tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu merupakan bahan serba guna yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan. Jangan sampai tertukar dengan jenis tepung yang lain, karena terigu terbuat dari biji gandum. Meski tepung terigu bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan, apakah Sedulur tahu bahwa terdapat macam-macam terigu untuk makanan tertentu? Jika Sedulur sudah sering membuat kue atau roti, sepertinya Sedulur tidak asing dengan istilah tepung terigu berprotein tinggi.

Di pasaran Indonesia, tepung terigu dijual berdasarkan fungsinya. Selain terigu protein tinggi, ada juga terigu protein sedang dan rendah. Ciri fisik tepung terigu umumnya berwarna putih agak kecoklatan.  Ada cukup banyak merek terigu yang cukup familiar seperti tepung Cakra, terigu Bogasari, Segitiga, dan lainnya. Setiap merk biasanya mengeluarkan jenis terigu yang bervariasi. Agar tidak salah pilih, yuk simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA: Ternyata Ini Perbedaan Gula Aren dan Gula Merah, Jangan Keliru!

Perbedaan Jenis Tepung Terigu

tepung terigu tinggi protein
Food Network
 

Terdapat 3 jenis terigu yang biasanya disebutkan dalam aneka resep makanan. Begitu pula yang biasanya terpampang pada kemasan terigu yang dijual di Indonesia. Jenis-jenis tersebut berangkat dari kandungan gluten yang terkandung dalam gandum dan jelai. Gandum sendiri merupakan bahan pokok pembuatan terigu.

-->

Gluten yang terkandung dalam terigu berfungsi untuk merekatkan makanan. Singkatnya, ia berperan sebagai lem dan membantu makanan yang diberi terigu menjadi lebih elastis dan mudah dibentuk. Jenis tepung terigu yang populer diantaranya adalah tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah.

1. Tepung terigu berprotein tinggi

Seperti namanya, tepung terigu protein tinggi memiliki kadar protein yang cukup besar. Kandungan protein berupa gluten yang ada dalam tepung berprotein tinggi sebanyak 14%-16%. Artinya, makanan yang menggunakan tepung terigu protein tinggi akan lebih kenyal dan elastis. Cocok digunakan untuk membuat kue, donat, roti dan mie.

2. Tepung terigu protein sedang

Tepung terigu protein sedang adalah terigu yang biasanya digunakan untuk membuat cake, waffle, pancake, martabak, dan kue basah. Ciri-ciri tepung terigu protein sedang terdapat pada kandungan proteinnya antara 10%-12%. Tepung jenis ini sangat mudah ditemui di pasaran. Biasanya ditandai dengan tulisan tepung terigu serba guna atau all purpose flour yang ada pada kemasannya. Dikatakan serba guna karena penggunaannya yang paling fleksibel dari mulai untuk membuat kue hingga gorengan.

3. Tepung terigu protein rendah

Jauh dari kandungan tepung terigu protein tinggi, terigu protein sedang memiliki kandungan protein sekitar 9%. Tepung jenis ini biasanya digunakan untuk makanan renyah agar hasilnya garing dan rapuh. Makanan yang bisa dibuat dengan tepung protein rendah adalah biskuit, kue kering, dan biskuit. Sedulur bisa mendapatkan produk tepung terigu ini dengan mudah di pasar atau minimarket.

BACA JUGA: Ternyata Ini Beda Tepung Serbaguna vs Tepung Terigu

Merk dan Harga Tepung Tinggi Protein

Bila Sedulur tertarik untuk membeli tepung terigu berprotein tinggi untuk membuat aneka makanan, berikut adalah beberapa merk tepung terigu terbaik yang bisa Sedulur gunakan. Simak ulasan mengenai rekomendasi di bawah ini agar Sedulur bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan mendapatkan produk yang tepat. 

1. Lencana Merah

tepung terigu tinggi protein
The Pioneer Woman

Rekomendasi merk tepung terigu protein tinggi yang pertama adalah Lencana Merah. Tepung terigu ini sangat cocok digunakan untuk membuat gorengan ataupun jajanan pasar, sebab akan memberikan tekstur yang garing dan pastinya lebih renyah. 

Merk tepung terigu Lencana Merah memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, seperti protein, vitamin B1 dan vitamin B2. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dalam kemasan 1 kg hingga 25 kg per kemasan dengan harga mulai dari Rp8.000 di warung atau minimarket terdekat.

2. Golden Eagle

Merk lain yang tak kalah populer adalah Golden Eagle. Salah satu produk dari Bungasari ini dikenal memiliki kandungan gluten yang tinggi, sehingga adonan roti yang dibuat akan mengembang dengan sempurna.

