pengganti tepung maizena

Tepung maizena atau dikenal juga dengan nama tepung jagung adalah bubuk pati murni yang diekstraksi dari biji-bijian. Proses pembuatan tepung ini cukup mudah, yaitu dengan membuang semua dedak sehingga hanya menyisakan endosperm yang kaya pati. Ketika pati dipanaskan, ia akan lebih cepat menyerap air. Itulah mengapa, tepung jenis ini banyak digunakan untuk mengentalkan kuah sup atau saus dan juga membuat gorengan lebih renyah.

Tapi bagaimana kalau tepung yang biasa digunakan untuk masakan chinesse food ini sedang tidak tersedia? Tenang, Sedulur tak perlu bingung soal ini. Ternyata ada banyak varian tepung lain yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi tepung maizena. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak informasinya di bawah ini

BACA JUGA : Beda Susu Evaporasi dan Kental Manis Yang Wajib Diketahui

1. Tepung Terigu

pengganti tepung maizena
IDN Times

Untuk varian ini, tentu Sedulur sudah sangat familiar. Tepung terigu terbuat dari gandum yang digiling hingga menjadi bubuk yang sangat halus. Dilansir dari Healthline, tepung terigu mengandung protein dan kandungan ini tidak dimiliki oleh tepung jagung. Namun meski begitu, tepung terigu juga mengandung pati yang berfungsi untuk mengentalkan. Jadi, bisa saja jika Sedulur ingin mengganti tepung jagung dengan tepung terigu.

-->

Namun yang perlu diingat, tepung terigu juga mengandung serat sehingga membutuhkan lebih banyak untuk mendapatkan efek yang sama dengan tepung jagung. Misalnya butuh 1 sdm tepung jagung untuk membuat kuah kental, maka Sedulu bisa menambahkan 2 sdm tepung terigu.

2. Tepung kentang

pengganti tepung maizena
Freepik

Jenis tepung ini dibuat dengan menghancurkan kentang kemudian mengeringkannya hingga menjadi bubuk. Tepung ini juga mengandung pati, namun tinggi karbohidrat dan sedikit lemak atau protein. Jika Sedulur ingin menggunakan tepung kentang sebagai pengganti tepung maizena, Sedulur bisa menggunakan rasio perbandingan 1:1. Artinya jika biasanya menggunakan tepung jagung 1 sdm, maka ganti juga dengan 1 sdm tepung kentang.

3. Pati Garut

7 Tepung Garut Terbaik Untuk Asam Lambung - BestList
Best List

Pati garut adalah tepung yang terbuat dari umbi garut atau akar tumbuhan marga Maranta yang dikeringkan lalu ditumbuk hingga halus. Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah tropis lho, Sedulur. Jadi cukup mudah ditemukan di Indonesia.

Tepung pati garut jika dicampur dengan air akan membentuk cairan bening yang kental. Jadi sangat baik untuk mengentalkan masakan. Sama seperti tepung terigu, penggunaan tepung pati garut harus dua kali lebih banyak dibandingkan tepung maizena agar hasil maksimal.

BACA JUGA: Ini Dia Perbedaan Tepung Tapioka Dengan Tepung Sagu

4. Tapioka

tepung maizena
Kompas

Tepung tapioka adalah ekstrasi dari tanaman singkong. Itu dibuat dengan menggiling akar singkong menjadi bubur dan menyaring cairan kaya patinya, yang kemudian dikeringkan menjadi tepung tapioka.

Tepung tapioka atau tepung kanji juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti tepung maizena. Dalam hal ini masih banyak orang yang kesulitan dalam membedakan apakah tepung maizena sama dengan tepung kanji atau apakah tepung tapioka sama dengan tepung maizena. Tepung tapioka dapat dibeli dalam bentuk tepung, mutiara atau serpihan, dan juga bebas gluten. Sedulur disarankan untuk mengganti 1 sdm tepung maizena dengan 2 sdm tepung tapioka.

