dengan Segitiga Biru dan Beruang Biru. 

6. Kompas

Kompas adalah tepung terigu protein sedang dengan harga ekonomis dan cocok untuk aneka masakan. Ia tergolong lembab, jadi lebih baik segera dipakai dan disarankan untuk makanan-makanan basah atau empuk. Tidak cocok untuk kebutuhan membuat pasta atau roti. 

7. Falcon 

Dengan kemasan yang elegan, tepung Falcon mungkin bisa memberikan kesan mahal. Padahal harganya standar, kok. Kadar proteinnya sedang dan bisa dipakai untuk berbagai masakan, baik kue, gorengan, martabak, dan lain sebagainya. Untuk roti, falcon bisa dipakai sebagai campuran, sebab roti biasanya juga membutuhkan sedikit campuran terigu serbaguna agar tidak terlalu keras. 

8. Tulip 

Tulip juga masuk dalam tepung terigu ekonomis dengan harga yang sangat murah dibanding pesaingnya. Ini sesuai dengan kualitasnya yang lebih cocok untuk membuat gorengan dan jajanan pasar basah yang digoreng atau dikukus. Ia tidak cocok untuk membuat kue atau roti yang dipanggang. 

9. Jawara 

Jawara dipercaya sebagai andalan untuk pedagang gorengan karena bisa membuat lapisan tepungnya terasa lebih renyah dan tidak berminyak. Harganya pun masuk akal, standar bahkan cenderung lebih murah. Pas untuk kalangan pedagang yang akan beli dalam partai besar. 

10. Bola Merah 

Bola Merah dikhususkan untuk pengguna yang butuh tepung handal guna membuat kue-kue basah yang lembut dan akan diolah dengan cara dikukus atau digoreng. Harganya juga standar, tidak tergolong mahal dan tidak pula terlalu murah. Pas untuk dipakai untuk usaha rumahan atau dipakai kebutuhan pribadi. 

BACA JUGA: 8 Macam Kue Basah yang Enak & Layak Jual, Simak Cara Buatnya

Cara menyimpan tepung terigu

terigu protein sedang
Pexels
  • Agar tak cepat apak dan berkutu, tepung terigu harus disimpan di tempat kering dan bila perlu ditutup rapat di wadah yang kedap udara. Gunakan saja kontainer plastik atau beling yang bening sehingga Sedulur bisa memantaunya dengan mudah. 
  • Simpan di dalam lemari atau rak yang kering. Akan lebih awet dan aman di dalam kulkas. Hanya saja pastikan tepung terigu tidak bersandingan dengan bahan-bahan makanan yang basah dan harus sudah tertutup rapat. 
  • Jangan lupa untuk mengingat atau menulis tanggal kadaluarsanya. Saat membeli tepung baru, jangan langsung satukan dengan tepung lama. Habiskan dulu stok lama sebelum memasukkan tepung baru dalam wadah kontainer. 
  • Untuk kebutuhan berjualan, pastikan Sedulur menyimpan tepung terigu di dalam rak yang kering dan aman dari lembab. Jangan campur dengan barang yang berbau menyengat seperti sabun, serta selalu pantau keutuhan bungkus plastiknya. Jika sudah bocor atau rusak tentu tepung terigu tak lagi layak diperdagangkan. 

Sekarang Sedulur sudah mengantongi rekomendasi merek tepung terigu protein sedang terbaik di pasar tanah air. Silakan pilih mau cari aman, ambil risiko sedikit dengan beli merek-merek baru, atau strategi lainnya, nih. Dapatkan beberapa merk tepung terigu terbaik hanya di Aplikasi Super. Prosesnya cepat, harganya tepat.