Lebih dari itu, tepung terigu ini juga memiliki daya serap terhadap air yang tinggi. Hal ini membuat adonan roti yang akan Sedulur buat nantinya tidak akan menjadi lengket dan hasilnya akan sangat memuaskan. Sedulur bisa mendapatkan tepung terigu Golden Eagle ini dengan harga mulai dari Rp12.000 per kilogram.

3. Tali Emas

Berikutnya ada Tali Emas, salah satu merk tepung terigu protein tinggi yang diproduksi oleh produsen bahan dasar roti terbaik, Sriboga. Tepung terigu premium ini akan membuat adonan roti yang dapat mengembang dengan sempurna. Ditambah dengan tekstur berpori yang lembut, roti buatan Sedulur pastinya sangat lezat dan memuaskan. 

Produk tepung terigu dari Sriboga ini juga cocok dijadikan bahan dasar dalam pembuatan kue basah. Dengan harga yang terbilang terjangkau, Sedulur bisa membuat aneka kue yang memanjakan lidah. Bila tertarik, Sedulur bisa membelinya seharga Rp10.000 per kilogram atau sekitar Rp117.000 untuk kemasan 25 kilogram.

Sayangnya, produk ini tidak cocok dijadikan bahan dasar untuk membuat kue kering. Selain itu, tepung terigu berprotein tinggi ini juga cukup sulit ditemukan di pasaran. Jadi, Sedulur bisa mulai mendarinya melalui toko online. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Tepung Protein Sedang Terbaik dan Harganya

4. Bob’s Red Mill

tepung terigu tinggi protein
Restless Chipothe

Bagi Sedulur yang menyukai produk-produk organik, kini telah hadir Bob’s Red Mill, merk tepung terigu yang cocok untuk membuat roti organik. Produk tepung terigu protein tinggi ini menjadi salah satu produk terbaik dari Amerika yang dibuat menggunakan gandum utuh.

Beberapa kelebihan merk tepung terigu ini antara lain memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, terbuat dari bahan organik, dan aman dikonsumsi oleh semua rentang usia. Selain itu, roti yang dibuat menggunakan tepung terigu ini juga akan memiliki tekstur ringan yang berkualitas. 

Bila Sedulur tertarik, tepung terigu protein tinggi merk Bob’s Red Mill ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga mulai dari Rp125.000 hingga Rp155.000. Meskipun lebih mahal dari merk tepung lainnya, namun hal tersebut sepadan dengan hasil yang akan Sedulur dapatkan.  

5. Cakra Kembar

Siapa yang tak kenal dengan merk tepung terigu Cakra Kembar? Merk yang diproduksi oleh Bogasari dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk memang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas dan hasilnya. 

Tepung terigu ini mengandung nutrisi yang cukup lengkap, diantaranya protein, vitamin B1, vitamin B2, zinc, asam folat, dan zat besi. Untuk itu, Sedulur tidak perlu ragu lagi bila ingin membuat roti berkualitas dengan bahan dasar tepung terigu Cakra Kembar ini.

Merk tepung terigu ini sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar membuat roti dan donat. Lebih dari itu, tepung terigu dari Bogasari ini juga bisa digunakan untuk membuat mie yang memiliki tekstur kenyal dan lembut. Bila Sedulur tertarik, harga tepung terigu Cakra Kembar ini berada pada kisaran harga Rp12.000 per kilogram.

6. Nippon Komachi

Satu lagi merk tepung terigu berkualitas yang memiliki kandungan protein tinggi adalah Nippon Komachi. Produk tepung terigu yang diproduksi dari Jepang ini sangat cocok bila Sedulur gunakan untuk membuat roti yang berkualitas. Bahkan, Sedulur juga bisa membuat aneka roti sekelas dengan roti-roti asal Jepang menggunakan tepung protein tinggi yang satu ini. 

Walaupun tepung terigu ini diproduksi di Jepang, namun produk ini tetap cocok dijadikan bahan dasar dalam pembuatan kue-kue basah khas Indonesia. Hasil yang bertekstur dengan kandungan protein yang tinggi akan membuat siapapun yang menikmati roti dari tepung ini ketagihan.

Sayangnya, tepung terigu merk Nippon Komachi memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tepung terigu protein tinggi lainnya. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp18.000-Rp29.000 per satu kilogram.  

BACA JUGA: Apa Alternatif Pengganti Tepung Maizena? Ini Jawabannya!

7. Hime

tepung terigu tinggi protein
Martha Stewart

Rekomendasi yang terakhir adalah tepung terigu merk Hime. Salah satu produk lokal berkualitas ini biasanya digunakan untuk membuat roti-roti khas Eropa yang unik dan berkarakter, tentunya dengan kualitas internasional.

Sedulur bisa menggunakan tepung terigu ini sebagai bahan dasar untuk membuat pizza atau roti tungku yang lezat. Hasilnya juga tidak perlu diragukan lagi, sebab tepung terigu Hime memang spesialis untuk membuat roti khas Eropa. 