5. Tepung beras

pengganti tepung maizena
Punca Training

Seperti namanya, tepung ini terbuat dari beras yang digiling hingga halus. Tepung beras juga dikenal lebih sehat karena bebas gluten. Sehingga aman untuk Sedulur yang memiliki kecenderungan reaksi kekebalan terhadap konsumsi gluten yang bisa menyebabkan diare, kembung, anemia, dan semacamnya.

Keunggulan lain tepung beras adalah tidak akan berwarna jika dicampur air dan bisa mengental dengan baik. Jadi cocok untuk menggantikan fungsi tepung jagung.

BACA JUGA: Beda Tepung Terigu Protein Rendah, Sedang & Tinggi + Merknya

6. Glucomannan

tepung maizena
Gutliving.id

Sedulur pernah mendengar nasi atau mie shirataki? Glucomannan adalah bahan pembuatnya. Ia adalah serat larut bubuk yang berasal dari akar tanaman konjak. Glucomannan akan membentuk gel tebal, tidak berwarna, serta tidak berbau ketika dicampur dengan air panas. Sedulur pun bisa memanfaatkannya untuk mengganti tepung maizena.

Selain itu, kelebihan lain Glucomannan adalah tidak mengandung kalori atau karbohidrat. Sehingga baik dikonsumsi untuk Sedulur yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

7. Tepung Kue

Kompas

Hampir sama dengan tepung terigu, tepung kue juga mengandung protein (gluten). Tetapi dengan kandungan yang lebih rendah. Jika ingin menggunakannya sebagai substitusi, Sedulur bisa menggunakan takaran 2 sdm tepung kue yang sama dengan 1 sdm tepung maizena.

8. Biji Rami

Dokter Sehat

Biji rami memiliki karakteristik yang cukup unik. Ia sedikit berpasir dan tidak sehalus varian tepung lainnya. Ia juga akan menjadi seperti gel jika dicampur dengan air. Sebelum mencampurkannya pada masakan, lebih baik membuat adonan biji rami terlebih dahulu. Caranya dengan mencampurkan 1 sdm biji rami bubuk dengan 4 sdm air. Takaran ini setara dengan 2 sdm tepung maizena.

9. Xanthan Gum

Healthline

Xanthan Gum dibuat dengan memfermentasi gula dengan bakteri yang disebut Xanthomonas campestris. Dalam proses ini, ia akan menghasilkan gel yang kemudian dikeringkan dan diubah menjadi bubuk. Sedikit Xanthan Gum aja sudah dapat mengentalkan cairan dalam jumlah besar. Sayangnya, bahan makanan ini cukup sulit didapatkan.

10. Psyllium Husk

Dr.Axe

Terakhir ada Psyllium Husk. Ia adalah serat larut nabati yang dapat digunakan sebagai zat pengental. Seperti glukomanan, Psyllium Husk kaya dengan serat larut dan mengandung sedikit karbohidrat. Sedulu juga hanya membutuhkan sedikit untuk mengentalkan masakan. Meski begitu, seperti Xanthan Gum, bahan ini juga cukup sulit ditemukan.

Demikianlah rangkuman informasi mengenai pengganti tepung maizena yang dapat Sedulur gunakan. Jadi tidak perlu bingung jika Sedulur kehabisan tepunhg jagung ini di dapur, Sedulur bisa menggantinya dengan tepung lain yang sudah disebutkan di atas.

Nah, bagi Sedulur yang ingin membeli berbagai jenis tepung namun malas pergi ke pasar. Tenang saja. Sedulur dapat membelinya di Aplikasi SuperCukup dengan menggunakan satu aplikasi saja, Sedulur sudah bisa belanja kebutuhan memasak dan membuat roti sepuasnya. Ada banyak produk, promo dan tentunya gratis ongkir setiap hari. Belanja di Aplikasi Super jadi mudah dan hemat bukan? Yuk langsung download sekarang juga!