Jika Sedulur tertarik, harga tepung terigu ini dibanderol mulai dari Rp14.000 hingga Rp37.000 per kilogram. Meskipun cukup mahal, namun harga tersebut sepadan dengan hasilnya yang tidak akan mengecewakan. 

8. Cakra Kembar Emas

Selain Cakra Kembar, rekomendasi tepung terigu protein tinggi yang bisa Sedulur konsumsi adalah Cakra Kembar Emas. Jika Cakra Kembar biasa diperuntukan untuk membuat donat dan roti, Cakra Kembar Emas lebih disankan untuk membuat aneka roti barat.

Tepung terigu dari gandum pilihan ini punya tektur crumb yang halus, putih lembut, berwarna cerah, kokoh , dan dapat mengembang maksimal. Cocok digunakan untuk membuat Pound Cake Bread, Pastry, dan Western Bread. Tepung terigu Cakra Kembar Emas dibanderol dengan harga Rp75 ribu per 5 kilogram.

9. Bogasari Taj Mahal

Bogasari adalah salah satu merek tepung paling umum dan mudah ditemukan di pasaran. Di antara berbagai varian, salah satunya Bogasari Taj Mahal. Tepung protein tinggi yang satu ini disebut terbuat dari gandum utuh berkualitas tinggi dan mengandung serat yang tinggi.

Hasilnya, Bogasari Taj Mahal mengeluarkan aroma gandum asli. Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Meski premium, namun tepung protein tinggi yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya, tepung protein tinggi Bogasari Taj Mahal hanya bagus digunakan untuk roti dan rori canai.

10. Bungasari Kabuki Gold

Merk tepung terigu protein tinggi ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan warna putih bersih. Hal ini akan menghasilkan white bread dan soft breat yang lembut juga fluffy ala Jepang juga.  Sangat cocok untuk membuat roti manis atau plain.

Kandungan proteinnya adalah 13.5 persen dengan kandungan abu nol persen. Memiliki kualitas yang lebih premium dibandingakan dengan Nippon Komachi. Tersedia dalam kemasan 1 kg dan 25 kg.

11. Tepung Terigu Tulip

The Bailiwick

Tulip sudah menghadirkan tepung terigu Tulip kemasan 1 kg. Harganya Rp 10 ribuan aja. Tepung terigu ini cocok digunakan untuk berbagai jajanan pasar dan gorengan. Teksturnya halus banget dan nggak menggumpal, kandungan gizinya juga tinggi.

Pengolahannya bisa kamu lakukan dengan praktis dan gampang sesuai menu yang diinginkan. Tepung Terigu Tulip bisa jadi rekomendasi Sedulur bagi yang membutuhkan rekomendasi tepung terigu protein tinggi dengan harga terjangkau

12. Tepung Terigu Sania

Dengan harga Rp 11 ribuan, kamu bisa beli tepung terigu serbaguna Sania 1 kg. Tepung terigu ini kualitasnya bagus dan cocok untuk digunakan membuat beraneka variasi makanan seperti donat, roti manis, soes, mi instan, roti goreng, roti burger, dan sebagainya.

Produk ini juga dibuat dari gandum pilihan sehingga menghasilkan makanan yang nikmat dan lezat. Bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur yang tengah mencari rekomendasi tepung terigu tinggi protein.

Cara Menyimpan Tepung yang Benar

tepung terigu tinggi protein
Martha Stewart
 

Jika Sedulur sering menyisakan tepung, sebaiknya perhatikan penyimpanan terigu agar tetap awet dan tidak mudah bau. Pastikan terigu selalu ditempatkan di wadah kering, pisahkan terigu lama dan yang baru, jauhkan dari sinar matahari, hindarkan dari makanan beraroma tajam. Sebaiknya Sedulur tidak menyimpan terigu dalam waktu yang lama ya.

Demikian tadi daftar merk tepung terigu protein tinggi beserta perbedaannya. Ada banyak sekali jenis tepung terigu dengan berbagai jenis penggunaannya. Sedulur juga tentu perlu melakukan cara tepat dalam penyimpanannya. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Sedulur dalam membuat roti atau kue yang berbahan dasar tepung terigu.

Bagi Sedulur yang tertarik belanja produk-produk tepung terigu di atas, Sedulur bisa mulai membelinya melalui Aplikasi Super. Baik belanja untuk kebutuhan sendiri atau kulakan untuk dijual lagi, Sedulur akan mendapatkan harga ecer dan grosir yang lebih murah dari pasaran.

Menariknya lagi, Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai diskon dan cashback dalam setiap transaksi. Ada pula voucher gratis ongkir yang bisa Sedulur gunakan, sehingga barang pesanan akan langsung diantar sampai ke depan rumah. Tunggu apalagi? Segera download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang, yuk!